Daftar Makanan Indonesia Yang Sudah Mendunia

1 tahun lalu, by blogunik

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, tradisi dan kulinernya. Indonesia tak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang indah saja, Indonesia juga terkenal dengan makanannya yang enak. Makanan Indonesia terkenal akan rempah-rempahnya yang berlimpah dan bisa dibilang rempah-rempah tersebut tidak bisa ditemukan di negara lain. Ada berbagai macam makanan asli Indonesia yang mampu menarik perhatian luar negeri. Berikut ini daftar makanan Indonesia yang sudah mendunia

 

1. Nasi Goreng

Photo via : https://www.southernliving.com

Nasi goreng masuk peringkat kedua makanan dalam daftar “World’s 50 most Delicious Foods”. Nasi goreng merupakan kuliner yang sangat sering ditemukan diberbagai tempat di Indonesia. Nasi goreng memiliki bahan dasar berupa nasi, yang kemudian di tumis pada suhu tinggi, di campur dengan telur dan bumbu dapur lainnya. Nasi goreng juga telah diakui oleh mantan Presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama, beliau menyebutkan bahwa nasi goreng yang berasal dari Indonesia sangat enak dan lezat. Nasi Goreng menjadi ikon Indonesia, tapi juga menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia.

 

2. Sate

Photo via : https://www.herworld.com

Makanan Indonesia yang dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar ini cukup mendunia dan disukai oleh para wisatawan mancanegara. Daging yang digunakan untuk pembuatan sate ada bermacam-macam jenis seperti ayam, kambing, kelinci dll. Tapi yang biasanya disediakan di restoran yaitu ayam dan kambing. Saus dari sate yang biasanya digunakan yaitu terbuat dari kacang dan kemudian terdapat juga bumbu kecap dengan campuran bawang merah, cabe hijau/merah dan tomat.

 

3. Tempe

Photo via : https://miignon.com

Makanan ini terbuat dari kedelai, tempe ini merupakan makanan yang kaya akan protein dan nutrisi. Di London terdapat sebuah streetfood bernama Warung Tempeh yang sangat populer dan diminati masyarakat sekitar. Namun, sebelumnya tempe ini juga diperkenalkan oleh orang Indonesia yang bernama Rustono ke Jepang, sehingga kamu pun bisa menikmat tempe saat berwisata ke negara lain.

 

4. Rendang

Photo via : https://www.idntimes.com

Rendang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat yang terkenal kelezatannya. Makanan ini menjadi peringkat pertama “World’s 50 most Delicious Foods” versi situs CNNGo. Daging dengan baluran rempah-rempah yang sangat enak ini memiliki rasa otentik dan mendapatkan pengakuan di seluruh dunia. Pada umumnya rendang ini terbuat dari bahan daging sapi, namun dapat juga di gunakan daging lain seperti kambing, ayam dan lainnya. Cara pembuatan rendang ini bisa dikatakan sulit karena prosesnya membutuhkan waktu yang lama dan dimana daging ini harus dimasak hingga kering, sehingga bumbu menyerap ke dalam daging dan membuat daging rendang lembut.

 

5. Indomie

Photo via : https://www.qraved.com

Di Indonesia banyak sekali merk mie, namun yang terkenal hingga ke luar negeri yaitu Indomie. Terhitung ada 80 negara yang mengeksport Indomie sejak 20 tahun lalu. Saat ini sudah banyak sekali varian rasa dari Indomie, mulai dari mie goreng biasa hingga rasa sambal ijo.

 

6. Gado-gado

Photo via : https://resepkoki.id

Pada tahun 2010, gado-gado menjadi pemenang utama dalam perlombaan memasak tingkat International pada kategori sajian kuliner estetika di Napolo, Italia. Gado-gado merupakan makanan yang sederhana dalam pembuatannya, makanan ini hampir mirip dengan salad hanya saja disajikan dengan tambahan bumbu kacang yang sudah dihaluskan.

 

7. Gudeg

Photo via : https://www.makanajib.com

Gudeg adalah nangka muda yang direbus selama berjam-jam dengan campuran gula kelapa dan santan, makanan ini merupakan khas Yogyakarta yang sudah dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Gudeg ada 3 macam yaitu gudeg kering, gudeg basah dan gudeg solo. Makanan ini pun dapat dijumpai ketika para wisatawan dari mancanegara maupun domestik sedang berkunjung ke Australia. Karena gudeg ada di kawasan Clayton Road, Melbourne, Australia.

 

8. Soto

Photo via : https://id.tastemade.com

Di Indonesia memiliki banyak jenis soto seperti soto Bandung, soto Banjar, Coto Makassar, soto Betawi, soto Bogor, soto Lamongan, soto Lenthok, soto Kemiri dan masih banyak lagi. Makanan berkuah ini biasanya disajikan dengan nasi atau lontong lengkap dengan daging atau jeroan, bawang goreng, mie, telur dan disiram dengan kuah yang sudah dicampur dengan rempah-rempah.

 

9. Sop Buntut

Photo via : https://www.unileverfoodsolutions.co.id

Makanan ini terbuat dari potongan ekor sapi yang diproses dengan waktu yang sangat panjang. Buntut atau ekor sapi ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Selain itu ditambah dengan tulan rawan dan lemak yang siap memanjakan lidah jika memakannya. Sop buntut ini dihidangkan dengan tambahan sayur seperti kentang dan wortel dan dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah.

 

10. Bakso

Photo via : http://hellosemarang.com

Bakso adalah jenis makanan bola daging sapi giling dan tepung tapioka. Dalam sajiannya, bakso umumnya disajikan panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mie, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Makanan ini menjadi populer beberapa saat lalu ketika presiden amerika Barrack Obama mengingat makanan ini merupakan salah satu favorit dirinya ketika mengunjungi Indonesia.