20 Desain Rooftop Minimalis Sederhana

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Keterbatasan lahan bukan berarti kamu tidak bisa memilki area outdoor yang lapang dan nyaman untuk bersantai menikmati udara. Pasalnya kamu bisa membuat rooftop yang keren untuk rumah minimalis kamu yang kecil.

Rooftop sendiri merupakan atap datar berupa dak beton pada rumah bergaya modern minimalis, yang kini mulai menjadi salah satu bagian rumah yang mulai diperhatikan. Biasanya bagian rooftop ini kerap digunakan sebagai tempat menjemur pakaian, padahal area rooftop bisa menjadi tempat berkumpul favorit bersama keluarga.

Area rooftop juga bisa digunakan untuk tempat berkebun bagi kamu yang tidak memiliki lahan kosong dirumah. Bahkan ada banyak fungsi dari rooftop yang bakal bikin rumah kamu menjadi lebih menarik.

Berbagai cara dapat dilakukan agar rooftop atap hunian kamu dapat menjadi area outdoor yang nyaman. Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa jasa desain interior, karena kamu bisa merombaknya sendiri. Nah untuk di jadikan panduan berikut ini beberapa desain rooftop minimalis sederhana yang bisa kamu jadikan inspirasi. So let’s chec it out guys!

1. Desain rooftop minimalis dengan rumah kaca dan lantai kayu

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via pinterest.co.kr/ek819sb

Desain rooftop minimalis pertama yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah desain rooftop sederhana dengan lantai atau deck kayu bernuansa runstic. Jika ditambah dengan elemen kaca pada bangunan kecil di rooftop, maka akan menambah nilai estetik pada rooftop kamu. Kamu juga bisa menambahkan bebera tanaman disudut rooftop agar rooftop terlihat lebih sejuk.

2. Desain rooftop yang asri dengan tema taman

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via shelterness.com

Kamu juga bisa menciptakan kesan asri dan indah layaknya taman pada rooftop kamu. Mulai dari tanaman hias dalam pot, sebuah tanaman hias yang rindang dan bisa menjadi peneduh dikala siang hari yang panas hingga tanaman seperti groundcover yang bakal membuat rooftop terlihat lebih asri. Kamu juga bisa menambahkan deck kayu sebagai lantai rooftop untuk menciptakan kesan yang lebih alami dan natural.

3. Desain rooftop minimalis dengan bangku kayu permanen dan area taman yang kecil

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via architecturaldigest.com

Selanjutnya adalah desin rootop kecil yang minimalis. Hanya menggunakan deck kayu dan bangku kayu permanen yang tertempel pada satu sisi rooftop. Kamu juga bisa menambahkan taman kecil di kedua sisinya. Desain rooftop yang minimalis ini cocok untuk hunian yang kecil.

4. Desain rooftop minimalis dengan patio untuk bersantai

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via homify.com.mx

Desain rooftop minimalis berikutnya yang bisa kamu tiru adalah desain rooftop dengan patio sebagai tempat bersantai. Selain itu, kamu juga bisa menyulap sisa area rooftop kamu sebagai taman bermain. Cukup berikan sentuhan hijau dengan rumput groundcover dan beberapa tanaman hias disisi-sisinya. Ini akan membuat rooftop kamu menjadi tempat berkumpul sekaligus bermain anak-anak yang seru.

5. Desain rooftop dengan atap kanopi yang bisa dibuka dan ditutup

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via planet-deco.fr

Jika kamu ingin memiliki rooftop yang teduh dikala terik namun bisa juga dijadikan area outdoor yang multifungsi, maka kamu bisa menambahkan model kanopi atau atap yang bisa dibuka dan ditutup. Sesuaikan dengan luar rooftop yang ingin kamu berikan atap. Tak hanya atap, kamu juga bisa menambahkan sliding door dari kaca jika sewaktu-waktu kamu perlu ruang tambahan. Tambahkan kursi, sofa hingga coffee table, kamupun bisa mendapatkan area rooftop yang super cozy dan flexible.

6. Desain rooftop dengan pergola kayu

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via foxyoxie.com

Desain rooftop minimalis lain yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah desain rooftop dengan pergola kayu namun tidak beratap. Kamu bisa mengganti tralis rooftop kamu dengan dinding-dinding kayu yang didesain seperti partisi. Tidak tertutup rapat, dan memiliki celah serta jendela tanpa pintu yang bikin tampilan rooftop jadi lebih unik dan menarik. Maksimalkan rooftop kamu dengan satu set sofa dan meja outdoor serta tanaman hias dalam pot agar area rooftop bisa jadi spot nongkrong yang cozy dan instagramable.

7. Desain rooftop kecil yang sederhana dengan tenda kain

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via mujerhoy.com

Kamu juga bisa menata rooftop kamu dengan menempatkan sepasang sofa memanjang dan sebuah coffee tanble bergaya rustic. Untuk meminimalisir terik sinar matahari, kamu bisa menggunakan selembar kain putih yang dikaitkan pada sisi atap dan sisi lainnya. Jangan lupa memberikan unsur alam dengan menambahkan beberapa tanaman hias. Desain rooftop yang sederhana ini akan membuat rooftop kamu menjadi lebih nyaman untuk tempat berkumpul dan bersantai.

8. Desain rooftop minimalis bernuansa hijau dengan rumput sintetis dan kanopi yang bisa dibuka dan ditutup

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via lovinmalta.com

Jika kamu memiliki budget lebih, kamu juga bisa mendesain rooftop kamu seperti contoh di atas. Kamu bisa membuat patio dengan atap atau kanopi bernuansa kayu yang bisa dibuka dan ditutup. Sedangkan untuk lantai patio, kamu bisa menggunakan rumput sintetis. Disekelilih patio, kamu bisa membuat kebun atau taman hijau yang peuh dengan tanaman hias yang kamu suka ataupun tanaman penyejuk. Dengan tambahan satu set meja dan sofa outdoor tentu rooftop kamu akan menjadi spot terfavorit dirumah kamu.

9. Desain rooftop minimalis bertema kontemporer dengan pergola kayu

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via shootgardening.co.uk

Di sudut rooftop kamu yang kosong, kamu juga bisa mendirikan pergola kayu dan membuat sebuah area yang bisa digunakan untuk tempat makan, nongkrong hingga bersantai. Elemen kay akan membuat roofotp kamu terlihat lebih estetik dan natural.

10. Desain rooftop sebagai area pool minimalis

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via fotocasa.es

Selain patio, rooftop juga bisa dijaikan sebagai area kolam renang yang minimalis. Buatlah model kolam diatas tanah atau above ground pool dengan sentuhan deck kayu sehingga membuat area kolam menjadi lebih estetik. Jangan lupa tambahkan beberapa outdoor lounge chair sehingga lebih maksimal.

11. Desain rooftop sederhana dengan tempat duduk lesehan

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via curbed.com

Rooftop kamu yang kosong, bisa juga disulam menjadi area nongkrong lesehan yang estetik seperti contoh diatas. Tambahkan beragam tanaman hias menutupi tralis rooftop kamu. Pada satu sisi rooftop, kamu bisa membuat area lesehan dengan menambahkan deck kayu dan beberapa bantalan sebagai tempat nongkrong. Untuk desain rooftop satu ini tentu tidak akan menghabiskan banyak biaya.

12. Desain rooftop minimalis yang nyaman untuk bersantai menikmati senja

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via avenueone.sg

Desain rooftop sederhana lainnya yang bisa kamu tiru adalah desain rooftop dengan deck kayu dan beberapa outdoor chair. Kamu juga bisa menambahkan outdoor umbrella untuk menghalau sinar matahari ketika kamu nongkrong di rooftop pada siang hari. Dengan menambahkan sentuhan seperti tanaman hias dan rumput hijau, akan membuat rooftop menjadi lebih sejuk dan alami. Area rooftop kamu akan menjadi spot romantis pada senja hingga malam hari, apalagi jika ditambah dengan hiasan lampu-lampu kecil.

13. Desain rooftop minimanis dan sederhana dengan menonjolkan material kayu

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via inrichting-huis.com

Super minimalis dengan rooftop yang ditutupi dengan deck kayu dan bangku kayu yang permanen tertempel pada sisi rooftop. Ini akan menciptakan spot minimalis yang cocok untuk nongkrong dan bersantai. Untuk menambah kesan estetik, kamu bisa menambahkan beberapa bantal berwarna-warni, beberapa tanaman hias dalam pot hingga karpet yang berwarna cerah. Jangan lupa, kamu juga bisa menambahkan selembar kain ataupun parasol sebagai penghalau sinar matahari.

14. Desain rooftop minimalis sederhana dengan meja makan panjang ditengahnya

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via adamrobinsondesign.com

Kamu juga bisa menjadikan rooftop kamu sebagai tepat makan outdoor yang minimalis. Cukup tempatkan meja makan yang panjang dan beberapa kursi serta beberapa tanaman hias dalam pot, maka rooftop kamu bisa menjadi area multifungsi favorit kamu.

15. Desain rooftop diatas rooftop yang minimalis

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via shop.rosyceramindo.net

Biasanya dak beton paling atas digunakan untuk menempatkan tangki air, namun kamu jugaa bisa menyulapnya sebagai rooftop kecil yang minimalis. Jadi saat kamu keluar ke rooftop, kamu bisa menaiki tangga lagi untuk mencari rooftop yang paling atas. Untuk penataannya juga kamu buat minimalis, seperti memberikan sentuhan material kayu, memberikan beberata tanaman hias dan menciptakan taman yang asri dan bahkan bisa menambahkan beberapa spot bersantai dengan sofa ataupun kursi outdoor.

16. Desain rooftop sederhana dengan dak beton berwarna abu-abu cerah

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via annabellkutucu.com

Desain rooftop minimalis lain yang bisa kamu tiru sangatlah sederhana. Jika atap dak beton kamu kosong, kamu cukup mengecatnya dengan warna abu-abu cerah atau pilih warna pasir. Kemudian tambahkan dengan kursi rotan dan coffee table kayu yang unik. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat tempat duduk dari beton dan cukup tambahkan dengan sofa dan bantalannya. Ini akan membuat rooftop kamu yang kosong terlihat lebih menarik.

17. Desain rooftop kecil yang sederhana

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via homeshabby.com

Kamu juga bisa mengusung konsep industrial tropis pada rooftop kamu dengan mengaplikasikan tralis besi atau baja hitam, kemudian melengkapinya dengan tanaman hias yang memberikan efek menjuntai ke bawah. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan tanaman kaktus dan tanaman tropis lainnya pada rooftop kamu. Ini akan memberikan kesan roofotp yang minimalis sederhana namun terlihat estetik.

18. Desain rooftop sederhana dengan ayunan dan saung bambu

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via facebook.com/officialvideo.id

Yang kangen dengan kampung, kamu juga bisa membawa saung bambu sebagai tempat bersantai di roofotp kamu. Ini akan membuat rooftop kamu terlihat lebih unik dan memberikan kesan pedesaan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kursi ayunan sebagai spot santai untuk anak-anak ditambah dengan rumput sintetis, rooftop akan terlihat makin cantik.

19. Desain rooftop minimalis dengan tema Santorini

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via es.airbnb.com

Usung konsep Santorini jika kalian ingin memiliki rooftop dengan kesan yang unik dan minimalis. Warnai dak beton rumah kamu dengan warna krem atau warna putih khas Santorini, kemudian berikan atap dari kayu yang terlihat rustic. Kamu juga bisa membuat area duduk dari beton dengan tambahan bantalan sofa. Ketika nongkrong di rooftop, kamu akan merasa berada di tempat wisata tersebut.

20. Desain rooftop yang kecil dan adem

Desain Rooftop Minimalis Sederhana

photo via freedom.co.jp

Satu lagi desain rooftop minimalis dan sederhana yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah rooftop dengan decking tile kayu dengan perabotan kayu serta beberapa tanaman hias sebagai penyejuk disetiap sisinya. Tak hanya sejuk dan adem, namun rooftop kecil rumah kamu juga bakal lebih nyaman dan estetik meskipun sederhana.

Nah itu dia beberapa desain rooftop minimalis dan sederhana yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jadi siap merombak rooftop kamu yang biasa jadi luar biasa?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *