Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Bakal Membuatmu Takjub

5 bulan lalu, by blogunik

Danau merupakan genangan air tawar maupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh daratan. Proses terjadinya danaupun berbeda-beda, ada yang terjadi karena aktivitas gunung berapi (danau Vulkanik), ada yang terjadi akibat pencairan es (danau Glasial), ada yang terjadi karena terbendung air sungai oleh aliran lava saat erupsi terjadi (danau bendungan alami), ada yang terjadi karena penurunan muka bumi (danau Tektonik) dan ada juga yang terjadi karena aktivitas manusia (danau buatan). 

Di Indonesia sendiri, danau terbesar adalah danau Toba yang terbentuk karena aktivitas gunung berapi, dimana luas danau Toba adalah 1.130 km2. Namun jika kita menengok ke belahan dunia lainnya, ternyata ada lho danau yang beribu-ribu kali lebih besar daripada danau Toba. Bukan hanya luasnya saja yang akan membuat kaluan takjub, namun danau-danau terbesar didunia ini juga akan membuatmu terpana akan keindahan pemandangan sekitarnya. Nah penasaran seperti apa penampakan dari danau-danau terbesar didunia ini? Langsung saja cek ulasannya berikut ini!

1. Caspian Sea – 394.299 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Caspian Sea

Di deretan pertama daftar danau terbesar didunia ditempati oleh Caspian Sea atau Laut Kaspian yang terletak di antara Eropa dan Asia, sebelah barat-daya Pegunungan Ural. Kenapa dikatakan laut? Itu karena Caspian Sea merupakan danau yang berciri-ciri seperti laut, berair asin dan sangat luas, serta dikelilingi daratan berpasir seperti halnya pesisir pantai. Danau ini sebenarnya adalah badan air di daratan yang tertutup, dengan total luas permukaan 394.299 km2 dengan bagian terdalam kurang-lebih 1.025 meter dan ketinggian 28 mdpl. Selain itu danau Kaspian juga menjadi muara dari tiga sungai, yakni Sungai Ural, Sungai Terek, dan Sungai Volga.

Sebagai danau terbesar didunia, danau ini membentang sampai ke 5 negara guys, diantaranya adalah Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan dan Iran. Ke 5 negara tersebut, berbagi atas kepemilikan dan pengelolaan danau Kaspian ini. Saking luasnya danau ini, kamu harus terbang ke luar angkasa untuk melihat bentuk keseluruhan dari danau ini guys! Selain karena keluasannya, danau ini juga memiliki pemandangan yang menakjubkan layaknya pantai. Kamu bisa berenang sampai berjemur di danau ini.

2. Danau Superior – 82,100 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Superior

Danau terbesar kedua didunia adalah danau Superior. Danau Superior adalah danau jenis Glasial yang terletak di dua negara yaitu Kanada dan Amerika Serikat. Bagian yang terletak di Kanada, terdapat di Ontario, sedangkan bagian yang ada di Amerika Serikat terdapat di wilayah Minnesota, Wisconsin dan Michigan. Sebagai danau air tawar, Danau Superior ini diklaim sebagai danau air tawar terbesar didunia dengan luas hingga 82,100 km2, dengan bagian terdalam 406.3 m

Selain memiliki wilayah perairan yang sangat luas, sebenarnya ada satu hal lain yang menjadikan danau ini sangat unik dibandingkan danau lainnya di Amerika Utara. Dari sisi Amerika, danau Superior diketahui mempunyai ombak yang ketinggiannya dapat mencapai maksimal 9 meter. Namun untuk ketinggian ombak yang biasa muncul rata-rata adalah 2 meter. Ombak besar tersebut dapat terjadi di danau karena ada angin kencang yang bertiup terus menerus di sekitarnya. Tentu saja danau ini seolah menjadi surga untuk siapapun yang gemar melakukan surfing.

3. Danau Victoria – 69.485 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Victoria

Selanjutnya ada danau Victoria guys! Danau ini merupakan perairan air tawar terbesar kedua didunia luas luas mencapai 69.485 km2. Danau Victoria atau Victoria Nyanza adalah Danau Terbesar di Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan setelah Danau Superior. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift Valley Afrika dan terletak di tiga negara di Benua Afrika yang sekaligus menjadi perbatasan negara-negara tersebut, yakni Tanzania, Kenya dan Uganda. Akses keluar utama air danau ini adalah Sungai Nil yang mengalir sepanjang 6,853 kilometer dan bermuara di Laut Tengah.

Danau ini terkenal sebagai danau yang indah karena airnya berwarna biru seperti air laut. Jika melihat airnya meskipun biru namun air pada Danau Victoria tidaklah asin. Selain itu, meski hanya sebatas danau di tengah daratan, namun Victoria memiliki tak kurang dari 3 ribu pulau tak berpenghuni dan rumah bagi 80 pulau kecil yang mengapung di tengahnya dan memiliki kekayaan hutan. Misalnya di Pulau Bugala yang berhutan alami mampu menghasilkan kelapa sawit, atau Pulau Migingo penghasil ikan Nile Perch. Karena kekayaan alam inilah pulau yang luasnya hanya setengah lapangan bola tersebut menjadi pulau terpadat di dunia, karena dihuni sekitar 1000 penduduk.

4. Danau Huron – 59.596 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Huron

photo via : www.northernontario.travel

Danau ini terletak pada dua negara di Amerika Utara yaitu Kanada dan Amerika Serikat. Sebagai salah satu dari Great Lakes di Amerika Utara, Danau Huron juga menempati peringkat 4 danau terluas di dunia. Luas area danau ini adalah 59.596 kilometer persegi dengan kedalaman 229 meter. Di tengah danau ini terdapat Pulau Manitoulin yang menjadi pulau dalam danau terbesar di dunia. Uniknya, ternyata di tengah pulau Manitoulin juga terdapat danau, yang diberi nama danau Manitou, dengan luas 41 mil persegi, dan di tengah danau Manitou itu masih terdapat beberapa buah pulau lagi yang berukuran lebih kecil.

Karena danau Huron ini menyebrangi 2 negara besar yaitu Amerika Serikat dan juga Kanada seringkali dimanfaatkan sebagai jalur penyebrangan dan juga jalur untuk membawa produk impor dan expor seperti bijih besi. Sebenarnya Danau Huron merupakan pecahan dari danau besar Superior. Dimana Danau ini membatasi beberapa provinsi seperti Kanada, AS Michigan dan juga kota kecil seperti Ontario dan Sarnia. Keunikan lainnya adalah Danau Huron mengalirkan air ke sungai kemudian langsung ke Samudera.

5. Danau Michigan – 58.016 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Michigan

photo via : http://sakilansari.me

Danau Michigan merupakan salah satu danau besar yang terkenal di Amerika Serikat. Luasnya tidak jauh dari Danau Huron yaitu 58.016 km2 dengan panjang 494 km dan juga kedalaman maksimum cukup menyeramkan yaitu 281 meter. Danau ini merupakan danau terbesar ke – 5 di dunia yang berbentuk U dan dikelilingi banyak daratan. Warna air pada danau biru sehingga seringkali dianggap laut. Danau ini terletak sepenuhnya di Amerika Serikat, bahkan, danau ini merupakan yang terbesar di antara semua danau yang ada dalam 1 negara.

Cekungan Danau Michigan bersatu dengan cekungan Danau Huron di sebelah timur. Seperti kebanyakan danau-danau di Amerika Utara, Danau Michigan dibentuk oleh pergerakan glasial, dan terhubung ke lautan dengan cara saluran air dan kanal buatan manusia, seperti kanal Saint Lawrence dan Great Lakes. Danau Michigan dibatasi oleh beberapa negara di Amerika Serikat seperti Michigan, Indiana, Illinois, dan juga Chicago.

6. Danau Tanganyika – 32.893 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Tanganyika

photo via : http://floatingclinic.org/

Danau Tanganyika termasuk danau besar di Afrika dengan luas sebesar 32.893 kilometer persegi. Dengan kedalaman 1.470 meter, Tanganyika Lake juga menjadi danau terdalam kedua di dunia. Wilayah danau ini berada di empat negara Afrika yaitu Burundi, Tanzania, Zambia dan Republik Demokratik Kongo. Sebagai danau air tawar terpanjang di dunia, Danau Tanganyika terletak di tengah dataran tinggi Afrika, dengan arus masuk dari Sungai Ruzizi, Kalamboo, dan Malagarai. Danau ini merupakan danau yang relatif panjang dan sempit dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Pemandangan sekitarnyapun sangat memanjakan mata.

7. Danau Baikal – 32.893 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Baikal

photo via : www.56thparallel.com

Danau Baikal atau juga dikenal dengan Mata Biru Siberia dan Laut Suci adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia.

Danau ini berada di utara perbatasan Mongolia di wilayah selatan Siberia. Selain itu danau ini juga berbatasan dengan beberapa negara besar seperti Republik Rusia, Buryatia dan Irkutsk Oblast. Dengan luas 32.893 km2, danau Baikal memiliki kedalaman paling cekung di dunia yaitu1.637 meter, Baikal Lake juga menjadi danau terdalam di dunia. Selain itu danau ini menjadi danau terderas di dunia berdasarkan volume airnya.

Danau Baikal memberikan air yang bersih dan juga menjadi danau air tawar es terbesar yang ada di dunia. Air danau Baikal sangat jernih dan juga sangat biru karena dalam. Danau Baikal juga dinobatkan sebagai danau tertua di Bumi yang sudah ada sejak 25 juta tahun yang lalu.

Danau Baikal disebut “Galapagos Rusia” karena terisolasi dari manusia dan umurnya yang tua telah menjadikannya sebagai rumah bagi beberapa fauna air tawar yang paling beragam dan langka di dunia. Cekungan danau ini seluruhnya terletak di Rusia, dan sumber utama arus masuknya adalah Sungai Barguzin, Selenge dan Upper Angara.

8. Danau Great Bear – 31.080 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Great Bear

photo via : m.yandex.ru

Danau terbesar didunia selanjutnya adalah Danau Great Bear. Danau ini berada di 200 km selatan Lingkaran Kutub Utara di bagian Barat Laut Kanada. Danau indah ini masuk kedalam danau terbesar keempat yang ada di Amerika Utara dan terbesar ke 8 yang ada di dunia. Dengan luasan 31.080 km². Great Bear Lake juga memiliki panjang 320 km dengan kedalaman danau 446 meter. Sesuai dengan areanya, danau ini terbentuk karena glasial atau cekungan es dengan kedalaman rata-rata 71,7 m. Danau ini memiliki 26 pulau di dalamnya yang mencakup area gabungan seluas 759,3 km². Arus utama Great Bear’s adalah Sungai Great Bear River. Air di danau ini memiliki suhu yang cukup rendah bahkan ketika musim dingin makhluk hidup yang ada disekitarnya tidak bisa bertahan karena tidak tahan dengan suhu dinginnya.

9. Danau Malawi – 30.044 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Malawi

photo via : www.hiamag.com

Danau Malawi juga disebut sebagai Lago Niassa di Mozambik dan Danau Nyasa di Tanzania, adalah sebuah danau di Afrika yang sangat menakjubkan. Tanzania, Mozambik, dan Malawi merupakan negara-negara yang masuk dalam lembah danau ini, dan merupakan danau paling selatan di dalam sistem “East African Rift Lake”.

Danau ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah dan airnya berwarna biru layaknya air laut. Danau ini memiliki pemandangan dan cekungan yang menakjubkan dan terletak disekitar Tanzania, Mozambik dan Malawi. Dengan luasan 30,044 km2 Danau Malawi menjadi danau terluas atau terbesar ke-9 yang ada di dunia. Namun dalam Danau Malawi masuk kedalam danau meromictic, dimana danau dengan permukaan dan lapisan bagian dalam tidak bercampur. Selain itu danau ini juga terkenal sebagai danau dengan spesies ikan terbanyak di dunia, hampir 1.000 spesies cichlid dapat ditemukan di danau ini.

10. Danau Great Slave – 28.930 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Great Slave

photo via : kknews.cc

Danau Great Slave menjadi danau terluas kesepuluh di dunia yang terletak di Kanada. Luas dari Great Slave Lake adalah sebesar 28.930 km2. Dengan kedalamannya yang mencapai 614 meter, danau ini menjadi danau terdalam di Amerika Utara. Seperti danau kebanyakan di Amerika, Danau Great Slave merupakan danau air tawar yang dikelilingi oleh berbagai flora liar dan rimbun. Namun di beberapa titik air mengalir ke sungai dan juga rawa dimana kamu bisa menemukan banyak hewan buas seperti buaya, ular dan sejenisnya. Danau ini terletak di Wilayah Barat Laut Kanada. Untuk aliran air, Sungai Hay menjadi sungai utama yang menerima pasokan air dari Great Slave Lake. Selain itu, danau Great Slave terletak jauh di Utara pada ketinggian sekitar 156 meter membuat permukaan Danau Great Slave membeku sepanjang tahun.

11. Danau Erie – 25.719 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Erie

photo via : www.watercanada.net

Danau Erie merupakan salah satu danau paling dangkal di antara sejumlah danau besar di Amerika Utara. Kedalaman maksimum dari danau ini saja hanya 64 meter. Namun, danau ini memiliki luas yang sangat luar biasa yaitu 25.719 km2. Jadi tak heran kalau danau Erie ini menduduki peringkat 11 sebagai danau terbesar di dunia. Danau Erie ialah bagian perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. Jika dilihat dari keatasa, danau Erie sangatlah indah dengan warna iar yang hijau condong ke biru. Namun, Danau Erie termasuk salah satu danau dengan gelombang yang sangat dahsyat karena disebabkan oleh permukaannya yang dangkal. Hal ini dapat menyebabkan kondisi danau berubah-ubah secara drastis hanya dalam beberapa menit. Saking ganas dan besarnya ombak, suku asli setempat memberi nama danau tersebut sebagai ‘Erige’ yang artinya kucing.

12. Danau Winnipeg – 23.553 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Winnipeg

photo via : www.winnipegfreepress.com

Danau Winnipeg merupakan danau terbesar didunia selanjutnya dengan luas mencapai 23.553 km2. Danau ini terletak di Amerika Utara bagian tengah, di provinsi Manitoba, Kanada, dengan ujung selatan sekitar 55 kilometres (34 mi) di utara kota Winnipeg. Danau ini merupakan danau air tawar terbesar ketiga yang sepenuhnya ada di Kanada. Namun danau ini relatif dangkal karena kedalaman makshimumnya hanya 62 m. Sisi timur danau memiliki hutan boreal murni dan sungai-sungai yang sedang dipromosikan sebagai United Nations World Heritage Park potensial. Uniknya lagi danau ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan adanya pantai terpencil berpasir, tebing kapur yang besar, dan banyak gua-gua kelelawar di beberapa daerah. Manitoba Hydro menggunakan danau ini sebagai salah satu reservoir terbesar di dunia. Ada banyak pulau, sebagian besar dari mereka belum berkembang.

13. Danau Ontario – 19.477 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Ontario

photo via : http://justfunfacts.com

Masih terletak di Amerika Serikat, Danau Ontario juga merupakan salah satu danau besar di Amerika Utara yang paling sempit. Danau Ontario memiliki arti “danau yang bersinar”. Danau ini memiliki luas sekitar 19.477 km2. Pelabuhan utamanya adalah Hamilton dan Toronto, Ontario. Danau ini satu-satunya Danau Besar yang tidak beku selama musim dingin. Danau Ontario adalah rumah dan sumber air minum untuk 9 juta orang yang tinggal di Ontario, Kanada dan Negara Bagian New York, AS. Pasokan utama air dalam danau Ontario ini dialiri oleh Air Terjun Niagara.

14. Danau Balkhash – 18.428 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Balkhash

photo via : kapital.kz

Danau terbesar didunia selanjutnya adalah Danau Balkhash. Danau yang luasnya mencapai 18.428 km2 ini berlokasi di negara Kazakhstan. Danau ini menjadi danau terbesar di Kazakhstan. Sungai Lili menjadi sungai utama yang airnya mengalir ke danau Balkhash. Selain karena luasnya yang menakjubkan, ada juga lho keunikan lain dari danau ini yang mampu membuat kamu merasa takjub. Pasalnya danau cantik ini terbagi oleh dua selat yang mana dibagian Barat, air danau akan terasa tawar, namun disebelah Timur air danau berubah menjadi asin.

15. Danau Ladoga – 18.130 km2

Daftar Danau Terbesar Di Dunia Yang Membuatmu Takjub - Danau Ladoga

photo via : http://russiangeography.com

Danau Ladoga adalah danau paling luas di Eropa. Danau yang memiliki luas 18.130 km2 ini juga merupakan danau air tawar terluas ke-15 di dunia. Danau Ladoga terletak di negara Rusia dan Finlandia, tepatnya diantara Oblast Leningrad dan Republik Karelia. Air danaunya berasal dari aliran Sungai Svir, Sungai Volkhov dan Sungai Vuoksi. Terdapat sekitar 660 pulau di tengah danau Lagoda. Pulau- pulau tersebut dikenal dengan kepulauan Valaam, Kilpola dan Konevets yang terletak di bagian barat laut. Terkenal dengan pemandangannya yang indah danau ini juga terkenal karena hewan khas danau yang sangat menggemaskan yakni anjing laut air tawar yang bisa dilihat jika kamu mengunjungi danau ini.

Nah itulah 15 daftar danau terbesar di dunia yang mampu membuat takjub! Bagaimana guys? Berniat mengunjungi danau-danau ini untuk berselfie ria?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *