Apa Itu Microsleep Dan Mengapa Menjadi Salah Satu Penyebab Kecelakaan Yang Paling Fatal

    Kesehatan

Tahukah kamu apa itu Microsleep ? Microsleep adalah suatu kejadian dimana hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena mengantuk atau kelelahan. Kejadian ini biasanya hanya berlangsung sekitar satu detik hingga dua menit saja. Namun durasi ini bisa bertambah jika seseorang benar-benar memasuki kondisi tidur. Microsleep ini bisa terjadi saat seseorang melakukan kegiatan yang monoton seperti menatap layar dalam waktu yang cukup lama dan berkendara.

Seseorang yang mengalami microsleep, tidak akan menyadari jika dirinya tertidur. Bahkan orang yang mengalami microsleep ini bisa terjadi dengan kondisi mata yang terbuka dengan pandangan kosong. Microsleep ini ditandai dengan gerakan kepala seperti mengangguk, mengedipkan mata yang terlalu sering dan tidak akan mengingat kejadian satu menit atau beberapa menit sebelumnya. Orang yang mengalami microsleep sering terbangun dengan perasaan yang lebih segar dalam waktu singkat.

Photo via : http://www.thebrunettediaries.com

Lalu apa yang terjadi jika seseorang mengalami microsleep ? Microsleep ini terjadi karena otak memasuki kondisi istirahat atau tidur saat tubuh masih beraktivitas dalam kondisi terjaga. Hal ini disebabkan karena otak tidak dapat bertahan diantara rasa lelah dan kondisi terjaga. Walaupun begitu, tidak semua bagian otak tertidur. Dalam keadaan normal, otak dapat menangkap dan memproses berbagai stimulus. Namun jika mengalami kelelahan maka terjadi penurunan konsentrasi sehingga fungsi ini menjadi lebih terbatas terhadap stimulus yang lebih kuat. Nah, oleh sebab itu pekerjaan yang monoton akan lebih mungkin menimbulkan rasa kantuk terutama saat kekurangan waktu tidur.

Bisa kalian bayangkan bagaimana jadinya jika microsleep terjadi ketika kita dalam kondisi mengendarai kendaraan, hal ini akan membuat kita kehilangan kesadaran dan tidak mampu mengontrol arah dan laju kendaraan dan sudah pasti sangat berbahaya. Kondisi ini juga penyebab umum kecelakaan lalu lintas karena mengemudi dalam kondisi tertidur yang tentu saja sangat membahayakan diri sendiri dan orang disekitar. Namun tidak hanya hal itu, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh kondisi otak yang kekurangan tidur sehingga menyebabkan seseorang menjadi lebih tidak sabaran, sulit mengambil keputusan dan kemampuan beraktivitas menurun.

Ada bebrapa faktor yang membuat kamu berisiko mengalami microsleep yaitu :

  • Gangguan Tidur
  • Memiliki Utang Tidur
  • Kerja Shift Malam
  • Pengobatan

 

Hal yang perlu dilakukan untuk menghindari microsleep

  • Tidur setidaknya 7-9 jam
  • Saat merasa kelelahan ada baiknya segera berhenti dan gunakan waktu untuk tidur
  • Saat berkendara jarak jauh ada baiknya beristirahat setiap 1-2 jam sekali
  • Konsumsi kopi sebelum mengemudi
  • Lakukan aktifitas yang membuat kamu tetap terjaga

Jadi ingat ya guys, jika kalian dalam perjalanan panjang menggunakan kendaraan, beristirahatlah segera apabila kalian lelah dan mengantuk. Utamakanlah keselamatan!!

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >