Featured Video Play Icon

Condom Snorting Challenge, Trend Absurd Namun Berbahaya, Jangan Ditiru!

    Trending, Video, Info

Media sosial semakin hari semakin mempengaruhi pola pikir penggunanya. Lewat media sosial, banyak orang berlomba-lomba untuk menunjukkan eksistensi dirinya agar dikenal banyak orang. Tak jarang dari mereka yang rela melakukan berbagai macam cara demi menjadi terkenal dan viral dikalangan warga net, seperti melakukan berbagai macam permainan hingga tantangan-tantangan yang berbahaya.

Jika dulu tantangan yang bernama Ice Bucket Challenge sempat booming dan membuat heboh para warganet. Kini ada lagi tantangan yang serupa namun tak sama. Jika Ice Bucket Challenge tantangannya adalah mengguyur seluruh badan dengan seember air es, maka tantangan yang saat ini sedang booming ini bisa dikatakan sangat menjijikan, selain itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Dikenal dengan sebutan Condom Snorting Challenge, tantangan ini menjadi populer dan viral daikalangan warganet seluruh dunia, setelah seorang youtuber bernama Savannah Strong, memposting aksinya di akun YouTube beberapa tahun lalu. Namun postingannya dihapus dari platform media sosial tersebut karena melanggar kebijakan situs karena dianggap sebagai konten yang dapat membahayakan. Namun kasus ini kembali mencuat dankini banyak remaja terutama remaja di Amerika yang melakukan tantangan bodoh tersebut.

photo via : www.mtlblog.com

Dalam condom snorting challenge, peserta ditantang untuk memasukkan kondom kedalam lubang hidungnya, dan menariknya lewat tenggorokan hingga keluar dari mulut.  Selain menyakitkan, tantangan ini sudah pasti sangat berbahaya karena tidak hanya beresiko tersedak tetapi juga dapat menimbulkan resiko alergi atau yang lebih parah bisa menyebabkan infeksi bakteri atau jamur.

Dikutip dari harian The Sun, Dr. Carol Cooper mengatakan bahwa hidung terhubung kebagian belakang mulut, dan itu juga terhibung ke saluran pernafasan. Salah satu potensi bahayanya adalah tersedak kondom yang tersangkut di saluran napas seseorang dan menghalangi kemampuannya untuk bernapas. Dan jelas hal tersebut berakibat fatal.

photo via : http://nicebot.co

Pelumas spermisidal yang ditemukan pada sebagian besar kondom juga dapat mengiritasi lapisan dalam hidung dan menyebabkan reaksi alergi atau infeksi. Tertelan kondom secara tidak sengaja juga bisa menyebabkan komplikasi serius.

Banyak pakar kesehatan mengungkapkan kekhawatirannya akan trend absurd ini. Bruce Y. Lee, dari Hopkins Bloomberg School of Public Health, menyesalkan bahwa tantangan yang berakibat fatal ini banyak dilakukan hanya untuk mendapat pujian di media sosial.

Pakar kesehatan kini berupaya untuk mendesak orang untuk berhenti berpartisipasi dalam Condom Challenge yang berpotensi berbahaya ini.

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >