Asal Usul Hingga Kisah Nyata Penampakan Si Manis Jembatan Ancol

4 bulan lalu, by blogunik

0

Orang Indonesia mana sih yang nggak pernah denger cerita mistis tentang Si Manis Jembatan Ancol? Pasalnya bukan hanya di Indonesia, kisah mistis Si Manis Jembatan Ancol juga terkenal sampai Asia Tenggara lho. Seperti yang kita tahu, Si Manis Jembatan Ancol merupakan misteri yang paling menyeramkan berasal dari Jakarta.

Tapi sebenarnya Ancol merupakan salah satu tempat rekreasi yang bisa kamu nikmati di tengah hiruk pikuk Jakarta. Selain itu, tempat ini juga sering jadi pilihan bagi anak muda untuk hang-out bersama teman atau kekasih. Namun, kisah tentang Si Manis Jembatan Ancol yang dipercaya sebagai salah satu makhluk halus penunggu di kawasan ini sangat terkenal hingga ke penjuru Indonesia.

Kisah menyeramkan sekaligus tragis ini sudah tersebar sejak dahulu kala hingga kini menjadi legenda. Bahkan hingga kini misteri Jembatan Ancol ini masih sangat menarik untuk diperbincangkan. Meskipun beberapa tahun terakhir sudah tidak pernah ada laporan mengenai penampakan hantu si manis, tapi tetap saja Jembatan Ancol dianggap sebagai salah satu tempat angker di Jakarta. Bahkan aura mistis masih terasa jika kamu datang ke kawasan Jembatan Ancol pada tengah malam.

Karena terkenal akan keangkerannya, bahkan legenda mistis satu ini telah diangkat ke layar lebar sebanyak 2 kali. Film pertama beredar pada tahu 1973. Film bergenre horor legenda ini diperankan Lenny Marlina, Farouk Afero, dan Mansjur Sjah. Film garapan Turino Djunaidy ini kemudian dibuat kembali pada tahun 1993 oleh sutradara Atok Suharto dan diperankan Diah Pematasari dan Ozy Syahputra. Kisah legenda ini juga pernah dijadikan serial televisi dengan judul yang sama, saat itu kisahnya ditayangkan RCTI.

Dan penggemar film horror boleh berbahagia karena kisa horor Si Manis Jembatan Ancol juga akan segera tayang di bioskop-bioskop kesayangan kalian dan rencananya akan dirilis akhir tahun 2019 ini. Ya, kisah legenda ini kembali dihidupkan oleh MVP Pictures ID yang memilih Anggy Umbara sebagai sutradara untuk film Si Manis Jembatan Ancol versi 2019 ini.

Si Manis Jembatan Ancol boleh jadi merupakan legenda horror yang terkenal dan populer hingga beberapa kali diangkat menjadi sebuah film, tapi apakah kalian tahu bagaimana awal mula “Si Manis” bisa menjadi sosok penunggu di Jembatan Ancol? Selain itu apakah kamu mengetahui rahasia-rahasia yang tersimpan dibalik cerita horror satu ini? Nah, untuk itu, berikut asal usul hingga berbagai kisah nyata tentang penampakan Si Manis Jembatan Ancol yang pernah dialami oleh warga. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

Asal Asul Si Manis Jembatan Ancol

Asal Usul Hingga Kisah Nyata Penampakan Si Manis Jembatan Ancol

photo via instagram.com/film_simanis

Dari film maupun sinetron Si Manis Jembatan Ancol yang telah ditayangkan, kebanyakan menyuguhkan komedi horor yang membuat penonton tertawa. Tapi jika kamu mengetahui asal-usul tentang salah satu cerita legenda masyarakat Betawi ini, dijamin deh kamu akan merinding ketakutan. Dari cerita yang beredar, terdapat dua versi seputar cerita Si Manis Jembatan Ancol ini.

Versi Pertama

Cerita pertama dari kisa Si Manis Jembatan Ancol ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Maryam (Siti Ariah) yang tewas disekitar jembatan Ancol. Ia tewas karena diperkosa secara bergilir oleh beberapa orang pria. Saat menyadari bahwa Maryam sudah tak lagi bernyawa, para pemerkosa tersebut berinisiatif membuang jasadnya di Jembatan Ancol. Karena Maryam meninggal dengan cara yang tidak wajar, maka arwahnyapun dipercaya masih bergentayangan di sekitar jembatan tersebut dan sering mengganggu orang sekitar.

Versi Kedua

Misteri jembatan Ancol versi dua ini berbeda dari cerita pertama, berlatar pada abad ke-19 ketika Belanda masih menududuki wilayah Jakarta, atau dulu dikenal dengan sebuatan Batavia. Saat itu, ada seorang gadis muda yang sangat cantik tinggal di sebuah paviliun milik orang kaya. Gadis tersebut bernama Maryam. Ia tingga di paviliun tersebut bersama ibu dan kakaknya.

Karena kecantikannya itu, banyak pria yang tergila-gila kepada Maryam, tak terkecuali dengan pemilik Paviliun tempat Maryam tinggal. Namun Maryam dengan tegas menolak ajakan nikah dari pemilik paviliun tersebut karena tahu ia hanya akan dijadikan selir.

Singkatnya, Maryam kabur untuk menghindari paksaan juragan kaya pemilik paviliun tempat tinggalnya tersebut untuk menikah. Pelarian Maryam menuntunnya ke kawasan Ancol. Di sana ia bertemu dengan Oey Tambahsia, seorang yang populer dan pemilik villa di kawasan Bintang Mas Ancol.

Oey yang tertarik akan kecantikan Maryam, lalu memerintahkan centeng-centengnya menangkap Maryam untuk dijadikan wanita simpanan. Ketika akan ditangkap oleh para centeng, Maryam memberikan perlawanan sengit. Sampai akhirnya, di Bendungan Dempet dekat Danau Sunter yang saat itu populer, menjadi saksi kematian Maryam di tangan dua centeng Oey Tambahasia.

Mayat Maryam lalu dibuang di persawahan, sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol. Berangkat dari kisah tersebut, di sekitar Sunter dan Ancol sering terjadi penampakan gadis manis yang dipercaya sebagai hantu dari Maryam yang gentayangan.

Beberapa kisah nyata penampakan “Si Manis” Di Kawasan Ancol

Terdapat beberapa kesaksian atau cerita orang-orang tentang Si Manis Jembatan Ancol yang bikin bulu kuduk merinding. Bukan hanya sekali hantu si manis menampakkan diri di hadapan manusia. Sosok hantu ini pernah menampakkan diri dari tahun 1960 hingga tahun 2000an. Berikut adalah sejumlah misteri Jembatan Ancol seputar penampakan hantu si manis! Check it out guys!

1. Si Manis yang menumpang perahu

Asal Usul Hingga Kisah Nyata Penampakan Si Manis Jembatan Ancol

photo via shutterstock.com

Kesaksian pertama kali dari warga sekitar yang mengaku melihat penampakan Si Manis, muncul dari tahun 1960. Di tahun itu daerah Ancol masih didominasi oleh empang (tambak). Menurut kesaksian seorang warga, yang merupakan seorang pendayung perahu. Malam itu dirinya hendak pulang kerumahnya. Namun ditengah perjalanan tiba-tiba ada seorang gadis cantik yang datang padanya untuk minta diantarkan dengan perahu.

Setelah berkeliling di seputar empang, gadis itu turun dan membayar sejumlah uang kepada si pendayung. Namun setelah gadis tersebut pergi, uang yang tadi dibayarkan oleh sigadis berubah menjadi beberapa lembar daun. Pendayung perahu tersebut mempercayai kalau sosok gadis yang menumpang perahunya adalah Si Manis yang bergentayangan.

2. Si Manis yang ingin dilukis

Asal Usul Hingga Kisah Nyata Penampakan Si Manis Jembatan Ancol

photo via tribunnews.com

Selain penampakan Si Manis yang menumpang perahu, ada lagi kisah nyata penampakan si Manis yang bisa dibilang paling terkenal yang muncul pada tahun 1985. Kali ini datang dari seorang pelukis di daerah Ancol bernama Mbah Broto. Suatu malam di tengah hujan rintik-rintik, Mbah Broto didatangi oleh seorang wanita cantik di kios lukisnya. Wanita tersebut meminta Mbah Broto untuk melukis dirinya.

Ketika lukisan tersebut baru setengah jadi, Mbah Broto izin untuk pergi ke toilet. Namun saat kembali, Mbah Broto kaget karena wanita yang sedang ia lukis menghilang. Si Mbah pun bertanya kepada teman-temannya yang juga membuka kios di dekat kiosnya. Mereka menjawab jika wanita misterius tersebut pergi ke suatu arah.

Mbah Broto kemudian mengejar wanita tersebut hingga akhirnya bisa melihat punggungnya. Tapi alahngkah terkejutnya Mbah Broto karena tiba-tiba melihat wanita tersebut berjalan melayang seperti hantu. Mbah Broto dan teman-temannya kemudian meyakini jika wanita tersebut adalah si Manis Jembatan Ancol.

3. Penampakan Si Manis di dekat kios rokok

Asal Usul Hingga Kisah Nyata Penampakan Si Manis Jembatan Ancol

photo via unnesdailyphoto.blogspot.com

Di tahun 1990, hantu Si Manis Jembatan Ancol juga kembali menampakkan diri. Kali ini korbannya adalah Anshori, seorang penjual rokok di kios kecil dekat pintu keluar Ancol tepatnya di samping jembatan goyang yang kini dikenal sebagai jembatan Ancol.

Menurut pengakuannya, malam dimana saat dia melihat penampakan si Manis adalah malam Jumat dimana cuaca sedang agak gerimis. Saat itu ia sedang menunggui kios rokoknya. Sekitar pukul 1 pagi, lewat seorang perempuan. Ketika sudah agak jauh, perempuan itu berbalik arah menghampiri kios Anshori sembari tersenyum. Anshori menyapa perempuan yang dikiranya calon pembeli dagangannya itu. Jarak Anshori dengan perempuan itu kira-kira 50 cm.

Menurut Anshori, perempuan itu berwajah manis, serta memakai kemeja kuning dan rok abu-abu. Setelah ditanya hendak belanja apa, perempuan itu menghilang. Meski tidak memakai pakaian serba putih, Anshori yakin perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol.

4. Si Manis yang menumpang ojek

Asal Usul Hingga Kisah Nyata Penampakan Si Manis Jembatan Ancol

photo via surahalquran.blogspot.com

Jangan heran kalau di film-film horor kita sering menemukan adegan seorang ojek yang diboncengi oleh hantu, sebab kenyataannya memang pernah terjadi. Seperti yang dialami oleh seorang tukang ojek bernama Yoto. Yoto mengaku pernah membonceng penumpang misterius yang dipercaya sebagai hantu si manis.

Saat itu, Yoto sedang mangkal pada pukul 5 pagi, kemudian ada seorang wanita cantik yang mendekatinya dan minta diantar ke dekat Jembatan Ancol. Yoto pun langsung mengiyakan dan mempersilakan wanita itu naik ke motornya.

Di sepanjang jalan, Yoto berusaha mengajak ngobrol penumpangnya untuk mencairkan suasana. Namun, si penumpang hanya diam saja. Ketika tiba di kawasan Ancol, Yoto mempersilakan wanita itu turun dan betapa kaget ia ketika melihat di boncengannya sudah tidak ada siapa-siapa. Alhasil, Yoto langsung secepat kilat meninggalkan kawasan Ancol karena takut.

5. Pengendara motor yang ketetasan darah Si Manis

Asal Usul Hingga Kisah Nyata Penampakan Si Manis Jembatan Ancol

photo via liputan6.com

Ditahun 2016 lalu, cerita kemunculan Si Manis juga ramai di perbincangkan. Salah satu pengendara, Sutiono mengaku pernah hampir jatuh dari motor lantaran tangannya ketetesan darah saat melintas jembatan Item. Jembatan Item sendiri terdapat di sebelah kanan jalan RE Martadinata. Jembatan Item itu menghubungkan Jalan RE Martadinata dan pintu masuk Ancol serta fly over yang mengarah ke Kemayoran dan berada di bawah tol Ancol.

Saat itu waktu menunjukkan pukul 02.00 WIB. Dan saat itu pula dia merasa tengah dikerjai oleh hantu Si Manis. Sutioni mengaku waktu itu ia tengah dalam perjalanan pulang ke rumahnya di Muara Baru dari Palmerah. Namun saat melewati jembatan item, tiba-tiba tangan kanannya basah.

Karena penasaran diapun berhenti dan memperhatikan tangannya. Dan ketika dilihat ia kaget karena basah tersebut berasal dari cairan yang berwarna merah darah. Saat itu dirinya sempat berpikir kejatuhan kotoran burung atau ada orang buang sampai dari atas tol. Tapi warna merah dan bau amis di tangannya membuat dirinya ketakutan. Pasalnya ia juga mendengar banyak cerita bahwa selain di jembatan Goyang, Si Manis juga sering menampakkan diri di jembatan item.

Sejak itupula dirinya percaya cerita soal Si Manis Jembatan Ancol. Sampai kini, setiap melintas dia mengaku tak pernah luput untuk membunyikan klakson dan membaca ayat suci Alquran.

6. Kamar khusus untuk sosok Si Manis Jembatan Ancol

Dikutip dari Ceritamistis.com, Hotel Horison Ancol, yang terletak di kawasan Ancol, juga tak lepas dari cerita mistis seputas Si Manis Maryam. Di hotel ini sering terlihat wanita cantik yang melintas di depan mata tapi saat diperjelas wanita tersebut hilang entah kemana. Konon wanita tersebut tak lain adalah sang tokoh legendaris “Si Manis Jembatan Ancol”. Kemudian muncul kabar bahwa manajemen hotel ini membuat kamar khusus untuk hantu tersebut.

7. Penyebab kecelakaan misterius

Asal Usul Hingga Kisah Nyata Penampakan Si Manis Jembatan Ancol

photo via liputan6.com

Isu tentang angkernya jembatan Ancol juga sering dikaitkan dengan kecelakaan lalu lintas di sekitar kawasan jembatan ini yang telah banyak merenggut korban jiwa. Dikutip dari Yukepo.com, tahun 1950-an adalah salah satu bukti kecelakaan yang paling banyak memakan korban jiwa. Berdasarkan kesaksian para korban yang selamat, kecelakaan itu berawal dari sosok wanita yang muncul di kawasan jembatan Ancol. Hantu wanita ini sering muncul secara tiba-tiba dan menyeberang jalanan, sehingga membuat para pengendara ini tidak fokus.

8. Jembatan Ancol menjadi tempat pembuangan anak jin

Asal Usul Hingga Kisah Nyata Penampakan Si Manis Jembatan Ancol

photo via joeyart-shop.blogspot.com

Dulu kawasan era penjajahan Belanda ini adalah sebuah lahan luas berupa rawa-rawa dan semak belukar nan gelap. Jadi nggak heran jika saat itu tak ada warga setempat yang berani keluar malam. Mitosnya banyak warga yang menganggap kawasan ini sebagai tempat pembuangan anak jin dan makhluk halus lainnya karena sering terdengar suara aneh di kawasan ini.

Nah itulah seputar cerita mistis mengenai Si Manis Jembatan Ancol dan keangkeran Jembatan Ancol. Meski kini Kawasan Ancol menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi para warga Jakarta yang ingin melepaskan penat atau menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga. Tapi sampai saat ini, Jembatan Ancol masih dianggap angker oleh masyakarat sekitar. Bahkan, ada aturan tidak tertulis yang mengharuskan kita untuk membunyikan klakson saat lewat Jembatan Ancol untuk menghormati arwah si manis yang dipercaya masih berada di sana. Wah, bagaimana menurut kalian guys?

0
Artikel Terkait