15 Festival Musik Terbesar di Dunia Dengan Ribuan Penonton

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Belum lama ini pergelaran festival musik terbesar di dunia yaitu Coachella baru saja digelar, festival ini berlangsung dari Jumat hingga Minggu sepanjang 2 akhir pekan tepatnya tanggal 15 April – 24 April 2022. Pergelaran musik ini diisi oleh sederet musisi ternama dari berbagai belahan dunia dan salah satunya berasal dari Indonesia yaitu Rich Brian dan Niki.

Festival musik ini sering kali melibatkan orang yang berkumpul untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dengan artis favorit mereka sambil bersosialisasi dan mencari teman baru. Umumnya acara musik terbesar ini berlangsung selama beberapa hari dan biasanya sangat menyenangkan. Setidaknya da banyak sekali festival musik terbaik di seluruh dunia yang memungkinkan kamu untuk mengunjunginya. Rasakan getaran dan perasaan yang terpancar dari festival musik tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa festival musik terbaik dan terbesar di seluruh dunia yang bisa kamu kunjungi

1. Donauinselfest

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via stadt-wien.at

Wina telah lama menjadi rumah untuk para pemusik jenius, sehingga tak heran jika sekarang menjadi rumah bagi festival terbesar di dunia. Donauinselfest diadakan disebuah pulau ditengah Sungai Danube, festival ini mampu menari sekitar 3,1 juta orang pada tahun 2016.

Festival musik ini terbuka, gratis dan diadakan setiap awal musim panas. Dengan lebih dari 200 aksi di 11 panggung yang ada serta banyak variasi musik seperti rock, pop, rap, hip-hop, musik elektronik, folk, metal, blues dan reggae membuat festival musik ini sangat digemari.

Awalnya acara ini dimulai sebagai program budaya yang disponsori negara dimaksudkan untuk mempromosikan pulau Donauinsel. Di edisi pertama pada tahun 1983, mereka mengharapkan 15.000 peserta tapi yang berkunjung sekitar 160.000. Hingga kini pun festival musik ini masih banyak dikunjungi.

2. Mawazine

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via royist.com

Festival musik terbesar di dunia ke-dua ada Mawazine, acara ini berada di Rabat, Maroko. Mawazine ini diselenggarakan oleh sekretaris pribadi raja Maroko dan hanya menampilkan tujuh panggung meskipun pengunjungnya sangat banyak.

Festival ini dimaksudkan juga untuk mempromosikan citra dan busaya Maroko. Sebab pada umumnya orang Afrika sangat suka berpesta dan festival ini menawarkan kesempatan terbaik untuk mengekpresikan hal itu.

Mawazine telah dikunjungi sekitar 2,6 juta orang, festival ini pernah diisi oleh artis seperti Whitney Houston, Avicii, Elton John, Travis Scott, Iggy Azalea, David Guetta dan The Weeknd.

3. Summerfest

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via tripadvisor.co.id

Summerfest merupakan salah satu festival musik terbesar di dunia yang diadakan selama 11 hari di tepi Danau Michigan, festival ini berakar pada tahun 60-an ketika Walikota Henry W. Maier melihat perlunya sebuah festival setelah kunjungannya ke Munich untuk Oktoberfest.

Sejak itu, festival terbesar ini pun berlangsung dan menjadi yang terbesar di dunia. Sebagai festival musik terbesar di Amerika Serikat, festival ini juga salah satu yang termurah dengan tiket harian yang dapat diakses hanya 20 dollar.

Terdapat lebih dari 800 aksi dan lebih dari 800.000 pengunjung. Summerfest bukan hanya tentang musik, namun juga tentang pertunjukan komedi, belanja, kembang api dan permainan luar ruangan lainnya. Selama bertahun-tahun, Summerfest menyambut beberapa musisi paling populer di dunia seperti Paul McCartney dan Stevie Wonder hingga Bruni Mars dan Lady Gaga.

4. Woodstock

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via theatlantic.com

Pergelaran festival musik ini juga terkadang-kadang disebut sebagai festival rock Bethel. Hal ini dikarenakan lokasinya di Bethel, New York. Festival ini bertujuan untuk menyelaraskan orang-orang Amerika Serikat dan genre yang terlibat seperti musik rock, pop, metal dan musik rakyat.

Moto dari festival ini yaitu cinta, persahabatan dan musik untuk menghormati festival asli yang mengubah kesadaran. Woodstock ini diadakan selama 3 hari dan tiketnya gratis.

Tahun pertama festival ini diadakan, alkohol dilarang sebuah larangan yang tidak cocok dengan pengunjung yang ingin berpesta. Tapi larangan itu kemudian dicabut tahun berikutnya. Sejak didirikan pada tahun 1995, festival ini juga menampilkan mandi lumpur, salah satu tradisi terpenting.

Pada tahun 2016, Paul McCartney menjadi headline dan pada tahun 2017 festival akan merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dengan Red Hot Chili Peppers, Pink dan Bob Dylan. Lineup 2019 menampilkan Ziggy Marley, Skunk Anansie dan Crystal Fighters.

5. Rock In Rio

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via nme.com

Festival musik terbesar di Amerika Selatan ini bisa dikatakan paling bersinar di dunia, sebab berbagai bintang bertaburan stiap tahunnya. Sebut saja Katy Perry, Rhianna, Queen, Metallica, Rod Stewart dan Elton John. Selain itu, Lady Gaga, Justin Timerlake, Alicia Keys, Bonjovi dan Guns n’ Roses juga pernah tampil disini.

Festival ini mampu mengguncang kota dengan pertunjukan musik, pertunjukan kembang api dan artis yang mengisi acaranya. Bisa dikatakan band paling ikonik yang menghiasi panggung Rock In Rio ini yaitu Queen pada tahun 1985.

Rock in Rio pertama disiarkan dari Brasil dan ditonton hampir 200 juta orang di lebih dari 60 negara, sementara rekor 1,5 juta orang hadir secara langsung. Rock in Rio telah menjadi festival yang menonjol sejak saat itu.

6. Coachella

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via traveltriangle.com

Coachella menjadi salah satu festival musik terbesar di dunia dan paling populer di Amerika Serikat. Festival ini dimulai pada tahun 1999 dan berhenti sejenak pada tahun 2000 dan kembali diadakan pada tahun 2001 hingga saat ini.

Festival ini bukan hanya sekedar acara musk dan seni saja, tapi juga mode, majalah, selebritas dan influencer sama-sama memberikan perhatian khusus pada penampilan yang ditampilkan disini untuk menentukan apa yang terjadi selanjutnya dalam mode.

Coachella menampilkan artis terkenal di berbagai genre seperti Lady Gaga, Beyonce, Bob Dylan, Kendrick Lamar, Ariana Grande hingga Blackpink. Festival ini dimulai sebagai acara satu hari kemudian acara dua hari dan akhirnya acara tiga hari.

7. Sziget

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via martin-audio.com

Festival ini berakar dari kerusuhan mahasiswa dan pergolajan politik, namun kini menjadi salah satu festival musik terbesar di dunia dan terbaik di Eropa. Dengan lebih dari 1000 pertunjukan setiap tahunnya, Sziget berlangsung di Budapest.

Sejak awal kemunculannya, festival ini telah berkembang pesat dari hanya festival sederhana menjadi festival terbesar yang dihadiri lebih dari 500.000 orang setiap tahunnya. Genre musik yang disuguhkan beragam ada reggae, punk rock dan heavy metal dan berlangsung selama tujuh hari.

Festival ini melibatkan kegiatan yang menakjubkan lainnya seperti pertunjukan sirkus, acara olahraga dan pertunjukan film. Nama-nama besar pernah menghiasi panggung ini yaitu Rhianna, Muse, Sigur Ros, Sia, Prince, Thirty Seconds to Mars, Blur dan David Guetta.

8. Essence

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via theblackunicornproject.com

Dimulai pada tahun 1994 untuk merayakan ulang tahun ke-25 Essence, sebuah majalah untuk wanita Afrika-Amerika. Acara ini berkembang menjadi sebuah festival musik terbesar Afrika-Amerika di Amerika Serikat.

Berbeda dari festival lainnya, festival ini menampilkan artis yang menyanyikan soul, gospel, blues dan jazz serta hiphop dan R&B. Dengan rekor kehadiran 470.000, Essence Music Festival menyambut orang-orang seperti Mariah Carey, Diana Ross, John Legend, Snoop Dogg, The Roots, Solange, Janelle Monáe, Aretha Franklin, Mary J. Blige dan Alicia Keys dalam beberapa tahun terakhir.

Festival musik ini diadakan setiap tahun pada bulan Juli di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat.

9. New Orleans Jazz and Heritage Festival

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via louisianatravel.com

New Orleans Jazz and Heritage Festival termasuk salah satu festival tertua dan menjadi salah satu festival musik terbaik di dunia. Tak hanya menampilkan seni dan musik saja, festival ini juga menampilkan berbagai makanan, pengrajin dan pakaian bahkan parade juga diadakan disini.

Festival ini berlangsung tanpa henti antara tahun 1970 dan 2019, bahkan festival ini diselenggarakan setelah badai Katrina. Pada tahun 2020 dan 2021, festival ini sempat dibatalkan untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade dan kembali pada akhir pekan terkahir April 2022.

Festival ini sarat dengan budaya dan sejarah Afrika-Amerika dan tentu saja memberi penghormatan kepada keragaman jazz, blues dan gospel yang luar biasa.

10. Electric Daisy Carnival

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via forbes.com

Electric Daisy Carnival adalah salah satu festival musik dansa elektronik terbesar di dunia dan yang terbesar di luar Eropa. Festival ini menampilkan trap, bouncing, trance, bass dan lainnya. EDC ini diadakan setiap tahun pada bulan Juni dan telah diadakan di lokaasi lainnya seperti Meksiko, New York City dan Puerto Rico.

Pada tahun 2015, festival musik ini mencatat ada 400.000 pengunjung dan menjadikannya salah satu acara musik dansa elektronik terbesar. EDC menggabungkan pertunjukan oleh seniman musik dansa elektronik paling populer di dunia dengan suasana seperti karnaval.

Skala festival ini pernah diisi dengan sederet artis seperti Calvin Harris, Diplo, Martin Garrix, Afrojack dan Zedd.

11. Lollapalooza

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via choosechicago.com

Diluncurkan oleh vokalis Jane’s Addiction, Perry Farrell untuk menjadi tuan rumah tur perpisahan bandnya. Semenjak itu Lollapalooza menjadi salah satu acara musik paling terkenal di dunia.

Berawal dari tahun 1991 dan 1997, festival ini dihadiri oleh Metallica, The Prodigy dan The Orb. Setelah istirahat selama enam tahun, festival ini kembali hadir pada tahun 2003 dan akhirnya menemukan rumah permanen di Chicago’s Grant Park.

Saat ini ada beberapa versi internasionalnya dari Chili, Brazil, Jerman hingga Prancis. Pda tahun 2019, acara ini pernah mengundang Ariana Grande, Childish Gambino, Twenty One Pilots dan The Strokes.

12. Tomorrowland

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via billboard.com

Pergelaran festival musik terbesar di dunia ini pastinya sudah tak asing lagi yaitu Tomorrowland. Festival musik dansa elektronik ini banyak sekali digemari orang-orang sehingga untuk mendapatkan tiketnya saja sangat sulit. Biasanya tiket akan terjual habis dalam beberapa menit saja setelah mulai dijual.

Selama dua akhir pekan terakhir di bulan Juli, ada sekitar 400.000 orang berkumpul di Boom, sebuah kota kecil di Belgia untuk menikmati musik. Mulai dari Armin van Buuren, The Chainsmokers, David Guetta dan Tiesto hadir dalam pergelaran ini untuk memeriahkan acara.

13. Untold Festival

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via djmag.com

Sejak memulai debutnya beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2015, festival musik ini berkembang menjadi salah satu festival musik terbesar di dunia.

Festival musik yang banyak didambakan ini, menampilkan artis multi-genre di puncak permainan mereka. Termasuk musisi kelas A seperti Robbie Williams, Busta Rhymes dan David Guetta. Setidaknya ada sekitar 355.000 pengujung yang menghadiri festival yang diadakan pada bulan Agustus ini.

14. Exit

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via youredm.com

Exit adalah festival musik multi-genre yang dimulai pada tahun 2000, festival ini diadakan di Novi Sad, Vojvodina dengan jumlah pengunjung sekitar 350.000.

Penghargaan Festival Eropa secara teratur menamakannya “Festival Utama Terbaik” dan telah mendapatkan pujian dari BBC, CNN dan The Time New York. Semua orang dari The Cure dan Lily Allen hingga Ellie Goulding dan MIA telah tampil disini.

Selain dari pertunjukkan utama yang diadakan dipanggung utama, Dance Arena juga menjadi tuan rumah bagi seniman elektronik yang bermain dari senja hingga fajar.

15. Festival d’été de Québec

Festival Musik Terbesar Di Dunia

photo via quebec-cite.com

Terakhir ada Festival d’été de Québec, para pecinta musik dari semua kalangan dapat menemukan sesuatu untuk dicintai di festival musik teramai ini. Dulunya festival ini pernah menampilkan artis-artis mulai dari Mariah Carey dan Blink-182 hingga Neil Young dan Lynryd Skynyrd.

Pertunjukan seni “Pop-Up FEQ” dengan tamu kejutan, menggunakan media sosial untuk memberi petunjuk dan memicu rasa ingin tahu.

Itulah beberapa pergelaran festival musik terbesar di dunia. Dari deretan festival musik diatas kamu ingin mengunjungi yang mana atau pernah merasakan euforia festival musik yang mana?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.