Daftar Artis Pemain Tutur Tinular, Sinetron Kolosal Populer Ditahun 90an


    Film & Musik, Info


Tahun 90an bisa dibilang masa keemasannya sinetron kolosal, salah satunya yang populer kalaitu adalah Tutur Tinular. Sinetron ini diangkat dari sandiwara radio ini sangat digemari bahkan disambut antusias oleh para penikmat hiburan televisi. Tutur Tinular sendiri berkisah tentang perseteruan kakak beradik antara Arya Kamandanu dan Arya Dwi Pangga di jaman Kerajaan Singosari hingga Majapahit. Dimana Arya Dwipangga selalu mengambil kekasih Arya Kamandanu. Sehingga kekasihnya yang bernama Ratih dihamili oleh Dwipangga, membuat Kamandanu marah lalu pergi menenangkan diri tapi dia bertemu dengan pamannya dan diajari ilmu silat. Dalam kisahnya, Tutur Tinular memunculkan banyak tokoh-tokoh yang memegang peranan penting dalam ceritanya, seperti sicantik Mei Shin, Lo Shi San dan masih banyak lagi. Buat yang lupa-lupa ingat, Berikut daftar pemain Tutur Tinular yang tayang tahun 1997 silam.

1. Anto Wijaya sebagai Arya Kamandanu

photo via : http://aergurutu.blogspot.co.id

Anak 90an mana sih yang gak pernah liat wajah Arya Kamandanu di TV? Pria bernama asli Anto Wijaya ini mengawali karirnya di bidang model dan tak mempunyai basic bela diri. Garis wajahnya tersebut cocok dengan image seorang raja atau pendekar yang penuh dengan wibawa tersebut dianggap cocok untuk berperan dalam Film laga. Belum jelas kabar terkini soal Anto Wijaya sampai saat ini. Namun tersiar kabar kalau Anto Wijaya akan kembali bermain laga namun kali ini di layar lebar.

2. Lie Yun Juan sebagai Mei Shin

photo via : www.boombastis.com

Tutur Tinular tahun 90an memang identik dengan pendekar cantik dari China yang dikenal dengan nama Mei Shin. Banyak yang kepincut dengan kecantikan dan bakat akting dari wanita bernama asli Lie Yun Juan tersebut. Walau saat syuting Tutur Tinular, dirinya masih terlihat muda, tapi siapa sangka jika saat itu usianya sudah menginjak umur 39 tahun. Yup Mei Shin lahir pada tahun 1958. Lie Yun Juan ini dinegara asalnya merupakan artis yang cukup sukses, karirnya yang gemilang mengantarkannya berakting di Indonesia dengan memerankan karakter Mei Shin di sinetron Tutur Tinular.

3. Devie Zuliaty sebagai Nari Ratih

http://unionhockeynews.blogspot.co.id

Nah ini dia cinta pertamanya Arya Kamandanu, namun karena suatu masalah, Nari Ratih lebih memilih Arya Dwipangga sebagai tambatan hatinya. Dan hal itulah yang membuat Kamandanu meninggalkan rumahnya guna memperdalam ilmu kanuragan kepada Mpu Ranubhaya.

4. Piet Ermas sebagai Arya Dwipangga

photo via : http://unionhockeynews.blogspot.co.id

Piet Ermas yang berperan sebagai Arya Dwipangga, kakak dari Arya Kamandanu, merupakan salah satu tokoh yang selalu mencari gara-gara, setelah sukses merebut Nari Ratih, dirinya juga menodai Mei Shin yang kala itu telah memadu kasih dengan Arya Kamandanu.

5. Murti Sari Dewi sebagai Sakawuni

photo via : http://hdkeep.com

Sosok lain yang mengisi kehidupan asmara Arya Kamandanu adalah Sakawuni yang diperankan oleh Murti Sari Dewi. Dengan Sakawuni, Arya Kamandanu memiliki seorang putra bernama Jambu Nada.

6. Lamting sebagai Loh Shih Shan

 

photo via : deskgram.org/

Loh Shih Shan yang diperankan oleh Lamting merupakan pasangan dari Mei Shin, ia terbunuh oleh orang-orang yang memburu dirinya dan Mei Shin lantaran mereka membawa pedang naga puspa.

7. Agus Kuncoro sebagai Raden Wijaya

photo via : http://trendtwitter.com/Toteaux/

Salah satu pemain Tutur Tinular yang masih eksis di dunia hiburan hingga sekarang. Yup siapa lagi kalau bukan Agus Kuncoro yang berperan sebagai Raden Wijaya. Di ceritanya Raden Wijaya merupakan menantu dari Kertanagara, Raden Wijaya telah mendapat pengampunan dari Jayakatwang dan diizinkan membangun sebuah desa terpencil di hutan Tarik bernama Majapahit. Raden Wijaya menjadikan Kamandanu sebagai pengikut setianya.

8. Anika Hakim sebagai Dewi Sambi

photo via : /deskgram.org

Kalau kalian nonton Tutur Tinular, pasti gak asing deh sama pendekar wanita yang sangat jahat namun sakti ini. Yup siapa lagi kalau bukan Dewi Sampi yang diperankan oleh Anika Hakim. Ia terkenal dengan pukulan beracunnya yang mematikan yaitu Ajian Tapak Wisa. Dewi Sambi merupakan sosok pendekar wanita yang tangguh dan cukup kejam.

9. Syaiful Anwar sebagai Mpu Tong Bajil

photo via : unionhockeynews.blogspot.co.id

Mpu Tong Bajil yang diperankan oleh Syaiful Anwar digambarkan sebagai sosok Pendekar Cebol yang berwajah bengis, yang terkenal dengan kekejamannya. Mpu Bajil adalah pemimpin kelompok pendekar yang membantu Pemerintah Kediri. Mpu Tong Bajil berasal dari Padepokan Gunung Tengger, murid dari Wong Agung ini mempunyai senjata ampuh bernama Tongkat Pencabut Roh, dengan ilmu pukulan andalannya bernama Aji Segara Geni.

10. Chairil JM sebagai Mpu Ranubhaya

photo via : wapish.com

Chairil JM memerankan tokoh bernama Mpu Ranubhaya yang merupakan guru dari Kamandanu. Mpu Ranubhaya mengajarkan ilmu kanuragan kepada Kamandanu dan seorang murid lainnya bernama Wirot.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >