Sedikit Mirip Kisah Para Jomblo! Berikut Fakta Menyedihkan Laron Yang Harus Kamu Ketahui



Laron, siapa yang tidak mengenal binatang yang kerap terbang kesana kesini pada malam hari dan selalu mencari sumber cahaya untuk berkumpul bersama-teman-temannya. Laron merupakan salah satu jenis serangga yang keluar pada awal musim hujan dan nama lain dari laron ini yaitu anai-anai atau rayap. Serangga ini memiliki ciri fisik sedikit menyerupai semut dengan tubuh yang lunak dan memiliki sayap yang sangat tipis. Memang, serangga satu ini cukup mengganggu pada saat malam hari karena gemar mencari lampu di dalam rumah dan tempat-tempat terang. Serangga ini tidak hanya datang sendirian ketika mencari lampu, mereka akan datang dalam kelompok yang besar. Ada salah satu cara untuk mengusir serangga ini yaitu dengan cara mematikan lampu dan meletakkan sebaskom air di tengah ruangan. Namun tahukah kamu dibalik mereka gemar mencari lampu dan sayapnya berguguran ketika pagi hari? Berikut ini fakta menyedihkan laron yang harus kamu ketahui :

 

1. Laron Itu Ternyata Rayap

Photo via : https://fumida.co.id

Laron itu sebenarnya adalah rayap betina dan jantan yang sudah matang, ketika rayap sudah beranjak dewasa maka rayap tersebut akan memiliki dua buah sayap dimana ketika rayap tersebut sudah memiliki sayap akan dikenal sebagai laron.

 

2. Laron Tidak Bisa Melihat dan Mendengar

Photo via : http://bobo.grid.id

Mungkin kamu tidak pernah tahu, jika sebenarnya laron itu tidak bisa melihat ataupun mendengar. Meskipun mereka tidak bisa melihat dan mendengar, uniknya mereka bisa membangun rumah mereka sendiri dalam kondisi seperti itu.

 

3. Laron Akan Keluar Pada Awal Musim Hujan

Photo via : https://www.youtube.com

Rayap betina dan jantan yang sudah matang dan memiliki sayap akan keluar pada awal musim hujan. Maka dari itu, ketika laron-laron sudah mulai berterbangan di rumah ataupun dijalan menandakan sebagai awal musim penghujan.

 

4. Laron Hanya Hidup Dalam Satu Malam

Photo via : https://www.kompasiana.com

Asal kamu tahu, jika laron ini tidak akan hidup panjang mereka bisa dibilang memiliki hidup singkat mereka hidup hanya satu malam saja. Sebelum menjadi laron, laron ini adalah rayap dimana rayap telah hidup lama sebelum berubah menjadi laron. Laron yang mati ini biasanya laron-laron yang malang karena tidak mendapatkan pasangan hidup.

 

5. Laron Mencari Cahaya Untuk Bertemu Pasangannya

Photo via : https://www.livescience.com

Terkadang mungkin kamu kesal dengan kehadiran para laron-laron yang berterbangan disekitar rumahmu yang suka mencari cahaya. Namun tahukah kamu? Sebenarnya mereka berterbangan ini untuk mencari pasangan hidupnya. Mereka hanya keluar dari sarangnya hanya demi mencari sang pujaan hati, dimana nantinya mereka akan hidup berdua. Setelah kamu tahu fakta ini, mungkin kamu tidak tega untuk mengusirnya lagi.

 

6. Laron Akan Membentuk Koloni Baru

Photo via : https://www.terminix.com

Setelah mereka sudah memiliki pasangan, mereka akan melepaskan sayapnya dan berjalan beriringan untuk mencari lubang dibawah tanah untuk kawin dan bertelur. Setelah terlur-telur mereka menetas dan memiliki banyak anak maka terbentuklah koloni baru. Sepasang laron dewasa tersebut akan menjadi raja dan ratu dan tugas ratu hanya bertelur sepanjang hidupnya.

 

7. Laron Tidak Bisa Hidup Sendirian

Photo via : https://www.laruepest.com

Tak hanya manusia saja yang mahkluk sosial, laron pun merupakan makhluk sosial dimana mereka tidak bisa hidup sendirian. Laron ini akan hidup berkelompok dalam jumlah yang sangat banyak dan masing-masing memiliki tugas.

 

8. Laron Juga Memiliki Tim Seperti Semut

Photo via : https://www.npr.org

Sama seperti semut, laron juga memiliki sistem kasta atau kelompok dimana mereka memiliki tugas masing-masing seperti ratu bertugas untuk bertelur. Laron yang berkepala besar bertugas sebagai prajurit dengan tugas menjaga sang ratu. Yang berkepala kecil menjadi pekerja dan bertanggungjawab untuk mengumpulkan makanan di dalam sarang.

 

9. Laron Bisa Bertelur

Photo via : http://suara-siburung.blogspot.com

Dalam sehari sang ratu laron mampu bertelur hingga 30 ribu butir, jadi kamu tak perlu heran lagi jika jumlah rayap ditanah banyak bahkan bisa jutaan. Namun meskipun laron memproduksi banyak laron, tak semua berhasil melanjutkan kehidupannya karena banyaknya predator dan tantangan yang mereka hadapi ketika membentuk sebuah koloni.

 

10. Kayu-kayuan Menu Favorit Dari Laron

Photo via : https://sinttesis.co.id

Sebelum menjadi laron, laron adalah rayap dimana mereka ini sangat gemar sekali memakan kayu-kayuan kering. Tak hanya itu saja, bahkan mereka juga gemar menggerogoti perabotan yang ada dirumah hingga menjadi serbuk. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

11. Laron Juga Bisa Bertani

Photo via : https://eastcoastbuildinginspections.com.au

Tak hanya memakan kayuan kering, rayap juga bertani jamur yang berwarna putih dan berongga menyerupai sponge yang dipelihara di dalam sarangnya. Rayap pekerja memelihara dan memanen jamur-jamur tersebut untuk disimpan sebagai cadangan makanan.

 

12. Rumah Laron Terbuat Dari Lumpur

Photo via : https://id.pinterest.com

Terbuat dari apa rumah rayap itu? Rumah rayap terbuat dari lumpur dan berbentuk berupa gundukan tanah yang tinggi dan besar, bahkan mampu mencapai tinggi 7 meter. Dalam rumah itu, terdapat banyak ruangan dan rumah tersebut dilengkapi dengan cerobong yang berfungsi sebagai penyejuk udara.

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >