Ingin Wajah Cerah ? Yuk Coba Masker DIY Ini

    Fashion & Kecantikan, Tips & Trik

Kamu ingin wajahmu cerah namun minim budget ? Tak ada salahnya kamu meracik ramuan maskermu sendiri lho. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Dan yang terpenting masker DIY berikut tidak memiliki efek samping seperti masker berbahan dasar kimia. Berikut ini masker DIY yang wajib kamu coba :

1. Masker Alpukat

Photo via : hellosehat.com

Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan lemak sehat dan berbagai vitamin yang sangat baik untuk gidunakan sebagai masker wajah. Disamping kaya akan nutrisi, alpukat juga tidak memiliki efek samping dibandingkan masker yang terbuat dari baha kimia. Kandungan Vitamin A dalam buah alpukat, dapat mencegah jerawat dan menghilangkan bekasnya. Sedangkan vitamin B6 dan vitamin C dapat memperbaiki sel kulit mati dan juga berfungsi merangsang aktivitas sel kulit kalian.

Bahan:
¼ buah alpukat, yang di haluskan
1 sdm cokelat bubuk
1 sdm madu

Cara membuat:
1. Campur seluruh bahan secara merata
2. Aplikasikan di wajah selama 10 menit
3. Basuh dengan air hangat
4. Aplikasikan toner dan pelembap di wajah

 

2. Masker Telur

Photo via : kawaiibeautyjapan.com

Telur mengandung protein dan kalium yang dapat memperbaiki jaringan kulit, menjaga kelembaban, dan membuat kulit kalian lebih bersinar. Sedangkan lisozim pada telur dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Dengan berbagai kandungan nutrisi, maka telur sangat cocok digunakan sebagai masker.

Bahan:
1 buah telur
5-6 tetes minyak zaitun

Cara membuat:
1. Kocok telur sampai rata
2. Tambahkan 5-6 tetes minyak zaitun
3. Aduk rata
4. Aplikasikan ke wajah selama 12-15 menit
5. Basuh dengan air hangat, kemudian dengan air dingin

 

3. Masker Strawberry

Photo via : www.laksani.com

 

Strawberry merupakan salah satu buah yang digemari banyak orang. Selain itu buah strawberry juga memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral didalamnya yang baik sekali untuk kesehatan tubuh. Sama dengan buah lainnya, strawberry juga dapat dijadikan sebagai masker wajah dan rambut untuk perawatan dan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit dan rambut. Buah strawberry mengandung vitamin C, E, dan K yang baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Buah strowberry juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal atau melindungi kulit dai radikal bebas, virus dan baketeri yang dapat membahayakan.

Bahan:
3 buah strawberry segar
3 sdm perasan lemon
1 sdm madu

Cara membuat:
1. Blender strawberry
2. Tambahkan perasan jeruk lemon dan madu
3. Aplikasikan di wajah selama 20 menit
4. Basuh

 

4. Masker Pisang

Photo via : http://feminim.id

Pisang adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu menjaga kulit kamu tetap segar dan terhidrasi sepanjang waktu. Buah pisang memiliki manfaat yang sangat besar, kandungan potasium dan mineral kalsium dalam pisang dipercaya mampu menjaga sistem imun tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu, kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, dan E ternyata juga sangat baik untuk merawat kecantikan kulit secara alami.

Bahan:
1 ½ buah pisang matang
1 sdm air jeruk
1 sdm madu

Cara membuat:
1. Campur seluruh bahan
2. Aplikasikan di wajah selama 15 menit
3. Basuh dengan air
4. Gunakan pelembap pada wajah

 

5. Masker Timun

Photo via : http://dellapuspitawaty.blogspot.co.id

Mentimun merupakan jenis labu-labuan yang biasanya banyak dimanfaatkan sebagai lalapan. Dengan kandungan airnya yang banyak, buah mentimun cukup baik untuk mencegah dehidrasi tubuh. Timun ternyata tidak hanya bermanfaat untuk lalapan saja, tetapi buah mentimun juga sangatlah bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. ada banyak sekali manfaat timun bagi kecantikan, mulai dari melembabkan kulit wajah sampai dengan mengatasi adanya jerawat.

Bahan:
1 buah timun

Cara membuat:
1. Parut timun
2. Hancurkan sampai halus
3. Aplikasikan di wajah selama 15 menit
4. Basuh

 

6. Masker Pepaya

Photo via : kawaiibeautyjapan.com

Pepaya adalah pilihan terbaik dalam hal perawatan kulit. Pepaya adalah sumber yang baik dari vitamin A dan papain. Vitamin A bertindak sebagai anti-oksidan, sementara papain memecah protein aktif dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Bagian terbaik dari buah pepaya adalah rendah natrium, karena kandungan garam kurang, retensi air juga sedikit. Hasilnya adalah kulit yang terhidrasi secara keseluruhan.

Bahan:
½ gelas papaya matang yang telah dihaluskan
1 sdm madu

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan
2. Aplikasikan di wajah secara merata selama 15 menit
3. Basuh dengan air hangat

 

7. Masker Yogurt

Photo via : kawaiibeautyjapan.com

Yogurt merupakan salah satu produk yang terbuat dari susu. Nilai gizinya bahkan lebih tinggi dari susu itu sendiri. Seng dan asam laktat yang terkandung dalam yoghurt akan membantu merawat kulit dengan sempurna. Yogurt dapat diolah menjadi masker yogurt yang dapat merawat kulit wajah anda dari berbagai masalah yang muncul pada wajah. Serta sifat anti bakteri dan anti mikroba pada yogurt dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Yogurt mengandung vitamin B12 dan B2 yang berperan penting dalam meregenerasi sel dan membantu pertumbuhan sel.

Bahan:
½ gelas yogurt asam tanpa gula
1 sdt perasan lemon

Cara membuat:
1. Campur seluruh bahan
2. Ratakan di wajah selama 15 menit
3. Basuh dengan air hangat, kemudian dengan air dingin untuk mengencangkan pori-pori

 

8. Masker Lidah Buaya

Photo via : http://www.frauenzimmer.de

Lidah buaya adalah salah satu obat jerawat yang terkenal dan paling tua. Tidak hanya membantu mengobati jerawat, tanaman yang juga dikenal dengan nama aloe vera ini juga membantu mengobati kulit terbakar (baik oleh benda panas maupun oleh sinar matahari alias sunburn), dan menyembuhkan luka serta lecet ringan. Rahasia Aloe Vera terletak pada daunnya yang panjang, yang banyak mengandung gel ajaib untuk kesehatan. Mengandung banyak senyawa bermanfaat, seperti polisakarida, lektin, mannans dll. Lebih banyak mengandung air, tetapi juga mengandung sebagian besar mineral, vitamin dan banyak senyawa aktif. Aloe vera memiliki banyak sifat seperti antibakteri, anti-peradangan, astringent, pereda rasa sakit dan agen koagulasi, mengurangi bekas luka, dan merangsang pertumbuhan sel yang membantu untuk mengobati jerawat secara efektif dan alami. Ia juga mengandung vitamin, mineral, protein, asam amino, dan enzim yang tubuh dan kulit kita butuhkan untuk berfungsi dengan baik dengan meningkatkan sistem imun.

Bahan :
Lidah buaya

Cara membuat :
1. Potong lapisan terluar daun lidah buaya dan ambil gel atau bagian dalamnya.
2. Oleskan gel secara merata di seluruh wajah dan biarkan selama 30 menit.
3. Lakukan paling tidak dua kali sehari selama dua minggu.

 

9. Masker Coklat

Photo via : http://www.solusicantiksehat.com

Coklat yang berasal dari buah kakao yang memiliki rasa yang khas dan terkenal dengan manfaatnya yang dapat menyegarkan otak dan anti depresi. Coklat juga mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dan juga dapat melindungi kulit anda. Selain itu coklat juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, sebagai detoksifikasi, melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UVA/B, dan menutrisi kulit dengan baik.

Bahan :
1 sdm minyak kelapa
2 sdm dark cocoa bubuk (cocoa murni – yang 100% tanpa gula)

Cara membuat :
1. Taruh minyak kelapa dalam mangkuk kecil.
2. Tambahkan cocoa bubuk, aduk hingga terbentuk konsistensi seperti masker (atau bisa menambahkan lagi minyak kelapa/bubuk cocoa sesuai konsistensi yang kamu inginkan).
3. Balurkan pada permukaan wajah dan diamkan selama 15-20 menit.
4. Terakhir, bilas dengan air hangat.

 

10. Masker lemon, madu dan oat

Photo via : http://www.mukaberminyak.com

Oatmeal & Madu sudah lama dipercaya sebagai kombinasi mutakhir untuk digunakan sebagai masker wajah. Kombinasi ini dapat membuat kulit halus, bercahaya, dan bebas dari jerawat. Memadukan oatmeal dengan madu dan sari jeruk lemon/jeruk nipis kamu bisa mendapatkan manfaatnya, seperti kulitmu lebih putih, lembab, dan dapat menyembuhkan jerawat.

Bahan :
2 sendok makan oatmeal
2 sendok makan madu
1 sendok makan air perasan lemon

Cara membuat :
1. Haluskan oatmeal dengan mem-blender
2. Campurkan oatmeal dengan madu dan air perasan lemon lalu aduk rata
3. Balurkan ke wajah dan biarkan selama 15 menit
4. Bilas dengan air hangat dengan memijat halus di area wajah

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >