Daftar Hewan Dengan Suara Terkeras di Dunia



Bumi kita ini, selain dipenuhi oleh manusia, ada juga mahlukainnya seperti hewan dan tumbuhan. Hewan dan juga tumbuhan amatlah penting dalam menjaga ekosistem yang kita miliki agar bisa tetap terjaga. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, ada berbagai macam spesies hewan yang ada di dunia. Mulai dari yang berukuran amat kecil hingga yang berukuran amat besar.

Tentu saja, sesuai dengan ukurannya, suara yang dimiliki oleh hewan – hewan ini berbanding lurus dengan ukuran tubuhnya. Namun itu hanya berlaku untuk sebagian besar hewan saja. Hewan lainnya yang bahkan lebih kecilpun mmapu menghasilkan suara yang jauh lebih besari dari ukuran tubuhnya. Ingin tahu siapa saja merea? berikut ini adalh deretan hewan yang memiliki suara terbesar.

1. Paus Biru

photo via : youtube.com

Paus Biru merupakan hewan mamalia terbesar di muka bumi ini. Paus Biru hidup di lautan bebas dengan memakan plankton – plankton yang berukuran amat kecil. Sesui dengan ukurannya yang amat besar, paus biru juga memiliki suara yang amat keras. Saking kerasnya, paus biru mmerupakan hewan dengan suara paling keras di bumi. Suara paus sendiri memiliki kekuatan yang paling keras yakni sebesar 188 desibel. Dan jika kalian bingung seberapa keras suara itu, kamu bia membandingkannya dengan kekuatan sura konser musik yang rata – rata sebesar 100 desibel. Dengan kekuatan suara paus yang 2x lebih kuat dari suara musik saat konser, kalian bisa kebayangkan seberapa besar dan kuatnya suara dari paus biru ini?

2. Howler Monkey

photo via : guardian.ng

Hewan nomor dua kita dalam deretan hewan dengan suara paling keras adalah monyet howler. Monyet yang satu ini memiliki suara amat keras. Saking kerasnya suara monyet ini, membuat monyet ini masuk dalam rekor guiness sebagai hewan darat dengan suara paling keras yang ada di dunia. Keluarga primata yang satu ini dapat kita temukan di daerah hutan hujan di negara Amerika Serikat. monyet – monyet ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 4 kaki. Meskipun badan monyet howler ini tidak berukuran besar, seperti yang telah kami tulis sebelumnya, lolongan milik monyet ini amatlah keras. Teriakan monyet Howler in mampu terdengan hingga jarak 10 mil.

3. North American Bullfrog

photo via : picahudsonia.com

Siapa yang menyangka jika hewan dengan tubuh yang kecil ini memiliki suara yang amat keras. Teriakan katak yang satu ini bahkan bisa terdengar hingga satu setengah mill jauhnya. Dengan terikannya yang amat besar dan jauh ini, membuat katak ini terlihat lebih besar dan lebih ganas dari sebenarnya. Adapun suara keras yang dihasilkan oleh North American Bulfrog ini digunakan untuk menarik perhatian dari pasangannya saat musim kawin. Mungkin banyak yang penasaran bagaimana bisa sekor katak yang berukuran kecil tersebut mampu menghasilkan suara yang amat keras. Adapun cara bullfrog untuk bisa menghasilkan suara yang amat keras tersebut adalah dengan jalan memompa udara berkali – kali antara paru – paru dan mulut yang akhirnya dikeluarkan lewat pita suara dari katak ini.

4. Gajah

photo via : daninformen.wordpress.com

Jika di dunia dan juga lautan, paus biru merupakan hewan terbesar di dunia, maka jika di daratan, hewan yang memiliki ukuran tubuh terbesar di dunia tentu saja gajah. Sebanding dengan ukuran tubuhnya, Gajah juga memiliki suara yang amat keras. Untuk suara dari gajah sendiri jika diukur, suara mereka memiliki kekuatan sebesar 80-90 desibel. Dengan suara yang sebesar itu, Gajah memiliki kekuatan suara yang lebih keras daripada teriakan manusia biasanya. Namun selain melalui teriakan, gajah juga berkomunikasi dengan jalan memijakkan kakinya di tanah. Saat mereka melakukan komunikasi ini, getaran yang dihasilkan dari pijakan merekan ini bisa terdengar hingga 20 mil jauhnya melalui tanah.

5. Gajah Laut

photo via : asokamaurya.wordpress.com

Setelah yang versi darat memiliki suara yang keras, untuk gajah di lautpun memiliki suara yang tak kalah kerasnya. Gajah laut sebenarnya masuk dalam spesies sejenis anjing laut dari spesies terbesarnya. Karena memiliki ukuran tubuh yang paing besar jika dibandingkan dengan spesies anjing laut lainnya dan juga soesies ini memiliki hidung panjang terkulai layaknya belalai gajah, maka spesies ini disebut sebagai gajah laut. Dengan bentuk belalainya yang unik, gajah laut sering kali mengaum dengan suara yang amat keras. Teriakan dari gajah laut ini sendiri sering terjadi saat musim kawin tiba. Para pejantan dan betina dari gajah laut ini menggunakan suara teriakannya yang keras guna memanggl satu sama lainnya saat akan kawin.

6. Serigala

photo via : wolfsanctuary.co

Siapa yang tak tahu dengan serigala, spesies hewan yang merupakan kerabat dekat dari anjing ini memiliki lolongan yang amat keras. Serigala sangat identik dengan image hewan liar dan juga menakutkan. Selain merupakan hewan buas, lolongan serigala terkadang dikaitkan dengan hal – hal mistis dan dianggap sebagai sebuah pertanda buruk bagi sebagian orang. Salah satu jenis serigala yang sering kali melolong dan merupakan serigala yang nokturnal adalah serigala abu – abu. Yang juga merupakan spesies serigala terbesar yang ada di dunia saat ini.

7. Hyena

photo via : www.saevus.in

Hewan dengan suara yang keras dan juga menjengkelkan selanjutnya adalah Hiena. Selain suaranya, hiena memang terlihat amat menjengkelkan. Ia seringkali merebut makanan hasil buruan dari binatang lainnya seperti singa ataupun anjing hutan. Dengan suaranya yang bising dan juga gaduh amat lah khas seperti sebuah tertawa membuat hewan ini terkenal. Nah kalau ada teman kalian yang memiliki tertawa yang khas, mungkin suara ketawa mereka sering disebut seperti tertawa hiena.

8. Singa

photo via : all-free-download.com

Kalau kalian pernah nonton Narnia, pasti pernah mendengan bagaimana suara auman dari singa itu. Sang raja rimba ini amatlah terkenal sebaga punjak rantai makanan di savana, cukup dengan aumannya saja, para hewan – hewan lainnya akan langsung merasa ketakutan. Auman seeokor singa merupakan suara paling keras yang ada dan dimiliki oleh hewan karnivora terbesar di dunia ini. Singa yang mengaum umumnya adalah seekor singa jantang untuk menunjukkan dominasi dan daerah kekuasaan miliknya.

9. Kuda Nil

photo via : www.voaindonesia.com

Hewan besar ini selain terlihat menyeramkan dan berbahaya juga memiliki suara yang cukup keras. Saat membuka mulut dan melenguh, kuda nil mampu menghasilkan suara dengan tingkat kenyaringan mencapai 110 desibel. Fakta unik yang jarang diketahui oleh kabanyakan orang adalah bahwa kuda nil merupakan salah satu hewan terbesar di dunia. Bobotnya bisa mencapai 3200 Kg membuatnya menjadi hewan terbesar di darat setelah gajah dan badak

10. Kakapo

photo via : nzbirdsonline.org.nz

Sejenis burung kiwi besar ini adalah hewan asli Selandia Baru dan bekerja sangat keras pada musim kawin. Kakapos jantan akan menciptakan semacam amfiteater di lingkungan mereka sendiri. Yang terakhir, Kakapo akan berdeham, mengembang kantung udara di dadanya, kemudian melepaskan suara beresonansi tinggi yang dapat didengar sampai tiga mil jauhnya! Altivitas yang dilakukan oleh burung kakapo ini terus berlangsung setiap malam selama empat bulan hingga sekitar 10.000 panggilan.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >