Fakta Sebenarnya Lagu Lingsir Wengi Yang Dikatakan Dapat Memanggil Kuntilanak

10 bulan lalu, by blogunik

“Lingsir wengi sliramu tumeking sirno ojo tangi nggonmu guling”. Sedikit potongan lagu Lingsir Wengi ini pastinya pernah kalian dengar. Apalagi kalau kamu pernah menonton film Kuntilanak. Di dalam film tersebut, lagu yang satu ini dijadikan sebagai sountrack dari film tersebut dan diidentikkan sebagai lagu pemanggil setan ataupun kuntilanak. Benarkah demikian? Benarkah hanya dengan melantunkan lagu yang satu ini saja kamu sudah bisa memanggil dan bertemu dengan kuntilanak? Berikut ini adalah fakta sebenarnya mengenai lagu Lingsir Wengi

1. Untuk memanggil Kuntilanak

Dalam film Horror Indonesia yang berjudul Kuntilanak ini, jika ada seseorang yang menyanyikan lagu Lingsir Wengi pada hari ataupun jam tertentu, maka sosok gaib Kuntilanak akan mendatangimu. Orang yang mencobanya mungkin sudah banyak, entah itu karena iseng ataupun yang lainnya. Bahkan sebenarnya, saat kamu nonton film ini baik di Bioskop ataupun dirumah, tembang lagu Lingsir Wengi itu pasti dinyanyikan bukan? Logikanya jika memang benar itu bisa memanggil kuntilanak, harusnya kalian nonton bareng dengan hantu yang satu ini. Tapi hingga saat ini, masih belum ada berita mengenai penampakan Kuntilanak saat menyanyikan, mendengar ataupun saat menonton film ini. Jadi, bisa dibilang lagu Lingsir Wengi untuk memanggil kuntilanak belum bisa dibuktikan.

2. Dibuat oleh Sunan Kalijaga

Fakta Lagu Lingsir Wengi Produk Pemanggil Kuntilanak Dibuat oleh Sunan Kalijaga

photo via : udfauzi.com

Lagu Lingsir Wengi sendiri mulanya adalah lagu ciptaan Sunan Kalijaga. Pada jamannya, bahkan lagu yang satu ini amat populer dikalangan orang-orang. Bahkan orang jaman dulu amat suka dengan lirik lagu ciptaan Sunan Kalijaga ini. Selain lagunya yang enak untuk didengarkan, liriknya juga mengandung makna yang baik didalamnya.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Berikut ini adalah Lirik lagu Lingsir Wengi yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga :

Lingsir wengi
Sepi durung biso nendro
Kagodho mring wewayang
Kang ngreridhu ati
Kawitane
Mung sembrono njur kulino
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno
Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi
Nandang bronto
Kadung loro
Sambat-sambat sopo
Rino wengi
Sing tak puji ojo lali
Janjine mugo biso tak ugemi

Artinya

Menjelang Tengah Malam
saat menjelang tengah malam
sepi tidak bisa tidur
tergoda bayanganmu
di dalam hatiku
permulaanya
hanya bercanda kemudian terjadi
tidak mengira akan jadi cinta
kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku
menderita sakit cinta(jatuh cinta)
aku harus mengeluh kepada siapa
siang dan malam
yang saya cinta jangan lupakan ku
janjinya kuharap tak diingkari

3. Fakta Kenapa Lirik Lagu Lingsir Wengi Film Kuntilanak Dikatakan Dapat Mengundang Setan

Fakta Lagu Lingsir Wengi Produk Pemanggil Kuntilanak Lirik Lagu Lingsir Wengi film Kuntilanak mengundang Setan

photo via : loop.co.id

Mungkin asal muasal kenapa lagu Lingsir Wengi yang awalnya bagus dikatakan sebagai lagu untuk mengundang kuntilanak adalah karena tembang atau lirik dari lagu ini. Lirik lagu Lingsir Wengi versi awal yang ditulis oleh Sunan Kalijaga, amat berbeda dengan versi di film Kuntilanak. Dalam versi film, lirik yang ada memang jelas-jelas memiliki arti mengundang setan dan sejenisnya meskipun liriknya berbeda, namun tembang yang digunakan adalah sama. Berikut ini adalah potongannya artinnya :

Lirik film Kuntilanak

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Artinya

Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut

4. Memiliki kekuatan magis

Fakta Lagu Lingsir Wengi Produk Pemanggil Kuntilanak Memiliki kekuatan magis

photo via : benangmerahdasi.com

Jika dilihat dari tembangnya maupun cara melantunkannya “mungkin” bisa dibilang lagu ini memiliki kekuatan magis. Hal itu dikarenakan lagu ini dibawaan dengan lantunan syair lagu Jawa. Seperti yang banyak diketahui oleh orang-orang, kususnya orang Jawa asli, beberapa lantunan syair lagu Jawa memang dianggap memiliki kekuatan magis didalamnya. Apalagi kalau Kidung Jawa yang biasanya dinyanyikan saat ada acara-acara keratonan. Tentu saja kalian sudah pernah mendengar tentang hal tersebut.

5. Menggunakan pakem Durma

Fakta Lagu Lingsir Wengi Produk Pemanggil Kuntilanak Menggunakan pakem Durma

photo via : www.kompasiana.com

Jika kita mendenganr alunan suara dan juga melodi dari Lagu Lingsir Wengi ini, tentu saja akan agak sedikit merinding. Dan itu memang benar, namun bukan karena mitosnya yang bisa memanggil hantu yah, tapi untuk lagu Lingsir Wegi yang asli memang dibuat sedemikan rupa menggunakan pakem gending Jawa yakni Macapat. Nah, dari 11 pakem yang ada dalam Macapat inilah dipilih dan digunakan dalam lagu Lingsir Wengi yakni pakem Durma. Pakem Durma dari gending Jawa memang memiliki alunan lagu yang suram dan juga mampu menyayat hari para pendengarnya.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

6. Dipakai untuk menolak Bala

Fakta Lagu Lingsir Wengi Produk Pemanggil Kuntilanak Dipakai untuk menolak Bala

photo via : www.munplanet.com

Jika lagu Lingsir Wengi dianggap sebagai lagu pemanggil Kuntilanak, untuk lagu asli dari Lingsir Wengi Ciptaan Sunan Kalijaga ini justru memiliki arti dan makna sebaliknya. Lagu asli Lingsir Wengi ciptaan Sunan Kalijaga baik itu yang menggunakan bahasa Jawa ataupun jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia, memiliki arti yang bertujuan untuk mencegah perbuatan mahluk gaib yang ingin mengganggu. Selain itu, lagu ini menyiratkan sebuah doa yang ditujukan kepada Tuhan.

7. Digunakan untuk lagu pengantar tidur anak-anak

Fakta Lagu Lingsir Wengi Produk Pemanggil Kuntilanak Digunakan untuk lagu pengantar tidur anak-anak

photo via : sidomi.com

Sama seperti lagu Nina Bobok, lagu Lingsir Wengi juga digunakan sebagai lagu pengantar tidur oleh ibu-ibu jaman dahulu. Hal tersebut terjadi setelah masa penyebaran agama Sunan Kalijaga di pulau Jawa telah usai. Setelah masa tersebut usai, lagu inipun mulai berubah fungsi menjadi lagu pengantar tidur karena irama dan juga liriknya yang penuh dengan harapan. Selain itu, iramanya juga mendayu-dayu yang membuat lagu ini bagus untuk mengantarkan anak-anak mereka untuk bisa tertidur saat mereka masih terjaga hingga larut malam.

8. Bukan tembang Jawa

Fakta Lagu Lingsir Wengi Produk Pemanggil Kuntilanak Bukan tembang Jawa

photo via : www.nasionalisme.co

Untuk lagu Lingsir Wengi versi Kuntilanak tersbut bisa dikatakan bukan tembang Jawa. Karena lirik-lirik yang ada dalam sebuah tembang Jawa memiliki berbagai aturan-aturan tertentu. Namun untuk lagu versi background sound dari film Kuntilanak tidak mengikuti aturan tersebut dan hanya dinyanyikan dengan nada yang pelan-pelan mirip seperti tembang Jawa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *