Deretan Hewan Yang Mampu Memprediksi Terjadinya Bencana

3 minggu lalu, by blogunik

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana

0

Belakangan ini Indonesia kerap dilanda bencana alam, mulai dari gempa, banjir hingga gunung meletus. Terjadinya banjir mungkin masih bisa diprediksi, namun gempa tak ada yang bisa memprediksinya. Nggak heran sih pasalnya letak Indonesia berada di garis lintasan api atau ‘Ring of Fire’ yang mana menuntut masyarakat Indonesia agar selalu waspada akan bencana alam yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja bahkan tanpa ada peringatan sama sekali.

Meskipun belum ada temuan canggih yang dapat memprediksi secara tepat dan akurat akan datangnya gempa atau bencana alam lainnya, namun kita masih bisa memprediksi datangnya bencana dari perilaku beberapa hewan lho.

Ini karena hewan memiliki kemampuan luar biasa yang melebihi manusia dalam memprediksi bencana alam. Biasanya hewan akan berperilaku aneh sebelum bencana terjadi. Seperti hewan-hewan liar penghuni gunung seperti harimau yang turun dari gunung dan bersembunyi di pemukiman penduduk. Peristiwa ini sering terjadi di Indonesia dikala gunung akan meletus.

Ini membuktikan kalau hewan memiliki kemampuan untuk memprediksi akan datangnya bencana alam. Bahkan sejumlah ilmuwan telah meneliti tanda-tanda alam sebelum terjadinya bencana, termasuk tingkah laku hewan. Studi yang dilakukan beberapa ahli menemukan bahwa beberapa hewan memiliki perilaku berbeda dan aneh saat akan terjadi bencana alam.

Dikutip dari Indozone.id, dari studi yang dilakukan, ditemukan juga dua teori tentang bagaimana para hewan memprediksi bencana alam. Pertama, hewan tertentu punya panca indera dengan kepekaan tinggi terhadap frekuensi yang tidak mampu dijangkau manusia biasa. Kedua, hewan diyakini dapat mendeteksi perubahan pada udara atau gas bumi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan hewan yang mampu memprediksi terjadinya bencana alam. Check it out guys!

1. Burung warblers bersayap emas mampu prediksi datangnya badai

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-Burung-warblers-bersayap-emas

photo via allaboutbirds.org

Dikutip dari Okelifestyle, Burung warblers bersayap emas diklaim mampu memprediksi datangnya bencana seperti badai. Hal ini dibuktikan oleh Henry Streby dari University of California, Berkeley, dan rekan-rekannya yang menemukan fakta bahwa burung warble bersayap emas terlihat pergi meninggalkan sarang mereka lebih dari 24 jam sebelum badai menghantam kawasan tempat mereka bersarang.

Dan benar saja, tak lama setelah burung-burung tersebut meninggalkan sarangnya secara masal, datang badai berkekuatan besar yang menghasilkan tornado, bahkan menewaskan sedikitnya 35 orang.

2. Burung mampu prediksi bencana alam seperti tsunami, badai tornado, gempa bumi, letusan gunung berapi, hujan dan bencana alam lainnya

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-Burung

photo via mercurynews.com

Selain burung warblers bersayap emas, burung-burung jenis lainnya juga mampu memprediksi akan datangnya bencana alam. Dikutip dari Fimela.com, ribuan burung di pesisir pantai terlihat meninggalkan sarangnya sebelum gelombang tsunami memporakporandakan pulau Nias. Menurut saksi mata, burung-burung tersebut terbang diudara dengan formasi yang berbeda.

Selain mampu memprediksi datangnya tsunami, burung juga diduga mampu bereaksi terhadap bencana alam lain seperti badai tornado yang dilakukan oleh warblers bersayap emas, gempa, letusan gunung berapi dan bencana alam lainnya. Dan jika kamu melihat burung-burung berterbangan secara masal dan terkesan buru-buru, itu pertanda kalau hujan akan segera turun.

3. Kucing mampu prediksi gempa

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-Kucing

photo via humanesociety.org

Kucing merupakan salah satu hewan yang diklaim mampu memprediksi datangnya bencana alam seperti gempa dan tsunami. Pasalnya Setelah gempa bumi berkekuatan 9 skala richter (SR) pada 2011 di Jepang lalu, kucing merupakan satu-satunya hewan yang paling sedikit menjadi korban. Kebanyakan kucing di Jepang selamat saat bencana besar tersebut melanda Jepang.

Hal ini membuat seorang peneliti dari National Tsing Hua University yang bernama Hiroyuki Yamauchi merasa penasaran bagaimana bisa para kucing selamat dari gempa dan tsunami yang cukup dahsyat tersebut.

Hiroyuki Yamauchi dari National Tsing Hua University bersama rekannya lantas melakukan survei tentang bagaimana kucing bereaksi sebelum gempa. Survei menemukan bahwa enam hari atau lebih sebelum gempa dahsyat, beberapa dari kucing yang ditelitinya menunjukan perilaku aneh seperti gemetar, stres, dan gelisah. Selain itu, para kucing juga akan mengevakuasi bayi-bayi mereka ke tempat yang lebih aman.

Para peneliti percaya bahwa kucing dapat merasakan gempa sebelum waktunya karena mereka memiliki jangkauan pendengaran yang lebih luas dari manusia. Mereka juga mampu mendeteksi perubahan dalam tekanan atmosfer, gravitasi dan deformasi tanah.

4. Anjing mampu prediksi tsunami dan perubahan cuaca ekstrim

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-anjing

photo via humanesociety.org

Anjing yang merupakan peliharaan favorit dan sahabat para manusia ini ternyata juga mampu memprediksi akan datangnya bencana lho. Dilansir dari Yukepo.com, anjing yang memiliki insting yang tajam ini ternyata mampu memprediksi datangnya perubahan cuaca ekstrim.

Sebelum bencana datang, para anjing ini akan bertingkah aneh seperti tubuh yang gemetar dan menggigil meskipun tidak sakit. Mereka juga trekadang akan bersembunyi dan meringkuk didekat pemiliknya atau diruangan yang nyaris tertutup.

Hal ini biasa dilakukan oleh anjing sebelum terjadi badai petir. Penyebabnya adalah, sensitivitas indera perasa yang 10 ribu kali lebih kuat dibandingkan manusia. Anjing bahkan memiliki kemampuan untuk mencium atau mengamati perubahan suhu udara sebelum badai atau gempa bumi terjadi.

Salah satu bukti yang menunjukkan kalau anjing mampu memprediksi datangnya bencana alam adalah perilaku aneh anjing di Sri Lanka. Dikutip dari IDNTimes.com, seseorang yang tinggal di Pantai Galle, Sri Lanka melaporkan bahwa kedua anjingnya menolak untuk pergi ke pantai beberapa saat sebelum gelombang tsunami menerjang sepanjang Pantai Cuddalore India pada tahun 2004 silam. Ribuan orang tewas pada saat itu namun banyak anjing yang selamat dan tidak terluka sama sekali.

5. Katak mampu memprediksi gempa bumi

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-Katak

photo via mysteryscience.com

Hewan berikutnya yang mampu memprediksi datangnya bencana alam adalah katak. Dikutip dari Fimela.com, penelitian yang diterbitkan di International Journal of Environmental Research and Public Health membuktikan bahwa katak adalah hewan yang bisa memprediksi akan terjadi bencana alam berupa gempa bumi.

Katak yang bisa hidup di darat dan di air dianggap lebih peka terhadap lempengan tektonik yang sedikit bergeser. Katak juga sangat sensitif akan perubahan kimia air di dalam tanah sehingga bisa melihat tanda-tanda akan terjadi gempa. Kemudian katak akan pergi mencari tempat aman ketika pergeseran itu semakin cepat.

6. Kuda mampu prediksi datangnya gempa dan cuaca buruk

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-kuda

photo via cpr.org

Kuda tak bisa kita lihat sesering kita melihat anjing maupun kucing, namun kuda yang tidak bisa dimiliki sembarang orang ini ternyata mampu memprediksi akan datangnya bencana alam lho! Sebelum bencana alam terjadi, para kuda ini akan bertingkah aneh seperti melompat dan meringkik keras dengan intensitas dan frekuensi yang intens. Kuda yang hidup di alam liar juga akan bergerak membentuk formasi melingkar dan terlihat sangat panik. Tingkah aneh para kuda ini biasanya akan terlihat sebelum terjadinya gempa ataupun cuaca yang buruk.

7. Gajah mampu prediksi gempa berkekuatan besar dan tsunami

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-gajah

photo via nationalgeographic.com

Seperti yang kita tahu, bencana tsunami yang membuat wilayah Aceh dan sekitarnya berantakan 2004 dan 2005 silam dirasakan juga di kawasan pesisir Samudera Hindia, di Thailand dan di India.

Nah ternyata bencana dahsyat tersebut sebelumnya sudah diprediksi oleh gajah-gajah yang ada di Thailand. Dikutip dari Yukepo.com, beberapa jam sebelum terjadinya bencana tersebut, kawanan gajah di pesisir Thailand melenguh keras dan memberontak sehingga lepas dari rantai baja. Mereka kemudian berlari menuju ke dataran yang lebih tinggi. Dan hal tersebut membuat banyak kawanan gajah yang selamat dari peristiwa tersebut.

8. Hiu mampu prediksi badai

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-hiu

photo via time.com

Selain hewan darat, hewan laut seperti hiu juga dipercaya dapat memprediksi datangnya bencana alam. Seperti yang dikutip dari Brilio.net, hiu justru akan mendekat ke tempat dimana akan terjadinya bencana seperti badai. Jika kebanyakan hewan-hewan akan menunjukkan stres, gelisah, atau keinginan untuk melarikan diri saat akan terjadi bencana alam, hiu justru sebaliknya. Mereka tampaknya menjadi pemburu badai besar. Neil Hammerschlag dari The R.J. Program Konservasi Laut Dunlap di Universitas Miami mengatakan jika hiu tertarik pada perubahan suhu yang cepat, yang persis di mana biasanya akan terjadi badai besar. Memantau gerakan hiu dapat membantu memprediksi di mana badai akan muncul.

9. Ular mampu prediksi gempa

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-ular

photo via outsideonline.com

Hewan yang memiliki kemampuan memprediksi terjadinya bencana alam selanjutnya adalah ular. Ular dipercaya mampu memprediksi akan terjadinya gempa bumi. Kulit ular yang langsung menempel di bumi memungkinkannya mendeteksi gempa dengan sangat peka. Perilaku kepekaan ular terhadap gempa dapat dilihat ketika mereka beramai-ramai keluar dari sarangnya tanpa melihat musim. Perlu kamu ketahui, ular hanya akan keluar sarang ketika cuaca sedang hangat. Namun saat akan terjadi bencana alam seperti gempa, ular-ular ini akan keluar meskipun saat musim dingin dan bersalju.

10. Sapi mampu prediksi gempa bumi

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-sapi

photo via nysenate.gov

Tak banyak yang tahu kalau ternyata sapi juga memiliki kemampuan memprediksi datangnya bencana. Dikutip dari Okelifestyle, Hiroyuki Yamauchi dari National Tsing Hua University yang sebelumnya meneliti reaksi kucing terhadap bencana yang akan terjadi, juga meneliti perilaku sapi sebelum terjadinya bencana. Yamauchi dan rekan menemukan bahwa sapi akan berperilaku berbeda beberapa hari sebelum gempa bumi berkekuatan 9 SR melanda Jepang. Dalam penelitian tersebut diketahui, para sapi akan menunjukkan produksi susu yang rendah pada enam hari sebelum gempa.

11. Beruang grizzly/ beruang cokelat prediksi badai dan mungkin bencana alam lainnya

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-beruang-cokelat

photo via nationalgeographic.com

Beruang grizzly atau beruang coklat juga diklaim mampu memprediksi terjadinya bencana alam seperti badai dan mungkin saja beberapa bencana alam lainnya. Dikutip dari Okelifestyle, beruang grizzly memiliki penciuman yang luar biasa, sehingga mereka dapat mengendus manusia yang berjarak 18 mil. Kecakapan penciuman dengan kemampuan indra lainnya membuat beruang cokelat ini memungkinkan untuk medeteksi badai yang akan datang dan mungkin bencana lainnya.

12. Lebah mampu prediksi datangnya hujan lebat

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-lebah

photo via abcnews.go.com

Sebagian besar manusia didunia ini pasti belum pernah melihat lebah bertebangan saat hujan lebat. Hal ini karena lebah dipercaya mampu memprediksi akan datangnya hujan lebat sehingga mereka sudah berkumpul disarangnya sebelum hujan lebat terjadi. Dikutip dari IDNTimes.com, para lebah ini mampu merasakan perubahan kelembapan di atmosfer, mereka juga bisa merasakan perubahan tekanan pada udara. Rambut di bagian belakang lebah juga sangat sensitif dan dipengaruhi oleh elektrostatika di awan. Itu sebabnya para lebah ini akan bersembunyi di sarangnya sebelum hujan deras terjadi.

13. Kumbang ratu/Ladybird beetle mampu prediksi hawa panas

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-kumbang-ratu

photo via pixels.com

Sama seperti lebah, kumbang ratu juga dipercaya mampu memprediksi datangnya cuaca buruk. Dikutip dari Brilio.net, kumbang ratu diklaim memiliki kemampuan untuk memprediksi hawa panas yang akan menerjang kawasan bermukimnya. Kumbang ratu sangat sensitif terhadap kelembapan udara di sekitarnya. Sebelum terjadi gelombang panas, kumbang ratu akan berkumpul untuk menjaga kelembapan tubuh mereka dan menjaga agar tidak mengering.

14. Tikus dan hewan bawah tanah mampu prediksi datangnya gempa

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-tikus

photo via surreynowleader.com

Hewan bawah tanah seperti tikus, musang, ular, kelabang, hingga serangga dipercaya mampu memprediksi akan terjadinya bencana seperti gempa. Dikutip dari IDNTimes.com, sejarawan Romawi bernama Aelian pada tahun 373 Sebelum Masehi pernah mengamati bagaimana perilaku hewan lima hari sebelum gempa terjadi di kota Helike. Dalam pengamatannya itu, dia melihat beberapa hewan bawah tanah seperti tikus, musang, ular, kelabang, dan serangga muncul dari bawah tanah dan lari berhamburan.

15. Kelelawar mampu prediksi datangnya gempa dan tsunami

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-kelelawar

photo via digitalresult.com

Sebagai makhluk nokturnal kelelawar juga dipercaya mampu memprediksi terjadinya bencana seperti gempa dan tsunami. Pasalnya pada saat gempa dan tsunami yang melanda Aceh dan beberapa negara di Asia Tenggara lainnya di tahun 2004 lalu, hampir tak ada hewan liar yang jadi korban. Padahal korban manusia mencapai lebih dari 200 ribu orang.

Hal ini terjadi karena hewan-hewan liar seperti kelelawar telah memprediksi bencana tersebut sebelumnya sehingga melarikan diri sebelum gelombang menghantam. Dilansir dari Christophervasey, Kelelawar dan serangga memiliki kemampuan membedakan suara ultra yang tidak terdengar oleh manusia untuk mendeteksi gempa.

16. Flaminggo mampu prediksi datangnya tsunami

Deretan-Hewan-Yang-Mampu-Memprediksi-Terjadinya-Bencana-flaminggo

photo via ajowellness.com

Satu lagi hewan yang mampu memprediksi terjadinya bencana adalah flaminggo. Ini terbukti pada saat kawanan flaminggo di suaka margasatwa Point Calimere di India, meninggalkan daerah perkembangbiakan yang letaknya di kawasan rendah dan terbang ke tempat yang lebih tinggi sebelum tsunami yang melanda garis pantai Sri Lanka dan India pada Desember 2004, seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

Tsunami besar-besaran dipicu oleh gempa berkekuatan 9 di lepas pantai pulau Sumatra utara pada 26 Desember. Gelombang raksasa itu menggulung Samudera Hindia, menewaskan lebih dari 150.000 orang di sejumlah negara.

Nah itulah deretan hewan yang mampu memprediksi terjadinya bencana alam yang tentunya dapat membantu manusia agar lebih waspada dan siaga akan terjadinya bencana alam. Sungguh luar biasa ya guys?

0
Artikel Terkait