Menakjubkannya Hinatuan Enchanted River, Sungai Biru Nan Indah di Filipina

Dibuat oleh blogunik

Mungkin sedikit sulit untuk menemukan sungai yang airnya sejernih kristal di Indonesia, namun kalau kamu berkunjung ke Filipina, kamu akan dapat menemukan sebuah sungai dengan aliran air berwarna biru yang super jernih. Namanya adalah Hinatuan Enchanted River atau Sungai Tanpa Dasar Hinatuan. Sungai ini terletak di dekat Surigao del Sur, di Pulau Mindanao, Filipina.

Tak kalah dari pariwisata pantai yang menjadi salah satu daya tarik di Filipina, Hinatuan Enchanted River juga menjadi destinasi wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Bagaimana tidak, Hinatuan Enchanted River ini memiliki aliran air yang jernih dan dalam hingga dari atas tampak biru cerah. Karena itulah para wisatawan suka menyelam untuk menikmati keindahannya. Sungai yang aliran airnya berakhir di Samudera Pasifik ini merupakan atraksi wisata favorit para turis di Filipina.

Selain aliran airnya yang jernih, Hinatuan Enchanted River memiliki berbagai fakta lainnya yang menarik untuk dibahas lho! Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!

1. Panjang hanya 50 m

Fakta menarik Hinatuan Enchanted River Filipina

photo via popsugar.com

Fakta pertama yang membuat sungai ini sangat menarik adalah panjangnya yang hanya 50 m. Meskipun tergolong pendek, namun sungai Hinatuan ini merupakan salah satu sungai paling cantik dan jernih di Asia. Terlebih sungai ini memiliki arus air yang relatif tenang sehingga banyak yang ingin berenang di sungai ini. Manriknya lagi, letak sungai ini tersembunyi di tengah hutan, sehingga memberikan panorama yang asri dan menenangkan.

2. Mengandung kadar garam yang cukup tinggi

Fakta menarik Hinatuan Enchanted River Filipina

photo via xplorebro.com

Meski bentukannya sungai, namun sungai Hinatuan di Filipina ini mengandung kadar garam yang cukup tinggi layaknya air di lautan. Dan ini menjadi salah satu fakta unik yang dimiliki oleh Hinatuan Enchanted River. Apalagi, asal-usul atau sumber air asin jernih di sungai ini memang tak diketahui. Sungai tersebut terkesan seolah muncul dan mengalir begitu saja dari dalam tanah. Jadi tak heran jika penduduk setempat menganggap sungai ini ajaib.

Dikutip dari Merdeka.com, menurut Atlas Obscura, teori yang dikemukakan para peneliti terkait sungai ini adalah adanya sistem gua bawah tanah yang merembes dan “memuntahkan” air jernih, seperti halnya geyser. Namun entah bagaimana caranya air yang dikeluarkan sudah tersaring sempurna, sehingga bebas dari kotoran atau lumpur yang biasanya menandai air sungai.

3. Dianggap keramat

Fakta menarik Hinatuan Enchanted River Filipina

photo via instagram.com/the_philippines

Karena asal-usul air asinnya masih menjadi misteri alias belum terpecahkan, membuat Hinatuan Enchanted River yang memiliki pemandangan cantik dan menakjubkan ini dianggap sebagai sungai keramat oleh penduduk setempat. Penduduk setempat bahkan menyarankan pengunjung untuk tidak berenang di sungai ini setelah matahari terbenam sebab saat itu roh-roh yang menguasai sungai akan keluar dari sarang dan berkeliaran di sekitar sungai.

4. Sungai tanpa dasar

Fakta menarik Hinatuan Enchanted River Filipina

photo via riley.ph

Keunikan lain yang dimiliki oleh Hinatuan Enchanted River adalah sungai ini tidak memiliki dasar. Jika dilihat, air di sungai Hinatuan ini berwarna biru toska dan sangat jernih. Dari permukaan terlihat jelas batuan-batuan yang berada di dalam sungai. Sangat jernih dan bersih, bahkan kamu tidak akan menemukan sampah didalamnya, jangankan sampah, lumpurpun tidak akan bisa kamu temukan. Namun, meskipun dari permukaan kamu bisa melihat dasar sungai, tapi jika menyelam, kamu tidak akan menemukan dasar sungai ini. Keunikkan inilah yang membuat penduduk setempat menamai sungai ini dengan Hinatuan Enchanted River alias Sungai Ajaib Hinatuan.

5. Tak ada dasar, namun terdapat gua bercabang

Fakta menarik Hinatuan Enchanted River Filipina

photo via tupanggala.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Sungai Hinatuan ini memang tak memiliki dasar. Pasalnya semakin ke dasar, yang ditemukan hanyalah goa dengan banyak cabang. Menurut peneliti, goa yang jadi pintu masuk air bawah tanah ini terletak 35 meter di bawah permukaan sungai. Goa tersebut memiliki panjang sekitar 654 meter yang mengarah ke Laut Filipina. Dan terdapat lorong sepanjang 35 meter untuk mencapai mata air bawah tanah. Para peneliti percaya perjalanan melewati goa ini mirip geyser. Sehingga membuat air sungai Hinatuan menjadi sangat jernih.

6. Warna biru sungai dipercaya berasal dari safir dan batu giok yang dibawa peri

Fakta menarik Hinatuan Enchanted River Filipina

photo via instagram.com/travelstoriesphilippines

Karena memiliki beberapa keunikan seperti, air yang asin, tidak memiliki dasar dan air yang sangat jernih bagaikan kristal padahal hanya sungai, maka tak heran banyak mitos dan legenda yang beredar di masyarakat lokal. Tak hanya dianggap keramat, namun berdasarkan cerita rakyat lokal, konon air berwarna biru tersebut berasal dari safir dan batu giok yang dibawa peri ke dalam sungai itu. Namun cerita lain menyebut bahwa sungai itu dihantui oleh segala macam makhluk supernatural yang menakutkan dan memikat, yang telah meninggalkan banyak pesona dan sihir untuk melindungi tempat ini dari manusia. Makhluk tersebut dikenal sebagai engkantos atau penyihir sungai.

7. Tidak ada yang pernah berhasil menangkap ikan di Hinatuan Enchanted River

Fakta menarik Hinatuan Enchanted River Filipina

photo via instagram.com/travelstoriesphilippines

Seakan menambah keunikan di sungai ini, diketahui ternyata hingga saat ini, tak ada satu pun yang pernah berhasil menangkap ikan di sungai ini. Nelayan setempat bahkan mengatakan bahwa hampir tidak mungkin bagi mereka untuk menangkap ikan dengan cara apa pun di sungai itu. Padahal di musim-musim tertentu akan ada banyak ikan yang telihat. Meskipun sering juga tak ada satu ikan pun yang muncul.

8. Wisata Hinatuan Enchanted River memiliki peraturan unik tersendiri

Fakta menarik Hinatuan Enchanted River Filipina

photo via arjaeuse.blogspot.com

Fakta menarik lainnya yang membuat sungai ini menjadi unik adalah terdapat peratuan yang harus dipatuhi oleh pengunjung. Dimana setiap jam 12 siang waktu setempat, penjaga sungai akan membunyikan bel agar semua pengunjung keluar dari sungai. Sebuah nyanyian Hinatuan akan dilagukan dan ikan-ikan akan muncul keluar dan diberi makan. Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, begitu matahari terbenam, tak ada satu orang pun yang boleh berenang di sungai ini. Konon roh-roh yang menguasai Hinatuan Enchanted River akan keluar dan berkeliaran di sekitar sungai.

Terlepas dari cerita misteri yang ada, sungai ini menjadi tempat wisata yang populer. Keindahan alam di sekitar sungai serta warna airnya yang tidak biasa menjadi daya tarik tersendiri. Itulah beberapa fakta menarik mengenai Hinatuan Enchanted River, sungai biru nan indah di Filipina. Tertarik untuk mengunjunginya?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *