15 Air Terjun Terindah Di Indonesia

4 minggu lalu

15 Air Terjun Terindah Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki wisata alam yang menakjubkan, sehingga tak heran jika banyak wisatawan asing memilih berlibur ke Indonesia. Di Indonesia ada banyak sekali wisata alam yang menakjubkan dan sayang sekali jika terlewatkan, seperti salah satu wisata alam yang saat ini sedang naik daun yaitu air terjun. Di Indonesia ada banyak sekali air terjun di setiap provinsinya dan air terjun tersebut memiliki keunikan tersendiri. Tak jarang wisata air terjun ini memiliki panorama pemandangan alam yang sangat memanjakan mata dan pastinya tak akan menyesal setelah mengunjunginya. Dari banyaknya wisata air terjun yang ada di Indonesia, berikut ini ada 15 air terjun terindah di Indonesia

1. Air Terjun Mursala, Sumatera Utara

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Mursala, Sumatera Utara

Photo via instagram.com/giovanni_tendean

Air Terjun Mursala adalah salah satu air terjun terindah di Indonesia, air terjun ini berada di Pulau Musala Sumatera Utara. Menariknya air terjun ini airnya langsung mengalir ke lautan tak seperti air terjun pada umumnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan dibawahnya langsung bertemu dengan air asin. Selain itu air terjun ini ternyata juga pernah dijadikan lokasi syuting film King Kong pada tahun 2005.

Alamat : Pulau Musala, Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

2. Air Terjun Sipiso-piso, Karo, Sumatera Utara

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Sipiso-piso, Karo, Sumatera Utara

Photo via instagram.com/frencynatdhar

Air Terjun Sipiso-piso adalah air terjun yang ada di Sumatera Utara, dimana air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi dengan hutan pinus. Air terjun ini memiliki ketinggan sekitar 120 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Untuk mengakses air terjun ini kamu tidak perlu khawatir karena sudah disediakan jalur yang berupa anak tangga dan memang disediakan untuk para wisatawan.

Alamat : Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

3. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Photo via datawisata.com

Air Terjun Sri Gethuk adalah air terjun yang berada di tebing yang disampingnya mengalir aliran sungai. Buat kamu yang ingin menikmati air terjun ini kamu harus menyusuri sungai dengan jarak kurang lebih 700 meter. Disini juga telah disediakan semacam perahu yang terbuat dari drum hasil dari kreativitas pengelola. Namun buat kamu yang ingin berpetualangan, kamu bisa memilih jalur setapak dengan rute naik turun bukit untuk mencapai air terjun ini.

Alamat : Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta

4. Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur

Photo via instagram.com/airterjunmadakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun terindah di Indonesia yang terletak di kawasan taman nasional bromo tengger semeru. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Jika dilihat air terjun ini didominasi dengan tumbuhan hijau yang mengelilinginya dan air yang berwarna blue Sapphire. Untuk mencapai air terjun ini, tentunya kamu harus melewati perjalanan yang cukup melelahkan, namun setelah tiba rasa lelahmu akan terbayar lunas dengan pemandangan air terjun yang indah ini.

Alamat : Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

5. Air Terjun Coban Sewu, Jawa Timur

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Coban Sewu, Jawa Timur

Photo via instagram.com/christofferhove

Jawa Timur ternyata memiliki banyak wisata alam yang tak kalah indahnya dari daerah lainnya. Salah satu wisata alamnya yang bagus yaitu air terjun coban sewu. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 180 meter dan dinamai coban sewu karena airnya tidak hanya mengalir dalam satu titik saja. Namun memiliki beberapa titik air yang mengalir disepanjang didinding yang berbentuk setengah lingkaran tersebut. Air terjun ini semakin indah jika dilihat dari atas, kamu tidak akan menyesal jika melihat pemandangan ini.

Alamat : Desa Tamanayu, Pronojiwo, Lumajang dan Desa Bendosari, Pujon, Malang.

6. Air Terjun Nglirip, Jawa Timur

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Nglirip, Jawa Timur

Photo via instagram.com/andrean.wisnu

Salah satu air terjun terindah yang ada di Jawa Timur dan termasih terindah di Indonesia yaitu Air Terjun Nglirip. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 – 30 meter dengan pemandangan alam disekitarnya. Air terjun ini memiliki air yang jernih dan suasana yang sejuk sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Namun ada sebuah mitos yang mengatakan, bahwa terlarang bagi pasangan yang sedang menjalin hubungan percintaan atau bagi calon pengantin yang akan menikah datang ke air terjun ini, karena dalam kurun waktu kurang dari 40 hari mereka akan terpisah.

Alamat : Pedukuhan Jojogan Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, kabupaten tuban , Jawa timur

7. Air Terjun Kanto Lampo, Bali

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Kanto Lampo, Bali

Photo via instagram.com/travelcommunity

Bali memang dikenal memiliki objek wisata alam yang menakjubkan, salah satu objek wisatanya yang terkenal yaitu air terjun kanto lampo. Air terjun ini berada di daerah Gianyar, air terjun ini cukup unik karena berada di dataran rendah dimana pada umumnya air terjun berada di dataran tinggi. Selain itu, air terjun ini berada dekat dengan pemukiman penduduk sehingga tak sulit menemukannya. Air terjun ini juga berbeda dari air terjun pada umumnya karena airnya turun dari segala arah yang terhalang oleh bebatuan yang keras.

Alamat : Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar

8. Air Terjun Tegenungan, Bali

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Tegenungan, Bali

Photo via instagram.com/utut_eka

Air Terjun Tegenungan adalah air terjun yang berada di Bali tepatnya di daerah Gianyar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar dan air yang jernih. Karena debit airnya cukup besar diharapkan mengikuti aturan yang berlaku disana agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Di dekat air terjun ini juga terdapat restaurant dan sejumlah gazebo sehingga kita bisa menyaksikan keindahan air terjun ini dari kejauhan. Untuk menuju air terjun ini kamu harus berjalan kaki menuruni puluhan anak tangga, setelah itu kamu harus menyusuri tepian sungai Petani agar bisa melihat air terjun dari jarak dekat.

Alamat : Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

9. Air Terjun Banyumala, Bali

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Banyumala, Bali

Photo via instagram.com/madefrombali

Air Terjun Banyumala adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dimana disini terdapat dua air terjun kecil di sisi kanan dan kiri mengapit air terjun terbesar yang tepat ditengahnya. Air terjun ini memiliki air yang jenih, bahkan saking jernihnya bebatuan yang terdapat dibawah kolamnya dapat terlihat. Dibawah muara ketiga air terjun ini terdapat kolam besar yang terbentuk secara alami, pada saat momen tertentu disini akan muncul pelangi membentang melintasi kolam. Kamu juga bisa berenang disini karena airnya tidak terlalu dalam hanya setinggi dada orang dewasa.

Alamat : Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

10. Air Terjun Benang Kelambu, Lombok

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Benang Kelambu, Lombok

Photo via instagram.com/jackson.groves

Air Terjun Benang Kelambu adalah air terjun terindah di Indonesia yang berada di Lombok, air terjun ini diberi nama air terjun benang kelambu karena air terjun yang ada di tempat ini terlihat seperti benang-benang kelambu. Air terjun ini pun memiliki suara yang lebih halus dibandingkan dengan air terjun kebanyakan dan bentuknya pun melebar seperti tirai. Air terjun ini sebenarnya cukup tinggi, namun karena terbagi menjadi beberapa tingkat sehingga terlihat lebih pendek. Pada tingkat pertama air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 m dimana airnya langsung jatuh dari mata air, sedangkan tingkat kedua berada dibawah memiliki ketinggian sekitar 10 m dan tingkat ketiga memiliki ketinggian 5 m. Di air terjun ini kamu bisa mandi ataupun bermain air.

Alamat : Dusun Pemotong, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah

11. Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Photo via instagram.com/memyselfandjulia

Air Terjun Sendang Gile adalah air terjun masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Hal ini karena air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju Gunung Rinjani. Selain itu, mata air air terjun ini berasal dari mata air di Gunung Rinjani yang pastinya sangat sejuk dan alami. Untuk menuju tempat ini, kamu harus menuruni ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter dan jembatan berlubang. Namun ada juga jalan alternatif yang bisa kamu lakukan dengan cara menyelusuri pinggir lembah yang agak curam dan emngikuti saluran irigasi serta menyebrangi jembatan yang terbuat dari rotan.

Alamat : Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara

12. Air Terjun Saluopa, Poso, Sulawesi Tengah

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Saluopa, Poso, Sulawesi Tengah

Photo via instagram.com/bryanbrandonn

Air Terjun Saluopa adalah air terjun yang berjarak kurang lebih sekitar 12 km sebelah barat kota Tentena. Air terjun ini dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dan banyak yang mengatakan jika air terjun ini adalah air terjun terbaik di Indonesia. Air terjun ini memiliki julukan air luncur dan memiliki dua belas tingkat dimana disetiap tingkatnya terdapat kolam kecil yang menampung air dari aliran air terjun yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk berenang atau berendam. Buat kamu yang ingin menikmati air terjun ini, kamu harus melakukan perjalanan ke dalam hutan menuju lokasi air terjun ini. Dan selama diperjalanan kamu akan menikmati suasana hutan tropis yang sejuk dan suara-suara binatang yang hidup disini.

Alamat : Tonusu, Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah

13. Air Terjun Tama’lulua – Sulawesi Selatan

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Terindah Di Indonesia - Air Terjun Tama’lulua - Sulawesi Selatan

Photo via instagram.com/de.wa_

Air Terjun Tama’lulua adalah salah satu air terjun terindah di Indonesia, air terjun ini bisa dikatakan tidak mudah di datangi karena harus mendaki dengan konsisi jalan yang terjal dan bebatuan. Namun rasa lelahmu akan terbayar ketika sampai di air terjun tersebut. Air terjun ini masih berada di hutan dan perbukitan sehingga hawa sejuk akan terasa di tempat ini. Selain itu, kamu juga bisa mengamati air terjun ini dari salah satu bukit yaitu bukit bossolo. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras apalagi ketika musim penghujan datang airnya akan berwarna kecoklatan sehingga kamu harus berjhati-hati berkujung kesana. Namun ada baiknya kamu datang pada saat musim kemarau saja untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Alamat : Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan

14. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Photo via instagram.com/amien.10

Air Terjun Moramo ini masuk dalam kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa dimana air terjun ini termasuk salah satu air terjun terindah di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang berupa air terjun berundak dengan lebih dari 7 buah undakan besar dan 60 undakan kecil dan beberapa kolam yang bisa digunakan untuk mandi atau berendam. Air terjun ini meluncur dengan deras pada batuan granit yang sudah terbentuk selama ribuan tahun yang lalu. Selain itu, air terjun ini juga memiliki daerah bebatuan kapur yang menyebabkan airnya mengandung sulfur dan alkali serta dinding batunya tidak licin karena sulitnya lumbut untuk hidup.

Alamat : Suaka Alam Suaka Margasatwa Tanjung Peropa di Desa Sumbersari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

15. Curug Citambur, Jawa Barat

Air Terjun Terindah Di Indonesia - Curug Citambur, Jawa Barat

Photo via instagram.com/marwasefty

Curug Citambur adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 130 meter dan memiliki tiga tingkatan air terjun dimana tingkat pertama memiliki ketinggian 12 meter, tingkat kedua memiliki ketinggian 116 meter dan tingkat ketiga 2 meter. Air terjun ini memiliki debit air yang besar apalagi ketika musim hujan tiba. Kondisi ini pun membuat Curug Citambur ini selalu diliputi dengan kabut tipis dan suara air yang begitu keras bergemuruh. Curug Citambur ini dibatasi dengan tebing curam dan debit air yang besar sehingga akan sangat berbahaya jika berada dibawah guyuran airnya.

Alamat : Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat

Itulah 15 air terjun terindah di Indonesia yang patut kamu datangi, air terjun tersebut juga tidak kalah cantiknya dengan air terjun di negara lainnya. Untuk membuatnya selalu indah maka jagalah mereka dengan baik dengan tidak mengotorinya sedikit pun karena jika bukan kita sendiri yang menjaga alam ini agar tetap indah, lalu siapa lagi?

Baca Juga