Jajanan Khas Palembang Yang Paling Terkenal Dan Cocok Untuk Oleh-oleh

    Traveling, Kuliner

Jika mendengar kota Palembang apa yang ada dipikiranmu ? pastinya pempeknya yang enak dan jembatan ampera-nya kan. Selain pempek-pempeknya, Palembang juga memiliki oleh-oleh khas lainnya. Jika kamu bingung oleh-oleh apa saja yang ada di Palembang, berikut ini jajanan khas Palembang yang paling terkenal dan cocok untuk oleh-oleh :

 

1. Pempek

Photo via : https://www.tokopedia.com

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang menjadi makanan yang wajib disantap ketika kesini. Jika berkunjung ke Palembang tentunya makanan satu ini wajib kamu jadikan oleh-oleh. Jika kamu ingin membelinya untuk oleh-oleh, kamu bisa membelinya di Pempek Candy.

 

2. Lempok Durian

Photo via : http://id.pricepedia.org

Lempok Durian ini hampir sama dengan dodol. Namun rasanya berbeda karena lempok durian terbuat dari durian dan gula. Cara memasak lempok durian ini cukup unik karena menggunakan kayu bakar dan dimasak dalam waktu yang cukup lama.

 

3. Kemplang Bakar

Photo via : https://www.bukalapak.com

Kemplang adalah kerupuk ikan yang dimasak dengan cara dibakar diatas bara api. Kerupuk kemplang ini sangat enak jika dimakan dengan sambal terasai. Dalam satu kemasan kerupuk kemplang biasanya sudah tersedia sambalnya.

 

4. Bawang Goreng Pedas

Photo via : https://twitter.com/sriwijayabawang

Buat kamu yang suka dengan makanan pedas, kamu perlu mencoba bawang goreng pedas. Bawang goreng pedas ini bisa kamu jadikan oleh-oleh. Salah satu bawang goreng yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu bawang goreng Sriwijaya.

 

5. Kue Maksuba

Photo via : http://dining.grivy.com

Kue Maksuba adalah kue lapis khas Palembang yang sebenarnya disajikan ketika acara tertentu seperti pernikahan, lebaran dan acara sakral lainnya. Kue ini bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman kamu. Meskipun kue ini tidak menggunakan pengembang namun tetap terasa empuk dan lezat.

 

6. Sambal Lingkung

Photo via : http://www.makananlampung.com

Tak hanya kue saja yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Bahkan sambal pun bisa kamu jadikan oleh-oleh, salah satunya yaitu Sambal Lingkung. Sambal lingkung ini menyerupai abon ikan dan tidak pedas namun gurih. Rasanya yang gurih ini bisa kamu padukan dengan nasi putih hangat.

 

7. Tempoyak

Photo via : https://www.pintaram.com/t/sambalummi

Kalian pernah mendengar tentang tempoyak ? Tempoyak adalah sambal khas Palembang yang terbuat dari campuran durian. Bagaimana ingin mencoba ? Sambal ini bisa kamu nikmati dengan pindang patin dan masakan khas Palembang lainnya.

 

8. Bolu Suri

Photo via : http://nyimasefrodina.blogspot.com

Bolu Suri ini hampir mirip dengan bika ambon khas Medan, namun bahan-bahan untuk membuat bolu suri ini lebih sderhana. Kue bulo ini bisa menjadi pilihan untuk kamu karena rasanya yang enak. Kamu bisa jadikan bolu suri ini sebagai oleh-oleh dan kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh Palembang.

 

9. Pecah Seribu

Photo via : https://www.bukalapak.com

Pecah Seribu adalah kerupuk khas Palembang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Kerupuk ini memiliki rasa yang enak dan akan membuat kamu ketagihan ketika menikmatinya.

 

10. Ikan Salai

Photo via : https://nitacicue.wordpress.com

Selain kerupuk, sambal dan kue, Ada ikan salai yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Palembang. Ikan salai ini adalah ikan yang telah diasapkan. Ikan salai ini terbuat dari berbagai jenis ikan seperti ikan patin, gabus dan lais. Ikan ini cocok kamu jadikan menu untuk makan yang dipadukan dengan sambal goreng.

 

11. Kue Delapan Jam

Photo via : http://picbear.online/zaskiaonlinebakery

Kue ini bernama kue delapan jam karena proses pembuatannya membutuhkan waktu sekitar delapan jam. Kue delapan jam ini dimasak dengan cara dikukus. Kue ini berwarna coklat dan padat, kepadatan ini didapatkan dari waktu masak yang lama.

 

12. Engkak Ketan

Photo via : http://cyberferz7.blogspot.com

Engkak Ketan merupakan kue tradisional khas Palembang. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan santan. Dari segi bentuk, kue ini mirip dengan lapis legit namun rasanya berbeda.

 

13. Kue Kojo

Photo via : https://deskgram.org

Kue Kojo ini berarti kojo artinya kemojo atau kamboja. Kue Kojo adalah kue pandan khas Palembang. Nama kue ini diambil karena bentuk loyangnya yang menyerupai bunga kamboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada saat acara-acara adat Palembang dengan warna hijau yang menjadi ciri khasnya. Kue ini bisa kamu jadikan salah satu oleh-oleh khas Palembang.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >