Fakta Menarik dan Profil Lengkap G-Dragon Big Bang

2 bulan lalu, by blogunik

Profil G-Dragon

0

Kwon Ji Young atau yang lebih dikenal dengan nama panggung G-Dragon (GD) adalah seorang rapper, penyanyi, penulis lagu dan produser yang berasal dari Korea Selatan. Ia memilih nama panggung G-Dragon “Ji” dieja seperti “G” dan “Yong” adalah kata dalam bahasa Korea untuk menyebut Dragon (naga). G-Dragon merintis karirnya sejak berusia 5 tahun dengan bergabung dalam grup musik “Little Roora”. Setelah grup ini merilis album Natal, kontrak grup ini pun dihentikan oleh labelnya. Mengetahui fakta bahwa karir grupnya ini teracam berhenti, G-Dragon kecil pun mengatakan kepada ibunya bahwa ia mengungunkan kehidupan anak-anak normal saja. Ketika G-Dragon kecil melakukan perjalanan wisata, ia bertemu dengan pemilik SM Entertainment yaitu Lee Soo Man di suatu kompetisi dance. Melihat talenta yang dimiliki G-Dragon ini membuat Lee Soo Man merekrutnya.

Di bawah naungan SM Entertainment yang dulunya tidak sebesar sekarang, G-Dragon merasa tidak berkembang dan memutuskan untuk keluar setelah menjalani masa traniee selama 5 tahun. G-Dragon pun memasuki babak baru dalam karir bermusiknya setelah berkenalan dengan Wu Tang Clan yang merupakan mentor dalam nge-rap. Dengan bantuan People Crew, G-Dragon pun ikut terlibat dalam penggarapan album grup hip hop Korea Selatan Flex pada tahun 2001. Pada saat itulah G-Dragon tampil sebagai rapper di usianya yang baru saja 13 tahun dan hal ini menjadikannya rapper termuda asal Korea Selatan.

Penampilan G-Dragon ini pun menarik perhatian Sean dari duo hip hop Jinusean dari YG Entertainment dan ialah yang merekomendasikan G-Dragon ke pendiri YG Entertainment yaitu Yang Hyun-suk. Setelah G-Dragon menandatangani kontrak dengan salah satu agensi terbesar di Korea Selatan ini, masa awal latihan G-Dragon bersama agensinya ini pun tak semudah yang dibayangkan. Pada tahun pertama G-Dragon ditugaskan membersihkan studio untuk artis-artis lainnya serta mengisi botol-botol air minumun selama latihan menari. G-Dragon sendiri dan traniee lainnya yang bernama Dong Young Bae pada awalnya direncanakan untuk debut sebagai duo “GDYB”.

G-Dragon sendiri tampil di beberapa album artis lain bahkan merilis beberapa single bersama Young Bae. Setelah 6 tahun menjadi traniee dibawah asuhan YG Entertainment, G-Dragon pun resmi debut sebagai leader dari grup Big Bang pada 19 Agustus 2006 bersama Dong Young Bae sekarang memilih nama panggung Taeyang, TOP, Daesung dan Seungri. Debut grup ini pun bisa dikatakan lumayan sukses dengan total penjualan album pertama Bigbang Vol.1 mencapai 40.000 kopi. Album ini menelurkan beberapa singel termasuk La La La, We Belong Together dan Forever with you yang dinyanyikan bersama rekan satu agensinya yaitu Park Bom.

Dalam album ini juga terdapat lagu solo pertama G-Dragon yaitu sebuah cover dari single “This Love” milik Maroon 5. Pada tahun 2007, Big Bang merilis album mini pertama yang berjudul “Always”. Disini G-Dragon mulai melibatkan dirinya dalam pembuatan album tersebut. Album “Always” ini menghadirkan beberapa lagu yang disusun olehnya termasuk singel utama berjudul Lies yang menjadi hit single pertama dari Big Bang. Album mini mereka berikutnya pun mengikuti kesuksesan album sebelumnya Hot Issue dengan single “Last Farewall” dan “Stand Up” dengan single “Haru-Haru”. Kedua single tersebut disusun sendiri oleh G-Dragon dan berhasil memuncaki berbagai tangga lagu. G-Dragon juga dianugrahi sebagai penulis lagu terbaik dalam beberapa ajang penghargaan. Ada beberapa judul lagu yang pernah G-Dragon tulis dan menjadi hits yaitu Blue, Monster dan Fantastic Baby.

Selain aktif dalam grupnya, G-Dragon juga membuat beberapa penampilan solo setelah membantu memproduksi album debut Taeyang yang berjudul Hot. G-Dragon sendiri merekam single utama dari album ini “Only Look At Me” dengan bersinya sendiri dan diberi judul “Only Look At Me Part 2”, Single ini dirilis secara digital. Bersama dengan Taeyang dan TOP, G-Dragon tampil di lagu Super Fly milik Lexy dari album Rush. Ia juga pernah berkolaborasi dengan boyband asal Jepang yaitu W-inds. Menyusul Taeyang, G-Dragon pun merilis album solo debutnya yaitu “Heartbreaker” yang menampilkan kolaborasi bersama beberapa artis yaitu Teddy 1TYM, Taeyang, Kush, CL dan Sandara Park. Lagu-lagunya pun sukses memuncaki beberapa tangga lagu setelah dirilis.

Pada tahun 2009, G-Dragon menggelar konser solo pertamanya “Shine a Light di Olympic Park”. Pada November 2010, YG Entertainment mengumumkan akan merilis album kolaborasi dari G-Dragon dan TOP dan sebelum album dirilis mereka menggelar sebuah showcase perdana untuk album mereka di Times Square di Yeongdeungpo, Seoul yang disiarkan langsung di YouTube. Selain itu, G-Dragon juga pernah berkolaborasi dengan Park Myeong Su dan membentuk duo bernama GG untuk Infinite Challenge Seohae Ahn Highway Song Festival 2011.

Di balik kesuksesannya sebagai seorang artis, G-Dragon pernah tersandung kasus penggunaan obat-obatan terlarang ketika ia tertangkap merokok ganja disebuah klub. Tapi saat itu ia membela diri dengan mengatakan telah menghisap rokok yang diberikan orang tak dikenal tapi setelah menyadari itu bukan rokok biasa ia membuangnya. Namun karena ia hanya mengisap dalam jumlah sangat kecil, kejaksaan pun membebaskannya dari semua dakwaan. Skandal ini juga sempat menyebabkan segala kegiatannya tertahan dan YG Entertainment mengeluarkan pernyataan bahwa ia diberikan waktu untuk merenungkan kesalahannya.

Pada akhirnya G-Dragon tampil untuk pertama kalinya di depan publik pada saatn MTV EMA 2011 bersama dengan grupnya Big Bang. Pada Maret 2012, YG Entertainment mengumumkan bahwa comeback solo G-Dragon akan dilakukan pada bulan Agustus. Sembari merekam album barunya ia juga melanjutkan kolaborasi dengan artis-artis lainnya. Pada 24 Agustus 2012, G-Dragon merilis MV untuk lagu berjudul “One of a Kind” di YouTube dan lagu ini meraih dua penghargaan Best Hiphop / Rap Song of the Year’ di Korean Music Awards dan Rhythmer Awards. Pada bulan September, album mini pertamanya yang berjudul “One of a Kind” dirilis secara fisik dan digital, album ini pun diterima secara positif dan semua lagunya menduduki posisi puncak di semua tangga lagu Korea.

Pada tahun 2013, G-Dragon memulai tur pertamanya yang bertajuk “G-Dragon 2013 1st World Tour” dan menjadi artis solo Korea pertama yang melangsungkan tur di empat Dome di Jepang serta menjadi artis solo Korea kedua yang menggelar tur dunia. Setelah ia selesai melakukan tur, G-Dragon kembali ke studio untuk melakukan rekaman album keduanya. Pada 13 September album studio keduanya “Coup D’etat” dirilis menjadi dua bagian secara online dan album penuh. Lagu-lagu dari album ini menduduki posisi puncak di tangga lagu Korea. Album ini juga berhasil meraih posisi pertama di tangga lagu iTunes di beberapa negara.

Pada September 2014, G-Dragon bekerja sama dengan perhiasan Chow Tai Fook dan meluncurkan koleksi terbaru yang didesain sendiri olehnya. Pada tahun 2015, G-Dragon menggelar pameran seni yang bertajuk “Peaceminusone : Beyond the stage”, dimana dipameran ini menampilkan 200 karya seni dari 12 seniman lokal dan internasional. G-Dragon mengatakan bahwa ia telah mempersiapkan pameran ini lebih dari setahun dengan tujuan membawa seni modern dan budaya pop secara bersamaan.

Pada tahun 2017, G-Dragon mengeluarkan album “Kwon Jiyong” namanya sendiri, dimana album ini dirilis pada 8 Juni dan ia menggelar tur dunia yang bertajuk ACT III : MOTTE di berbagai kota dan negara. Nama konser ACT III ini merepresentasikan kehidupan dan tahapan karirnya yang hampir memasuki tiga dekade. Istilah MOTTE ini berasal dari singkatan “Moment of Truth The End”, dalam bahasa Korea Motte berarti “sejak lahir”. Dalam album ini, G-Dragon mengungkapkan dirinya dan kehidupan yang sebenarnya sebagai Kwon Ji-yong yang tentunya sangat berbeda dengan sosok G-Dragon yang kehidupannya serba glamor. Album ini pun bisa dikatakan cukup menarik karena dikemas dalam bentuk USB, selain itu album ini juga menjadi album pesembahan terakhir untuk penggemarnya sebelum ia mengikuti wajib militer.

Profil Lengkap G-Dragon Big Bang

Profil G-Dragon

Photo via ygfamily.com

Nama Asli : Kwon Ji-yong (권지용)
Nama Panggung : G-Dragon
Tempat Lahir : Seoul, Korea Selatan
Tanggal Lahir : 18 Agustus 1988
Kebangsaan : Korea Selatan
Bahasa : Inggris dan Mandarin
Agensi : YG Entertainment
Group : Big Bang, GD & TOP (sub unit), GD X Taeyang (sub unit)
Waktu Pelatihan : 5 tahun di SM Entertainment, 6 tahun di YG Entertainment
Posisi : Leader, Rapper, Vocal
Zodiak : Leo
Golongan Darah : A
Tinggi Badan : 177 cm
Berat Badan : 58 kg
Warna Favorit : Kuning
Pendidikan : Seoul Korean Traditional Arts, Universitas Cyber Gukje, Universitas Kyunghee
Media Sosial : @xxxibgdrgn

Karir G-Dragon Big Bang

Diskografi

2017 G-Dragon 2017 Concert In Seoul DVD
2017 3rd solo album (Kwon Ji Young)
2013 World Tour DVD (One Of a Kind in Seoul)
2013 2nd solo album (Coup D’etat)
2013 Digital Single (Coup D’etat Part. 2)
2013 Digital Single (Coup D’etat Part. 1)
2013 G-Dragon’s Collection DVD (One Of A Kind)
2012 1st Mini Album (One Of A Kind)
2010 Live Concert DVD (Shine A Light)
2010 Live Concert CD (Shine A Light)
2009 1st Album (Heartbreaker)
2008 Digital Single [나만 바라봐 Part2]

Album Pilihan

2017 PSY 8th Album (PSY 8th 4X2=8) – Fact Assault
2017 IU 4th Album (Palette) – Palette
2017 Zion.T 2nd Album (OO) – Complex
2016 Baauer Single Album (Temple) – Temple
2014 Taeyang 2nd Album (RISE) – Stay With Me
2014 Skrillex 1st Original Album Recess – Dirty Vibe
2013 Infinite Challenge (Free Highway Music Festival) Hyung Yong Don Jyeong – Trying To Do It
2012 6th Album (PSY6甲) part1 – Blue Frog
2011 Infinite Challenge (West Coast Highway Music Festival) GG – I Cheated (feat. Bom)
2011 Seungri 1st Mini Album (VVIP) – Open The Window

Pencapaian dan Penghargaan

Konser
2017 ACT III Tur Dunia MOTTE in Taipei
2017 ACT III Tur Dunia MOTTE in Manila, Jakarta, Kuala Lumpur, Tokyo, Birmingham, London, Amsterdam, Paris, Berlin
2017 ACT III Tur Dunia MOTTE in Sydney, Brisbane, Auckland, Fukuoka, Osaka, Hongkong
2017 ACT III Tur Dunia MOTTE in Bangkok, Seattle, San Jose, Los Angeles, Houston, Chicago, Miami, Youk Baru, Toronto

Penghargaan

2018 Gaon Chart K-Pop Awards – June : Digital Song
2018 KOMCA Music Awards – Songwriter
2017 Instagram Awards – Most-encaces Account of 2017, Most-followed Celecrities of 2017
2016 Korean Popular Culture & Arts Awards – Prime Minister’s Commendation
2016 Style Icon Asia 2016 – Top 10
2016 Hypebeast – Top 100
2015 BOF (Business of Fashion) – Top 500
2014 Hypebeast – Top 100
2014 Korea Popular Music Awards – Best Male Artist of The Year
2013 MBC Entertainment Awards – Best Couple
2013 M.net Asian Music Awards –  Artist Of The Year
2013 M.net Asian Music Awards – Best Male Artist
2013 M.net Asian Music Awards – Best Dance Performance Male Solo (Crooked)
2013 M.net Asian Music Awards – Nissan Juke Best M/V Coup D’etat
2013 3rd Rhythmer Awards – One Of A Kind (Rap/Hip Hop Single of the Year)
2013 Korea Popular Music Awards – One Of A Kind (Best Rap & Hip hop Song)
2013  Forbes Korea – Korea 2030 Power Leader
2013 22nd Seoul Music Awards – One Of A Kind (BestAlbum)
2013 27th Golden Disk – Crayon (Song of The Year, CeCi Popularity Award)
2012 MBC Entertainment Awards – Entertainment Guinness Awards
2012 M.net Asian Music Awards – Crayon (Best Male Artist)
2012 Forbes Korea – Korea Power Leader
2011 Melon Music Awards – Hot Trend Award (GG – I Cheated)
2011 Cyworld Digital Music Awards – Song Of The Month, GG – I Cheated (feat.Bom)
2010 Cyworld Digital Music Awards Bon Sang, Ting’s Choice Top Seller Artist
2009 1st Melon Music Awards – TOP 10, Album of the Year
2009 M.net Asian Music Awards(MAMA) – Album of the Year
2009 Cyworld Digital Music Awards – Song Of The Month (Heart Breaker)
2008 A-AWARD – Top 8 Males of the Year (Style Category)
2008 Shining Stars – Top 8 Producers of the Year
2007 M.net KM Music Festival (Arrangement)

Penampilan di TV

2017 SBS Inkigayo – Untitled
2017 MBC Show! Music Core – Untitled
2017 MBC Music – Show Champion – Untitled
2017 SBS Inkigayo – Untitled
2017 MBC Show! Music Core – Untitled
2013 SBS Inkigayo – Crooked
2013 KBS Music Bank – Crooked
2013 M.net M Countdown – Crooked
2013 M.net M Countdown – Black
2013 SBS The Music Trend – Coup D’etat
2013 KBS Music Bank – Who You
2013 SBS The Music Trend – Crooked

Lainnya
2014 G-Dragon x Taeyang in Paris 2014
2013 Live recording of Concert (One of a Kind)
2013 Live recording of Concert (One of a Kind)

 

Fakta Menarik G-Dragon Big Bang

  1. G-Dragon memiliki julukan Kwonjiral ketika masih sekolah
  2. G-Dragon memiliki kakak perempuan bernama Kwon Dami
  3. Kakak perempuan G-Dragon ini memiliki sebuah butik dan G-Dragon sering membantu mempromosikan clothing linenya ini dengan cara menggunakan karya-karya kakaknya
  4. Awalnya G-Dragon dan Taeyang akan debut sebagai duo namun tidak jadi karena Yang Hyun Suk memiliki rencana untuk membuat sebuah boygrup yang memiliki 5 hingga 6 anggota
  5. G-Dragon menjadi traniee di YG Entertainment sejak dia berumur 12 tahun bersama dengan Taeyang, mereka dikenal sebagai GD-YB selama menjalani traniee dan pernah berkolaborasi dengan anggota YG Family seperti Jinusean
  6. Saat berusia 12 tahun ia dibujuk oleh Yang Hyun Suk untuk merengek dan memaksa ibunya agar memasukkannya ke YG Entertainment ketika dia datang bersama ibunya untuk audisi
  7. G-Dragon menulis lirik untuk pertama kalinya pada saat masih di kelas 5 SD untuk sebuah Talent Show
  8. G-Dragon kecil pernah menjadi salah satu anggota di Little Roora
  9. G-Dragon dan Kangin Super Junior berteman sejak masih kecil dan bisa dikatakan Kangin teman masa kecilnya
  10. G-Dragon melakukan debut pertamanya sebagai rapper bersama Perry dalam lagu berjudul “Storm”
  11. Saat sedang karaoke ia sering menyanyikan lagu This Love milik Marron 5 dan Gi Uk Man Ee Rade-Ann
  12. G-Dragon memiliki seekor anjing bulldog bernama Ga Ho
  13. G-Dragon menjadi salah satu idol terkjaya karena banyaknya Royalty lagu ciptaannya
  14. Ia ingin sekali mencoba mencampurkan musik trot dengan Hip Hop
  15. Jika tidak menjadi seorang penyanyi, ia akan belajar tentang fashion karena G-Dragon memiliki passion di bidang itu.
  16. G-Dragon memiliki kamar yang paling bersih di antara member Big Bang lainnya
  17. G-Dragon memiliki julukan Pinky Boy karena ia sering menggunakan syal pink kesukaannya
  18. Ia bersahabat dengan Junsu 2PM ketika masih menjadi traniee
  19. G-Dragon pernah mengatakan jika tipe idealnya adalah Ivy, BoA dan Lee Yeon Hee. Alasannya karena Ivy dan Boa bisa menyanyi, menari dan mengaplikasikan Hip Hop dan R&B dengan sangat sempurna sedangkan untuk Lee Yeon Hee karena dia sangat manis.
  20. Pada saat G-Dragon masih kecil, ia sudah pernah berpartisipasi dalam bisnis hiburan. Dia tampil untuk pertama kalinya di acara populer anak-anak bernama Bbo Bbo Bbo
  21. G-Dragon dijuluki Idol iguana karena sering mengganti gaya rambut
  22. G-Dragon mengaku sangat ingin berkolaborasi dengan Ivy dan membuat musik yang seksi dengannya
  23. Ia memiliki kebiasaan menggigit jarinya tanpa sadar sehingga ia memiliki kuku yang terlihat tidak beraturan
  24. Pada saat di dalam ruangan G-Dragon sering menggunakan kacamata
  25. Album Wu Tang Clan Enter The Wu Tang dengan lagi favoritnya berjudul “C.R.E.A.M” adalah CD pertama yang dia miliki
  26. Jika saja member Big Bang adalah perempuan, ia akan mengajak Seungri untuk berkencan
  27. G-Dragon terkenal sangat dermawan dan bisa membuat sandwich yang lezat. Bahkan ia sering membagikan sandwich buatannya untuk temannya
  28. Ia adalah pelari terbaik dalam grupnya
  29. G-Dragon paling suka tidur dan paling susah di bangunkan. Kasur adalah surga baginya. Ia juga sering berbaring merenung dan berpikir apa saja yang telah ia lakukan hari ini
  30. Gigi depan G-Dragon pecah dan sempat melakukan operasi struktur gigi pada tahun 2009
  31. G-Dragon pernah terdaftar dalam forum fansite Ivy dan BoA, namun sekarang sudah expired
  32. Ia merasa paling tampan pada saat berada diatas panggung dan ia merasa keren ketika ia mandi dan menatap wajahnya di cermin yang berembun
  33. Bagian tubuh yang ia banggakan dan sukai adalah tengkuk leher dan tulangnya
  34. G-Dragon sangat dekat dengan keluarganya sehingga mendapatkan julukan “Mom’s Best Son” yang berarti anak yang sangat dibanggakan sehingga para ibu ingin memiliki anak seperti dia
  35. Waktu kecil G-Dragon adalah anak yang cukup egois
  36. G-Dragon adalah seorang perfeksionis, ia akan sangat kesal jika member lain kurang serius saat latihan untuk perform atau rekaman
  37. G-Dragon pernah malu sekali dalam suatu acara, ia minum terlalu banyak sehingga mabuk. Setelah sadar ia diberitahu kalau sewaktu mabuk ia joget gila-gilaan di depan member SNSD
  38. G-Dragon pernah ditanya, siapa member SNSD yang menurutnya paling mendekati wanita idealnya dan ia menjawab Yoona
  39. Ia mengaku segan dengan se7en
  40. G-Dragon selalu menggunakan waktu kosongnya untuk menulis lirik. Bahkan ketika Big Bang sedang dibandara untuk menunggu penerbangan pesawat, ia asyik dengan notes dan earphonenya
  41. Ketika G-Dragon ditanya jika ia melihat seorang wanita cantik yang menarik perhatiannya, ia menjawab akan langsung menghampiri gadis itu
  42. G-Dragon mengaku jika ada VIP wanita yang menarik perhatiannya ia akan menempuh segala cara dan kesempatan untuk menyatakan kepadanya
  43. Sebagai seorang leader adalah kewajibannya untuk mengecek setiap SMS yang masuk dari Hp member lainnya. Dia juga selalu mengecek semua e-mail atau komentar-komentar dari para fans Big Bang
  44. G-Dragon selalu berteriak sebagai ritual pertama sebelum manggung atau saat rekaman
  45. G-Dragon adalah satu-satunya yang pernah melihat Papa YG bertingkah manis saat beliau memamerkan sepatu baru dan berdansa lucu saat mendengarkan musik
  46. Di antara member Big Bang, ia satu-satunya yang tidak takut dengan Papa YG. Sebaliknya, Papa YG yang takut dengannya mungkin karena bakat yang dimiliki G-Dragon sehingga membuat Papa YG takut kehilangannya
  47. G-Dragon terkenal paling galak dan mudah marah setiap sesi latihan untuk performance karena mereka harus tetap fokus dan berlatih keras
  48. G-Dragon pernah mendapatkan nilai jelek di sekolahnya dan ketika diketahui Papa YG beliau mengancam kalau G-Dragon tidak dapat nilai minimal 80 dia tidak boleh meneruskan menjadi traniee di YG Entertainment lagi. Sehingga dengan usaha yang keras G-Dragon pun lulus sekolah dengan nilai 87
  49. Sewaktu Big Bang masih tinggal di dorm pertama, G-Dragon sekamar dengan Sungri dan G-Dragon mengaku suka memeluk Seungri ketika tidur
  50. G-Dragon adalah member ketiga Big Bang dengan usia paling tua, yang pertama adalah TOP kedua Taeyang dan ketiga dirinya
  51. G-Dragon pernah mengatakan jika gadis idealnya adalah yang berambut pendek karena gadis itu terlihat seksi dan fresh dalam waktu bersamaan
  52. G-Dragon mengaku ia mencari gadis yang memiliki senyum manis dan jago mencium
  53. G-Dragon pernah mengatakan bahwa Dara adalah gadis ter-cute di YG Entertainment
  54. Taeyang pernah berkata jika G-Dragon adalah seorang playboy dan G-Dragon langsung meralat ucapan Taeyang sambil tertawa
  55. Alasannya terjun ke dunia musik adlaah satu kata “takdir”

Foto-foto G-Dragon Big Bang

Profil G-Dragon

Photo via theqoo.net

Profil G-Dragon

Photo via channel22news.com

Profil G-Dragon

Photo via instasaver.org

Profil G-Dragon

Photo via onehallyu.com

Profil G-Dragon

Photo via skylines.co.vu

Profil G-Dragon

Photo via k.sina.cn

Profil G-Dragon

Photo via restoremajorityrule.com

Profil G-Dragon

Photo via pinterest.com

Profil G-Dragon

Photo via neuestek.blogspot.com

Profil G-Dragon

Photo via aminoapps.com

0
Artikel Terkait