15 Stasiun Kereta Api Terindah dan Menakjubkan di Dunia

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Di beberapa negara, berpergian menggunakan transportasi umum seperti kereta api sudah umum dilakukan. Terlebih jika jarak yang ditempuh sangat jauh tentunya kereta api adalah pilihan yang tepat. Ketika berpergian menggunakan kereta api, kita pastinya akan menuju ke stasiun. Tak sembarangan stasiun, di beberapa negara ini terdapat stasiun kereta api yang sangat indah dan wajib sekali dikunjungi ketika berada di negara tersebut. Dimana saja itu? Berikut ini stasiun kereta api terindah di dunia.

1. Antwerp Central Station, Antwerp

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via flickr.com/zzapback

Antwerp Central Station merupakan slah satu stasiun kereta api terindah di dunia yang dibangun pada tahun 1895 – 1905. Stasiun ini dirancang oleh Louis Delacenserie. Jika diperhatikan stasiun ini dilapisi dengan batu-batuan setidaknya bangunan ini menggunakan lebih dari 20 jenis marmer dan batu. Terdapat juga kaca-kaca yang sangat indah, untuk atapnya berkubah besi yang sangat kuat.

2. Chhatrapati Shivaji Terminus, Mumbai

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via wikimedia.org

Tak hanya dikenal memiliki Taj Mahal yang terletak di Agra, India juga memiliki stasiun kereta api terindah di dunia yang terletak di Mumbai bernama Chhatrapati Shivaji Terminus. Karena keindahan bangunannya ini, stasiun ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Pembangunan stasiun kereta api ini menghabiskan waktu sekitar 10 tahun dan baru selesai pada tahun 1888. Bangunan ini memiliki perpaduan antara gaya barat dan timur. Konon stasiun ini dirancang oleh seorang arsitek Inggris bernama Frederick William Stevens untuk menghormati Ratu Victoria.

3. Dunedin Railway Station, Dunedin

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via tripadvisor.co.id

Terletak di Dunedin, New Zealand, disini terdapat sebuah stasiun kereta api terindah yang didesain oleh George Troup. Stasiun kereta api ini dibangun pada tahun 1906 dengan gaya Flemish Renaissance dengan pola khas diciptakan oleh basalt gelap dari Kokonga dipadukan dengan batu oamaru putih. Bangunan semakin menawan berkat tambahan aksen granit merah muda dan atap terakota serta lantai mozaik. Keindahan dari desainnya ini membuatnya menjadi salah satu stasiun kereta api terindah di dunia.

4. Estacao de Sao Bento, Porto

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via turismo.eurodicas.com.br

Stasiun kereta api terindah di dunia selanjutnya ada Estacao de Sao Bento. Stasiun ini berdiri dibangunan bekas biara S. Bento de Ave Maria. Bangunannya sendiri memiliki banyak mural berwarna biru serta putih yang sangat indah. Mural tersebut menggambarkan tentang sejarah Portugal yang dibuat oleh seroang seniman bernama Jorge Colaco. Pembuatan mural ini membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 14 tahun hingga mural tersebut selesai. Selain itu, mural ini juga menghabiskan sekitar 20.000 keramik berlapis timah.

5. Estacion de Madrid Atocha, Madrid

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via plataformaarquitectura.cl

Berbeda dari stasiun kereta api lainnya, Estacion de Madrid Atocha ini dikatakan sebagai stasiun kereta api terindah di dunia berkat adanya tanaman tropis yang tumbuh subur didalamnya. Kehadiran tanaman ini membuat para pengunjung menjadi lebih nyaman dan santai. Di dalam stasiun ini juga terdapat aneka toko, cafe hingga klub malam. Estacion de Madrid Atocha ini awalnya diresmikan pada tahun 1851, namun sempat terjadi kebakaran dibangunan pertamanya. Kemudian stasiun ini dibangun kembali dengan bangunan yang lebih modern.

6. Estacao Da Luz, Sao Paulo – Brazil

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via catv.com.br

Estacao Da Luz ini termasuk stasiun kereta api yang sudah cukup tua di Sao Paulo dan ditetapkan oleh Pemerintah kota sebagai cagar budaya. Stasiun ini bertipe terminus (perjalanan akhir) yang tidak memiliki kelanjutan jalur. Bangunan ini dirancang dan diproduksi di Glasgow, Skotlandia. Awalnya para pekerja akan merakit seluruh bangunan di Glasgow, kemudian membongkarnya dan mengirimkannya ke Sao Paulo serta memasangnya kembali di tempat.

7. Flinders Street Station, Melbourne

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via wikimedia.org

Next ada Flinders Street Station, stasiun ini menjadi stasiun kereta api pertama yang dibangun di Australia. Bangunannya cukup besar dan memiliki beberapa titik pertemuan yang populer. Dibangunan ini terdapat jam yang menghiasi pintu masuk utama stasiun, jam ini menunjukkan waktu keberangkan untuk 13 kereta pinggir kota yang berangkat. Terdapat juga aula besar yang pernah dijadikan tempat konser dan kompetisi dansa.

8. Gare de Lyon, Paris

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via europebyrail.eu

Jika sedang berada di Paris, jangan lupa untuk mengunjungi Gare de Lyon salah satu stasiun kereta api terindah. Struktur bangunan stasiun ini dibangun pada tahun 1855 yang hingga kini masih berdiri kokoh. Ada yang ikonik di stasiun ini yaitu terdapat menara jam yang mirip dengan Big Ben di London yang terletak di bagian luar. Di dalam stasiun ini kamu juga bisa menemukan banyak sekali restoran terkenal yang bisa kamu kunjungi.

9. Grand Central Terminal, New York

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via pixabay.com

Grand Central Terminal merupakan salah satu stasiun kereta api terindah di dunia dan dikenal juga sebagai stasiun kereta api terbesar di dunia dan paling sibuk. Stasiun yang dibangun pada tahun 1871 ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan langit-langit aquamarine. Saat membeli tiketnya pun, jendelanya terbuat dari emas asli.

10. Huddersfield Station, Inggris

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via yorkshirepost.co.uk

Mengadopsi bangunan gaya neoklasik, Huddersfield Station ini menjadi salah satu stasiun terindah yang masuk dalam daftar kelas 1 bangunan bersejarah. Pada bagian depan, stasiun ini menggunakan batu pasir. Ada yang menarik dari stasiun ini yaitu terdapat dua kucing bernama Felix dan Bolt yang sangat populer, bahkan memiliki akun media sosial sendiri. Huddersfield Station ini pertama kali dibuka pada tahun 1847 dan menjadi stasiun kereta api tersibuk kedua di Yorkshire Barat.

11. Helsinki Central Station, Helsinki

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via tripadvisor.com

Awalnya stasiun ini dibangun pada tahun 1862, tapi karena terlalu kecil stasiun ini pun dibuat megah dengan balutan granit Finlandia. Pada tahun 1919, stasiun ini kembali dibuka dan menjadi simbol dari gaya Art Nouveau khas Saarinen. Stasiun ini memiliki empat penjaga besar yang memegang lampu bulat untuk mengawasi lalu lalang ratusan komuter yang ada di stasiun ini.

12. Kanazawa Station, Kanazawa

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via wikimedia.org

Terbang jauh ke Jepang, disini terdapat sebuah stasiun kereta api terindah di dunia yang bernama Kanazawa Station. Stasiun ini dibuka pertama kali pada tahun 1898 dan dikenal akan arsitekturnya yang modern serta indah. Stasiun ini memiliki pintu masuk yang modern, awalnya banyak yang menganggap tidak mewakili kota Kanazawa. Tapi menariknya pintu masuk ini tidak rusak sama sekali ketika Perang Dunia ll. Dibagian luarnya terdapat sebuah air mancur yang menunjukkan waktu seperti jam digital.

13. Komsomolskaya, Moskow – Rusia

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via flickr.com/71336639@N06

Bangunan bergaya Soviet yang megah dan mencolok ini berada di Moskow, Rusia. Stasiun kereta api ini memiliki langit-langit yang berwarna kuning cerah serta tiang-tiang cantik yang menopangnya. Di lengkapi dengan lampu gantung yang indah menciptakan bangunan yang begitu indah. Tak heran ketika pertama kali mengunjunginya kamu akan terkagum-kagum.

14. Napoli Afragola, Naples – Italia

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via wikipedia.org

Napoli Afragola ini memiliki konsep arsitektur yang sangat modern yang dibangun tepat di sebelah desa Mycenaean kuno. Bangunan yang dirancang oleh Zaha Hadid ini memainkan garis-garis putih di dalam dan luar gedung. Dari kejauhan, stasiun ini terlihat seperti pesawat luar angkasa yang mendarat di hamparan tanaman hijau. Ketika dilihat dari dekat, bangunannya sangat mempesona, setiap sudutnya dipenuhi dengan cahaya.

15. St Pancras International, London

Stasiun Kereta Api Terindah Di Dunia

photo via protectahome.co.uk

Terakhir ada St Pancras International yang terletak di London. Stasiun ini memiliki aula yang besar sehingga dapat menampung penumpang dari berbgai kota. Pembangunan stasiun ini membutuhkan waktu sekitar 20 tahun dan ketika selesai menjadi ruang tertutup terbesar di dunia. Bangunannya memiliki gaya Fasd Gothic dengan batu bata merah yang mengelilinginya. Ketika Perang Dunia ll, bangunan ini tetap masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Meskipun sebagian besar dibangun pada masa kuno, deretan stasiun kereta api terindah di dunia diatas masih berdiri dengan kokoh dan megah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.