Deretan Orang Sukses Dari Bisnis Yang Aneh Dan Tak Biasa



Ada banyak cara menuju sukses, menjadi pegawai atau mendirikan usaha, berdagang ataupun berbisnis semua bisa membuat kalian sukses asal kalian suka dan tekun serta giat melakukannya. Namun didunia ia tak semua bisnis bisa kamu terima dengan mudah, ada saja orang-orang yang terlewat kreatif hingga menciptakan suatu bisnis yang aneh dan tak biasa. Seperti beberapa orang berikut ini yang sukses dengan bisnis aneh dan tak biasa mereka.

1. Gary Dahl, Bisnis Batu Peliharaan “The Pet Rock”

photo via : http://www.sacbee.com

Pengen punya binatang peliharaan, tapi gak mau repot merawat dan memiliharanya? Kalian bisa mencoba membelu batu peliharaan yang pastinya tak akan membuat kalian repot. Bisnis Batu Peliharaan diciptakan oleh Gary Ross Dahl. Penemuannya yang aneh ini membuatnya menjadi milyader. Berawal dari ketidak sengajaannya mendengar keluhan orang-orang mengenai peliharaannya, membuat Gary memutar otak, hingga akhirnya Ia menciptakan sebuah bisnis baru. Bisnisnya tersebut adalah batu peliharaan yang diberi nama “The Pet Rock”.

photo via : theonestopfunshop.com

Ia melakukan banyak percobaan, hingga akhirnya merancang kardus dengan lubang udara untuk ‘hewan peliharaan’ bernapas. Batu tersebut diletakkan dalam kotak, di atas tempat tidur dari serutan kayu lunak. Ia juga menambahkan buku petunjuk perawatan batu peliharaan, termasuk cara memberi makan. Gary memiliki trik marketing yang bagus, sehingga ‘Pet Rock’nya mengalami kesuksesan yang besar. Setelah rilis pada tahun 1975, Ia berhasil menjual 1,5 juta batu dengan $ 3,95 untuk masing-masing batu.

2. Leslie Suitor Bisnis Sewa Ayam “Rent-A-Chicken”

photo via : www.nytimes.com

photo via : http://rent-a-chicken.net

Leslie Suitor melihat ada beberapa sahabat dan tetangga yang ingin mencoba coba beternak ayam. Namun mereka takut akan resiko rugi karena selama ini mereka belum pernah memelihara ayam sehingga masih bingung dengan sifat ayam. Selain itu adanya penyakit flu burung yang sering di derita oleh unggas membuat mereka khawatir untuk beternak ayam. Atas dasar ini muncullah naluri bisnis Leslie. Leslie menawarkan jasa sewa ayam ternak sebagai percobaan bagi yang ingin beternak ayam. Ternyata ide dari Leslie disambut baik, bukan hanya tetangga bahkan sampai keberbagai daerah banyak yang menyewa ayam Leslie untuk sekedar mengetahui bagaimana rasanya memelihara ayam. Dan lebih hebatnya lagi saat ini bisnis sewa ayam milik leslie sudah berkembang ke 17 negara bagian di Amerika.

3. Paul Graves dan Brandon Bisnis Online “Positives Dating”

photo via : http://madmoosemama.blogspot.co.id

photo via : http://www.positivesdating.com/

Siapa bilang orang-orang yang terjangkit HIV, tak bisa mendapatkan pasangan hidup? Dengan adanya layanan Positives Dating semua bisa terjadi. Didirikan oleh Paul Graves dan Brandon Koechlin, Positives Dating menyediakan jasa kencan bagi para pengidap penyakit AIDS. Orang-orang yang telah terinveksi oleh virus HIV merasa bersyukur dengan layanan situs tersebut karena bisa mendapatkan teman ataupum kekasih baru dalam komunitas sesama pengidap penyakit AIDS. Para anggotanya yang telah berjumlah lebih dari 50ribu orang, harus membayar iuran bulanan sekitar $ 14,95.

4. Hiroki Terai Bisnis Jasa Penghapus Air Mata “The Crying Workshop”

photo via : www.terra.com.br

photo via : http://www.wradio.com.co

photo via : joshi-spa.jp

Jepang merupakan negara maju, berbagai bisnis mulai fashion, kuliner hingga otomotif mungkin sudah biasa bagi mereka. Karena itu Jepang mulai membuat bisnis-bisnis yang tak biasa, seperti bisnis yang didirikan karena banyaknya orang menangis. Bernama “The Crying Workshop”, bisnis ini dibuka oleh Hiroki Terai. Bisnis ini menyediakan jasa penghapus air mata. Bisnis ini dilakukan dengan memberi peserta sebuah tontonan film yang sangat sedih. Film itu begitu emosional hingga yang menonton dapat hanyut dalam kesedihan. Ketika salah satu peserta mulai menangis, fasilitator akan mendatangi dan menghapus air matanya dengan handuk kecil. Satu mulai menangis, yang lain pun akan ikut menangis juga. Banyak klien merasa lebih baik dan lega setelah mengikuti workshop ini. Kini, bisnis Terai banyak menarik hati. Banyak perusahaan yang mengundangnya untuk melakukan The Crying Workshop.

5. Wang Fuming Bisnis Ternak Kecoa

photo via : io9.gizmodo.com

photo via : onedio.co

Kecoa yang biasanya kita injek, ternyata malah menguntungkan rezeki di China loh! Seperti salah satu warga China yakni Wang Fuming, yang menghasilkan Rp 135 juta perbulan karena berternak kecoak. Pria ini mulai beternak kecoak sejak tahun 2010. Dia mengaku memiliki enam peternakan kecoak dengan total populasi sebanyak 10 juta ekor. Kecoak yang ia ternakkan ternyata berguna sebagai bahan obat dan kosmetik. Protein yang terkandung pada sayap dan tubuh kecoak konon jadi alternatif bahan baku murah untuk produk kecantikan. Jenis kecoak yang diternakannya adalah kecoak Amerika.

6. Ryuchi Ichinokawa Bisnis Layanan Sewa Ayah Dan Ibu Palsu, Pacar Palsu, Paman Hingga Teman palsu “Hagemashi Tai”

photo via : www.straight.com

photo via : http://www.pbs.org

Hagemashi Tai adalah sebuah perusahaan jasa di Jepang yang menawarkan jasa aktor bayaran. Klien bisa meminta orang yang disewanya untuk berakting jadi siapa saja, mulai dari paman, suami, ayah, juga saudara laki-laki. Pendiri perusahaan ini bernama Ryuchi Ichinokawa yang berasal dari Chiba, Jepang. Di dalam bisnisnya ini, ia memperkerjakan aktor-aktor handal yang bisa diminta untuk memainkan peran apa pun sesuai permintaan klien. Berdirinya Hagemashi Tai sendiripun bertujuan untuk menghibur mereka yang kesepian karena tak memiliki pasangan atau pun teman bicara. Pada awalnya, Ryuchi lah yang menangani semua kliennya namun karena permintaan mulai banyak ia akhirnya kini memiliki 30 orang karyawan dari segala usia, jenis kelamin dan kelihaian.

7. John Liddell dan Darl Waterhouse Bisnis Surat Ijin Tak Masuk Sekolah Atau Kerja “Excused Absence Network”

photo via : http://www.nbcnews.com

Di Jaman millennial seperti sekarang ini, sepertinya bisnis dalam bentuk apapun bisa menghasilkan uang. Salah satunya bisnis yang didirikan oleh John Liddell dan Darl Waterhouse yang bernama “Excused Absence Network”. Bisnis ini menyediakan surat sakit dari dokter bagi pegawai atau siswa yang ingin bolos. Ide gila yang dicetuskan oleh dua mantan pegawai kantoran ini ternyata berhasil menyedot perhatian masyarakat AS. Terlebih lagi, bagi pegawai yang bertugas dengan waktu kerja sangat panjang. Setiap surat izin dokter otentik yang dikeluarkannya dihargai US$ 25 atau Rp 300 ribu. Tak heran, para pendirinya mampu meraup pendapatan hingga US$ 15 ribu atau Rp 180,1 juta per bulan.

8. Matius Osborn Bisnis Membersihkan Kotoran Anjing “Pooper-Scooper.com”

photo via : http://iniberita.news

Siapa yang menyangka jika membersihkan kotoran anjing, bisa membuat seseorang menjadi jutawan. Itulah yang terjadi pada Matius Osborn. Matius memulai bisnis pada tahun 1987 dengan membuka Pet Butler di Columbus, Ohio. Pada saat itu, Matius bekerja dalam dua pekerjaan penuh waktu dan memiliki penghasilan kurang dari $ 6 per jam pada masing-masing pekerjaan. Sampai suatu saat ia dan istrinya menyadari bahwa ada sekitar 100.000 anjing dalam area 15 mil sekitar rumahnya. Dengan perlahan-lahan, ia memulai bisnisnya dalam membersihkan kotoran anjing. Akhirnya Osborn mempekerjakan tujuh orang dan memiliki enam armada truk yang melayani sekitar 700 pelanggan tetap.

9. Leo De Watts Bisnis Udara Segar “Aethaer”

 

photo via : www.mirror.co.uk

photo via : jimmyloki.wordpress.com

Jika kalian jeli dan berpikiran kreatif, benda yang didapat dengan gratispun bisa mendatangkan uang. Seperti seorang pria Inggris bernama Leo De Watts ini yang telah meraup keuntungan hingga ribuan pound sterling dalam beberapa minggu terakhir ini hanya dengan menjual udara dari Inggris ke Tiongkok. Pria berusia 27 tahun itu menjual udara yang dikumpulkannya dari pedesaan Inggris dan mengirimkan ke kota-kota berpolusi seperti Shanghai dan Beijing. Di sana, kaum kaya tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk hirupan udara selama beberapa detik. 1 botolnya, ia jual dengan harga 80 pounds atau sekitar Rp 1.575.000. Produk yang ia beri nama Aethaer ini telah memberikan keuntungan yang luar biasa padanya, bahkan saat awal memulai bisnisnya, Aethaer sudah terjual 180 botol.

10. Donna Alexander Bisnis Kamar Untuk Orang Marah “Anger Room”

photo via : www.wsbtv.com

photo via : www.washingtonpost.com

Siapa sangka orang marah bisa mendatangkan uang? tapi itulah yang terjadi jika kalian membuka bisnis seperti yang dimiliki oleh Donna Alexander. Bernama Anger Room, bisnis ini dibuka di Dallas, Texas, Amerika Serikat. Bisnis ini dibuka dengan tujuan untuk memberikan kesempatan orang-orang untuk membakar stres dan kemarahan tanpa perlu merasa waswas ditangkap polisi atau dipecat dari pekerjaan. Juga tak perlu merasa malu dilihat dengan aneh oleh orang-orang di sekitar mereka. Donna Alexander, pioner bisnis ini, mengatakan sejak ia membuka layanan itu, Anger Room dengan cepat menjadi booming di kota ini. Entah karena konsepnya yang menarik, atau makin banyak orang yang tertekan di Amerika dan membutuhkan pelampiasan. Anger Room saat ini dibandrol dengan harga $25 untuk satu sesi yang berdurasi hanya 5 menit hingga 500 Dollar untuk kamar khusus yang dirancang sesuai permintaan pelanggan.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >