Fenomena Langka Anak Kecil di Bandung Dengan Mata Yang Bisa Berubah Warna

1 minggu lalu

Banyak orang khususnya para wanita Indonesia yang ingin memiliki mata berwarna biru layaknya orang-orang barat. Tak heran mereka rela merogoh kocek untuk membeli softlens agar bola matanya dapat berubah warna sesuai dengan harapannya.

Namun balita asal Bandung satu ini tentu tak perlu melakukannya kelak, pasalnya balita ini di beri keistimewaan oleh Sang Pencipta dengan mata yang berwarna biru jernih, bahkan bisa berubah warna disaat-saat tertentu.

Ya, Amelia Anggraeni, balita perempuan berusia 2,5 tahun asal Kota Bandung, Jawa Barat, saat ini menjadi viral dan menjadi bahan perbincangan warga Indonesia karena keunikan yang dimilikinya.

Pasalnya Amel memiliki sepasang bola mata yang dapat berubah-ubah hingga empat warna, yaitu hitam, biru, abu-abu dan cokelat. Anak pasangan Reni Nuryani dan Hendra Kuswandi ini tinggal di Kampung Sukamanah II, Kelurahan Wates, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung.

Dikutip dari Inews.id Perubahan tersebut tak hanya terjadi pada bola mata, balita perempuan ini juga memiliki perubahan warna rambut dari hitam pekat, menjadi cokelat di hari lain. Bahkan jika malam hari, rambutnya kadang terlihat kuning keemasan. Apa yang dialami oleh Amelia ini tentu terbilang unik, pasalnya ia memiliki warna bola mata yang berbeda dengan bola mata masyarakat Indonesia kebanyakan.

photo via news.detik.com

Menurut pengakuan sang ibu, yang dikutip dari Grid.id, dirinya baru menyadari keistimewaan yang dimiliki oleh putrinya saat berusia 1 tahun. Menurutnya warna bola mata Amel mulai berubah diusia 1 tahun, dan kini di usianya yang ke 2,5 tahun, Amel memiliki 4 warna pada bola matanya yang selalu berubah di waktu yang random.

Reni sendiri mengaku tidak dapat menebak kapan warna mata anak ketiganya itu berubah. Tapi dia dapat memastikan kalau saat hari sudah malam, warna mata Amel akan berubah hitam. Dia juga mengaku kalau bola mata anak ketiganya itu jarang sekali terlihat berwarna cokelat dan yang lebih sering terlihat adalah abu-abu dan biru.

photo via parenting.dream.co.id

Bahkan Reni sempat mengira anaknya tersebut buta karena saat usianya 2 bulan, mata Amel berubah putih, namun setelah dilakukan pemeriksaan di puskesmas, kondisi matanya dinyatakan sehat. Setelah memasuki usia tiga bulan, bola mata Amel mulai tampak berwarna abu-abu. Reni menyebut dari ketiga anaknya, hanya Amel yang mengalami hal-hal unik seperti ini.

Kendati warna mata Amel kerap berubah, Reni menyebut, tidak ada perubahan prilaku yang terjadi pada buah hatinya itu. Amel tumbuh sehat dan ceria seperti anak-anak pada umumnya.

Sementara itu, dikutip dari Liputan6.com, menurut pengamatan dokter mata Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, perubahan warna mata Amel disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena adanya efek cahaya yang masuk ke dalam selaput pelangi pada mata seseorang dan memantulkan warna yang sama.

Baca Juga