Hati-hati Sobat, 11 Isyarat Tangan Ini Akan Menimbulkan Masalah Jika Kamu Gunakan Di Negara-negara Ini!

2 tahun lalu, by blogunik

Kebanyakan orang, biasanya jika akan membentuk sebuah tanda dengan jarinya jika sedang berfoto, misalnya saja yang paling banyak digunakan adalah tanda “peace” ataupu “metal”. Bagi sebagian orang, berfoto tanpa membentuk sebuah tanda dengan jari terasa ada yang kurang!. Selain saat berfoto, isyarat jari seperti “thumb up” juga sering kita gunakan untuk mengatakan hal yang bagus. Namun ada beberapa negara yang ternya memiliki pengertian yang berbeda dengan isyarat tangan atau jari yang sering kita gunakan di Indonesia. Isyarat apa saja dan dimana saja dilarang?? selengkapnya langsung aja cek dibawah ini yuk!.

1. Jari Membentuk Tanda “OK” Yang Dilarang di Brasil, Jerman Dan Turki

photo via : alfa-beta.in.ua

Jika kita orang Indonesia tanda seperti ini sering kita gunakan untuk menunjukan suatu hal yang bagus, seperti makanan yang rasanya enak, ataupun dapat juga di gunakan untuk menggantikan kata “OK” atau “siiip!”. Tapi kamu jika bertandang ke Brazil atau Jerman, jangan sekali-kali membentuk jari seperti ini ya!, karena di 2 negara tersebut, isyarat jari seperti ini berarti bajingan. Sementara itu lebih parah lagi di Turki yang menggunakan isyarat ini sebagai makna “anus” yang biasa orang-orang sana gunakan untuk mengatai orang-orang Homo atau gay.

2. Kelima Jari Terbuka Lebar, Dilarang di Yunani

photo via : blog.volunteerspot.com

Kalau di Indonesia isyarat jari ini sering kita gunakan untuk mengganti kata “stop” atau berhenti. Ada juga yang menggunakan sebagai pengganti kata “talk to the hand”, jika ia membungkam mulut seseorang karena kesal dengan kecerewetannya. Namun di Yunani ternyata isyarat ini artinya lebih parah dan negatif. Dikenal dengan istilah “Moutza”, isyarat ini memiliki arti yang sangat menghina. Diyakini jika isyarat ini dimulai saat Kekaisaran Bizantium dimana terdapat kebiasaan menghukum penjahat dengan mengikat mereka ke bagian belakang keledai sehingga terkena kotoran, selanjutnya kotoran tersebut akan dioleskan ke wajah mereka. Baru-baru ini isyarat ini menjurus ke hal yang berbau seksual.

3. Membentuk Tanda “Peace”, Dilarang di Inggris

photo via : www.dailydot.com

Nah kalau yang ini sepertinya hampir semua penduduk Indonesia pernah membentuk isyarat ini dengan jari tangannya saat berfoto. Siapa yang suka dan secara tak sadar membentuk tanda ini saat fotoan??. Isyarat yang baik-baik aja di Indonesia ini ternyata dilarang penggunaannya di Inggris loh!. Tanda Peace ini di Inggris dianggap berbentuk alat kelamin wanita atau bisa jadi memiliki konotasi seksual negatif lainnya. Selain Inggris, Irlandia, Australia, Italia dan New Zealand juga melarang penggunaan isyarat ini loh!.

4. “Thumb Up” atau Jempol ke Atas, Dilarang di Russia, Thailand, Iran, Afghanistan, dan Yunani

photo via : miracleinspirations.com

Di Indonesia, jempol ke atas memiliki makna yang bagus, namun di negara-negara seperti Thailand, Iran dan Afghanistan, isyarat ini bisa dianggap menyinggung. Di Thailand sendiri jempol yang mengacung ke atas ini dianggap sebagai isyarat kekanak-kanakan, seperti memeletkan lidah kamu. Di Iran , Afghanistan, dan sebagian wilayah Yunani , isyarat ini bermakna sebagai isyarat cabul, serupa dengan mengatakan “fuck you”.

5. Menyilangkan Jari Telunjuk dan Jari Tengah, Dilarang di Vietnam

photo via : www.refinery29.com

Mungkin di Indonesia isyarat jari ini mesih mesih jarang digunakan oleh kita, namun sebenarnya di Indonesia isyarat ini bisa berarti menunjukan kebohongan atau ada juga yang menggunakan untuk membuat janji. Namun di Vietnam isyarat ini memiliki arti yang sangat negatif, karena menurut warga Vietna menyilangkan jari telunjuk dan jari tengah artinya menggambarkan alat kelamin wanita, dan hal-hal berbau seksual.

6. Mengibaskan Tangan di Dagu, Dilarang di Perancis

photo via : fiksyenshasha.com

Orang Indonesia mungkin masih belum pernah melihat isyarat ini, namun isyarat ini sangat dipahami oleh orang-orang Perancis Belgia, Italia, dan Tunisia. Di Italia sendiri isyarat ini artinya menolak dengan tidak sopan, sedangkan di Perancis, isyarat ini artinya mengusir dengan cara tegas, dan ada juga yang mengartikan sebagai cara menunjukan alat kelamin.

7. Menempelkan Dua Telunjuk Dan Mengarahkan Ke Bawah, Dilarang di Mesir

photo via : www.viral.id

Mungkin kebanyakan warga Indonesia belum pernah melihat tanda isyarat seperti ini, namun di Mesir isyarat ini sangat dikenal sebagai isyarat yang bermakna negatif. Di Mesir menempelkan dua jari telunjuk dan mengarahkannya ke arah bawah berarti menunjukan ajakan untuk melakukan hubungan badan alias bercinta. Waduh, hati-hati ya kalau kalian liburan ke Mesir.

8. Mengarahkan Tangan Untuk Mengusap Kepala Orang, Dilarang di Thailand

photo via : dantricdn.com

Orang Indonesia biasanya melihat isyarat ini sebagai tanda kasih sayang. Siapa nih yang suka dielus-elus kepalanya ama pacar, atau sama orang tuanya??. Kamu yang suka kepalanya dielus-elus atau kamu yang suka ngelus kepala orang, jika berlibur ke Thailand sebaiknya kebiasaan kamu negelus kepala orang jangan di bawa ya!. Karena menurut orang Thailand yang mayoritas memiliki agama Buddha, mengusap atau mengelus kepala orang itu tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang karena kepala adalah bagian tubuh yang sakral, kecuali orang tua mereka yang mengusapnya.

9. Memanggil Orang Dengan Isyarat Satu Jari Telunjuk, Dilarang di Filipina

photo via : depositphotos.com

Kalau isyarat ini di Indonesia juga memiliki arti yang tidak sopan, atau menantang untuk berkelahi. Di Filipina isyarat ini bahkan lebih parah artinya, karena jika seseorang memberikan isyarat ini kepada lawan bicaranya, maka bermakna kalau orang tersebut menganggap lawan bicaranya sama seperti anjing, yang berbahayanya lagi jika sampai diketahui oleh pihak berwajib, kamu bisa ditangkap sama mereka.

10. Membentuk Jari Metal, Dilarang di Kolombia, Spanyol dan Italia

photo via : www.imonline.nl

Kalau di Indonesia sendiri isyarat ini sama populernya dengan tanda “peace”, orang Indonesia juga suka membentuk jari metal saat berfoto bersama teman segenk mereka. Tapi di Kolombia isyarat ini sangat amat dilarang, karena orang di Kolombia menganggap mengajak pasangan orang yang mereka ajak bicara untuk selingkuh dengannya. Di Spanyol menganggap isyarat ini adalah menghina bahwa istri seseorang yang kalian ajak bicara adalah seorang pelacur. Ada juga beberapa negara yang menganggapp ini sebagai pengusir setan. Dan tenyata di Brazil dan Portugal juga melarang isyarat ini.

11. Meletakan Jempol di Gigi Depan,Dilarang di Pakistan

photo via : www.mademan.com

Jika di Indonesia, isyarat ini di identikan dengan mereka yang masih suka ngedot atau menghisap jarinya. Maka lain halnya dengan di Pakistan. Di Pakistan isyarat ini bermakna menyumpahi seseorang dan keluarganya agar terkena sial.

Artikel Terkait