Berbagai Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Menjadi tua merupakan hukum alam yang tidak bisa dihindari, namun berbagai kebiasaan yang dilakukan secara konsisten setiap hari ini bisa membuat penampilan menjadi awet muda meski usia sudah tua lho!

Nah bagi kamu yang ingin tampil awet muda dengan mudah dan murah, kalian tidak usah khawatir, karena ada sejumlah kebiasaan yang dapat dilakukan agar kamu tetap awet muda dan menghambat penuaan asalkan dilakukan dengan konsisten.

Mau tahu apa saja kebiasaan yang bagus dan bisa membuat kamu awet muda? Simak ulasannya berikut ini!

1. Dapatkan waktu tidur yang cukup

Berbagai Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda

photo via greatergood.berkeley.edu

Kurangi kebiasaan begadang karena tidur yang cukup merupakan rahasia awet muda alami yang bisa kamu rasakan hasilnya jika dilakukan secara konsisten. Saat kamu tidur, tubuh akan melakukan regenerasi sel termasuk sel kulit dengan sel baru. Selain itu, tubuh juga dapat memperbaiki peradangan sel rusak yang bisa menyebabkan penuaan dini. Dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup maka tanda-tanda penuaan dapat terhambat.

Selain itu, tidur yang cukup juga sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental karena dapat mengurangi depresi, mengurangi peradangan, serta meningkatkan konsentrasi dan fokus. Jadi jangan kurangi waktu istirahat kamu dengan kegiatan tak bermanfaat seperti scroll media sosial ataupun menonton drama marathon hingga subuh ya!

2. Olahraga

Olahraga memang memiliki sejuta manfaat untuk tubuh salah satunya adalah membuat kita tetap terlihat awet muda meskipun usia sudah tua. Ini karena olahraga dapat membantu kita dalam mencegah kehilangan massa otot. Selain itu, olahraga juga dapat membantu kita untuk mengencangkan otot tubuh dan membuat kita terlihat awet muda. Olahraga juga dapat menciptakan hormon dan zat yang dapat membantu memperlambat penuaan pada kulit, serta meredakan stres penyebab penuaan.

Jadi buat kamu yang ingin tetap awet muda, pastikan untuk mulai berolahraga secara rutin, setidaknya 30 menit dalam sehari dan dilakukan setiap hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kombinasikan olahraga kardiovaskular untuk kesehatan jantung dan paru-paru, olahraga kekuatan untuk otot, dan peregangan untuk fleksibilitas.

3. Rutin merawat wajah dengan skincare sesuai jenis kulit

Berbagai Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda

photo via apskincare.co.uk

Nggak harus ke klinik kacantikan, dengan produk skincare yang tepat kamu juga bisa merawat kulit kamu agar senantiasa kencang dan awet muda. Rangkaian perawatan wajah di rumah ini dimulai dari membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi, dan yang terpenting adalah menggunakan pelembab. Pelembab dapat mengunci kelembaban kulit serta menjaga elastisitas kulit. Jika kulit kamu lembab, maka hal tersebut juga dapat membuat krim anti-aging kamu bekerja lebih efektif. Jangan malas merawat wajah, jika kamu tidak ingin kulit kamu cepat keriput dan muncul tanda-tanda penuaan yang lainnya.

4. Rajin menggunakan tabir surya

Selain pelembab, rangkaian skincare yang wajib hukumnya digunakan setiap hari adalah tabir surya. Ini karena terkena paparan sinar ultraviolet (UV) terlalu sering dapat merusak kolagen pada kulit sehingga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. Maka dari itu, kamu tidak boleh melewatkan cara agar awet muda yang satu ini.

Kamu bisa menggunakan sunscreen berlabel broad spectrum dengan SPF minimal 30 atau lebih. Kamu bisa mengoleskan tabir surya ke kulit 30 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang hari, dan ulangi pemakaian tabir surya setiap 2 jam atau lebih sering jika kamu berkeringat atau berenang.

5. Hindari stres

Berbagai Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda

photo via helpguide.org

Salah satu kunci agar tetap awet muda adalah dengan menghindari stres. Ini karena stres dapat meningkatkan hormon peradangan yang merusak sel tubuh, mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun dalam menjalani kehidupan sehari-hari, rasa stres sering kali tak bisa dielakkan. Meski begitu, janganlah biarkan diri kamu merasakan stress berlarut-larut. Segera tolong diri kamu dengan mengikuti terapi relaksasi atau melakukan hal-hal yang bermanfaat. Seperti meditasi, yoga, pilates, pergi berlibur, menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang, atau menyalurkan hobi sesuai minat.

6. Melakukan yoga

Seperti yang disebutkan sebelumnya, yoga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres yang dapat mempercepat proses penuaan. Selain mengurangi rasa stres, yoga juga dapat meningkatkan keseimbangan, dan mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Jadi tak hanya penampilan saja yang terlihat awet muda, namun kondisi kesehatan juga bisa tetap terjaga layaknya remaja yang masih bugar.

7. Meluangkan waktu untuk berjemur

Berbagai Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda

photo via rdasia.com

Meskipun sinar sinar ultraviolet (UV) dapat merusak kolagen pada kulit sehingga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, namun bukan berarti kita tidak membutuhkan sinar matahari. Tubuh tetap membutuhkan sinar matahari untuk membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jadi penting untuk meluangkan waktu untuk berjemur di bawar sinar matahari. Namun tetap perhatikan waktu dan durasi ketika kamu berjemur. Sangat disarankan untuk berjemur sekitar pukul 09.00 pagi, dengan durasi 5-15 menit.

8. Liburan

Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau ternyata liburan juga dapat membuat kita terlihat lebih awet muda. Ya, liburan tak hanya baik untuk menyegarkan pikiran dari tumpukan pekerjaan harian, tetapi juga berkontribusi menjaga diri kita tetap awet muda.

Hal ini diketahui melalui penelitian yang dilakukan oleh The Global Commission on Aging and Transamerica Center di Amerika Serikat yang mengatakan bahwa liburan dapat membuat awet muda. Alasannya, karena liburan akan membuat kita rileks dan berasa bahagia, dan hal tersebut mampu membuat kita terhindar dari masalah penuaan dini pada kulit.

9. Nikmati pemandangan hijau

Berbagai Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda

photo via scmp.com

Liburan memang berkontribusi membuat kita tetap awet muda, namun usahakan mencari tempat liburan yang memberikan nuansa alam yang hijau. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan melalui jurnal Health & Place, berada ditengah alam, baik untuk sekedar jalan kaki di taman atau membaca buku di pinggir danau, dapat membuat seseorang yang lebih tua relatif lebih kuat secara fisik, spiritual, dan aktif secara sosial.

Tak hanya dengan liburan, kamu bahkan bisa membuat lingkungan rumah kamu menjadi hijau dengan menanam beberapa pohon atau memenuhi halaman belakang kamu dengan tanaman hias ataupun tanaman buah.

10. Konsumsi makanan bergizi

Penting juga memperhatikan asupan yang kita makan sehari-hari. Agar tanda-tanda penuaan dapat terhambat, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng, jeroan, dan daging merah ataupun makanan olahan tinggi gula dan garam, karena berisiko mempercepat penuaan.

Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan seperti buah dan sayur, sehingga kebutuhan vitamin, mineral, dan serat dapat terpenuhi dengan baik. Seperti yang kita tahu, buah dan sayuran kaya akan antioksidan sehingga memiliki peranan penting untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan serta kerusakan kulit.

Selain memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, kunci sukses awet muda juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan tinggi omega-3 yang bagus untuk kulit dan kesehatan jantung. Omega-3 sendiri dapat ditemukan pada salmon, kacang walnut, berbagai biji-bijian, dan suplemen kesehatan yang banyak dijual di pasaran.

11. Minum air putih yang cukup setiap harinya

Berbagai Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda

photo via healthshots.com

Kebiasaan yang bisa bikin awet muda berikutnya adalah meminum air putih yang cukup setiap harinya. Para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar terhindar dari dehidrasi. Jadi, apabila kamu kurang minum air putih, maka kulit akan terasa kering, kasar, bersisik saat digaruk, bahkan memicu jerawat dan penuaan dini.

Perlu dipahami bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Semakin terhidrasi tubuh kita maka kulit akan terlihat semakin berisi, halus, dan awet muda. Maka dari itu mengonsumsi air putih yang cukup bisa menjadi cara alami agar tetap awet muda.

12. Hindari melakukan ekspresi wajah berulang

Hindari juga melakukan ekspresi wajah berulang kali untuk menghindari munculnya tanda penuaan. Pasalnya, ketika kamu membuat ekspresi wajah seperti menyipitkan mata, mengerutkan dahi, ataupun mengerucutkan bibi, secara terus-menerus dan berkepanjangan, maka akan terbentuk garis-garis halus permanen pada wajah kamu. Hal tersebut dapat menimbulkan kesan tua pada wajah.

13. Perbanyak tertawa

Berbagai Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda

photo via istockphoto.com

Rahasia awet muda berikutnya adalah tertawa. Ini karena tertawa merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi rileks dan tenang. Saat kita tertawa, tubuh akan mengurangi hormon stres yang diproduksi oleh tubuh sehingga dapat meningkatkan suasana hati yang positif dan hormon endorfin yang diproduksi tubuh memiliki kualitas yang lebih baik.

Jadi, selain memiliki fungsi untuk membuat diri kamu tenang dan rileks, banyak senyum dan tertawa juga akan membuat kamu terlihat lebih muda dari usia kamu yang sebenarnya. Dan faktanya, wajah yang tersenyum dan tertawa memang terlihat lebih muda daripada saat kamu memasang wajah muram atau sedih.

14. Selalu anggap diri masih muda

Kebiasaan yang bikin awet muda satu ini mungkin bisa dipercaya atau tidak, namun ada banyak yang meyakini kalau menganggap diri masih muda meski sudah berusia tua dapat membuat kita menjadi awet muda. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Frontiers in Aging Neuroscience menemukan bahwa sejumlah orang tua yang diteliti merasa lebih muda daripada usianya. Menurut penelitian, mereka mengalami penuaan otak yang lebih lambat daripada orang tua lain yang tidak menganggap dirinya lebih muda.

Jadi berapapun usia kalian, cobalah untuk memiliki jiwa muda, dan meyakini diri masih muda, agar hal tersebut dapat tercermin dari penampilan kamu. Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa berperilaku layaknya remaja ABG ya, tetap sesuaikan perilaku dengan usia kamu.

Nah itu dia berbagai kebiasaan yang bisa bikin awet muda. Yakinlah, meski usia terus bertambah, namun kita bisa menjaga diri agar tetap sehat dan bugar dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan di atas. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.