Gila! 10 Adegan Berbahaya Tom Cruise Yang Mengundang Decak Kagum

1 bulan, by blogunik

Adegan berbahaya Tom Cruise

Siapa sih yang nggak tahu Tom Cruise? Aktor yang masih terlihat tampan dan gagah meskipun telah berusia lebih dari setengah abad ini memang terkenal dengan film actionnya yang menantang dan gila. Mungkin kalau di Asia ada Jackie Chan yang terkenal selalu melakukan aksi bahaya tanpa peran pengganti, maka Tom Cruise adalah versi Amerikanya.

Meskipun studio film kebanyakan tidak mau mengambil resiko tinggi dengan menempatkan para aktornya dalam posisi bahaya, namun hal itu tidak berlaku untuk Tom Cruise. Aktor keren berusia 58 tahun ini lebih memilih ngelakuin adegan berbahaya sendiri, meskipun sang sutradara telah menyiapkan stuntman untuknya. Ini karena Tom Cruise sudah membuktikan bahwa dirinya memiliki keahlian setara stuntman profesional. Nggak heran aksi-aksi berbahaya yang kerap diperlihatkan dalam film-film yang ia mainkan selalu mengundang decak kagum penikmat film action.

Nah berikut berbagai adegan film gila dan sangat berbahaya dari Tom Cruise yang mengundang decak kagum. Penasaran seperti apa? Let’s check it out!

10 Adegan Berbahaya Tom Cruise

1. Lompat keluar dari helikopter di atas ketinggian 10.000 kaki atau sekitar 3.048 meter – Mission: Impossible seri ke-7

Adegan berbahaya Tom Cruise di Mission: Impossible 7

Photo via etcanada.com

Aksi berbahaya baru-baru ini kembali diperlihatkan oleh Tom Cruise saat syuting film Mission: Impossible seri ke-7. Syuting yang dilakukan di Inggris tersebut, memperlihatkan Tom Cruise yang melakukan lompatan keluar dari helikopter di atas ketinggian 10.000 kaki atau sekitar 3.048 meter. Tom Cruise yang memerankan agen Ethan Hunt, melompat dari halikopter bersama dua orang aktor yang melakukan terjun payung hingga akhirnya jatuh di dataran Oxfordshire. Film Mission: Impossible seri ke-7 ini sendiri dijadwalkan rilis pada 19 November 2021.

2. Lari dari ledakan tangki lobster dengan serpihan kaca yang berterbangan -Mission: Impossible (1996)

Kalau ditelisik dari film pertama di franchise “Mission: Impossible”. Tom Cruise telah melakukan berbagai macam adegan berbahaya. Di film pertamanya, Tom Cruise melakukan aksi berbahaya dengan lari sekuat tenaga menghindari ledakan tangki lobster. Adegan ini termasuk ke dalam adegan berbahaya karena dalam ledakan tersebut ada banyak pecahan kaca yang berhamburan. Diketahui, ada sekitar 16 ton air di dalam tangki yang terbuat dari kaca, sehingga saat diledakan, serpihan kaca dari tangki tersebut akan terpental dan berhamburan kemana-mana, tentu sangat berbahaya jika berada didekatnya.

3. Memanjat tebing di Dead Horse Point, Utah – Mission: Impossible II (2000)

Adegan berbahaya lainnya yang pernah dilakukan oleh Tom Cruise adalah memanjat tebing di Dead Horse Point, Utah. Adegan berbahaya ini dilakukan saat syuting film Mission: Impossible II. Ia bergelantungan, memanjat tebing dan melompat dari satu sisi tebing ke sisi lainnya tanpa digantikan stuntman. Tom Cruise hanya menggunakan tali pengaman, tanpa adanya jaring pengaman yang berguna untuk menangkapnya kalau-kalau ia jatuh. Karena adegan berbahaya ini, Tom Cruise sampai mengalami cedera di bahu. Namun hal itu tidak membuatnya jera.

4. Melompat dari motor dan terbang di puncak Gunung Helsetkopen, Norwegia – Mission: Impossible seri ke-7

Filmnya belum rilis, Mission: Impossible seri ke-7 kembali menghadirkan adegan berbahaya Tom Cruise yang sukses memukau para penggemar. Dalam proses pembuatan film, terlihat Tom Cruise harus melakukan adegan melawan gravitasi. Tom Cruise terlihat terbang di udara setelah melompat dari motor yang melaju di tepi jurang di puncak Gunung Helsetkopen, dekat Hellesyt, Norwegia. Setelah melompat ke udara, bintang Hollywood itu melepaskan sepeda motornya dan melayang di udara dengan tali pengaman.

5. Memanjat gedung Burj Khalifa – Mission: Impossible – Ghost Protocol (2011)

Salah satu adegan paling berbahaya yang pernah dilakukan Tom Cruise selanjutnya adalah memanjat gedung Burj Khalifa yang merupakan salah satu gedung tertinggi didunia. Pada film yang dirilis tahun 2011 tersebut, Tom Cruise yang berperan sebagai Ethan Hunt harus memanjat bagian luar dari gedung setinggi 828 meter untuk melancarkan perangkap ke salah satu gembong teroris paling berbahaya. Memanjat dari lantai 119 menggunakan sarung tangan berteknologi canggih, Ethan harus naik ke lantai 130, tempat ruangan server gedung berada. Tak ada peran pengganti, adegan tersebut murni dilakukan Tom Cruise sendiri tentunya dengan pengamanan super ketat.

6. Bergelantungan di Pesawat Terbang – Mission: Impossible – Rogue Nation (2015)

Lagi-lagi adegan berhaya yang dilakukan oleh Tom Cruise berhubungan dengan pesawat terbang. Dalam salah satu adegan dalam film Mission: Impossible – Rogue Nation 2015 lalu, Ethan Hunt terlihat bergelantungan di pesawat terbang yang sedang mengudara. Tentu ini adegan yang sangat berbahaya bagi Tom Cruise apalagi aktor satu ini tidak menggunakan peran pengganti. Belum lagi adegan berbahaya ini harus diulang beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Pesawat keluaran Airbus ini harus lepas landas dan mendarat sampai delapan kali. Tentunya, Cruise kembali harus bergelantungan di angkasa berkali-kali.

7. Menyelam Selama 3 Menit – Mission: Impossible – Rogue Nation (2015)

Masih dalam seri Mission: Impossible – Rogue Nation, selain bergelantungan di pesawat, Tom Cruise juga harus melakukan adegan berbahaya lainnya yakni menyelam selama 3 menit. Tom Cruise harus menyelam tanpa bantuan tabung udara, aktor tampan ini dituntut untuk menahan napas selama minimal tiga menit dalam adegan seru yang direkam dalam single shot ini. Meskipun dalam cerita disebut 3 menit, namun dalam pemanasan dan sesi latihannya Tom Cruise sebenarnya masuk ke dalam tangki air dan menahan napas selama 6 menit.

Adegan berbahaya inipun sebenarnya menceritakan saat dimana Ethan Hunt yang dicap pengkhianat harus menyusup ke fasilitas bawah air yang dijaga superketat. Dia mesti mendapatkan red box, data keuangan dari jaringan mata-mata jahat, The Syndicate.

8. Jatuh bebas di gedung tinggi Shanghai – Mission: Impossible III (2006)

Pada film Mission: Impossible III, terdapat juga adegan berbahaya yang dilakukan oleh Tom Cruise dimana dia harus terjatuh bebas dari sebuah gedung tinggi di Shanghai. Meskipun sebagian adegan diambil alih oleh stuntman karena dianggap terlalu berbahaya, namun Tom Cruise tetap melakukan aksi berbahaya setelah meyakinkan sang sutradara bahwa dia mampu melakukannya. Alhasil Tom Cruise harus berakting sebagai Ethan Hunt sambil jatuh bebas dari ketinggian 15 meter, dan ini semua harus dilakukannya sendiri.

9. Meloncat dari satu gedung ke gedung lain – Mission Impossible : Fallout (2018)

Dalam Film Mission Impossible : Fallout Tom Cruise juga melakukan adegan yang tidak kalah berbahaya, yakni dengan meloncat dari satu gedung ke gedung lainnya. Meski terlihat tidak semengerikan adegan bergelayut dipesawat, namun adegan meloncat dari gedung ke gedung lain ini membuat Tom Cruise harus dirawat intensif karena dadanya terbentur dengan ujung atap gedung dimana dirinya mengalami patah tulang.

10. Terjun payung HALO – Mission Impossible : Fallout (2018)

Tak hanya melompat dari gedung, Tom Cruise juga melakukan adegan berbahaya dengan menjalani sendiri terjun payung HALO (high altitude, low open). Sebagai informasi, dalam HALO, seseorang terjun dari pesawat di ketinggian 25.000 kaki. Ia baru membuka payungnya setelah berada di ketinggian kurang dari 2.000 kaki. Manuver ini biasanya dilakukan personel militer saat hendak memasuki wilayah musuh tanpa terdeteksi.

Itulah berbagai adegan film gila dan sangat berbahaya yang dilakukan oleh Tom Cruise yang tentunya mengundang decak kagum para penggemar film action. Bagaimana menurut kalian guys!

0
Artikel Terkait