Inilah 10 Binatang Tercepat di Dunia

1 bulan lalu, by blogunik

Binatang Tercepat Di Dunia

Setiap binatang yang diciptakan tentunya memiliki kelebihannya masing-masing. Salah satu kelebihan yang mereka miliki adalah kekuatan dan kecepatan. Ada banyak sekali binatang yang memiliki kecepatan yang luar biasa. Nah kira-kira binatang apa saja itu? Berikut ini 10 binatang tercepat di dunia

10. Elk (72 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Elk

Photo via wikipedia.org

Elk adalah salah satu mamalia terbesar di Amerika Utara dan Asia Timur, jika dilihat binatang ini mirip seperti rusa. Binatang ini berdiam diri di hutan dengan memakan rerumputan, dedaunan, semak dan kulit kayu. Walaupun habitat asli mereka di Amerika Utara dan Asia Timur, Elk sendiri mampu beradaptasi di negara lainnya dengan baik. Elk jantan memiliki sebuah tanduk yang besar dimana tanduknya dan kulitnya ini biasanya digunakan sebagai bahan obat tradisional. Elk ini memiliki kecepatan sekitar 72 km/jam sehingga menjadi salah satu binatang tercepat di dunia.

9. Lepus Europaeus (76 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Lepus Europaeus

Photo via playbuzz.com

Lepus Europaeus atau dikenal dengan kelinci Eropa atau kelinci coklat adalah spesies kelinci asli Eropa dan sebagian Asia. Kelinci ini memiliki ukuran yang besar dan bisa dikatakan salah satu spesies kelinci terbesar. Kelinci ini merupakan hewan yang sangat cepat dan dapat mengalahkan banyak hewan di dunia. Lepus Europaeus ini memiliki kecepatan sekitar 76 km/jam.

8. Gazel Thomson (80 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Eudorcas Thomsonii

Photo via wikimedia.org

Gazel Thomson (Eudorcas Thomsonii) adalah salah satu binatang tercepat di dunia dimana ia memiliki kecepatan sekitar 80 km/jam. Binatang satu ini menjadi salah satu spesies gazel yang paling terkenal di Afrika. Hewan ini memiliki tinggi sekitar 55 – 82 sentimeter. Gazel jantan memiliki berat tubuh sekitar 20 – 35 kilogram sedangkan betina memiliki berat sekitar 15 – 25 kilogram.

7. Singa (80 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Singa

Photo via rizkycahya12.wordpress.com

Singa adalah spesies hewan dari keluarga felidae atau jenis kucing, namun kucing satu ini biasanya dikatakan sebagai kucing besar. Singa ini biasanya hidup berkelompok dan biasanya terdriri dari seekor jantan dan banyak betina. Singa betina biasanya lebih aktif dalam hal berburu sedangkan singa jantan lebih santai bersikap menunggu dan meminta jatah dari hasil buruan betinanya. Singa memiliki kecepatan sekitar 80 km/jam.

6. Wildebeest (80 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Wildebeest

Photo via wikipedia.org

Wildebeest adalah salah satu binatang tercepat di dunia, dimana binatang satu ini merupakan salah satu mamalia herbivora anggota famili Bovidae yang tersebar di savana di pedalaman Afrika. Binatang ini masih berkerabat dekat dengan kambing dan Wildebeest sendiri memiliki dua spesies yaitu Wildebeest Biru dan Wildebeest hitam. Wildebeest dikenal memiliki kecepatan sekitar 80 km/jam.

5. Pronghorn Antelope (97 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Pronghorn Antelope

Photo via wikipedia.org

Pronghorn adalah spesies mamalia artiodactyl yang berasal dari bagian barat dan tengah Amerika Utara. Jika dilihat Pronghorn ini mirip seperti kijang dan binatang ini mampu berlari dengan cepat sekitar 97 km/jam. Tak heran jika binatang satu ini menjadi salah satu binatang tercepat di dunia.

4. Citah (98 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Citah

Photo via livescience.com

Citah memang dikenal sebagai hewan yang memiliki kecepatan tinggi dibandingkan dengan hewan lainnya, hewan ini sendiri memiliki kecepatan sekitar 98 km/jam. Citah sendiri ternyata masih anggota keluarga kucing yang berburu mangsa dengan menggunakan kecepatannya. Selain itu, citah juga merupakan hewan yang perlu diwaspadai karena jadi salah satu predator di puncak rantai makanan dan ia juga mamalia predator yang jadi ancaman serius bagi mangsanya baik di padang rumput maupun hutan.

3. Ikan Layaran (110 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Ikan Layaran

Photo via animal.memozee.com

Ikan Layaran adalah dua jenus ikan di dalam genus Istiophorus yang tinggal di perairan hangat samudra-samudra dunia. Ikan ini kebanyakan memiliki warna biru keabu-abuan dan memiliki sirip punggung tegak yang mirip sepertilayar kapal. Selain itu, ikan ini juga memiliki ciri khas seperti moncongnya yang memanjang menyerupai ikan todak. Ikan ini juga berenang sangat cepat bisa mencapai 110 km/jam.

2. Burung Cikalang (153 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Burung Cikalang

Photo via perjalanandunia.com

Burung Cikalang adalah binatang tercepat di dunia yang dikenal suka menyerang dan makan burung lainnya. Burung ini secara luas tersebar di sepanjang wilayah Atlantik tropis. Mereka memiliki koloni berkembang biak di pohon-pohon di Karibia, Floridaserta di Kepulauan Tanjung Verde. Binatang ini juga menjadi salah satu hewan tercepat di dunia dengan kecepatan sekitar 153 km/jam.

1. Burung Alap-alap Kawah (322 km/jam)

Binatang Tercepat Di Dunia - Burung Alap-alap Kawah

Photo via wikipedia.org

Burung alap-alap Kawah adalah binatang tercepat di dunia yang mencapai kecepatan 322 km/jam. Burung ini memiliki ukuran yang besar dengan panjang sekitar 50 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, selain itu burung ini berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek. Biantang ini memangsa aneka burung yang berukuran sedang seperti merpati, nuri, jalak dan ayam.

Itulah beberapa binatang tercepat di dunia, mungkin banyak yang mengira citah adalah binatang yang paling cepat. Namun ternyata ada binatang yang jauh lebih cepat dari citah dengan kecepatan sekitar 322 km/jam yaitu burung alap-alap kawah.

Artikel Terkait