20 Jenis Tanaman Semak Untuk Mempercantik Rumah

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Untuk mempercantik rumah tak selalu harus menanam pohon dirumah. Selain pohon, kamu juga bisa menggunakan tanaman semak yang kini sedang trend di masyarakat yang gemar berkebun. Meskipun hanya tanaman semak, banyak tanaman semak liar yang ternyata memiliki daun dan bunga yang sangat indah. Tak hanya sebagai hiasan, tanaman ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara dengan menyaring debu dan polutan di sekitar. Buat kamu yang berencana menggunakan tanaman semak untuk mempercantik rumah, berikut ini ada beberapa jenis tanaman semak yang bisa kamu pilih.

1. Andromeda Jepang

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via wikipedia.org

Tanaman semak satu ini memiliki daun yang lebat dan tetap berwarna hijau sepanjang tahun. Selain itu, Andromeda Jepang ini juga memiliki bunga berwarna putih yang cukup banyak, bunganya ini berbentuk lonceng yang menggantung di ujung cabang memenuhi tanaman ini sehingga jika dilihat sangat indah. Tanaman semak yang indah satu ini bisa kamu letakkan di halaman rumah atau letakkan untuk menutupi pagar rumah.

2. Beluntas

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via klikdokter.com

Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Tumbuhan ini umumnya ditanam sebagai tanaman pagar karena tingginya bisa mencapai 3 meter jika tidak dipangkas. Jika kamu berada di daerah kering, terlebih memiliki tanah yang keras dan berbatu tanaman beluntas ini dapat tumbuh dengan baik. Tak hanya sebagai tanaman semak penghias rumah, beluntas juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Daun beluntas ini dipercaya dapat mencegah diabetes, menjaga kesehatan mulut hingga melancarkan pencernaan.

3. Bromelia

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via portaljember.pikiran-rakyat.com

Daun yang beraneka warna dan corak daun yang mempesona membuat tanaman ini banyak disukai sebagai tanaman hias. Beberapa Bromelia ada yang memunculkan bunga dengan bentuk dan bunga yang atraktif. Kebanyakan bromelia tumbuh dengan daun roset dan biasanya tanpa batang. Ukuran tanaman ini sangat bervariasi dari yang sangat kecil hingga yang paling besar. Tingginya pun bisa mencapai 10 meter.

4. Bunga Kacapiring

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via bukalapak.com

Salah satu tanaman semak hias yang sering digunakan untuk mempercantik pekarangan rumah satu ini memiliki bunga berwarna putih dan aroma yang harum. Batangnya berkayu, bercabang, rantingnya mudanya berlapis lilin dengan warna hijau kecoklatan. Bunga ini merupakan komoditas bunga potong digunakan dalam karangan bunga dan korsase. Daunnya bisa digunakan sebagai obat sariawan dan akarnya sebagai obat sakit gigi.

5. Bunga Pagoda

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via greeners.co

Disebut bunga pagoda karena bentuk bunga kecil-kecil yang hidup bergerombol berbentuk kerucut dan keluar dari ujung tangkai dan berwarna merah. Bunga pagoda ini termasuk tanaman meranggas yang dijadikan sebagai tanaman hias yang tumbuh di perkarangan rumah atau di jalan raya. Bunga pagoda ini dapat tumbuh di daerah dataran tinggi dengan ketinggal 1.300 mdpl dan semua spesies bunga ini dapat tumbuh di hampor semua habitat tropis, hutan hujan tropis dan tempat yang dekat dengan sumber air. Merawat tanaman ini cukup mudah, siramlah 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

6. Bunga Pukul Empat

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via klikhijau.com

Jenis tanaman perdu ini berasal dari Peru, Amerika Selatan. Bunga ini biasa dikenal dengan Mirabilis Jalapa atau Four O’clock, Sweet Marvel of Peru. Bunga ini disebut sebagai bunga pukul empat karena biasanya mekar saat pukul empat sore, hal ini dikarenakan adanya rangsangan cahaya. Tanaman ini memiliki banyak warna seperti merah, kuning dan putih. Selain sebagai tanaman hias, bunga ini berfungsi sebagai pembatas pagar. Bunga pukul empat ini bisa dijumpai di dataran rendah maupun perbukitan yang banyak mendapat sinar matahari.

7. Bunga Kembang Sepatu

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via artikel.rumah123.com

Berasal dari Asia Timur, tanaman ini banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga kembang sepatu ini memiliki bunga yang besar berwarna merah dan tidak memiliki aroma. Tinggi tanaman ini sekitar 2 hingga 5 meter, daunnya berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun meruncing. Bunga ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik. Di Indonesia, daun dan bunganya dapat digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional.

8. Bunga Bougenville

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via kompas.com

Bunga Bougenville atau dikenal juga dengan bunga kertas, tanaman ini sangat populer dan banyak dipilih sebagai tanaman hias. Keindahan bunga ini berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Bunga kertas ini memiliki bunga yang berwarna-warni, karena itu banyak dipilih dan cara merawatnya juga sangat mudah.

9. Bunga Melati

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via kompas.com

Di Indonesia, bunga melati putih dipilih menjadi puspa bunga atau bunga simbol nasional. Ini dikarenakan bunganya melambangkan kesucian dan kemurnian. Aroma dari bunga ini sangat harum dan lembut mampu memberikan rasa nyaman dan tenang. Bunga melati ini juga memiliki banyak manfaat seperti untuk bahan industri, kosmetika, parfum dan lainnya.

10. Ekor Tupai

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via blibli.com

Ekor Tupai ini memiliki nama ilmiah asparagus densiflorus, pakis asparagus, asparagus plume atau pakis buntut. Tanaman ini masih satu marga dengan asparagus. Ciri khas tanaman semak ini yaitu memiliki daun kecil yang rimbun dan mengerucut seperti ekor tupai. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik dan disarankan disimpan pada tempat yang sedikit ternaungi. Warna tanaman ini hijau menyala dan terlihat begitu segar, tapi sayangnya memiliki kelemahan dimana mudah rapuh karena memang tidak memiliki batang yang kuat. Jika dirawat dengan baik, tanaman semak ini bisa tumbuh tinggi hingga 1 meter.

11. Gandasuli

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via ferrydwirestuhendra.blogspot.com

Tak hanya dikenal sebagai tanaman semak saja, ternyata gandasuli juga dikenal sebagai tumbuhan rempah-rempah yang berkhasiat. Bagian yang dimanfaatkan terutama bagian rimpangnya. Tumbuhan ini biasa ditemukan di tempat-tempat yang lembap dan dekat aliran air. Tanaman semaik ini memiliki bunga yang tumbuh di pucuk batang, sedangkan bentuk daunnya memanjang dengan bagian bawah yang agak berbulu dan tangkai daunnya berlidah.

12. Hortensia

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via bukalapak.com

Hortensia adalah tanaman semak yang sangat populer. Tanaman berbunga ini bisa tumbuh tinggi 1 hingga 3 meter namun ada juga yang merambat ditanaman lainnya hingga mencapai ketinggian 30 meter. Daunnya berbentuk bulat telur, tepi beringgit dan berwarna hijau muda berkilau. Pada sebagaian besar spesiesnya bunga ini berwarna putih, tetapi beberapa spesies terutama H. macrophylla memiliki bunga berwarna biru, merah, merah jambu atau ungu. Tanaman semak ini sangat indah dan bisa bertahan selama berbulan-bulan. Hortensia ini juga dapat tumbuh dalam berbagai kondisi tetapi tanahnya harus tetap lembap jika tumbuh di bawah sinar matahari langsung.

13. Koreanspice viburnum

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via gardeningknowhow.com

Jenis tanaman semak untuk mempercantik rumah selanjutnya ada Koreanspice viburnum. Tanaman ini dipenuhi dengan bunga berwarna putih dan merah muda dengan daun berwarna hijau. Koreanspice viburnum ini juga dapat ditumbuhi buah beri berwarna merah cerah. Ketika akhir musim, warna daun tumbuhan semak ini akan berubah menjadi merah anggur sehingga semakin cantik.

14. Lilac

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via thespruce.com

Pada umumnya bunga Lilac berwarna pink, ungu, biru dan putih. Sebagian besar varietas Lilac bisa tumbuh setinggi 10 kaki sehingga menambah kelembutan dan keindahan pada taman. Tanaman ini memiliki aroma dan akan semakin kuat jika dibawah sinar matahari penuh. Berkat keindahan dan aromanya yang wangi, Lilac sering sekali disebut sebagai Ratu Semak.

15. Lili Paris

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via mitraflora.id

Tanaman semak ini berasal dari Afrika Selatan serta memiliki nama latin Chlorophytum Comosum. Lili Paris ini termasuk tanaman semak hias yang memiliki daun berbentuk runcing. Jenis semak ini biasa kamu tanam dalam sebuah pot atau di tanam langsung di perkarangan rumah.

16. Mawar

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via tokopedia.com

Jenis tanaman semak dari genus Rosa ini terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Pada umumnya tanaman semak ini berduri dan tingginya bisa mencapai 2 hingga 5 meter. Untuk daunnya sendiri memiliki panjang sekitar 5 hingga 15 cm. Bunganya terdiri dari 4 hingga 5 helai daun mahkota. Warnanya cukup banyak ada merah, merah muda, putih, kuning dan biru. Pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain.

17. Mock Orange

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via batam.tribunnews.com

Mock Orange ini berasal dari famili Hydrangeaceae, tanaman semak ini memiliki bunga berwarna putih yang sangat cantik. Bunga ini juga banyak dianggap sebagai bunga jeruk. Ketika memasuki musim semi atau awal musim panas, bunga ini akan mekar menjadi bunga putih kecil. Seperti namanya, Mock Orange memiliki aroma jeruk manis. Tanaman semak ini dapat bertahan di area outdoor.

18. Mirten

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via shopee.co.id

Tanaman Mirten ini paling poluer dijadikan tanaman bonsai. Batangnya tidak begitu besar namun keras, rantingnya kecil-kecil menjulur dan memanjang. Daunnya padat, rimbun, berbentuk kecil-kecil bergelombang, berwarna hijau tua terkadang hijau muda dan bergerigi. Mirten bisa tumbuh dengan mudah di pot tanpa memerlukan perawatan khusus.

19. Philodendron

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via plantstory.com

Tumbuhan dari suku Araceae ini memiliki banyak spesies. Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya Philodendron ini banyak disukai sebagai tanaman penghias rumah. Biasanya tumbuhan ini hidup di tempat yang lembap seperti rawa, tepi sungai hingga pinggir jalan. Philodendron ini juga banyak yang hidup merambat pada tumbuhan lain dengan bantuan akarnya.

20. Rembosa Mini

Aneka Jenis Tanaman Semak

photo via lazada.co.id

Rembosa Mini adalah salah satu jenis tanaman semak yang memiliki bunga berwarna putih keunguan. Tanaman satu ini memiliki daun lancip, rimbun dan berbatang cukup kecil. Bunga dari rembosa mini ini tumbuh karang dan setidaknya memiliki 4 mahkota yang mempesona. Umumnya tanaman ini ditanam di halaman rumah sebagau bunga hiasan.

Itulah aneka jenis tanaman semak yang bisa kamu tanam untuk mempercantik rumah. Dari deretan diatas kamu tertarik untuk menanam yang mana?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.