Ini Lho Deretan Restoran Yang Dimiliki Oleh Para Juri Master Chef Indonesia

4 bulan lalu

Siapa sih yang gak tau dengan ajang pencari bakat didunia masak memasak sekelas MasterChef? Pastinya kalian semua tau dong? Ajang masterchef merupakan kompetisi memasak yang hadir di Indonesia dari tahun 2011 lalu. Acara ini awalnya berasal dari Inggris, dengan nama MasterChef Goes Large. Format acara ini terbilang sederhana, para peserta ditantang memasak makanan sesuai tema kemudian dinilai juri. Juri inilah yang kemudian memutuskan peserta mana yang akan melanjutkan ke babak selanjutnya.

Setelah vakum beberapa tahun dari musim keempatnya tahun 2015 lalu, Masterchef Indonesia kembali lagi di tahun 2019 ini dengan challenge yang lebih menantang dan unik. Selain itu, formasi juri juga ada yang baru guys, Bukan hanya Chef Juna yang kembali hadir sebagai juri setelah absen dibeberapa musim Master Chef Indonesia sebelumnya, namun ada juga Chef baru dengan karakter yang tegas yang sukses mencuri perhatian publik yaitu Chef Renatta Moeloek.

Jadi di musim kelima ini Master Chef Indonesia menghadirkan 3 juri yakni Juna Rorimpandey, Arnold Poernomo dan Renatta Moeloek guys! Namun dengan terbentuknya formasi juri Master Chef Indonesia 2019 ini, tentu tidak membuat kita melupakan para chef yang sempat menjadi juri Master Chef Indonesia kan? Dari para juri musim pertama hingga musim ke 5 yang sedang berlangsung hingga saat ini, Master Chef Indonesia telah menghadirkan sederet nama chef yang berkopeten dibidangnya untuk menjadi juri dan menilai proses dan hasil masakan dari para peserta.

Sebagai seorang chef yang telah dipercaya menjadi juri disebuah kompetisi memasak, tentu mereka semua pernah merasakan kerasnya usaha untuk menjadi seorang chef yang berhasil. Keberhasilan mereka tak hanya mereka tunjukan dengan menjadi chef terkenal dan menjadi juri di komepetisi memasak paling bergengsi di Indonesia, namun mereka juga menunjukkan keberhasilan mereka dengan mendirikan sederet restoran yang mana menu makanannya selalu menjadi favorit orang banyak. Penasaran seperti apa restoran yang dimiliki oleh para juri Master Chef Indonesia? Berikut ulasannya!

1. Correlate – Chef Juna Rorimpandey

photo via : www.zomato.com

Siapa yang tak kenal dengan Chef Juna? Salah satu juri Master Chef Indonesia ini memang selalu ditakuti karena komentarnya yang pedas. Walaupun telah menjadi selebriti chef, namun Chef yang bernama asli Junior John Rorimpandey ini tergerak untuk mendirikan sebuah restoran bergaya unik di gedung Menara Rajawali, Kuningan yang ia berinama Correlate.

Correlate menawarkan desain interior dua tematis, musim gugur dan musim semi yang berdampingan. Itu berdasarkan imajinasi sang chef guna menyajikan suasana autumn di Prancis dan nuansa semi bunga sakura di Jepang. Suasana ruangan musim autumn didesain agak gelap. Dan suasana ruangan musim semi lebih terang dengan desain meja-meja tersusun rapih.

Correlate milik chef Juna ini juga mengusung tema eclectic cuisine dimana menu makanan yang disajikan tidak ada batasan atau peraturan khusus, dalam artian restoran ini memasak semuanya. Yang membedakannya adalah variasi di jenis makanan. Namun, walau mengambil berbagai masakan dari berbagai negara, panduan Correlate banyak dari Japanese and French cooking style.

photo via : www.zomato.com

Alasan kenapa pilih Perancis karena dianggap teknik memasak nomor satu. Sedangkan Jepang karena makanannya menjadi favorit banyak orang dan itu sudah mendapat pengakuan secara internasional. Selain itu, Japanese dan French memang merupakan spesialisasi chef 42 tahun ini.

Selain sebagai pemilik, chef Juna juga bertindak sebagai chef patron dari restoran ini, Chef Juna mengontrol langsung semua makanan yang keluar sebelum disajikan sehingga tampilan dan rasa tetap konsisten. Pengunjung juga dapat melihat langsung chef Juna mengelola open kitchen di area yang bernuansa Jepang.

Mengenai harga, menu-menu yang disajikan di restoran ini bisa dibilang tidak bisa dikatakan murah, tapi juga tidak terlalu mahal. Setiap hidangan Correlate dibandrol harga dari Rp50 ribu hingga Rp400 ribu ini. Namun sayangnya, Correlate telah mengumumkan bahwa mereka telah tutup secara permanent sejak November 2017 lalu.

2. Bebini Gelati – Chef Arnold Poernomo

photo via : www.instagram.com/bebinigelati & www.instagram.com/surabayaspotlight & www.instagram.com/sintaarputri

Selain Chef Juna, juri Master Chef Indonesia yang berwajah tampan dan banyak mencuri perhatian adalah Chef Arnold. Nah selain sebagai juri Master Chef Indonesia dan menjadi selebriti chef, Chef Arnold juga mendirikan sebuah kedai gelato di Surabaya yang bernama Bebini Gelati. Bebini Gelati yang ia dirikan bersama sang istri ini tak pernah sepi pengunjung lho! Bebini Gelati yang mengandalkan menu gelato ini memiliki desain interior modern nan feminism guys, jadi tak heran kalau kedai gelato ini asyik buat dijadikan tempat nongkrong.

Soal rasa tentu tak perlu diragukan lagi mengingat sang pemilik adalah chef spesialis dessert. Salah satu menu andalannya yang bisa kamu cicipi adalah Arnold Grumpy Cookies yang bertesktur sangat lembut. Selain gelato, Bebini Gelati juga menyediakan makanan berat lainnya lho!

3. Nomz Kitchen & Pastry – Chef Arnold Poernomo

photo via : /www.zomato.com

Selain Bebini Gelati, ternyata Chef Arnold juga telah memiliki sebuah restoran lainnya yang bernama Nomz Kitchen & Pastry. Chef Arnold bersama temannya yakni Setiawati Kim Pangestu mendirikan restoran ini di Grand Indonesia Mall, Lantai Ground, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta.

Nomz Kitchen & Pastry menyediakan berbagai modern comford food dengan menu masakan Barat, Asia hingga Deli atau masakan Melayu. Nah harga yang ditawarkan memang standar restoran berbintang guys! Kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp 400 ribu untuk dua orang.

Restoran satu ini memang terkenal sebagai tempat makannya artis-artis. Datang ke Nomz Kitchen & Pastry bukan hanya bisa menikmati makanan yang tersedia, kamu juga bisa dapat bonus untuk bertemu selebritis Indonesia lho. Beberapa artis yang pernah ke sini di antaranya, Luna Maya, Ayu Ting Ting, Ayu Dewi, Syahrini, hingga Edrik Candra.

4. Fedwell – Chef Renatta Moeloek

Renatta Moeloek atau akrab dipanggil Chef Renatta memang sedang banyak diperbincangkan media karena keikut sertaannya sebagai salah satu juri tetap Master Chef Indonesia 2019. Dibalik wajah cantiknya, Chef Renatta tampil begitu tegas dan terkesan tomboy. Chef lulusan Le Cordo Blue Culinary School di Paris, Perancis ini identik dengan pakaian warna serba hitam ataupun padu padan monokrom dan coklat.

Chef satu ini memiliki spesialisasi dalam masakan Asia dan Eropa, selain berprofesi sebagai chef, dirinya juga merupakan seorang konsultan menu makanan di beberapa restoran yang ada di Indonesia. Dan tak kalah dari chef lainnya, Chef Renatta juga memiliki sebuah restoran lho.

Berbeda dari restoran lainnya yang menonjolkan kesan berbintang, Chef Renatta justru mengusung tema warteg untuk restoran yang dimilikinya. Mengusung konsep seperti warteg, Chef Renatta mendirikan restoran yang ia berinama Fedwell. Restoran yang terletak di kawasan Senopati Raya, Jakarta Selatan ini mengusung tema warteg sehat karena menyediakan makanan bernutrisi tinggi, tapi disajikan secara cepat seperti warteg pada umumnya.

Masuk ke dalam restoran, pengunjung akan diberikan selembar kertas berisi berbagai jenis makanan. Dengan harga rata-rata Rp 75.000, pengunjung bisa memilih isian salad sesuai selera mulai dari sayuran hijau segar, sayuran panggang, protein sehat seperti dada ayam panggang hingga quinoa sebagai pengganti nasi. Setelah memilih kombinasi makanan, kertas tersebut cukup diberikan ke kasir. Usai membayar, pengunjung tinggal menunggu pesanannya datang.

Fedwell Menyediakan ratusan kreasi makanan yang bisa dinikmati. Kamu bebas memilih menu sehat yang kamu inginkan. Tak hanya mengutamakan makanan sehat yang praktis disajikan dan dimakan, Fedwell juga menawarkan ambiens nyaman dan kekinian pada desain interiornya. Bagian dalam restoran berkapasitas 45 orang ini dirancang simpel dengan warna pink lembut yang terkesan girly. Harga makanan dimulai dari Rp 75.000, tergantung dari variasi makanan yang dipilih. Gerai Fedwell buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

5. Letter D. Cuisine & Bar – Chef Degan Septoadji

photo via : www.zomato.com

Degan Septoadji Supriyadi atau biasa dikenal dengan sebutan Chef Degan, mulai dikenal namanya semenjak menjadi juri di acara MasterChef. Ia ditunjuk menjadi juri pada tahun 2012 menggantikan Vindex Tengker. Saat menjadi juri MasterChef ia terkenal sebagai juri yang bijaksana dalam memberi komentar namun terkadang juga sangat keras seperti Chef Juna. Tiga puluh tahun berkiprah di dunia kuliner, membuat Chef Degan khatam dengan seluk beluk dunia memasak. Jadi gak heran kalau Chef Degan ini memiliki beberapa tempat makan yang WOW!

Chef Degan memiliki sebuah restoran yang bernama Letter D. Cuisine & Bar yang ia dirikan di Jl. Ahmad Dahlan No.16, Jakarta Selatan. Restoran ini mengusung tema internasional dan didirikan pada tahun 2015 lalu. Sekitar 50 menu disajikan dalam restoran ini. Semua menu tersebut pernah dimasak chef Degan, sejak mengawali karirnya sebagai staf magang di Jerman hingga bekerja di hotel yang bergensi di Bali. Letter D mengandalkan autentisitas rasa. Tiap masakan dibuat dengan bumbu dan teknik orisinal. Semua bumbunya bahkan diracik sendiri di dapur.

Letter D menyajikan aneka masakan comfort food ala Mediterania dan Asia yang memang menjadi spesialisasi Chef Degan. Dari mulai Spaghetti, Som Tum hingga Bakmi Jawa tersedia di Letter D. Untuk minumannya, selain menyajikan aneka cocktail, mocktail dan juice, Letter D juga menyajikan kopi milik Tanamera yang sudah terkenal sejak dulu.

Chef Degan memilih interior yang cukup unik dengan menonjolkan botol-botol minyak zaitun yang dibariskan di dinding. Seperti kafe-kafe populer di Jakarta, tempat ini memberi efek “melihat dan dilihat” melalui penggunaan banyak jendela kaca berukuran besar. Banyaknya cahaya natural juga menjadikan restoran ini cukup Instagram-friendly bagi penggemar fotografi makanan.

6. Café Degan – Chef Degan Septoadji

photo via : www.zomato.com

Sebelum mendirikan Letter D. Cuisine & Bar, Chef Degan terlebih dulu mendirikan sebuah restoran di wilayah Seminyak Bali yang diberi nama Café Degan. Café Degan telah membius banyak pencinta kuliner lewat menu tradisional Indonesia dan Thailand. Selain cita rasa yang tidak perlu diragukan lagi, Café Degan ini juga identik dengan interiornya yang unik dan Indonesia banget.

Begitu memasuki cafe, kamu akan terkesima dengan desain dari Cafe Degan yang mirip dengan rumah Joglo di Jawa. Seluruh struktur bangunan cafe didominasi oleh struktur kayu berwarna hitam sangat indah dilihat. Dipadu dengan desain interior khas Jawa tradisional dengan bentuk lampu yang khas membuat kesan tersendiri saat memakan makanan di tempat ini. Ornamen patung pengantin Jawa dari kayu tampak terlihat sebagai pemanis ruangan. Ada pula beberapa hiasan berupa selendang putih sebagai tirainya.

Ada minuman andalan di Cafe Degan Bali yaitu Javanese Ice Tea, yaitu es teh yang tersaji dalam bentuk es batu yang begitu mencair tidak akan mengurangi rasa tetapi menambah cita rasa. Teh ini merupakan racikan sendiri yang terbuat dari tiga jenis teh, yakni jasmine tea, black tea, serta basic tea. Ada empat signature dishes alias menu andalan di sini, yaitu, bebek goreng, ikan panggang kemangi, sate kambing, dan daging sambal hijau.

Menu yang ditawarkan Cafe Degan Bali memiliki cita rasa Jawa dan Thailand. Seperti ikan pangggang, Yum Nuea,daging sambal hijau, salad beef pedas dan asam manis, Gaeng kiaw wan gai dan sebagainya. Harganya sekitar Rp 60.000-Rp 75.000 per porsi, hraga sup dan appetizer sekitar Rp 30.000-Rp 40000-an. Lalu harga minumannya sekitar Rp 25.000,- dan dibuka setiap hari mulai Pukul 12.00-23.00 WITA. Sementara untuk desert lebih ke menu ala western.

7. Mars Kitchen – Chef Rinrin Marinka

Photo via instagram.com/marskitchen

Siapa sih yang gak mengenal Chef Marinka? Chef yang merupakan lulusan dari Le Cordon Bleu, Sidney Australia dengan speciality French Cuisine & Patisserie ini memang menjadi salah satu juri favorit di ajang Masterchef Indonesia. Chef yang bernama asli Maria Irene Susanto ini, mengawali sebagai selebriti chef di Indonesia dengan program kuliner Cooking Paradise di salah satu televisi. Kemudian, namanya semakin terkenal karena menjadi satu-satunya juri perempuan di Masterchef Indonesia.

Di tengah kesibukannya mengajar di kelas memasak, Chef Marinka rupanya juga memiliki restorannya sendiri yang diberi nama Mars Kitchen, lolasinya di Jl. RS Fatmawati No.14B, Fatmawati, Jakarta. Restoran yang berdiri di awal tahun 2015 ini menyediakan makanan sehat yang terbuat dari bahan-bahan organik, bahkan semua menu juga disajikan gluten free lho.

Mars Kitchen menyediakan menu makanan organik, mulai dari hidangan utama sampai kue. Salah satunya adalah Vegetarian Burger yang kaya kandungan gizi dan protein nabati. Patty burger berisi sayur-sayuran dan diracik dengan kacang tanah dan protein nabati yang terkandung di dalam kedelai. Ada juga Buns Burger yang terbuat dari gandum yang jelas memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Kedua makanan andalan di Mars Kitchen cukup terjangkau untuk menyehatkan tubuh, Vegetarian Burger dibanderol 62 ribu. Sedangkan untuk Buns Burger 65 ribu saja untuk satu porsi.

Tidak hanya menawarkan menu makanan sehat, Mars Kitchen juga berusaha menyuguhkan konsep sehat bagi pengunjungnya. Hal itu terlihat dari kesan hijau dan rindang dari tanaman menjalar dan pot-pot tanaman yang ada di cafe ini. Interior yang terbuat dari dinding kayu juga memberikan konsep back to nature.

Namun suasana ceria tidak ditinggalkan dengan adanya furnitur berwarna-warni. Suasana semakin hangat dengan hadirnya berbagai pajangan dan koleksi buku-buku, sehingga tempat ini cocok untuk sekadar nongkrong bersama kawan. Terdiri dari dua lantai, lantai pertama untuk area makan pengunjung, studio foto, termasuk cakes display dan rak bahan organik. Sedangkan lantai dua adalah area dapur.

Baca Juga