Ini Lho Seluruh Istri Presiden Soekarno

3 bulan lalu

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno

Ir. Soekarno adalah Presiden Pertama Republik Indonesia dimana beliau memang dikenal memiliki kharisma yang luar biasa dan berwibawa. Soekarno tidak hanya dikenal handal dalam bidang politik, namun beliau juga dikenal pandai menakhlukkan hati para wanita. Tak heran jika bapak Proklamator Kemerdekaan ini mampu menakhlukan para wanita mulai dari gadis yang masih bersekolah hingga janda pun terpikat oleh kharismanya. Selama hidupnya, beliau tercatat memiliki lebih dari satu orang istri. Siapa saja istri-istri dari beliau? Berikut ini daftar lengkap seluruh istri Presiden Soekarno

1. Siti Oetari Tjokroaminoto

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno - Siti Oetari Tjokroaminoto

Photo via : https://www.wanita.me/sang-proklamator

Siti Oetari Tjokroaminoto merupakan putri sulung dari Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, dimana beliau adalah pemimpin Sarekat Islam sekaligus Istri pertama dari Presiden Indonesia Pertama yaitu Soekarno. Soekarno menikahi Oetari ketika usianya belum genap 20 tahun dan ketika itu Oetari baru berusia 16 tahun, Soekarno menikahi Oetari pada tahun 1921 di Surabaya. Alasan pernikahan mereka adalah karena Soekarno merasa simpati melihat ibu Oetari yang sakit parah tak lama berselang ibu Oetari meninggal. Setelah itu, Soekarno merasa tidak cocok dengan Oetari yang masih kekanak-kanakkan, Soekarno pun tidak pernah menyentuh Oetari. Soekarno pun mendatangi Oetari dan keluarganya untuk menceraikan Oetari secara baik-baik.

2. Inggit Garnasih

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno - Inggit Garnasih

Photo via : https://www.indonesiana.id

Inggit Garnasih adalah istri kedua dari Presiden Pertama Republik Indonesia, mereka berdua menikah di rumah orang tua Inggit di Bandung pada saat itu umur Presiden Soekarno masih 20 tahun sedangkan Inggit berumur 33 tahun, namun yang namanya cinta tidak memandang usia. Cinta mereka bersemi di sebuah kos-kosan di Bandung dimana pada saat itu Presiden Soekarno menempuh gelar insiyur. Ketika masih remaja, Inggit adalah kembang desa di kampungnya dan ada banyak sekali lelaki yang berusaha untuk mendekatinya. Ia pernah dipersunting oleh Nata Atmaja namun pernikahannya itu tidak bertahan lama dan bercerai. Setelah itu, Inggit kembali dipersunting oleh Haji Sanusi yang merupakan seorang pengusaha yang juga aktif di Sarekat Islam. Pernikahan mereka baik-baik saja namun tidak bisa dibilang bahagia juga karena ia sering ditinggal suaminya. Kemudian datanglah Soekarno, pada saat itu Soekarno telah memiliki Oetari sebagai istri. Soekarno pun akhirnya menceraikan Oetari dan begitu juga Inggit yang bercerai dengan Sanusi. Mereka pun akhirnya menikah, pernikahan mereka pun bertahan hingga 20 tahun dan mereka bercerai karena Inggit tidak mau dimadu.

3. Fatmawati

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno - Fatmawati

Photo via : https://sarjanachannel.blogspot.com

Fatmawati adalah istri ke-3 dari Presiden Pertama Republik Indonesia dan menjadi ibu Negara Indonesia pertama pada tahun 1945 hingga 1967. Fatmawati juga dikenal akan jasanya yang menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta. Awal pertemuan mereka berdua dimulai ketika Soekarno dipindahkan ke tempat pengasingan di Bengkulu. Di Bengkulu, Soekarno bekerja sebagai pengajar dimana tempat Fatmawati bersekolah. Setelah itu Soekarno pun melamar Fatmawati untuk dijadikan istrinya dan lamarannya di terima oleh Fatmawati. Dari Fatmawati Soekarno mendapatkan lima orang anak antara lain Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

4. Hartini

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno - Hartini

Photo via : https://travesia.co.id

Hartini adalah istri ke-empat Presiden Pertama Republik Indonesia, Hartini remaja memang dikenal cantik dan Hartini pun menikah dengan Soewondo dan dikaruniai lima orang anak. Hartini pun menjadi janda di usianya yang masih 28 tahun. Awal pertemuan Soekarno dan Hartini yaitu ketika Seokarno dalam perjalanan menuju Yogyakarta untuk meresmikan Masjid Syuhada. Disana Hartini berkenalan dengan Soekarno dan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Setahun kemudian, Hartini dan Soekarno bertemu saat peresmian teater terbuka Ramayana di Candi Prambanan. Melalui seorang teman, Soekarno mengirimkan sepucuk surat kepada Hartini dengan nama samaran Srihana. Dua hari setelah Guruh Soekarno Putra lahir, Soekarno meminta izin kepada Fatmawati untuk menikahi Hartini. Fatmawati mengizinkan, tetapi kemudian menyebabkan banyak protes dari berbagai organisasi wanita. Soekarno pun menikah dengan Hartini di Istana Cipanas dan Hartini pindah ke salah satu pavilium di Istana Bogor. Hartini merupakan tipikal wanita Jawa teladan karena berbakti kepada suami meskipun dimadu dan tetap menemani sampai akhir hayat Presiden Soekarno.

5. Ratna Sari Dewi Soekarno

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno - Ratna Sari Dewi Soekarno

Photo via : https://www.webstagram.one

Ratna Sari Dewi Soekarno atau lahir dengan nama Nemoto Naoko adalah istri ke-lima Presiden Pertama Republik Indonesia. Saat itu, Dewi Soekarno masih berumur 19 tahun dan Soekarno saat itu sudah berumur 57 tahun, mereka bertemu sewaktu sedang dalam kunjungan kenegaraan di Jepang. Sebelum ia menjadi istri Soekarno, Ia adalah seorang pelajar dan entertainer. Ia menikah dengan Soekarno pada tahun 1962 dan dikaruniai seorang putri bernama Kartika Sari Dewi Soekarno.

6. Haryati

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno - Haryati

Photo via : https://www.youtube.com

Haryati adalah istri ke-enam dari Presiden Pertama Republik Indonesia, sebelum dinikahi oleh Soekarno Haryati adalah mantan penari istana sekaligus Staf Sekertaris Negara Bidang Kesenian. Mereka menikah pada tahun 1963 dan saat itu Haryati berusia 23 tahun dengan status masih pacar orang lain. Kisah cinta mereka pun tidak berlangsung lama, di usia perkawinan mereka yang 3 tahun Soekarno menceraikan Haryati karena beralasan sudah tidak ada kecocokan lagi. Pernikahan mereka juga tidak menghasilkan anak.

7. Yurike Sanger

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno - Yurike Sanger

Photo via : https://bali.tribunnews.com

Yurike Sanger adalah istri ke-tujuh dari Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno dan Yurike pertama kali bertemu pada tahun 1963. Saat itu, Yurike yang masih berstatus pelajar menjadi salah satu anggota Barisan Bhinneka Tunggal Ika pada acara Kenegaraan. Pertemuan yang singkat ini ternyata langsung menarik hati Soekarno, ia pun memberikan perhatian ekstra kepada Yurike mulai dari diajak bicara, duduk berdampingan sampai diantar pulang ke rumah. Akhirnya benih-benih cinta pun sudah mulai diantara mereka berdua dan dalam waktu singkat Soekarno menyatakan perasaannya dan menyampaikan ingin menikah dengan Yurike. Seutai kalung pun diberikan ke Yurike, Soekarno pun menemui orang tua Yurike dan mereka pun resmi menikah di rumah Yurike. Kondisi Soekarno yang secara de facto dimakzulkan sebagai presiden, berdampak pada kehidupan pribadinya dan Soekarno yang menjadi tahanan rumah pun menyarankan Yurike untuk menceraikannya.

8. Kartini Manoppo

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno - Kartini Manoppo

Photo via : https://www.boombastis.com

Kartini Manoppo adalah istri ke-delapan Presiden Pertama Republik Indonesia, Kartini Manoppo sendiri terlahir dari keluarga terhormat. Awalnya Soekarno menghadiri sebuah pameran lukisan dan tiba disebuah lukisan yang dipamerkan, Soekarno terpana akan kecantikan wanita yang ada di lukisan itu dan ia pun mengaku langsung jatuh cinta. Soekarno pun bertanya siapa sosok wanita tersebut dan ternyata model lukisan itu adalah seorang pramugari Garuda Indonesia bernama Kartini Manoppo. Kartini pun diminta ikut penerbangan ke Surabaya dan kemudian Kartini diajak menghadap Soekarno. Semenjak pertemuan itu, setiap Soekarno melakukan kunjungan ke luar negeri Kartini selalu diikutsertakan sebagai pramugari. Pada akhirnya mereka berdua menikah secara tidak resmi karena keluarga Kartini yang sangat terpandang, awalnya tidak menyetujui. Pantang bagi mereka putri kesayangan menjadi istri kelima meskipun itu seorang presiden. Dari pernikahan keduanya mereka dikarunia seorang anak.

9. Heldy Djafar

Daftar Lengkap Seluruh Istri Presiden Soekarno - Heldy Djafar

Photo via : https://www.autobiografi.id

Heldy Djafar adalah istri kesembilan Soekarno dimana merupakan Presiden Pertama Republik Indonesia. Mereka menikah pada tahun 1966 dimana saat itu Soekarno berusia 65 tahun dan Heldy Djafar berusia 18 tahun. Pada saat itu, situasi politik semakin tidak menentu, komunikasi tak berjalan lancar setelah Soekarno menjadi tahanan di Wisma Yaso. Heldy sempat ingin berpisah tetapi Soekarno bertahan dan hanya ingin dipisahkan oleh maut. Akhirnya pada tahun 1968, Heldy menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor keturunan dari Kerajaan Banjar. Kala itu, Heldy yang sedang hamil tua mendapat kabar jika Soekarno wafat.

Itulah daftar lengkap seluruh istri dari Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno, semua istrinya memiliki latar belakang yang berbeda-beda mulai dari pemilik kos-kosan hingga pramugari.

Baca Juga