Benarkah Penampilan Berlebihan Menunjukkan Kalau Kamu Tidak Percaya Diri? Berikut Faktanya

2 bulan lalu

Rasa percaya diri memang sangat penting kita miliki, sebab dengan rasa percaya diri kita bisa dengan mudah bahkan tanpa rasa takut berinteraksi dengan orang lain. Begitupun sebaliknya, tanpa rasa percaya diri kamu akan selalu merasa kurang dibanding orang lain, kamu juga akan sulit untuk bisa berinteraksi dengan orang lain, sebab kamu akan dihantam rasa gugup dan takut terlebih dahulu saat akan berinteraksi dengan orang lain.

Untuk itu, kalian harus membangun rasa percaya diri mulai dari sekarang guys! Patokan untuk membangun kepercayaan diri tiap orangpun berbeda-beda. Ada yang bercaya diri dengan otak yang pintar, ada yang bercaya diri dengan aroma badan yang harum, dan yang paling banyak dijadikan patokan adalah percaya diri karena penampilan yang menarik. Sebab, penampilan yang menarik dapat memberikan kita suntikan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Jangan heran kenapa penampilan yang menarik menjadi patokan yang paling banyak digunakan orang untuk membangun rasa percara diri. Hal itu dikarenakan penampilan adalah hal yang pertama kali dilihat orang lain dari diri kita. Penampilan merupakan kesan pertama orang lain dalam menilai kita.

Penampilan yang menarik biasanya ditunjukan dengan cara berbusana yang rapi dan uptodate, style rambut yang kekinian, bila perlu gunakan makeup sewajarnya untuk mendukung penampilan kamu terlihat lebih cantik dan segar.

Namun selama ini kita selalu beranggapan kalau mereka yang berpenampilan nyentrik atau berlebihan dengan setelan busana yang nyentrik, makeup bold ,rambut yang dicat, bertato hingga penuh tindikan adalah orang-orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, karena berani tampil beda dari yang lain.

Tapi guys, bisa saja hal tersebut adalah kebalikannya. Mereka yang berpenampilan berlebihan justru memiliki krisis percaya diri karena tidak berani berpenampilan apa adanya. Sebab, salah satu ciri seseorang yang kurang percaya diri adalah selalu menutupi kelemahannya. Mereka selalu menyembunyikan apa yang menjadi kelemahannya. Misalnya saja dia kurang percaya diri dengan penampilan wajahnya yang polos tanpa makeup, sehingga dia selalu menggunakan makeup tebal untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

Masih gak percaya kalau mereka yang tampil berlebihan sebenarnya sedang krisis percaya diri? Biar kamu lebih percaya berikut beberapa fakta kalau tampil berlebihan adalah tanda dari seseorang yang tidak percaya diri. Check this out guys!

1. Menggunakan makeup tebal bisa saja menunjukkan kalau dia tidak percaya diri dengan keadaan wajah aslinya

photo via : sites.google.com

Mereka yang setiap hari menggunakan makeup yang tebal diwajahnya ternyata menandakan kalau dirinya kurang percaya diri dengan keadaan wajah aslinya. Mungkin saja dia kurang percaya diri dengan warna kulit wajahnya, atau bisa saja dia kurang percaya diri dengan bekas-bekas jerawat yang ada diwajahnya, sehingga dia menutupinya dengan menggunakan makeup yang tebal. Padahal ada banyak tutorial makeup yang bisa dicontoh untuk menyamarkan noda jerawat tanpa harus mengaplikasikan makeup yang tebal. Namun ada saja orang-orang yang lebih memilih mengaplikasikan makeup tebal atau makeup yang berlebihan dalam kegiatan sehari-harinya dengan tujuan agar lebih percaya diri berinteraksi dengan orang lain. Bahkan ada yang tanpa ragu mengaplikasikan warna-warna eyeshadow yang nampak mencolok, menggunakan lipstik tebal agar bibir terlihat lebih seksi dan masih banyak lagi agar terlihat lebih menarik menurutnya.

2. Mengecat rambut warna-warni bisa saja menandakan kalau dia tidak percaya diri dengan warna asli rambutnya

photo via : teespring.com

Pernahkah kamu melihat hairstyle rambut warna-warni? Atau jangan-jangan kamu pernah mencobanya? Guys, ternyata mengecat rambut secara berlebihan juga kemungkinan tanda dari adanya kurang percaya diri dari diri kita lho. Seperti yang kita tau, biasanya kita mengecat rambut untuk mengikuti trend atau ingin sesuatu yang berbeda dari diri kita. Mengecat rambut masih sah-sah saja selagi warna yang digunakan masih cocok untuk warna kulitmu. Namun tak jarang kita melihat banyak orang yang mengecat rambutnya dengan warna-warna yang mencolok dan warna-warni semacam gulali.

Walaupun banyak yang menganggapnya dengan tindakan yang berani dan keren, namun bisa saja itu adalah  salah satu tanda dari krisis percaya diri. Mereka yang selalu mengecat rambutnya secara berlebihan ingin selalu mendapat perhatian dari orang lain. Mereka percaya diri dengan rambutnya karena dengan rambutnya tersebut mereka mendapat perhatian dari orang lain, mereka selalu menjadi perhatian dari orang lain dan mendapat pujian dari banyak orang. Sehingga rasa percaya dirinya meningkat. Sebaliknya, mereka kurang percaya diri dengan warna rambut aslinya dan beranggapan dengan warna rambut aslinya dia tidak akan mendapat segala perhatian yang selama ini dia dapatkan dari orang lain. Intinya, mereka selalu ingin menjadi orang yang menonjol dengan warna rambutnya tersebut. Dan merasa kalau warna rambutnya biasa-biasa saja, maka dirinya tidak akan menjadi sorotan dan dia minder dengan hal tersebut.

3. Memiliki tato disekujur tubuh dan nampak berlebihan bisa saja menandakan kalau dia sedang krisis percaya diri

photo via : pikony.com & girlterest.com

Seseorang yang memiliki tato di sekujur tubuhnya juga bisa dibilang berlebihan dalam berpenampilan. Terutama buat kamu para cowok. Apakah kamu yakin kalau mentato sekujur tubuhmu adalah sebuah hobi? Apakah kamu yakin dengan merajah sekujur tubuhmu dengan tato adalah hal yang benar-benar kamu inginkan? Atau kamu hanya ingin terlihat keren dan manly dimata orang lain? Atau bisa saja kamu memilih menggunakan tato untuk menutupi bekas luka ditubuhmu. Pokoknya dengan tato kamu ingin terlihat menakutkan agar tak ada orang yang berani meremehkan dirimu.

Nah kalau kamu salah satu orang yang bertato dengan alasan seperti itu, bisa berarti kamu adalah orang yang sedang mengalami krisis percaya diri. Kamu merasa rendah jika dibadanmu tidak dihiasi dengan tato. Kamu juga merasa menjadi orang yang culun jika dibadanmu tidak tercetak tato. Kamu juga merasa kurang percaya diri dengan bekas luka ditubuhmu sehingga menutupinya dengan tato. Dan sebaliknya kamu merasa menjadi sosok yang percaya diri dan penuh keberanian jika sekujur tubuhmu dihiasi dengan tato.

Bukan hanya pria, cewek yang memiliki tatto di tubuhnya juga kemungkinan menandakan jika dirinya kurang percaya diri dengan penampilannya. Rata-rata para wanita yang memiliki tato ditubuhnya ingin mendapat apresiasi dari orang lain. Mereka ingin terlihat berbeda dan tato membuatnya merasa lebih menarik daripada orang lain. Padahal belum tentu orang-orang menilainya keren dengan tato.

4. Memasang piercing berlebihan di telinga atau bahkan dihidung maupun di bibir agar tidak ketinggalan trend

photo via : http://www.rock-cafe.info

Seorang cewek wajarnya memiliki satu lubang tindikan di telinganya yang bertujuan untuk memperindah penampilan. Namun saat ini tak jarang ada yang memiliki beberapa tindikan ditelinganya, bahkan bisa lebih dari 10 tindikan. Selain itu ada juga yang menambah tindikan di hidung, bibir, lidah hingga alis mata.

Bahkan para pria khususnya di Indonesia yang awalnya tidak menggunakan tindikan sekarang dengan sengaja melubangi telinganya agar diisi anting dengan alasan mengikuti trend. Hal tersebut kemungkinan menandakan seseorang sedang mengalami krisis percaya diri.

Mereka merasa minder dengan penampilan mereka yang tidak mengikuti trend. Mereka takut jika orang lain mengatakan mereka ketinggalan jaman karena tidak menindik telinga mereka. Sebaliknya mereka akan merasa percaya diri jika mereka telah memiliki piercing ditelinga mereka.

Satu piercing dipasang mereka akan mendapat apresiasi dan pujian, banyak yang mengatakan mereka keren dan rasa percaya diri mereka semakin meningkat, sehingga timbul keinginan untuk menambah piercing terus menerus dengan tujuan agar dikatakan keren dan selalu mendapat perhatian dari orang lain. Padahal untuk mendapat rasa percaya diri yang tinggi kamu nggak perlu melakukan hal yang berlebihan. Cukup jadi dirimu sendiri, makan orang lain akan memujimu lewat karaktermu sendiri.

5. Menggunakan aksesoris berlebihan agar terlihat keren

photo via : www.trendhunter.com

Fakta lain yang menunjukkan kalau yang berlebihan tersebut dapat menandakan krisis percaya diri adalah menggunakan aksesoris dengan berlebihan. Memang aksesoris dapat membuat seseorang tampak lebih menawan dan cantik karena memang tujuan dibuatnya aksesories adalah untuk memperindah penampilan.

Namun apa jadinya jika seseorang menggunakan aksesoris dengan berlebihan. Di leher, telinga, pergelangan tangan, jari-jari hingga kaki semuanya menggunakan aksesoris. Bukannya terlihat cantik namun kemungkinan akan mendapat kritikan dari orang lain dan juga mengundang kejahatan jika yang digunakan semuanya berbahan emas ataupun berlian.

Tapi lain yang melihat lain juga pada mereka yang menggunakan aksesoris berlebihan. Jika orang lain melihatnya risih, mereka justru merasa percaya diri dengan aksesoris berlebihan yang mereka gunakan. Dengan banyaknya aksesoris, bisa jadi mereka merasa menjadi lebih cantik dan keren. Mereka merasa kurang jika hanya menggunakan aksesoris seadanya. Bahkan kebanyakan merasa kurang percaya diri jika ditubuhnya tidak ada aksesoris yang melekat.

6. Dari atas kepala sampai ujung kaki semuanya barang branded kemungkinan menunjukkan kalau dia kurang percaya diri dengan penampilan apa adanya

photo via : www.gq.com

Fakta lain yang bisa saja menunjukkan kalau seseorang memiliki rasa kurang percaya diri adalah dengan menggunakan barang branded dari ujung kepala sampai ujung kaki. Seperti yang sering kita lihat di media sosial, banyak orang yang membagikan foto-foto selfie mereka dengan barang-barang branded yang melekat ditubuh mereka.

Kemungkinan mereka adalah orang-orang yang tidak percaya diri dengan penampilan yang apa adanya, kemungkinan juga mereka kurang percaya diri dengan wajahnya yang menurutnya kurang menarik. Sehingga mereka menggunakan produk branded yang mahal dengan tujuan dapat meningkatkan penampilan mereka, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri mereka. Mereka merasa keren dengan produk branded dan percaya produk branded dapat membuatnya terlihat semakin keren.

Nah itu dia beberapa fakta yang bisa saja menandakan seseorang memiliki rasa kurang percaya diri jika dilihat dari penampilan mereka yang berlebihan. Ingat guys, menuntut kesempurnaan adalah ciri tidak percaya diri. Kamu pasti tahu bahwa didunia ini tidak ada yang sempurna. Namun hal ini berbeda bagi mereka yang kurang percaya diri, ada saja alasan mereka untuk menutupi kelemahan  dalam dirinya untuk mencapai kesempurnaan. Padahal jika mereka percaya diri, mereka akan merasa puas dengan dirinya yang sekarang tanpa menuntut hal yang lebih lagi. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kalian.

Baca Juga