14 Pasar Unik dan Aneh Yang Ada di Dunia

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Pasar adalah salah satu bagian yang tidak pernah lepas dari kehidupan modern saat ini. Di masa lalu, ada pasar terpisah untuk menjual komoditas yang berbeda. Tapi kini seiring berjalannya waktu, pasar-pasar ini menjadi jauh lebih padat dan orang-orang dapat berbelanja berbagai komoditas dibawah satu atap saja.

Seperti pada umumnya, dipasar ada berbagai macam kebutuhan yang bisa dibeli mulai dari makanan, minuman, aneka pakaian, barang elektronik dan aksesoris fashion.

Tapi pernahkah kamu ke pasar yang berbeda dari yang biasanya? Seperti pasar yang menjual aneka produk unik atau pasar yang memiliki cara menjual barang yang berbeda dari yang lainnya. Jika kamu penasaran, berikut ini ada beberapa pasar unik dan aneh yang ada di seluruh dunia yang akan membuatmu ingin mengunjunginya.

1. Pasar Kontainer, Swiss

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via flickr.com/photos/a7design1

Pasar unik dan aneh pertama ada pasar kontainer yang terletak di Swiss. Pasar ini dinaungi oleh perusahaan bernama Freitag, mereka memiliki cara unik dalam mengelola kontainer yang sudah usang dan tak terpakai kembali. Mereka menyusun kontainer-kontainer tersebut hingga membentuk sebuah pasar dengan tinggi sekitar 85 kaki.

Bagian terbaik dari kompleks pasar ini adalah tidak hanya dibangun dari bahan daur ulang saja tetapi juga menjual produk daur ulang dan ramah lingkungan seperti tas terbuat dari terpal, truk bekas, ban dalam sepeda, sabuk pengaman dan airbag.

Pada bagian atas dari pasar ini terdapat teleskop yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan pelabuhan dari ketinggian. Pasar ini sangat menarik dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara karena tatanannya rapi dan mereka bisa membeli kebutuhan yang diinginkan.

2. Pasar Laba-laba, Kamboja

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via rove.me

Sesuai dengan namanya, pasar skuon atau skun spider di Kamboja ini dikenal menjual segudang serangga goreng termasuk beberapa spesies laba-laba. Bahkan disini ada tarantula yang memiliki ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa yang dijual.

Mereka yang sudah pernah mencicipinya mengatakan jika rasa camilan laba-laba ini sangat lezat dan gurih. Pada umumnya para wisatawan mengunjungi pasar ini ketika akan melakukan perjalanan antara Phnom Penh dan Siem Reap, karena letaknya persis di pinggir jalan raya.

Tak hanya laba-laba goreng dan serangga lainnya seperti jangkrik, kalajengking dan kumbang, pasar ini juga menjual aneka sayur-sayuran, buah-buahan dan jajanan lokal.

3. Pasar Akodessewa Fetish, Togo

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via guardian.ng

Pasar Akodessewa Fetish ini berada di distrik Lome, ibukota Togo di Afrika Barat. Pasar ini menjual aneka ragam keperluan yang berhubungan dengan santet atau ilmu hitam. Bahkan pasar ini menjadi pasar voodoo terbesar di dunia.

Ada berbagai macam yang dijual disini mulai dari kepala monyet, tengkorak, burung mati, buaya, kulit dan produk hewan mati lainnya. Bahkan disini terdapat boneka voodoo yang legendaris. Barang-barang yang dijual disini memang tidak mungkin untuk dimasak atau dikonsumsi.

Namun biasanya dijadikan sebagai bahan baku untuk ramuan obat tradisional. Ramuan yang terbuat dari bahan bangkai hewan-hewan ini dikenal sangat manjur. Para pendeta Voodoo di Lome pun menggunakannya sebagai obat penyembuhan bagi masyarakat disana.

Meskipun terkesan mengerikan, bagi orang Afrika atribut voodoo juga disebut sebagai jimat keberuntungan yang dapat membawa kebaikan dan keberuntungan bagi penggunanya. So, bagaimana kamu mau beli apa di pasar ini ketika berkunjung?

4. Pasar Gipsi, Bulgaria

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via mancode.id

Bagi para jomblo sepertinya pasar satu ini bisa dikunjungi siapa tau mendapatkan jodoh. Sesuai dengan namanya pasar Gipsy Brides, pasar ini bukanlah pasar biasa pasar unik ini bisa dikatakan sebagai pasar bagi para jomblo. Pasar yang berada di kota Stara Zagora, Bulgaria ini memperjualbelikan wanita muda sebagai calon isti para pria Roma.

Seperti pasar pada umumnya, disini juga terjadi tawar menawar harga. Hal unik ini ternyata sebuah tradisi berusia ratusan tahun yang dikenal sebagai Kalaidzhi. Pasar ini dibuka sebanyak empat kali dalam setahun pada hari libur keagamaan. Meskipun disebut pasar jual beli wanita, jangan salah menafsirkannya sebab para gadis muda ini dibeli untuk dinikahi bukan untuk kencan semalam.

Pasar ini diikuti hampir ribuan orang yang terdiri dari perempuan dan calon suami. Setiap keluarga akan membawa anak perempuannya yang masih muda kesini, gadis yang dibawa berusia mulai 14 – 15 tahun keatas karena gadis berusia 20-an dianggap sudah terlalu tua dan mudah bercerai. Mereka akan berdandan dengan sangat cantik, untuk menarik lawan jenisnya mereka akan menari.

Jika para pria sudah menemukan wanita yang disukai, maka wanita tersebut akan diajak berkenalan dan mengobrol. Keluarga dari kedua pihak yang hadir juga akan ikut mendampingi proses perkenalan ini sebagai bentuk seleksi, jika merasa cocok barulah diadakan negosiasi. Gadis-gadis dipasar ini dihargai sekitar 3.000 – 6.600 dolar (39 juta – 107 juta).

5. Pasar La Paz, Bolivia

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via travelinculture.com

Pasar unik dan aneh di dunia selanjutnya ada pasar tenung yang berada di Bolivia, Amerika Selatan. Pasar unik ini menjual bahan baku untuk keperluan para penyihir, dukun, dokter, ahli binatang dan peramal. Benda seperti jimat, rempah-rempah berkhasiat, jimat pesona dan keberuntungan, armadillo, katak kering, dan fomrula afrodisiak bisa dengan mudah kamu temukan disini. Kebanyakan barang-barang yang dijual di pasar ini digunakan untuk ritual keagamaan uang pengikutnya masih menghormati roh-roh.

Tapi, dari semua barang yang dijual, benda yang paling laris dan selalu diburu pembeli adalah sebuah ramuan dari Brasil dan Peru yang kayanya bisa memperbaiki kehidupan intim. Ada yang aneh lagi dijual di pasar ini yaitu janin ilama yang dikeringkan. Benda ini dibeli oleh orang yang masih menganut kepercayaan tradisional dan rutin memberikan persembahan kepada Dewi Pachamama. Masyarakat kerap mengubur janin ilama dibawah pondasi rumah baru mereka. Berharap para penghuninya selalu dilindungi, sehat, bahagia dan beruntung.

6. Mercado de Sonora, Meksiko

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via culturacolectiva.com

Menjadi ajang bertemunya para penyihir di Meksiko, pasar ini akan membuat para pengunjungnya merinding. Seluruh toko dipasar ini menjual segala keperluan yang berbau mistis. Selain itu, dukun dan peramal juga banyak membuka lapak dan menawarkan keahlian unik dan aneh yang mereka miliki kepada para pelancong.

Pasar ini terletak di Avenida Fray Servando Teresa, Meksiko. Para pengunjung yang datang kesini bisa merasakan aura pasar yang cukup menyeramkan. Deretan ramuan misterius, tanaman obat, lilin-lilin aneh, patung-patung iblis pencabut nyawa dan boneka voodo yang terpajang di setiap toko serta nuansa suram dengan pencahayaan minum menambah dingin suasana di pasar ini. Jika kamu penasaran, datang saja langsung kesini.

7. Pasar Maeklong, Thailand

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via zhd.online

Ketik berlibur ke Thailand jangan lupa untuk mengunjungi tempat unik satu ini yaitu Maeklong Railway Market. Di pasar ini para pedagang membuka kiosnya disisi kanan dan kiri rel kereta yang masih aktif dilewati kereta api.

Ketika kereta akan lewat, para pembeli dapat mendengar suara kereta sebelum kereta muncul. Para pedagang juga akan memindahkan dagangannya sedikit menjauh dari rel kereta.

Selain itu para pedagang juga memperingatkan pengunjung untuk menepi dari rel kereta saat kereta lewat. Para pedagang disini juga sudah hafal jadwal kereta yang akan lewat. Pasar ini menjual aneka hasil laut, buah-buahan, sayur-sayuran dan makanan khas Thailand. Berminat mengunjunginya?

8. Pasar Beriman Tomohon, Indonesia

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via abc.net.au

Pasar Beriman Tomohon yang berada di Sulawesi Utara ini dikenal sebagai pasar yang ektrim. Pedagang disini menjual daging anjing, kucing, babi dan hewan liar lainnya seperti kelelawar, ular, biawak dan lainnya.

Meskipun yang dijual berupa daging yang tidak biasa, bagi penduduk sekitar tidak ada yang aneh dengan daging-daging ini karena masyarakat Minahasa tidak mengenal pantangan dalam mengkonsumsi sesuatu.

Setiap harinya ada saja yang membelinya. Bahkan di momen-momen tertentu harganya menjadi lebih mahal. Binatang-binatang ini didatangkan dari dalam maupun luar Tomohon.

9. Pasar Cinta, Vietnam

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via indochina.tours

Pasar mencari jodoh ini sudah menjadi sebuah tradisi dari generasi ke generasi anak muda etnis minoritasi di Khau Vai, Vietnam. Khau Vai Love Market adalah aktivitas budaya unik dari warga lokal dan sudah menjadi festival legendaris bagi orang yang jatuh cinta atau orang yang tidak bisa menikah karena berbagai alasan.

Setiap hari Sabtu dan Minggu malam harinya, diadakan acara bernyanyi dan menari bersama yang mempertemukan pria dan wanita dengan tujuan agar bisa kenal satu sama lain.

Para wanita akan menggunakan pakaian terbaiknya disini dan para pria harus pintar mencuri hatinya. Keesokan harinya, barulah Love Market dibuka. Mereka yang saling jatuh cinta bisa langsung melamar pasangannya

10. Pasar Terapung Muara Kuin, Indonesia

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via beritapapua.id

Tak hanya Thailand yang memiliki pasang terapung, Indonesia pun juga memiliki pasar terapung yang bernama Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin. Pasar ini berada di atas sungai barito, para pedagang dan pembeli disini menggunakan jukung.

Pasar berlangsung antara jam 5 pagi hingga 9 pagi setiap harinya, jadi sebaiknya datang sedini mungkin. Sebagian besar pedagangnya adalah wanita, banyak produk lokal segar yang dijual disini mulai dari buah-buahan, sayuran, udang dan lainnya. Keistimewaan pasar ini adalah masih sering terjadi transaksi barter antar para pedagang.

11. Pasar Terapung Damnoen Saduak, Thailand

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via befreetour.com

Pasar ini terletak di Damnoen Saduak, Provinsi Ratchaburi, Bangkok, Thailand. Saat ini, pasar terapung ini menjadi salah satu objek wisata Thailand yang menarik untuk dikunjungi.

Disini para wisatawan bisa melihat cara tradisional menjual dan membeli barang seperti dipasar tradisional di darat pada umumnya. Penduduk lokal akan duduk diatas kapal dan menjual berbagai produk seperti buah-buahan, sayuran segar, makanan lokal, bunga, berbagai fashion dan alat tulis.

Kamu dapat naik perahu untuk mencapai pasar ini dan kemudian berbelanja sambil duduk diperahu. Kanal tempat fungsi pasar ini cukup lebar untuk menampung banyak pedagang dengan perahu mereka dan kamu dapat dengan mudah menghabiskan waktu 5 – 6 jam untuk berbelanja disini.

12. Pasar Ka Firushi Bird, Afghanistan

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via misteraladin.com

Bagi para pecinta burung pasar ini adalah surganya. Pasar kecil di Kabul, Afghanistan ini menjual berbagai jenis burung eksotis. Ketika kamu sampai di dekat pasar, kamu dapat langsung mengetahui dimana tepatnya lokasinya karena kicauan burung-burung yang indah.

Penjual di pasar ini telah terjun ke bisnis ini selama beberapa generasi dan memiliki pengetahuian yang luas tentang berbagai spesies burung yang mereka tawarkan. Walaupun kamu mengunjungi pasar ini karena penasaran atau ingin membeli, kamu pasti akan menyukainya karena burung-burung tersebut sangatlah cantik-cantik.

13. Pasar Izmailovsky, Rusia

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via albawaba.com

Rusia dikenal dengan boneka bersarangnya atau dikenal juga sebagai Matryoshki. Boneka ini dibuat dengan tangan dan dicat dengan warna-warna cerah. Masing-masing boneka terdiri dari 4 -5 dimana setiap boneka ada versi lebih kecil dari yang lainnya.

Jika kamu berkunjung ke Pasar Izmailovsky, pasar ini dianggap sebagai rumah harta karun bagi semua pecinta Matryoshki. Selain Matryoshki, disini juga ada vas yang dilukis dengan tangan yang indah, piring, barang pecah belaj dan priduk dekorasi rumah lainnya. Jika kamu menyukai segala sesuatu yang penuh warna dan unik, kunjungin saja pasar ini.

14. Pasar Khan Al-Khalili, Mesir

Pasar Unik dan Aneh Yang Ada Di Dunia

photo via wego.com

Pasar Khan Al-Khalili merupakan pasar unik dan aneh yang ada di dunia. Pasar ini terletak di Mesir dan menawarkan berbagai koleksi paling berharga dan tidak biasa yang awalnya milik kerajaan Turki kuno, namun sekarang dijual sebagai barang antik.

Kamu juga dapat menemukan barang-barang artistik dan estetis yang indah seperti lampu, karpet dan permadani bersulam, vas, kendi dan banyak produk lainnya yang sulit ditemukan di tempat lain. Sebelumnya pasar ini pernah menjadi pusat pasar rempah-rempah di Mesir tapi sekarang terkenal dengan penjualan survenirnya.

Itulah beberapa pasar unik dan aneh yang ada di dunia. Tak hanya menjual berbagai barang-barang unik saja, beberapa pasar diatas juga ada yang menjual aneka produk untuk penyihir yang menarik untuk dilihat. So, pasar mana yang ingin kamu kunjungi?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *