Aneka Rekomendasi Jenis Kaktus Hias Mini Yang Bakal Mempercantik Ruanganmu

4 bulan lalu

Jenis kaktus hias mini yang bagus untuk hiasan dalam ruangan

Kaktus adalah tanaman khas gurun pasir yang terkenal yang memiliki ukuran besar dan bisa hidup dengan sedikit air, namun sekarang tanaman ini tidak hanya dapat kita lihat di gurun pasir saja. Tanaman kaktus saat ini dapat kita lihat dirumah-rumah juga, namun ukurannya lebih kecil dan bisanya disebut dengan kaktus mini. Kaktus mini ini saat ini sedang tren dan menjadi salah satu tanaman hias yang digunakan untuk mempercantik ruangan. Selain itu, kaktus mini juga sangat mudah dirawat karena mereka tidak memerlukan area yang besar, mereka bisanya ditempatkan dalam pot kecil dan hanya membutuhkan sedikit air. Kaktus mini ini juga memiliki jenis yang beragam dan memiliki keindahan serta keunikan masing-masing baik dari bentuk bunga maupun warnanya. Nah berikut ini ada beberapa jenis tanaman kaktus mini yang bisa kamu jadikan hiasan di ruanganmu.

1. Ariocarpus

Jenis kaktus hias mini - Ariocarpus

Photo via uhlig-kakteen.de

Ariocarpus adalah jenis kaktus hias mini yang menjadi lambang kemewahan tanaman anggota keluarga Cactaceae. Kaktus ini tidak memiliki duri pada batangnya, selain itu kaktus ini memiliki daun berbentuk prisma dan ujung daunnya memiliki beberapa bentuk seperti berujung melengkung, tumpul dan meruncing. Tak hanya memiliki daun yang unik, kaktus mini ini juga memiliki bunga yang besarnya hampir menutupi daunnya. Bunga dari kaktus ini bermacam-macam warnanya mulai dari warna ungu, putih, pink, kuning dan merah. Jika dilihat, kaktus ini memiliki perawakan seperti batu dan batu adalah habitat aslinya karena hidup kaktus ini diantara bebatuan.

2. Astrophytum

Jenis Kaktus Hias Mini - Astrophytum

Photo via : https://www.kakteen-haage.de

Astrophytum adalah salah satu jenis kaktus mini yang pertumbuhannya super lambat, selain itu kaktus ini memiliki bentuk yang mirip seperti bintang laut atau belimbing. Kaktus ini memiliki bunga yang berwarna kuning, merah dan pink, pada bagian batangnya berbentuk seperti bola. Kaktus ini termasuk jenis yang cukup mudah untuk berbunga, selain itu untuk memancingnya tumbuh kamu bisa meletakkannya diruangan dengan suhu sekitar 40º meskipun begitu jangan terlalu banyak mendapatkan paparan sinar matahari.

3. Acanthocereus tetragonus

Jenis Kaktus Hias Mini - Acanthocereus tetragonus

Photo via : http://blumenbasteln.ml

Careus Tetragonus atau yang memiliki nama ilmiah Acanthocereus tetragonus adalah kaktus yang berasal dari Amerika dan dapat tumbuh tinggi seperti kaktus pada umumnya, tingginya bisa mencapai 6 kaki atau hampir 2 meter. Kaktus ini sangat mudah dipelihara dan biasanya digunakan sebagai penghias pagar rumah ataupun penghias jendela dalam rumah.

4. Cephalocereus senilis

Jenis Kaktus Hias Mini - Cephalocereus senilis

Photo via : https://plantsam.com

Cephalocereus senilis adalah salah satu jenis kaktus yang seluruh bagiannya dipenuhi dengan rambut panjang berwarna putih mirip seperti kakek-kakek, karena perawakannya seperti ini sehingga sering juga disebut kaktus orang tua. Uniknya ambut putih ini bisa tumbuh hingga 12 cm dan untung mempertahankan hidup kaktus ini kamu harus meletakkannya di area yang bersuhu sekitar 32-40º Celcius.

5. Echinocactus Grusonii

Jenis Kaktus Hias Mini - Echinocactus Grusonii

Photo via : https://www.gardeningexpress.co.uk

Echinocactus Grusonii adalah kaktus yang berasal dari Meksiko dan Texas, kaktus ini biasanya disebut golden barrel karena bentuknya yang mirip gentong besar. Kaktus ini memiliki duri yang menutupi hampir keseluruhan bagian katus, warna durinya berwarna kuning keemasan sehingga diberi nama golden barrel. Selain itu karena entuknya sangat unik, kaktus ini menjadi salah satu kaktus favorit dan harga kaktus ini juga tergolong mahal.

6. Echinofossulocactus

Jenis Kaktus Hias Mini - Echinofossulocactus

Photo via : https://instaimg.top

Echinofossulocactus adalah kaktus yang mempunyai batang berwarna hijau dan dikelilingi dengan duri tajam yang panjang-panjang. Kaktus ini pertumbuhannya tergolong lambat, dibutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk mengeluarkan bunga yang cantik dari kaktus ini. Selain itu bunga dari kaktus ini pun memiliki warna yang beragam sesuai dengan jenisnya. Jenis Echinofossulocactus captonogonous mempunyai warna bunga putih, Echinofossulocactus telli mempunyai warna bunga merah dan Echinofossulocactus phyllacantus mempunyai warna bunga kuning.

7. Echinocereus rigidissimus

Jenis Kaktus Hias Mini - Echinocereus rigidissimus

Photo via : https://hiveminer.com

Echinocereus rigidissimus atau yang sering disebut dengan kaktus rainbow hedgehog adalah kaktus yang memiliki bentuk oval terkadang ketika sudah dewasa kaktus ini bentuknya seperti ketimun. Kaktus ini memiliki ciri khas yang terletak pada bunganya, bunga dari kaktus ini memiliki warna yang mencolok sehingga sangat cocok digunakan sebagai penghias ruangan agar ruangan terlihat tampak cantik.

8. Ferocactus

Jenis Kaktus Hias Mini - Ferocactus

Photo via : https://www.etsy.com

Ferocactus adalah salah satu kaktus mini hias yang memiliki batang bulat mirip seperti buah belimbing, selain itu kaktus ini juga memiliki duri yang tajam. Jika kaktus lainnya memiliki daya tarik dengan bunganya lain halnya dengan kaktus ini, kaktus ini memiliki daya tarik pada durinya yang memang berbeda dari kaktus pada umumnya. Duri dari kaktus ini panjang-panjang dan memiliki warna merah, hal ini lah yang membuatnya sangat menarik dan cocok digunakan sebagai penghias ruangan.

9. Gymnocalycium

Jenis Kaktus Hias Mini - Gymnocalycium

Photo via : https://grootscholten.fotki.com

Gymnocalycium atau kaktus dagu adalah salah satu kaktus hias yang berasal dari Amerika Selatan. Kaktus ini memiliki bentuk yang menyerupai buah labu dengan tanduk sebagai tempat bunganya tumbuh. Menariknya pada bagian tanduk tempat bunga ini mekar tidak dipenuhi dengan duri yang tajam. Selain itu, kaktus ini memiliki bunga yang indah dengan warna yang tak kalah cantiknya juga dari bunga kaktus lainnya.

10. Haworthia Attenuata

Jenis kaktus hias mini - Haworthia Attenuata

Photo via amazon.in

Haworthia Attenuata adalah kaktus yang berasal dari Afrika Selatan, kaktus ini juga sering disebut tanaman zebra atau lidah buaya. Hal ini dikarenakan bentuk batangnya seperti lidah buaya dan batangnya memiliki warna belang hijau putih seperti zebra. Kaktus ini mampu bertahan hidup dengan sedikit cahaya matahari sehingga cocok dijadikan penghias ruangan keluarga ataupun dapur.

11. Lobivia Oganmaru

Jenis kaktus hias mini - Lobivia Oganmaru

Photo via tokopedia.com

Lobivia Oganmaru adalah jenis kaktus yang memiliki bentuk pipih dan pada ujung batangnya yang pipih itu terdapat sesuatu yang berbentuk bulat dan memiliki warna yang cerah dan cantik. Kaktus ini dapat tumbuh hingga 10 cm dan sangat cocok sebagai hiasan ruanganmu.

12. Mammillaria elongata

Jenis kaktus hias mini - Mammillaria elongata

Photo via mountaincrestgardens.com

Mammillaria elongata adalah kaktus yang berasal dari Mexico, kaktus hias mini jenis ini memiliki bagian batang yang hampir tidak terlihat karena ditutupi dengan duri-duri halus yang berwarna kuning. Kaktus ini dapat tumbuh hingga berukuran 20 cm dan mengeluarkan bunga berwarna putih yang cantik. Cara merawat kaktus ini terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu menempatkannya pada tempat yang teduh dan sedikit terkena cahaya matahari.

13. Mammillaria elongata var. intertexta

Jenis Kaktus Hias Mini - Mammillaria elongata var. intertexta

Photo via : https://pukubook.jp

Mammillaria elongata var. intertexta adalah jenis kaktus hias mini yang mirip dengan kaktus jenis Mammillaria elongata. Perbedaannya terlihat dari batangnya yang memiliki ukuran yang lebih besar dan ditutupi duri yang memiliki warna merah. Kaktus ini jenis yang mudah untuk berbunga.

14. Melocactus

Photo via : https://mostech-group.ru

Melocactus adalah kaktus yang berasal dari beberapa daerah di Amerika seperti Caribbean, Mexico, Amerika Selatan, Peru dan Brazil. Kaktus ini memiliki bentuk batang yang bulat dan ditumbuhi dengan duri yang berwarna putih yang berjejer rapi disetiap sisinya. Menariknya kaktus ini ditumbuhi batang yang berbentuk pipih dibagian atasnya dengan warna yang cerah, jika dilihat-lihat kaktus ini seperti menggunakan mahkota.

15. Mammillaria fraileana

Jenis Kaktus Hias Mini - Mammillaria fraileana

Photo via : https://mammillaria.net

Mammillaria fraileana adalah kaktus yang berasal dri genus yang sama dengan Mammillaria elongata dan Mammillaria elongata var intertexta, dimana memiliki batang yang berwarna hijau dan ditutupi dengan duri halus yang berwarna coklat kemerahan. Kaktus ini juga ditumbuhi bunga yang ukurannya cukup besar, uniknya bunganya tidak hanya satu saja namun ada beberapa tangkai. Selain itu di sekitar batang utama juga akan bermunculan batang-batang kecil berwarna metah seperti cabai.

Itulah beberapa jenis kaktus hias mini yang bisa kamu jadikan sebagai penghias ruanganmu agar terlihat lebih cantik, kira-kira kaktus hias mini mana yang ingin kamu miliki?

Baca Juga