24 Rumah Pohon Unik dan Indah Seperti di Negeri Dongeng yang ada dalam Kehidupan Nyata



Pernahkah kalian menonton film “The Lord of the Rings”? jika iya, pasti kalian tidak asing lagi dengan rumah pohon para bangsa elf di film tersebut. Berbicara tentang rumah pohon, pasti yang akan muncul dipikiran kita adalah dunia fantasi dan imajinasi kita sewaktu kecil. Namun sekarang seiring kreatifitas yang berkembang sangat pesat, rumah pohon saat ini bisa disulap menjadi rumah pohon yang berkarya seni tinggi seperti beberapa rumah pohon yang ada di dunia berikut ini :

 

1. Sebuah rumah pohon di British Columbia, Kanada

Rumah pohon dengan tangga yang melingkar dan terdiri dari 3 buah rumah. Rumah pohon columbia, mungkin butuh para pekerja ahli untuk bisa membuat rumah pohoh seperti ini. Karena dilihat dari tempatnya rumah ini begitu pas dibangun di tengah-tengah pohon yang menjalur tinggi, yang kemudian di rancang sebegitu rupa menjadi sebuah rumah pohon yang begitu indah dan menarik.

 

2. Rumah Pohon dari Cermin di Swedia

Rumah pohon ini terbuat dari cermin, sangat unik. Saking uniknya rumah ini akan terlihat semua isinya, karena rumah pohon ini terbuat dari cermin. Seperti rumah pohon di kolombia, rumah pohon ini dibangun ditenga-tengah pohon dan diapit oleh empat pohon.

jika kita masuk kedalam rumah pohon ini, mungkin akan terasa menarik, karena kita bisa melihat hutan dan pohon-pohon yang menjulang tinggi di hutan tanpa terhalang oleh kayu yang biasa dipakai oleh rumah-rumah biasanya.

Saat malam tiba atau jika saat ada bulan yang terang, pemandangan akan lebih indah lagi karena kita bisa melihat langsung dari dalam rumah tanpa harus pergi keluar mencari tempat lega yang tidak tertutupi oleh bangunan seperti rumah-rumah.

 

3. Rumah pohon di Amberley, Inggris

Rumah pohon ini terdapat di Amberley, Inggris. Rumah pohon ini berada di atas sungai dan dikelilingi pohon-pohon yang berakar di dalam air.

Untuk rumah pohon yang satu ini, sangat menarik dan unik tentunya. Perlu orang-orang yang ahli untuk membuat bangunan rumah pohon seperti ini. rumah pohon ini akan sangat cocok untuk berakhir pekan.

Karena dirumah pohon ini yang tepat di atas sungai, tentu saat berada dirumah ini kita bisa bersantai ataupun memancing menikmati aliran sungai yang tenang dan pemandangan yang tak kalah menarik.

Sepintas rumah pohon ini terlihat sangat lucu dari segi desain dan bahannya. Mungkin rumah pohon ini bisa menampung hanya beberapa orang saja dengan ukuran yang relatif kecil, mungkin hanya dua orang agar bisa lega bertempat tinggal di rumah pohon ini.

 

4. Rumah pohon di Gujarat, India

Rumah pohon yang sangat mengasyikkan. Tak kalah menarik dengan rumah pohon yang lain, rumah pohon ini begitu santai. Berada di tengah hutan, dan tepat di atas pohon yang sedikit lebih tinggi juga dengan adanya sebuah tangga.membuatnya lebih menarik dan sangat unik.

Mungkin rumah pohon yang seperti ini juga ada di Indonesia, karena jika dilihat dari gambarnya, rumah pohon ini tidak sesulit jika melihat rumah pohon yang di atas. Siapa tidak ingin tinggal di rumah pohon ini, tentu akan sangat mengasikan bersama teman untuk bersantai disini menikmati indahnya terik matahari pada siang hari. Apalagi disini akan teduh karena dikelilingi dengan pepohionan rindang.

 

5. Hotel Rumah Pohon Berbentuk UFO di Swedia

Sekilas rumah pohon ini berbentuk seperti UFO. Memang sangat unik bukan, rumah pohon yang berbentuk seperti ufo ini ternyata sebuah hotel. Kok bisa ya, dari bentuknya mungkin rumah pohon ini hanya bisa ditempati beberapa orang saja. Selain yang lebih menarik lagi bahwa rumah pohon ini bertepatan juga berada di tengah-tengah lima pohon yang mengelilinginya.

Dengan beberapa tali sebagai penyangga, terlihat tepat bawahnya ada sebuah tangga untuk naik. Jadi pengen tinggal di rumah pohon, apalagi rumah pohon yang berbentuk seperti ini, sangat menarik. Apalagi jika terdapat beberapa rumah pohon yang seperti ini, dua atau tiga rumah pohon yang seperti ini, bisa jadi akan menjadi sebuah hotel yang benar-benar hotel.

 

6. Rumah Pohon Alnwick, Northumberland, Inggris

Rumah pohon ini terdapat di wilayah Northumberland, Inggris. Rumah yang di bangun di sebuah taman ini cukup indah, karena termasuk di bangun di wilayah kota dan terletak di pinggir jalan.

Taman ini di pagar dengan pagar tanaman yang tertata rapi, didalamnya terdapat pohon pohon besar yang merupakan tempat dibangunnya rumah pohon diatasnya. Tampak pada dinding rumah juga di bangun dari kreasi berbahan kayu, dinding bermotif vintage dengan warna coklat yang menjadikan rumah pohon ini terkesan unik. Jelas siapa pun yang melewati tempat ini pasti tidak akan ketinggalan untuk memandangi rumah pohon yang unik ini. Rumahnya cukup besar, dan terdapat beberapa ruang yang ada pada rumah pohon ini. Rumah pohon ini juga dibangun secara bertingkat.

Walaupun rumah yang berada diatas pohon ini terbilang besar, namun aman kok. Karena semua properti dan bahan baku pohon sudah dibuat menyesuaikan dengan pepohonan kayu sedemikian rupa. Sebagian besar, rumah pohon ini juga dibangun dari kayu.

 

7. Rumah Pohon di St. Louis Park

Rumah pohon yang terdapat di sekitar taman Louis Park. Dibangun diatas pohon yang tumbuh secara sendirian. Pohon ini berada disebuah taman yang cukup terbuka. Hanya ada satu pohon besar saja di halaman taman ini.

Uniknya diatas pohon ini dibangun rumah pohon yang sangat bagus, serba bertingkat dan siapapun yang mengunjunginya bisa menikmati pemandangan luar dari atas rumah pohon ini.

Dibagian tengah merupakan rumah tempat singgah dan beratap, disekelilingnya yaitu teras depan rumah pohon.

Rumah ini masih bertingkat dan dengan desain yang sama, dibagian yang lebih atas rumah tampak lebih kecil, ditengahnya tempat singgah dikelilingi pekarangan.

 

8. Free spirit spheres, Hutan hujan Pulau Vancouver, Kanada

Rumah pohon ini berbentuk bulat dan menggantung di udara, hihi ada-ada aja yak. Cukup unik kan, rumah pohon ini bisa dibilang lain dari pada yang lain.

Umumnya kan rumah pohon menumpang pada batang batang pohon, namun yang satu ini menggantung di pohon. Tali-tali terikat diantara beberapa pohon, agar lebih kuat.

Seperti bola, karena rumah ini di desain bulat dengan diameter yang cukup besar, namun hanya bisa menampung maksimal 3 orang.

Rumah bulat ini seperti halnya balon udara, namun didalamnya tidak berisi udara untuk menggelembungkan isinya loh. Yang menjadikannya tampak bulat rapi karena ada kerangkan yang membentuk rumah unik ini.

Satu lagi untuk menuju rumah bulat diatas pohon ini, kalian harus menaiki salah satu pohon dengan tangga tali, lalu menyeberang dengan jembatan gantung. Bisa terbayang kan sensasinya.

 

9. Rumah Berbentuk Sarang Burung

Kalau rumah pohon ini berbentuk seperti sarang burung yang terdapat di Swedia. Rumah ini seperti sangkar burung karena desainnya yang terlihat acak adul.

Dinding dindingnya didesain dengan ranting-ranting kayu dan cukup banyak, dan sengaja di buat tampak berantakan agar menyeruapai sangkar burung.

Di tambah lagi rumah ini berada ditengah-tengah hutan pohon pinus. Rumah ini cukup besar berdiri di atas beberapa batang pohon pinus sebagai pondasinya.

Karakteristik pohon pinus tumbuh lurus keatas, jadi diperlukan beberapa pohon pinus untuk membuat rumah pohon unik ini. Tangga untuk menaikinya dibuat langsung ke tanah tanpa melalui salah satu pohon pinus.

Meskipun dari luar, dindingnya tampak acak-acakan. Itulah yang menjadikan nilai plus dan keunikan rumah pohon ini. Lagi pula, didalamnya pasti di desain sedemikian rapi, rata dan dibuat senyaman mungkin kan.

 

10. Rumah pohon di Pulau Henry

Rumah pohon ini terdapat di Pulau Henry. Rumah ini tampak umum untuk model dan desainnya. Ngerinya rumah ini dibangun di pinggir hutan di suatu pulau.

Rumah pohon ini berada diatas pohon yang besar, dan sekilas pemandangan berada di pohon yang sebelahnya adalah pemandangan terbuka.

Rumah ini biasa dijadikan tempat singgah, tempat istirahat patroli hutan dan tempat untuk mengamankan diri saat kamping atau seorang yang bertugas di tempat ini.

 

11. Rumah pohon Tom di Wisconsin, Amerika Serikat

Salah satu rumah pohon bertingkat yang lokasinya berada di Wisconsin, Amerika. Rumah pohon ini sebenarnya sangat sederhana dan tidak ada bedanya daripada rumah pohon yang lain.

Namun, penambahan ruangan tamu untuk para tamu kita di sebelah bawah membuat rumah ini menjadi seperti rumah pohon bertingkat yang begitu mewah.

Ada juga tempat ayunan di bagian bawah untuk anda tidur bersantai setelah melakukan berbagai aktivitas sambil menunggu teman, kerabat, atau saudara datang menjenguk. Tidak akan membuat anda bosan dengan memilikinya.

 

12. Rumah Pohon Berbentuk Kapal

Berikutnya adalah rumah pohon yang berbentuk kapal. Sangat unik dan menarik terutama bagi anda yang suka mengkoleksi kapal atau bekerja di pelayaran. Pasti saat istirahat pulang ke rumah akan merasa betapa serasa masih di tempat kerja namun dengan suasana yang lebih nyaman.

Rumah ini memang di desain sengaja untuk menarik minat anda yang hobi atau memang bekerja di perkapalan atau pelayaran. Dengan pagar yang dibuat menyerupai Dek kapal. Lalu jendela dan depan rumah dibuat seperti menyerupai tempat kemudi.

Untuk kacanya yang melengkung dan tebal juga sebenarnya khusus dibuat dan didapatkan dari area perkapalan. Dan juga atapnya yang menyerupai kapal terbalik akan menambah kesan unik

 

13. Rumah Pohon untuk Bermain Anak

Rumah pohon ini sangat cocok untuk bermain anak-anak. Rumah yang satu dibangun dengan bersandarkan batang pohon yang besar dengan tangga berjenjang kecil serta desainnya yang sederhana dan bertemakan seperti rumah kurcaci yang pernah muncul di beberapa kisah anak-anak. Sangat cocok jika dipakai sebagai tempat bermain anak-anak.

Dinding kayunya dicat dengan warna cream, ditambah lagi atapnya di cat dengan warna hijau menyesuaikan dedaunan yang melindunginya. Atap juga di desain semenarik mungkin, menguncup seperti topi kurcaci.

Untuk keamanan, sengaja pula dibuat pagar dengan beberapa dahan beranting yang membuat anak terhalangi untuk jatuh. Cukup menarik untuk anak-anak, tetapi orang dewasa jangan banyak yang ikut main ya. Karena memang hanya didesain untuk anak-anak.

 

14. Rumah Pohon di Tokyo, Jepang

Rumah pohon yang dikelilingi daun-daunan kuning ini terdapat di daerah Tokyo, Jepang. Rumahnya sangat mungil dan sederhana. Tapi begitu nyaman untuk ditinggali walau hanya cukup untuk satu atau dua orang saja.

Apalagi jika musim semi tiba dengan bunga yang mulai mengembang. Akan tampak pemandangan dari atas yang didapatkan dari dalam rumah ini yang tidak akan kamu temui daripada pemandangan dari rumah yang lain.

Pembangunan rumah pohon ini juga cukup sederhana. Hanya beralaskan kayu yang kuat dengan tangga yang menggantung ke bawah. Lalu atapnya juga dari bahan triplek, karena pepohonan sudah cukup rimbun menutupi sisi atas rumah ini. Ditambah lagi rumah ini juga diberikan pagar sederhana berbahan dasar kayu, akan membuat para penghuninya berada di atas rumah tingkat yang menawan.

 

15. Rumah Pohon di Ekuador

Rumah Pohon di Equador ini adalah benar-benar asli rumah pohon. Rumah ini dibangun di atas pohon tetapi baru dibangun setelah pohonnya sudah besar dan cukup kuat untuk menopang bahan-bahan untuk pembangunan rumah pohon ini seperti kayu dan beberapa furniture di dalamnya.

Rumah ini setidaknya bisa menampung 10 sampai 15 orang di dalamnya. Dan dengan posisinya yang tinggi dan di tepi bukit, akan membuat kita merasa betah dan nyaman karena dibarengi dengan pemandangan yang indah di sekitarnya.

Namun untuk keperluan seperti buang air, kamu harus turun dahulu dari rumah pohon ini sebelum akhirnya pergi ke toilet terdekat yang dibangun di dekat rumah pohon tersebut.

 

16. Rumah Pohon Crossville

Sekilas melihat pohon ini bukan rumah pohon biasa. Namun lebih cocok seperti hotel yang berbentuk pohon karena begitu besarnya.

Mempunyai rumah pohon mungkin adalah mimpi hampir semua anak-anak. Ketika dewasa, bukan tidak mungkin mimpi itu diwujudkan. Hasilnya adalah rumah pohon terbesar di dunia. Rumah pohon ini dinobatkan sebagai rumah pohon terbesar di dunia pada Guinness Book of World Records. Burgess mulai membangunnya pada tahun 1993 dan pembangunannya belum selesai sampai sekarang.

Rumah pohon Burgess terdiri dari 10 lantai. Masing-masing lantai mempunyai tinggi sekitar 3,4 meter. Kamu dapat bayangkan betapa besarnya rumah pohon ini. Burgess dapat membangun rumah pohon 10 lantai pada sebuah pohon oak yang besar dan kokoh. Burgess membangun rumah ini setelah mendapat ilham yang dia yakini merupakan bisikan Tuhan. Sebanyak 400 sampai 500 orang mengunjungi rumah pohon ini.

Pengunjung tidak ditarik biaya apapun untuk berkunjung ke rumah pohon ini. Pertama kali berkunjung ke sini, pengunjung akan melihat menara rumah pohon setinggi 30 meter. Menara inilah yang menarik para pengunjung. Mereka akan naik hingga puncaknya, lalu berdecak kagum melihat pemandangan taman bunga serta hutan yang luar biasa cantik.

Burgess mempersembahkan rumah pohon buatannya sebagai rumah Tuhan. Sehingga dia memperbolehkan siapapun datang ke rumah tersebut. Hanya terdapat 1 larangan di rumah ini, yaitu dilarang merokok.

Sayangnya, rumah pohon ini ditutup sementara oleh pihak Dinas Pemadam Kebakaran Tennessee. Mereka mengatakan rumah ini memiliki daya tarik untuk turis, sehingga harus terdaftar di kode bangunan negara.Ini terkait dengan aspek keselamatan bangunan yang menjadi tanggung jawab dinas pemadam kebakaran setempat.

 

17. Rumah Pohon Upper Pond di Issaquah, Washington

Rumah pohon ini terdapat di daerah Washington, Amerika Serikat. Rumah pohon ini tingginya berada tidak jauh dari permukaan tanah, jadi kalo misalkan jatuh enggak terlalu sakit ya.

Untuk menaikinya ada sebuah tangga vertikal yang berada di serambi balkon. Bagian depannya terdapat teras dan juga balkon, tempat asik untuk melihat pemandangan yang indah.

Rumah ini memiliki kayu penopang yang sangat besar dan kokoh, jadi tak perlu khawatir rumah ini akan roboh dan berada di sekeliling pohon-pohon besar yang juga kokoh.

 

18. Rumah pohon Tetsu di Kota Hokuto, Jepang

Jepang terkenal dengan pohon sakura nya, tapi apa jadinya jika diantara indahnya pohon sakura tersebut terselip satu rumah pohon? Rumah pohon yang dikelilingi bunga Sakura. Terdapat di kota Hokuto, Jepang.

Tentu kamu akan ingin memilikinya bukan? apalagi rumah pohon ini terletak diantara pohon-pohon yang memiliki bunga berwarna merah muda ini. Rumah pohon yang mengambil tema dari rumah-rumah Jepang terdahulu ini sangatlah indah. Selain untuk dipandang dari bawah, rumah pohon ini juga sepertinya sangat nyaman jika berada di dalamnya.

Bagaimana tidak lihat saja di sekeliling rumah pohon ini terdapat pohon sakura yang berwarna tentu itu semua akan membuat kita nyaman berada di dalamnya.

 

19. Rumah Pohon di Inggris

Rumah pohon ini seperti sebuah menara-menara Istana zaman dulu. Dindingnya dibuat dari kayu yang sangat kokoh. Untuk menaikinya dapat melalui tangga dan jembatan jaring laba-laba. Jembatan jaring itu juga berfungsi sebagai akses penghubung antara rumah satu dengan yang lainnya.

 

20. Rumah Pohon di Inggris

Rumah pohon ini cocok untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Kalau rumah pohon di Inggris satu ini memiliki kesan romantis. Disekiling rumahnya terdapat eksterior lampu-lampu senja. Untuk masuk ke dalam rumah tidak bisa langsung melalu tangga, jadi perlu melalui tangga, lalu melewati jembatan gantung, barulah masuk ke rumah pohon.

Rumah ini sangat cocok sekali bagi kalian yang ingin menikmati bulan madu.Suasana romantis sangat kental sekali pada rumah pohon ini. Rumahnya tak begitu luas, dan tak terlalu jauh dari permukaan tanah.

 

21. Spider’s Leg Tree house

Mungkin bagi mereka para penggemar rumah pohon tidak asing lagi dengan rumah pohon yang satu ini. Pemiliknya adalah Baumraum, seorang arsitek organik terkenal di jerman. Rumah ini berada di World of Living, showspace / taman hiburan di WeberHaus. Bentuk yang tidak biasa dengan garis yang bersih adalah tanda tangan Baumraum, dan ada banyak fitur-fitur keren lainnya, sehingga pengunjung tertarik untuk mengunjunginya.

 

22. Tree house Restaurant

Rumah Pohon ini berada di Okinawa, Jepang yang bernama The Naha Harbor Diner. Rumah Pohon ini digunakan sebagai Restaurant yang berada 20 meter lebih di atas tanah. Sayangnya, pohon ini bukan pohon nyata. Pohon ini merupakan replika yang dibuat dengan menggunakan batu bata yang dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan Rumah Pohon. Mungkin untuk menarik pengunjung kali ya? Pelanggan yang ingin makan di restorant ini harus menggunakan lift untuk mencapai Restaurantnya.

 

23. Yellow Tree house

The Yellow Tree House dibangun dengan pohon kayu yang kuat di buat di pinggir pohon. Dengan lebih dari 40 meter di atas tanah dan memiliki 1.7 diameter. Rumah pohon ini terletak di utara Auckland, Selandia Baru. Strukturnya di buat dari bilah polar dari perkebunan dan digunakan pencahayaan alami yang luas di seluruh strukturisasi. Rumah Pohon ini juga di gunakan sebagai Restaurant dibuat untuk promosi pemasaran Perusahaan Selandia Baru Yellow Pages.

 

24. Beach Rock Tree house

Rumah Pohon ini digunakan untuk Observarium mini. Rumah pohon yang dibuat oleh orang Jepang Kobayahsi Takashi dibangun dengan tujuan utama berkomunikasi dengan makhluk luar angkasa.

 

Sumber :
http://www.satujam.com/rumah-pohon/
http://future2sharing.blogspot.co.id/2011/08/12-rumah-pohon-unik-yang-sangat-indah.html
http://unik-aneh-seru.blogspot.co.id/2013/08/10-rumah-pohon-dengan-bentuk-super-unik.html#axzz4bC1dYSkO
http://faris-farhan.blogspot.co.id/2011/06/10-rumah-pohon-yang-luar-biasa-dan-unik.html

 

Save

Save

Recent search terms:

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >