15 Tempat Glamping di Bandung Yang Instagramable

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Sedang mencari tempat glamping di Bandung yang instagramable? Yuk cek pilihannya dibawah ini!

Bandung telah menjadi salah satu destinasi favorit banyak orang ketika ingin relaksasi, dan menjauh dari hiruk pikuk ibu kota. Pasalnya, kota Kembang ini tak hanya menawarkan udara yang sejuk dan adem, namun juga memiliki banyak tempat wisata alam yang memanjakan mata.

Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di Bandung, salah satunya adalah dengan berkemah dan menikmati indahnya suasana malam kota Bandung yang indah. Namun jika kalian tidak mau ribet, kalian bisa menyewa glamping agar pengalaman kemah menjadi lebih praktis.

Glamping sendiri adalah singkatan dari glamour camping, ini merupakan alternatif wisata yang tengah hits dikalangan wisatawan karena menyajikan pengalaman unik. Bagaimana tidak, di glamping ini, kamu bisa merasakan nuansa berkemah dengan tempat yang begitu nyaman dan terfasilitasi.

Nggak ada lagi yang namanya ribet dengan peralatan berkemah seperti tenda, alat masak, pakaian ganti, serta alat keperluan lainnya. Pasalnya semua fasilitas telah disediakan oleh pihak pengelola glamping.

Bandung sendiri memiliki banyak tempat glamping yang populer dan hits untuk dicoba, namun beberapa tempat glamping di Bandung yang instagramable ini menjadi favorit banyak wisatawan.

Tempat Glamping Instagramable di Bandung

1. Glamping Legok Kondang Lodge

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/glamping_ciwidey

Glamping di Bandung yang instagramable diawali dengan Glamping Legok Kondang Lodge. Tempat menginap ini memiliki sentuhan natural namun tak luput dari sisi moderintasnya. Menawarkan konsep alam terbuka yang pastinya menyejukkan dan cocok untuk melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

Tersedia sekitar 27 tenda dengan beragam tipe yang lengkap dengan fasilitas yang kalian butuhkan. Mulai dari yang tipe yang standart hingga tipe yang mewah. Ada juga tenda untuk kapasitas 2 orang hingga untuk 1 keluarga.

Di glamping ini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang indah, dan dimalam hari, kamu bisa menikmati suasana malam yang sangat menenangkan yang dipercantik dengan kelap-kelip lampu kota Bandung di malam hari. Jika kalian tertarik, rentang harga menginap di sini yakni sekitar Rp 1 juta – Rp 5 jutaan.

Lokasi : Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

2. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/lakeside_rancabali

Untuk mencoba sensasi berkemah dengan suasana yang mewah, maka kamu bisa mengunjungi Glamping Lakeside Rancabali. Tempat glamping yang berlokasi di Bandung Selatan ini menawarkan Glamping di pinggir danau yang sangat populer, yaitu danau Situ Patenggang.

Selain pemandangan danau yang indah, Glamping Lakeside Rancabali juga menawarkan view pemandangan perkebunan teh Bandung yang hijau dan menyegarkan. Staycation di glamping yang berada di pinggiran Situ Patenggang dan Kebuh Teh Rancabali membuat momen staycation menjadi begitu romatis. Pemandangan alam yang ditawarkanpun sangat instagramable sehingga cocok untuk menjadi backgroud foto OOTD kamu. Kamu bisa menikmati pemandangan dari balkon yang menghadap langsung ke danau Situ Patenggang.

Sementara itu, fasilitas setiap kamar Glamping Tent di tempat ini juga sangat lengkap, sudah tempat tidur yang besar dan empuk, selimut, sarapan, kamar mandi dengan air hangat, dan beberapa fasilitas lainnya yang akan membuat kamu seperti merasakan menginap di hotel berbintang.

Di tempat ini juga tersedia restoran jika kalian malas masak makanan sendiri, tersedia juga fasilitas untuk rafting, fun game, offroad, tea walk, gathering dan masih banyak yang lainnya. Rentang harga untuk menginap disipun sekitar Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

Lokasi : Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

3. Bobocabin Cikole

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/boboboxadventure

Bagi kalian yang ingin berkemah di tengah hutan Cikole dengan suasana baru, bisa banget nih mencoba Bobocabin. Bobocabin Cikole sendiri merupakan produk dari Bobobox yang berupa bangunan kayu di tengah hutan alias kabin yang disertai fasilitas modern dan canggih. Sama dengan hotel kapsulnya Bobobox yang memberikan sentuhan Internet of Things (IoT) berteknologi tinggi khasnya.

Meskipun demikian, semua sensasi ala glamping tetap bisa kamu nikmati di sini, karena setiap unitnya berjarak dan lokasinya berada di tengah hutan yang instagramable. Menariknya lagi, setiap kabin telah dilengkapi dengan monitor panel kendali seukuran tablet, di mana pengunjung dapat memilih suasana kamar sesuai pilihan, memilih warna lampu kamar dan tingkat sorot cahayanya.

Selain staycation, kamu juga bisa membuat api unggun bersama keluarga maupun teman yang menginap bersama, karena ditempat ini juga disediakan tempat perapian. Harga untuk satu kali menginap di Bobocabin berkisar antara Rp 850 ribun sampai Rp 900 ribuan. Tertarik glamping di tempat ini?

Lokasi : Genteng Lapang Jend. No.1, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

4. Kalasenja Family Camping

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/kalasenja.outdoor

Kalasenja Family Camping tentu nggak bisa dilewatkan jika kalian ingin mencari tempat glamping yang instagramable di kawasan Bandung. Pasalnya Kalasenja Family Camping menawarkan pengalaman menginap ditengah taman yang asri dengan view yang instagramable. Staycation di tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan perbukitan hijau dan Gunung Tangkuban Perahu yang sangat cocok untuk melepas penat, apalagi udara yang ditawarkan sangat segar dan sejuk sehingga bisa membuat relax pikiran.

Kalasenja Family Camping ini sangat cocok dijadikan tempat berkemah untuk keluarga atau rombongan teman yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk perkotaan di akhir pekan. Karena selain pemandangannya yang memanjakan mata, kamu juga akan dibuat nyaman dengan fasilitas glampingnya yang cukup lengkap.

Tendanya sendiri berjejer rapi dan cukup besar dan bisa muat hingga 4 orang karena disediakan 2 Beds. Untuk anak-anak, bisa bermain board game yang telah disediakan ataupun pergi ke area mini zoo. Buat kamu yang ingin staycation di glamping ini, Kalasenja Family Camping membandrol harga permalamnya sekitar Rp 550.000/malam hingga Rp 850.000/malam

Lokasi : Kolonel Masturi Km. 4 No 157, Jambudipa, Kec. Cisarua, Kota Cimahi, Jawa Barat 40511

5. Miracle DGYP Signature

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/miracledgypsignature

Glamping di Bandung yang isntagramable berikutnya adalah Miracle DGYP Signature. Tempat ini memadukan villa, glamping, cafe, kolam renang air panas alami, dan spot selfie yang instagramable dengan penataan yang baik sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Dengan hawa dingin Ciater yang berada di bawah kaki gunung tangkuban perahu, menjadikan Miracle DGYP Signature semakin nyaman didatangi untuk menginap dan relaksasi. Apalagi Miracle DGYP Signature memang mengusung konsep alam yang sangat memanjakan mata. Pemandangan malam hari juga akan sangat cantik dengan lampu-lampu yang tertata baik sehingga membuat suasana semakin romantis.

Miracle DGYP Signature tersedia beberapa pilihan tempat menginap dengan total 36 unit dengan rincian 30 glamping dan 6 rumah kayu dengan rate sekitar Rp 1,5 jutaan hingga Rp 2,3 jutaan.

Lokasi : Kampung Ciater RT.01 RW 01 Desa Ciater,Kec.Ciater Kab.Subang – Jawa Barat, Lembang, Ciater, Bandung, Indonesia, 41218

6. Maribaya Glamping Tent

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/maribayaglampingtent

Maribaya Glamping Tent menjadi salah satu tempat kemping instagramable di Bandung berikutnya yang wajib kamu kunjungi untuk merasakan sensasi kemping mewah ditengah alam yang indah. Maribaya Glamping Tent sendiri menyediakan fasilitas berkemah dengan standar premium. Ukuran tendanya sangat luas dengan fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari kamar mandi dalam, TV kabel, meja hingga layanan free wifi, pokoknya fasilitas hotel berbintang akan kamu dapatkan semuanya disini.

Selain fasilitas yang memanjakan, kamu juga bisa melihat pemandangan yang memanjakan mata yang bikin hati adem, mulai dari bukit dengan pepohonan yang lebat hingga wilayah api unggun yang sangat nyaman. Suasana alam pegunungan yang asri dan instagramable bisa kamu jadikan bacground foto OOTD kamu.

Tak hanya itu, selain staycation, kamu juga bisa menghabiskan waktu di kawasan resort wisata Maribaya yang yang penuh dengan wahana yang seru, seperti berjalan-jalan di Sky Bridge Tapak Halimun, beraktivitas di rumah hobbit dan rabbit feeding bahkan ada juga children playground untuk si kecil. Nah untuk dapat menikmati sensasi glamping di tempat ini, kamu bisa menyiapkan budget mulai Rp 2 jutaan untuk menginat permalamnya di Maribaya Glamping Tent.

Lokasi : Jl. Maribaya No.105/212, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

7. The Lodge Maribaya

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/thelodgemaribaya

Buat kamu yang sedang mencari Glamping murah di Bandung dengan view yang instagramable, maka The Lodge Maribaya bisa menjadi pilihan yang tepat.

The Lodge Maribaya memiliki bentuk tenda yang unik seperti bawang atau labu yang berwarna oranye. Dengan desain tenda yang unik, wisatawan bisa merasakan pengalaman berkemah yang menyenangkan.

Menariknya lagi, tempat glamping ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memanjakan seperti kamar mandi, toilet, minimbar hingga tempat barberque. Tak kalah penting, glamping ini juga menyediakan berbagai macam spot selfie pun menjadi daya tarik tempat wisata glamping di Maribaya Bandung Barat satu ini.

Tak hanya itu, berbagai aktivitas outdoor seru seperti trekking, wisata air terjun, dan flying fox juga bisa kamu nikmati di tempat ini. Untuk menginap di salah satu tenda unik di tempat inipun tidak begitu menguras kantong, karena harga Glamping Tent Bandung Maribaya ini sangat budget friendly, yakni kisaran Rp 450 ribuan – Rp 650 ribuan permalam.

Lokasi : Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

8. Mulberry Hill by The Lodge

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/mulberryhill_bythelodge

Tempat glamping di Bandung yang instagramable berikutnya adalah Mulberry Hill by The Lodge. Tempat glamping ini menawarkan pemandangan yang serupa dengan The Lodge Maribaya karena memiliki desain tenda yang berwarna oranye dan bentuk yang sama. Hanya saja, tenda di Mulberry Hill by The Lodge akan terasa lebih mewah karena ada tambahan balkon atau teras.

Mulberry Hill by The Lodge sendiri menawarkan penginapan yang memiliki fasilitas lengkap disertai dengan pemandangan alam indah dan menarik untuk dikunjungi. Ditambah, udara yang sejuk dengan pepohonan rindang di sekelilingnya dan banyak spot foto dengan background hijau dan tenda-tenda yang unik membuat Mulberry Hill by The Lodge cocok disebut sebagai salah satu glamping instagramable di Bandung.

Di glamping ini, kamu bisa memilih satu diantara tiga pilihan tempat menginap, mulai dari villa, glamping, hingga camping ground. Ketiga akomodasi tersebut menyajikan beragam fasilitas berbeda dengan fasilitas lengkap yang nyaman untuk dijadikan liburan untuk keluarga. Menariknya lagi, selain menawarkan penginapan yang super unik dengan fasilitas lengkap, Mulberry Hill by The Lodge juga menyediakan fasilitas outbound seperti, achery war battle games, paintball, flying fox, dan masih banyak lagi. Untuk menginap di Mulberry Hill by The Lodge, per malamnya kamu dikenakan biaya sekitar Rp 1.5 jutaan – Rp 3 jutaan dengan tipe kamar yang berbeda-beda.

Lokasi : Jalan Maribaya Timur No 1, RT.01/RW.10 Desa Cibodas Lembang, Kab Bandung Barat, Cibodas, Lembang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40391

9. Dusun Bambu Leisure Park

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/dusun_bambu

Dusun Bambu Leisure Park merupakan destinasi lain tempat wisata glamping Bandung yang instagramable dan sayang jika dilewatkan. Destinasi glamping ini menyuguhkan pemandangan alam indah dengan desain bangunan tradisional menyerupai saung dari kayu. Meski begitu, tempat glamping di Dusun Bambu Leisure Park ini memiliki fasilitas lengkap layaknya hotel berbintang.

Stacation di tempat ini akan membuat kamu menikmati sensasi bermalam dengan pemandangan alam yang sangat indah. Perpaduan hutan rimbun dan sebuah danau menjadikan menjadikan tempat ini begitu instagramable dan layak memenuhi feed Instagram kamu.

Menariknya lagi, glamping ini juga menyediakan beberapa tempat rekreasi yang cocok dijadikan sebagai spot foto bagi wisatawan seperti Burangrang Café and Resto, Pasar Khatulistiwa, dan Purbasari Restaurant. Sementara itu, untuk tarif harga sewa glamping di tempat ini mulai dari Rp 1.3 jutaan/malam.

Lokasi : Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551

10. Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC Camping Land)

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/officialgrafika

Buat kamu yang sedang mencari tempat wisata glamping yang instagramable dan memiliki fasilitas memanjakan makan kamu bisa berkunjung dan menginap di glamping Terminal Wisata Grafika Cikole atau biasa juga disebut dengan TWGC Camping Land.

Lokasinya berada di tengah hutan pinus dan terdapat area bermain berupa taman rumput yang sangat luas. Udara yang sejuk, dengan pemandangan yang sangat indah khas hutan pinus akan membuat kalian betah berlama-lama berada di tempat satu ini. Bahkan saking indah dan estetiknya pemandangan yang ada di glamping ini, Terminal Wisata Grafika Cikole sering dijadikan Tempat Prewedding di Bandung Barat bagi sejumlah pasangan yang mau menikah.

Sementara itu, tempat glamping ini menyediakan tipe penginapan yang berbeda-beda dengan fasilitas yang lengkap dan memanjakan, tak jauh berbeda dengan fasilitas hotel berbintang. Mulai dari kamar tidur nyaman, kamar mandi, dan ada kayu bakar untuk menghangatkan badan.

Selain menginap, kamu dan keluarga juga bisa menikmati fasilitas pendukung lain seperti memetik stroberi di kebun stroberi, memberi makan rusa dan domba di penangkaran rusa dan domba, dan masih banyak lagi. Rentang harga untuk menginap di glamping terbaik di Bandung ini dibandrol dengan harga mulai Rp 1 jutaan per malam.

Lokasi : Jl. Raya Tangkuban Parahu No.Km.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

11. Green Hill Park TWA Cimanggu (Green Hill Park Ciwidey)

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/greenhill_ciwidey

Rekomendasi glamping di Bandung yang instagramable berikutnya adalah Green Hill Park TWA Cimanggu atau disebut juga dengan Green Hill Park Ciwidey.

Di tempat glamping ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan tentunya dengan glamping tent yang cukup mewah berfasilitaskan lengkap layaknya hotel berbintang. Saat bermalam, kamu akan tidur di sebuah tenda besar berkapasitaskan 4 orang. Di dalamnya terdapat kasur, selimut, hingga kamar mandi dengan pemanas air.

Menariknya lagi, sejumlah aktivitas seru dapat kamu nikmati bersama keluarga. Seperti berenang di kolam renang terbuka, berendam air panas, trekking dan hikking ke hutan, outbound, paint ball, api unggun dan masih banyak yang lainnya. Semua fasilitas di Green Hill Park TWA Cimanggu ini bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek mulai Rp 1 jutaan per malamnya, sesuai tipe glamping yang kalian pilih.

Lokasi : Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

12. Pineus Tilu Riverside Camping

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/pineustilu

Bagi kalian yang ingin merasakan sensasi berkemah di tepi sungai tapi tidak ingin merasa repot, maka Pineus Tilu Riverside Camping bisa menjadi pilihan. Seperti namanya, area perkemahan ini berada di pinggir sungai Palayangan dengan pohon pinus di sekitarnya. Tak hanya instagramable, namun area perkemahan ini juga mengusung konsep kembali ke alam sehingga fasilitas yang ada di satu initidak mengubah kondisi sekitar.

Tempat glamping ini menyediakan beberapa tenda dengan fasilitas yang cukup lengkap. Seperti matras, sleeping bag, serta peralatan barbeque. Kamupun bisa bersantai tepi sungai sambil menurunkan kaki kamu agar bisa menikmati dinginnya air sungai. Kamu juga bisa pesta barbecue dipinggiran sungai sambil menikmati pemandangan alam yang tersaji didepan mata.

Tak hanya itu, selain barbeque, kamu juga menikmati aktivitas menyenangkan lain seperti rafting dan memancing. Nah buat kamu yang ingin merasakan sensasi menginap di tepi sungai Palayangan dapat membayar sebesar Rp 6 jutaan per malam.

Lokasi : Hutan Pinus Rahong, Pangalengan, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378.

13. Villa Chavaminerva Bambu

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/villachavaminerva

Villa Chavaminerva Bambu merupakan tempat wisata di Bandung yang cocok untuk glamping. Object wisata ini memiliki pemandangan instagramable dengan harga yang terjangkau di kawasan Lembang, Bandung. Villa ChavaMinerva Bambu sendiri menghadirkan suasana yang spesial hingga akan membuat kamu semakin betah menghabiskan beberapa malam di tempat ini.

Bentuk bangunannya sendiri menyerupai lumbung padi dengan balkon atau teras dibagian depan. Tak hanya itu, fasilitas yang ditawarkan pun cukup memanjakan mulai dari mini kitchen, tv kabel, kulkas, kamar mandi shower dan tentunya tempat tidur luas.

Dengan harga yang cenderung terjangkau ini, kamu akan disajikan dengan pemandangan alam indah khas Lembang yang memanjakan mata. Apalagi ada fasilitas tambahan di sekitar penginapan, seperti tempat barbekyu, taman bunga, area bermain anak-anak, dan lapangan menaiki kuda. Untuk dapat glamping disini, kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp 670 ribuan- hingga Rp 750 ribuan per malam.

Lokasi : Jl. Lapang Desa Cikole, RT1/11, Desa, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

14. Igloo Glamping Ranca Upas

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/ranca_upas

Igloo Glamping Ranca Upas bisa menjadi alternatif lainnya bagi kamu yang tengah mencari tempat wisata glamping yang instagramable di Bandung. Igloo Glamping Ranca Upas sendiri berada di jalan Ciwidey, dimana kamu akan menemukan pemandangan yang asri, perpaduan dari rimbunnya pepohonan dengan indahnya danau Tegal Kawani.

Sesuai namanya Igloo Glamping Ranca Upas sendiri memiliki desain tenda yang menyerupai rumah es khas suku eskimo yaitu Igloo. Berbentuk setengah lingkaran hanya saja terbuat dari kain berwarna putih. Uniknya tenda berbentuk setengah lingkaran tersebut diletakan diatas danau Tegal Kawani dengan menggunakan deck kayu dibawahnya. Jadi kamu bisa langsung menikmati keindahan danau dan perbukitan hijau disekitarnya.

Menariknya lagi, menginap di Igloo Glamping Ranca Upas ini, kalian akan mendapatkan gratis tiket masuk ke area penangkaran rusa, masuk ke dalam Onsen Rancaupas dan berendam di air hangat secara gratis. Dan ada juga fasilitas tambahan berupa BBQ, breakfast, sleeping bag, extra bed dan sewa game board.

Dengan bentuk tenda yang unik berfasilitaskan lengkap serta pemandangan yang menakjubkan, tentu akan memberikan pengalaman baru sekaligus menjadi spot instagramable untuk hunting foto. Untuk dapat staycation di glamping satu ini, kamu harus menyiapkan kocek sekitar Rp 500 ribuan – Rp700 ribuan.

Lokasi : Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

15. Trizara Resorts Glamping Lembang

Glamping Di Bandung Yang Instagramable

photo via instagram.com/trizararesorts

Satu lagi rekomendasi glamping di Bandung yang instagramable adalah Trizara Resorts Glamping Lembang. Tempat wisata glamping ini menawarkan konsep menyatu dengan alam sehingga suasananya sangat nyaman dan pemandangan yang disajikan sangat memanjakan mata.

Glamping di Lembang ini menyerupai hotel bintang 5 karena tersedia fasilitas yang cukup lengkap. Meski tidak disedikan AC karena hawa yang sudah cukup dingin, namun kamu masih bisa menemukan fasilitas tempat tidur yang nyaman, kamar mandi dalam, kipas angin dan tak kalah penting, ada Wi-Fi gratis.

Tenda-tenda berwarna putih yang berjejer rapi menciptakan pemandangan yang menarik sehingga bisa menjadi background foto yang instagramable. Menariknya, tak hanya bermalam, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru seperti fasilitas panahan, flying fox, off road, yoga, zumba, dan lain sebagainya. Sementara itu tarif sewa kamar glamping camp di sini harganya mulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp 1,8 jutaan per malam.

Lokasi : Jl. Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Nah itu dia beberapa tempat wisata glamping di Bandung yang instagramable dan layak untuk dijajal. Banyak keseruan yang bisa kamu dapatkan dengan wisata Glamping instagramable di Bandung. Selain tak perlu repot-repot membawa perlengkapan sendiri untuk berkemah, kamupun bisa menikmati pemandangan alam yang super menakjubkan dan menyejukkan. Bagaimana, tertarik staycation di salah satu glamping di Bandung?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *