Deretan Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan di Dunia

Dibuat oleh blogunik

Didunia ini ada banyak sekali tempat-tempat berbahaya sekaligus mematikan yang perlu kamu ketahui, salah satunya yaitu goa. Ketika mendengar goa, yang ada dibenakmu pasti kegelapan, medan yang cukup ekstrem dan lain sebagainya. Seperti halnya dengan goa-goa ini, dimana goa ini dikatakan paling berbahaya dan mematikan di dunia. Goa apa saja itu? Berikut ini deretan goa paling berbahaya dan mematikan di dunia.

12 Goa Paling Berbahaya / Mematikan di Dunia

1. Yucatan’s Cenotes

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via yucatanmagazine.com

Pertama ada Yucatan’s Cenotes, goa bawah laut ini adalah salah satu tempat menyelam paling mematikan di dunia. Gua-gua ini terbentuk ketika bagian-bagian tanah runtuh dan membentuk lubang pembuangan yang berisi air. Sebelum itu terjadi, suku Maya kuno menggunakan area ini untuk ritual pengorbanan manusia.

Bahkan penyelam berpengalaman pun bingung dan kehilangan nyawa mereka di gua ini karena mereka mengabaikan peringatan dan menyimpang dari jalur yang ditandai. Selain itu, gua ini juga memiliki akar tersembunyi dan tanaman merambat ini dapat menjerat para penyelam. Salah satu gua tersebut adalah Chac Mool Cenote, tempat ini sangat berbahaya sehingga para penyelam beruntung bisa kembali.

2. Auyán-tepui, Venezuela

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via redbull.com

Goa satu ini berada di lanskap hutan yang terpencil dan berbatu sehingga para penjelajah harus diturunkan dengan helikopter. Umumnya goa lainnya terbentuk dari batu kapur, namun gua tepui ini melewati batu pasir yang kurang rentan terhadap erosi air sehingga gua terbentuk jauh lebih lambat.

Goa ini juha memiliki labirin tanpa matahari seolah-olah terputus dari bagian dunia lainnya. Satu-satunya jalan masuk adalah melalui pintu masuk yang tinggi di dinding atau di puncak gunung yang menjulang setinggi 3000 meter.

Tempat ini terkesan terisolasi oleh dinding tebing yang menjulang tinggi dan rumah bagi spesies hewan yang unik.

3. Gorner Glacier, Switzeland

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via insidetheglaciers.wordpress.com

Selanjutnya ada Gorner Glacier, ada beberapa hal yang membuat gua ini bergitu berbahaya dan mematikan. Pertama fluktuasi suhu yang minimal dapat menyebabkan ruang gua runtuh dan membuat siapa pun yang tidak beruntung berada di dalam pada saat itu dapat tertimbun.

Kedua, suhu airnya 32 derajat Fahrenheit bahkan dengan pakaian selam 7 mm seorang penyelam hanya dapat bertahan di perairan dengan suhu tersebut selama beberapa jam. Jika tinggal lebih lama dari beberapa jam, ada kemungkinan para penyintas tidak bisa keluar lagi. Suhu air di sini adalah 0,1°C

4. Tyndall Glacier, Patagonia, Chile

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via redbull.com

Tyndall Glacier ini terletak di Taman Nasional Torres del Paine dengan luas total 331 kilometer atau sekitar 205 mil. Apa yang membuatnya termasuk paling berbahaya? Poros ini memiliki kedalaman 100 meter. Jika ada perubahan suhu extreme yang menyebabkan pencairan gletser, porosnya dapat terisi dalam hitungan jam bukan hari. Inilah yang membuatnya berbahaya.

5. Naica Mine, Mexico

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via cen.acs.org

Gua ini dimiliki oleh Penoles, sebuah perusahaan pertambangan Meksiko. Kondisi goa ini yaitu 122 derajat Fahrenheit dan kelembaban 100%. Untuk bertahan dari goa ini para penjelajah harus menggunakan sistem pendingin dan menggunakan peralatan pernapasan.

Goa ini juga kristal terbesar yang pernah ditemukan, tetapi melihatnya membutuhkan fisik yang tinggi. Untuk melihat kristal yang berukuran lebih dari 49 kaki dan berat 50 ton, penjelajah harus turun sekitar 1.000 kaki gunung.

6. Norway’s Plura Cave

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via visitplura.no

Gua ini dianggap sebagai gua berisi air terbesar di Eropa Utara. Diperkirakan kedalamannya sekitar 1.300 kaki. Goa ini termasuk paling berbahaya dan mematikan di dunia karena beberapa alasan.

Tempat ini membutuhkan langkah-langkah dekompresi, tidak aman untuk pergi langsung ke bagian terdalam gua. Gua ini juga memiliki udara di beberapa bagiannya sehingga bisa digunakan untuk istirahat.

Di dalam gua juga ada batu yang sangat tajam yang dapat memotong garis jika penyelam tidak cukup berpengalaman untuk menavigasinya. Dua penyelam yang sangat berpengalaman meninggal dalam penyelaman ini pada tahun 2014.

7. Puerto Princesa Underground River, Palawan, Philipina

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via pinterest.com

Gua ini sebenarnya lebih dekat ke Sabang daripada ke Puerto Princesa dan untuk mengunjungi memerlukan izin yang dikeluarkan di Puerto Princesa City Coliseum. Setelah tiba di gua, penjelajah akan mengenakan topi keras dan memasuki sungai bawah tanah terpanjang di dunia melalui perahu.

Tur berpemandu memiliki panduan audio untuk memastikan tur setenang mungkin. Mengapa? Karena di dalam gua ini terdapat kelelawar, sehingga kamu tidak inginkan mereka terbangun dan menganggunya?

Kelelawar bukan satu-satunya penghuni gua. Ular, lipan, dan tarantula yang sangat berbisa membuat rumah mereka juga di sana. Saat matahari terbenam, kelelawar memutuskan untuk meninggalkan gua dan ribuan burung walet terbang masuk.

8. Dark Star Cave, Uzbekistan

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via sciencefocus.com

Dari Filipina, kita terbang ke Uzbekistan dan disini terdapat gua paling berbahaya dan mematikan didunia bernama Dark Star Cave. Seperti namanya, goa ini begitu kelap total selain itu gua ini juga disebut “The Underground Everest,” membutuhkan 3.280 keturunan.

Tanpa perencanaan, perlengkapan, dan persediaan yang tepat, kondisi di gua ini dapat membuat mumi makhluk hidup apa pun. 11 mil gua ini telah dipetakan dan penjelajah belum menemukan ujungnya.

9. Goa Movile, Rumania

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via positivenewsromania.com

Di Rumania bagian tenggara, tepatnya di Constanţa County, yang berdekatan dengan Laut Hitam dan perbatasan Bulgaria, terdapat sebuah kawasan tandus. Dataran ini memang terlihat biasa-biasa saja, kecuali satu hal. Ada goa terpencil yang tak pernah terjamah dunia luar, lebih dari lima juta tahun.

Goa ini bernama Movile, untuk masuk ke dalam goa harus turun dengan tali dari ketinggian 25 meter lalu berkalan melewati lorong sempit dilanjutkan berenang. Kadar oksigen di bagian dalam goa sangat rendah, sementara kandungan karbondioksida dan hidrogen sulfida cukup tinggi.

10. Goa Krubera, Georgia

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via amusingplanet.com

Goa Krubera atau disebut juga Voronja Cave merupakan goa terdalam di bumi. Goa Voronja berarti gua gagak dalam bahasa Rusia, diberi nama gua gagak karena sejumlah gagak bersarang dipintu masuk gua. Goa ini berada di Massif Arabika dari wilayah Gagrinsky-Caucasus Barat, di distrik Gagra Abkhazia-Georgia.

Kedalaman goa ini jika diukur dari pintu masuk mencapai 2.191 meter atau 7,188 kaki. Pintu masuk goa ini relatif sempit, tetap semakin ke dalam semakin lebar. Di kedalaman 200 meter, goa terbagi menjadi dua cabang utama yaitu Non-Kuybyshevskaya dan Main. Ketika di kedalaman 1.300 meter gua terbagi lagi menjadi banyak cabang.

Namun seiring waktu, kedalaman Krubera terus berubah. Seperti dikutip dari National Geographic, hingga kini belum ada manusia yang dapat mencapai ujung kedalaman Krubera. Terlebih dalam jalur koridor utama terdapat banyak cabang jalan yang entah bermuara dan berujung dimana. Gua ini juga sedikit mendapatkan matahari dan hanya ada hewan dengan bentuk tubuh aneh, seperti pseudoscorpions dan kumbang.

11. Jacob’s Well

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via grunge.com

Jika diperhatikan, tempat ini memang tidak terlihat menyeramkan melainkan menawarkan keindahan yang luar biasa. Dengan air yang bening kamu pun dapat melihat dasar goa di dalam air yang dikelilingi dengan aneka jenis ganggang. Tapi tahukah kamu di salah satu bagian dari Jacob’s Well ini terkenal mematikan dan berbahaya di dunia.

Jadi jangan nekad menceburkan diri ke dalam tanpa persiapan. Goa dalam air ini memiliki banyak sekali lorong yang sering membuat para penyelam tersesat dan kemudian meninggal karena kehabisan nafas.

12. Gua Kantemo, Mexico

Goa Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

photo via en.elcaminomascorto.es

Terakhir ada Goa Kantemo, goa ini termasuk dalam zona goa gelap abadi. Sehingga untuk memasuki goa ini diperlukan penerangan. Sleain gelap, goa ini juga memiliki banyak bebatuan dan cukup lembap. Di dalam goa ini ada banyak sekali kelelawar, kalajengking dan serangga. Namun yang paling mengerikan yaitu ada ular piton yang menetap di langit-langit goa yang sewaktu-waktu bisa keluar untuk menangkap mangsa.

 

Nah, itulah beberapa deretan goa paling berbahaya dan mematikan di dunia. Buat kalian yang suka berpetualang khususnya yang extreme. Goa-goa ini bisa kamu pertimbangkan untuk dikunjungi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait