Ciri-ciri Orang Melankolis, Si Introvert Tapi Perfeksionis

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Nggak melulu soal suasana hati yang sedih, melankolis juga merupakan salah satu kepribadian dasar yang dimiliki oleh manusia lho! Yuk cari tahu ciri-ciri orang dengan kepribadian melankolis berikut ini.

Seperti yang kita tahu, setiap manusia dilahirkan dengan karakter yang berbeda-beda dan unik. Menurut, buku berjudul Man on the Threshold dijelaskan bahwa kepribadian dasar manusia telah terbentuk sejak bayi dan tidak akan berubah. Selain itu, setiap manusia juga memiliki kepribadian mendasar yang digolongkan menjadi 4 kepribadian yaitu sanguinis, plegmatis, koleris, dan melankolis.

Dari ke-4 karakter tersebut, melankolis selalu diidentikkan dengan sikap yang terlihat sedih, galau, atau bahkan depresi. Padahal, nyatanya seorang melankolis nggak selamanya menyangkut tentang kepribadian yang suram dan buruk lho! Melankolis justru diketahui sebagai kepribadian yang berorientasi pada detail dan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. Mereka juga seorang pemikir dan orang yang pandai menyimpan rahasia. Hanya saja, orang melankolis ini lebih introvert, pemalu, sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, dan memiliki kecenderungan kurang percaya diri.

Nah orang dengan kepribadian melankolis ini bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, mungkin dalam bentuk keluarga, teman, rekan bisnis atau bahkan pasangan. Untuk itu, sangat penting untuk memahami kepribadian melankolis, agar dapat membantu kita dalam bersosialisasi, hingga menyikapi orang-orang dengan kepribadian melankolis.

Untuk itu, berikut ciri-ciri orang melankolis yang penting untuk kita pahami. So let’s check it out guys!

1. Perfeksionis

Ciri-ciri Orang Melankolis, Si Introvert Tapi Perfeksionis

photo via fourtemperaments.com

Ciri-ciri orang melankolis yang pertama adalah perfeksionis. Mereka sering kali menetapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain. Mereka juga merupakan orang yang setia pada pekerjaan dan sangat berorientasi pada tujuan sehingga apapun yang mereka kerjakan harus optimal dan sempurna.

Namun, jika tidak mencapai hasil sempurna, orang dengan kepribadian melankolis bisa saja marah atau kecewa. Hanya saja, mereka biasanya tidak menunjukkan amarah mereka dan hanya akan memendamnya sampai akhirnya emosi mereka memuncak dan membahayakan diri mereka sendiri.

2. Menunjukkan cinta dengan tindakan

Mereka yang berkarakter melankolis biasanya akan mengekspresikan dirinya melalui tindakan. Bisa dibilang love language mereka adalah acts of service. Ini karena orang dengan kepribadian melankolis, cenderung tidak nyaman ketika mengungkapkan rasa sayang mereka dengan kata-kata atau secara verbal.

Mereka akan lebih nyaman menunjukkan cinta dan kasih sayang dengan kepercayaan dan melakukan hal-hal yang bijaksana serta dapat diandalkan untuk orang yang mereka sayangi.

3. Analitis

Analitis merupakan salah satu ciri-ciri dari kepribadian melankolis. Mereka akan melakukan analisis secara mendalam ketika mendapatkan suatu tugas atau pekerjaan. Mereka juga akan merinci tahapan dari awal bagaimana pekerjaan itu dilakukan beserta resiko-resiko yang mungkin akan menghadang di depannya.

Orang dengan kepribadian melankolis cenderung menjadi perencana yang ulung dan mampu melihat permasalahan dari semua sisi dan melihat kemungkinan hasil yang akan dicapai. Hal inilah yang membuat mereka menjadi sosok yang efektif sebagai pencari solusi, perencana, dan terorganisir.

4. Serius

Ciri-ciri Orang Melankolis, Si Introvert Tapi Perfeksionis

photo via elearningindustry.com

Seorang dengan kepribadian melankolis juga cenderung sangat serius ketika menghadapi suatu hal. Saking seriusnya, mungkin orang dengan kepribadian melankolis, bukan orang yang tepat untuk diajak bercanda.

Mereka akan serius terhadap sesuatu terutama dalam hal perkerjaan. Bahkan mereka dapat fokus dalam mengerjakan suatu hal dalam waktu yang cukup lama agar dapat memberikan yang terbaik terkait hal yang sedang dikerjakannya.

5. Kreatif

Selain serius, orang-orang dengan kepibadian melankolis juga cenderung kreatif. Jiwa artistiknya sangat tinggi dibandingkan tipe kepribadian yang lain. Mereka juga cenderung inovatif dalam menghadapi masalah yang rumit. Banyak dari mereka bahkan dapat menghasilkan karya-karya hebat di bidang pekerjaan masing-masing. Nggak heran jika kepribadian melankolis ini banyak dimiliki oleh orang yang berkarier sebagai musisi, seniman, hingga penulis.

6. Setia

Orang-orang dengan kepribadian melankolis juga memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap pasangan, keluarga, teman, bahkan pada atasan atau kolega kerjanya. Mereka tidak akan mudah untuk meninggalkan temannya yang sedang dilanda kesusahan. Sekali mereka percaya dan loyal maka mereka akan setia seumur hidup.

Namun kamu harus berusaha ekstra untuk bisa mendapatkan kesetiaan dan kepercayaan si melankolis. Pasalnya mereka hanya akan berkomitmen dan membuat janji kepada orang yang mereka percayai dan hormati.

7. Memiliki motivasi yang tinggi

Ciri-ciri Orang Melankolis, Si Introvert Tapi Perfeksionis

photo via create.vista.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang dengan kepribadian melankolis ini memiliki sikap yang amat perfeksionis. Karena hal tersebut, mereka cenderung memiliki motivasi yang tinggi untuk selalu meningkatkan kemampuan mereka. Setiap pekerjaan yang mereka lakukan harus selalu mengalami peningkatan agar dapat terus memberikan hasil yang terbaik.

8. Tenang dan pendiam

Ciri-ciri orang melankolis selanjutnya adalah tenang dan cenderung pendiam. Orang dengan kepribadian melankolis umumnya dapat mempertahankan ketenangan meski di sekelilingnya sangat ramai. Selain itu, mereka juga dapat bersikap tenang dalam situasi yang umumnya membuat orang lain marah atau gembira.

Sayangnya, sifat pendiam dan tenangnya ini sering kali mengacu pada hal yang buruk karena mereka lebih suka menyembunyikan emosinya dan sehingga sewaktu-waktu bisa meledak dan membahayakan dirinya sendiri.

9. Sangat hati-hati

Seorang melankolis juga sangat berhati-hati dalam bersikap dan mengutarakan gagasan, meskipun gagasan mereka sangat diperlukan. Meskipun sikap hati-hati ini dperlukan, namun bagi seorang melankolis, kehati-hatian mereka ini membuat mereka cenderung kurang responsif, tidak tegas, dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

10. Kurang percaya diri

Ciri-ciri Orang Melankolis, Si Introvert Tapi Perfeksionis

photo via facty.com

Salah satu ciri-ciri dari orang melankolis adalah memiliki rasa percaya diri yang kurang. Di lingkungan pergaulan, mereka cenderung pendiam dan pemalu. Nggak heran jika orang-orang dengan kepribadian ini, lebih suka menyenderi dan menjauhi keramaian. Namun karena kepribadiannya ini, mereka jadi susah dalam menjali relasi didunia kerja.

11. Mudah tersinggung

Mudah tersinggung juga menjadi salah satu ciri khas orang dengan kepribadian melankolis. Mereka sangat mudah merasa bersalah terhadap seseorang dan mudah terbawa perasaan jika ada seseorang yang dengan sengaja maupun tidak sengaja melakukan atau mengatakan sesuatu yang menyakiti hatinya. Tak hanya itu, seorang melankolis juga diketahui mudah tertekan karena ucapan atau perlakuan seseorang kepadanya. Jika ada seseorang yang melakukan kesalahan kepadanya, dia akan menyimpan rasa sakitnya dalam jangka waktu yang lama dan tidak akan melupakannya.

Maka dari itu, buat kamu yang memiliki teman yang bersifat melankolis, maka jaga perilaku dan ucapan kamu, agar teman kamu tidak tersinggung akibat perbuatan kamu.

12. Sensitif dan peka

Ciri-ciri Orang Melankolis, Si Introvert Tapi Perfeksionis

photo via huffpost.com

Jika kamu memiliki teman yang dikit-dikit nangis, baik itu karena menonton film sedih, mendengar cerita teman yang malang ataupun karena melihat hewan yang terlantar, maka bisa jadi teman kamu memiliki pribadi yang melankolis. Ini karena orang-orang dengan kepribadian melankolis sangat mudah tersentuh dan memiliki perasaan yang lebih peka terhadap orang lain.

13. Suka kesunyian

Orang dengan kepribadian melankolis juga sangat menyukai kesunyian. Mereka lebih nyaman ketika berada di dalam kamar atau di tempat-tempat yang jauh dari keramaian. Bahkan tempat yang sunyi seperti kamar bisa menjadi tempat favorit orang-orang melankolis ketika sedang galau, sedih ataupun sedang berpikir.

14. Nyaman bekerja sendiri

Ciri-ciri Orang Melankolis, Si Introvert Tapi Perfeksionis

photo via bbc.com

Sebagai kepribadian yang menyukai kesunyian dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah, jadi nggak heran jika si melankolis ini lebih nyaman bekerja sendiri dalam melakukan berbagai hal. Mereka bukan tipe orang yang bisa bekerja dalam tim.

Dengan bekerja sendiri mereka lebih dapat menetapkan aturan dan standar tersendiri. Standar mereka tinggi terhadap sesuatu dan ini mereka anggap belum tentu dimiliki orang lain.

15. Rela berkorban

Selain setia, orang dengan kepribadian melankolis juga merupakan sosok yang rela berkorban. Mereka terkadang lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri. Mereka menganggap bahwa mereka harus memperlakukan orang lain dengan baik sebagaimana ia ingin diperlakukan oleh orang lain.

Mereka adalah tipe orang yang paling cocok dijadikan sebagai teman ataupun pasangan hidup, karena mereka akan menjadi teman curhat yang baik dan orang yang setia serta sangat siap berkorban demi orang-orang yang dicintainya.

Nah itu dia ciri-ciri orang melankolis yang perlu kita pahami, agar kita dapat mengetahui cara yang tepat ketika berhadapan dengan orang-orang yang berkepribadian melankolis. Jadi, bagaimana menurut kalian guys? Apakah kalian memiliki teman yang melankolis, ataukah kalian sendiri yang berkepribadian melankolis?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.