Deretan Goa Paling Indah dan Menakjubkan di Dunia

4 minggu lalu, by blogunik

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Melissani

Keindahan alam memang tidak pernah ada habisnya di dunia ini baik yang terlihat maupun tersembunyi di suatu daerah. Salah satu keindahan alam yang sangat indah yaitu goa. Goa adalah suatu lorong bentukan alamiah dibawah tanah yang bisa dilalui oleh manusia. Namun ada juga gua yang dibuat oleh manusia dimana goa tersebut digunakan sebagai tempat perlindungan ketika perang dan lainnya. Tahukah kamu ternyata goa alam dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan letak dan batuan pembentuknya, selain itu ada juga beberapa goa yang memiliki keindahan yang menakjubkan di dunia

Jenis Goa Alam Berdasarkan Letak dan Batuan Pembentuknya

  1. Goa Lava
    Gua Lava adalah gua yang terbentuk kibat pergeseran permukaan tanah akibat gejala keaktifan vulkanologi. Goa ini biasanya sangat rapuh karena terbentuk dari batuan mida dan tidak memiliki ornamen batuan yang khas.
  2. Goa Litoral
    Goa Lioral adalah goa yang terdapat di daerah pantai, palung laut ataupun tebing muara sungai. Goa ini terbentuk akibat terpaan air laut atau abrasi.
  3. Goa Batu Gamping (Karst)
    Goa batu gamping adalah fenomena bentukan goa terbesar, dimana goa ini terbentuk akibat terjadinya peristiwa karst atau pelarutan batuan kapur akibat aktifitas air. Sehingga terciptalah lorong-lorong dan bentukan batuan yang sangat menarik akibat proses kristalisasi danpelarutan gamping.
  4. Goa Pasir, Goa Batu Halit, Goa Es
    Goa Pasir, Goa Batu Halit, Goa Es adalah bentukan goa yang sangat jarang sekali ditemui di dunia. Dimana hanya meliputi 5% dari seluruhan jumlah goa di dunia.

Setelah mengetahui jenis-jenis gua, kini saat nya kamu simak deretan berbagai gua yang indah dan mengagumkan dari berbagai penjuru dunia berikut ini

Gua paling indah dan menakjubkan di dunia

1. Blue Grotto – Italia

Photo via orizzonteitalia.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Blue Grotto, Italia

Photo via deviantart.com/mikotan

Blue Grotto atau Gua Biru adalah salah satu gua bawah laut yang memancarkan warna biru yang indah dan cerah. Goa ini memiliki panjang 60 meter dengan ebar 25 meter dan untuk menjelajahi goa tersebut diperlukan perahu-perahu kecil. Ketika masuk ke dalam goa, kita akan disambut dengan warna biru air yang menyala. Padahal warna air normal tapi karena adanya pantulan sinar matahari yang menembus Laut Mediterania, warna air menjadi biru cerah.

2. Goa Reed Flute – China

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Reed Flute, China

Photo via sistiyani.blogspot.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Reed Flute
Photo via downloadwallpapers.net

Goa Reed Flute adalah sebuah gua yang berada di China, dimana goa ini terbentuk dari batu kapur karst sejak jutaan tahun yang lalu. Goa ini juga memiliki julukan”Istana Seni Alam” oleh penduduk setempat. Goa ini memiliki panjang sekitar 240 meterdan dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit juga pilar-pilar batu alam. Goa ini semakin cantik dengan tambahan lampu-lampu yang beraneka ragam.

3. Goa Eisriesenwelt Ice – Austria

Goa Eisriesenwelt Ice, Austria

Photo via davidandlindasgrandtour.wordpress.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Eisriesenwelt Ice, Austria
Photo via twitter.com/lonelyplanet

Goa Eisriesenwelt Ice adalah goa es yang terletak di Salzburg, Austria, dimana goa ini yang terbesar pernah ditemukan. Dinginnya es tidak terasa ketika berada didalamnya yang bagaikan kubah raksasa terutama pada musim dingin. Goa ini terbentuk dari kikisan bebatuan kapur yang terkena air sunga Salzach, dimana akhirnya munculah retakan-retakan yang kelamaan membesar. Air sungai pun masuk ke celah-celah yang terbentuk dan membuat pengikisan makin dalam sehingga terbentulah goa ini. Goa es ini menjadi tujuan wisata terkenal dan menarik sekitar 20 juta pengunjung setiap tahunnya.

4. Cave of The Swallows – Mexico

Goa Menakjubkan Di Dunia - Cave of The Swallows, Mexico

Photo via venturetheplanet.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Cave of The Swallows
Photo via tripfreakz.com

Goa Swallow adalah goa yang terletak di negara bagian San Luis Potosi, Meksiko. Goa yang memiliki kedalaman hingga 427 meter ini dapat menarik banyak wisatawan untuk menguji nyali. Dinding-dinding goa ini merupakan tempat bersarang berbagai jenis burung. Goa ini bernama Swallow karena goa ini menjadi habitat dari para burung layang-layang. Setiap harinya, disini terdapat fenomena menarik yaitu saat ratusan burung layang-layang terbang dari dasar goa menuju langit dan perjalanannya ke sebuah daerah bernama Huasteca kemudian burung-burung tersebut akan kembali lagi ke goa tersebut ketika malam hari.

5. Goa Melissani – Yunani

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Melissani, Yunani

Photo via greeka.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Melissani
Photo via orangesmile.com

Goa Melissani adalah sebuah goa yang terletak di pulau Kefalonia, barat laut Sami. Di goa yang dikelilingi hutan lebat ini terdapat danau yang tersembunyi. Danau bawah tanah ini diketahui setelah atap gua jatuh. Uniknya air di danau ini lebih tinggi satu meter ketimbang air di laut yang berjarak 500 meter dari goa. Disini kamu bisa mengelilingi danau dengan menggunakan kapal.

6. Waitomo Glow Worm Cave – Selandia Baru

Goa Menakjubkan Di Dunia - Waitomo Glow Worm Cave. Selandia Baru

Photo via justgothere.nz

Goa Menakjubkan Di Dunia - Waitomo Glow Worm Cave. Selandia Baru

Photo via sueddeutsche.de

Waitomo Glow Worm Cave adalah goa yang terletak di Waitomo, North Island, Selandia Baru. Goa ini terlihat cantik dan unik, dimana goa ini dihiasi dengan stalaktit dan stalagmit yang beraneka bentuk dan ukuran. Di sini terdapat tempat yang menarik yaitu bagian goa yang gelap, dimana dindingnya terlihat bercahaya kebiruan. Cahaya kebiruan ini ternyata berasal dari cacing yang terlihat bercahaya seperti kunang-kunang. Cacing ini pun ukurannya sangat kecil bahkan cacing dewasanya saja berukuran sebesar nyamuk. Cacing ini ternyata hanya bisa ditemukan di Selandia Baru sehingga perlu dijaga agar tidak punah.

7. Goa Son Doong – Vietnam

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Son Doong, Vietnam

Photo via travelvietnam.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Son Doong
Photo via picpanzee.com

Goa Son Doong adalah goa yang berada di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Provinsi Quang Binh, Vietnam. Goa Son Doong ini dinyatakan sebagai goa terbesar di dunia dengan panjang yang mencapai 3,8 km dengan lebar 90 meter. Goa ini memiliki sungai bawah tanah dengan bilah dinding batu kapur penuh ukuran alam setinggi 6 meter. Di bagian tengah goa terdapat Taman Edam yang merupakan hutan di dalam goa yang berbentuk akibat reruntuhan atap Hang Son Doong dan menciptakan lubang sedalam 450 meter dengan lebar 200 meter serta membiarkan caha masuk. Taman ini memiliki tinggi sekitar 30 meter yang menutupu kerucut dinding.

8. Cave of Crystals – Mexico

Goa Menakjubkan Di Dunia - Cave of Crystals, Mexico

Photo via thatoregonlife.com

Cave of Crystals - Mexico

Photo via nationalgeographic.com

Goa kristal yang ditemukan tahun 2000 memiliki kedalaman 1.000 kaki atau sekitar 304,8 meter. Beberpa penambang menemukan tumpukan-tumpukan kristal raksasa yang menjadi bukti bahwa bumi masih menyimpan keajaiban alam yang luar biasa. Gua kristal ini terletak dekat kota tambang naica Xigeqiwa Meksiko. Beberapa kristal raksasa di goa ini bahkan termasuk dalam sejarah penemuan kristal terbesar didunia.

9. Skocjan Cave – Slovenia

Goa Menakjubkan Di Dunia - Skocjan Cave, Slovenia

Photo via loopyslovenia.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Skocjan Cave
Photo via the-slovenia.com

Skocjan Cave adalah sebuah goa di Slovenia dimana goa ini masuk ke daftar situs warisan dunia alam dan kebudayaan UNESCO pada tahun 1986. Menjadi bagian dari situs warisan dunia membuat goa ini dilindungi oleh pemerintah negeri Slovenia. Goa ini dianggap sebagai harta karun yang berharga yang dimiliki oleh Slovenia. Goa ini memiliki panjang 2 km meskipun tidak terlalu panjang namun keindahan goa ini tetap menarik perhatian para wisatawan.

10. Goa Mammoth – Amerika Serikat

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Mammoth, Amerika Serikat

Photo via superadventure.co.id

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Mammoth
Photo via nationalgeographic.com

Goa Mammoth yang terletak di Kentucky dikatakan sebagai salah satu goa terpanjang di dunia. Goa ini ditemukan tanpa adanya peninggalan bersejarah didalamnya, walaupun begitu, pesona yang dimiliki goa ini tak kalah dari goa yang lain.

11. Goa Carlsbad – Amerika Serikat

Goa Carlsbad - Amerika Serikat

 

Photo via asergeev.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Carlsbad, Amerika Serikat
Photo via matadornetwork.com

Goa Carlsbad merupakan goa yang terletak di tenggara New Mexico, Pegunungan Guadalupe, goa ini menduduki peringkat ke 3 gua terbesar di Amerika, di akhir abad 19 ditemukan oleh Fang Niuwa Jimuhuaite . Fitur gua ada banyak kamar besar: New Mexico Kamar, King’s Palace, Queen’s Chamber dan sebagainya lebih dari 100. Pada tahun 1930 secara resmi menjadi taman nasional, dan sejak itu, setiap tahun terdapat 40 juta wisatawan datang berkunjung.

12. Goa Gong – Indonesia

Goa Gong - Indonesia

Photo via udaindra.blogspot.com

Di Indonesia juga terdapat goa yang tak kalah indahnya, adalahGoa Gong yang berada di perbukitan kapur yang terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, sekitar 30 kilometer dari Kota Pacitan. Jalan menuju goa sudah sangat bagus sehingga bisa dituju menggunakan kendaraan bermotor jenis apa saja. Meski begitu, tetap patut diwaspadai, jalan menuju goa berkelok-kelok tajam dan berjurang. Memasuki dalam goa, kita langsung disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Panorama dalam goa begitu indah. Batuan kapur stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami menghiasi seluruh dinding dan langit goa. Pemandangan bertambah eksotis ketika batu disiram oleh cahaya lampu aneka warna yang sekaligus untuk penerangan jalan.

13. Goa Poço Encantado – Brazil

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Poço Encantado, Brazil

Photo via instagetter.net

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Poço Encantado
Photo via dexetra.org

Goa Poço Encantado adalah goa yang terletak di dekat Taman Nasional Chapada Diamantina. Goa bawah air ini sangat indah dengan warna air yang biru dan bebatuan yang indah alami. Suasana goa pun semakin indah dengan matahari yang membelah diatas goa. Hal ini pun menambah suasana berendam atau bermain kita menjadi makin indah.

14. Goa Marble Cathedral – Chile

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Marble Cathedral, Chile

Photo via dissolve.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Marble Cathedral
Photo via talesfromthelens.com

Goa Marble Cathedral adalah goa yang terletak di danau air tawar terbesar kedua di Amerika Selatan tepatnya di Patagonia, Chile. Goa ini sangat cantik dengan cahaya yang terpantul ke dalam gua yang berisi air sehingga membuat dinding marmer terukir dan menciptakan pemandangan cahaya yang menakjubkan.

15. Devetashka cave – Bulgaria

Goa Menakjubkan Di Dunia - Devetashka cave, Bulgaria

Photo via eyeem.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Devetashka cave
Photo via geopalstudio.com

Devetashka cave adalah salah satu goa menakjubkan di dunia, dimana goa ini berada di Bulgaria. Goa ini memiliki panjang sekitar 2,3 km dengan ketinggian 35 meter. Goa ini juga disebut Maarata atau Oknata yang berarti “mata” karena lubang di langit-langitnya berjumlah 7 buah. Goa ini ditemukan sekitar 2 km dari Desa Devetaki dan berada 18 km sebelah utara Lovech, Bulgaria.

16. Goa Fingal – Skotlandia

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Fingal, Skotlandia

Photo via funnyjunk.com

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Fingal, Skotlandia
Photo via parkersymphony.org

Goa Fingal ini merupakan salah satu goa menakjubkan yang berada di pulau tak berpenghuni Staffa. Goa ini terdiri dari serangkaian kotak raksasa heksagonal yang khas. Goa ini adalah salah satu yang paling populer dan mencolok. Daru ukuran goa, atap hingga bentuknya yang melengkung dan alami seakan bergaung dengan ombak dan membuat suara yang khas dan terdengar menakutkan.

17. Goa Tianmen – China

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Tianmen, China

Photo via picaimg.pw

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Tianmen
Photo via euustours.com

Goa Tianmen adalah salah satu goa terindah yang berada di Tianmen Mountain National Park di Provinsi Hunan China. Goa ini diberi julukan pintu surga karena lubang besar yang menembus tebing gunung. Goa ini bahkan bisa dilihat dari jauh termasuk dari area landasan Zhangjiajie Hehua Airport. Disini terdapat cableway terpanjang di dunia yang melintasi mulai dari stasiun bawah yang berlokasi di tengah kota, melewati jalan raya di kota sampai puncak gunung dengan waktu tempuh 30 menit. Sesampainya diatas kita akan menginjakkan kaki di Guigu Plank Road, jalanan yang dibuat menempel di tepi tebing pada ketinggian 1.400 m.

18. Goa Ice – Iceland

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Ice, Iceland

Photo via extremeiceland.is

Goa Menakjubkan Di Dunia - Goa Ice
Photo via safari.is

Goa Ice adalah salah satu goa terindah di dunia yang berada di Iceland. Goa ini memiliki tranformasi warna yang indah dan bentuk esnya juga indah. Goa ini tidak pernah sama selama dua hari berturut-turut.