Kelebihan Serta Kekurangan Kpop dan Jpop

9 bulan lalu

Kpop dan Jpop merupakan dua jenis aliran musik pop, dimana demam pop culture dari Korea dan Jepang ini sudah mewabah khususnya ke remaja-remaja. Kpop dan Jpop ini bisa dikatakan memiliki kategori yang sama yaitu pop, namun kedua aliran musik ini memiliki beberapa perbedaan yang bisa dilihat mulai dari teknik pemasaran, image, genre dan lainnya. Dan tak sedikit juga orang-orang yang membandingkan kedua musik yang berbeda negara ini. Kira-kira apa sih kelebihan dan kekurangan kpop dan jpop ini? Berikut ini kelebihan dan kekurangan kpop dan jpop

 

1. Pemilihan Traniee Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : http://www.koreatimesus.com, https://tokyogirlsupdate.com

Kpop : Para calon idol kpop biasanya mengikuti audisi pencarian bakat yang biasanya diadakan oleh agensi-agensi di Korea. Dalam audisi ini para calon traniee biasanya dipilih berdasarkan bakat seperti menari atau menyanyi selain itu memiliki wajah yang rupawan.

Jpop : Para calon idol jpop biasanya mengikuti audisi sama seperti kpop, namun calon idol jpop dipilih berdasarkan apakah mereka bisa bersikap menggemaskan atau tidak di depan fans. Tanpa memikirkan bakat yang dimiliki para peserta audisi.

 

2. Pelatihan Traniee Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://www.koreaboo.com, https://aminoapps.com

Kpop : Setelah para peserta diterima menjadi traniee di salah satu agensi di Korea, para calon Idol ini akan mengikuti serangkaian latihan seperti menyanyi, menari, akting dan bahasa.  Meskipun sudah menjadi traniee disebuah agensi, mereka harus bersaing dengan traniee lainnya

Jpop : Setelah mereka dipilih dan menjadi traniee, para calon idol jpop ini biasanya berlatih menari dan menyanyi sendirian tanpa adanya pelatih. Karena mereka latihan tanpa menggunakan pelatih, tentunya kemampuan mereka tidak sebanding dengan traniee kpop.

 

3. Masa Traniee Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://www.youtube.com

Kpop : Bisa dibilang masa traniee seorang calon idol kpop sangatlah panjang, para traniee bisa menghabiskan waktunya hingga bertahun-tahun lamanya. Mirisnya lagi, meskipun mereka sudah traniee selama bertahun-tahun mereka belum tentu bisa debut menjadi sebuah grup.

Jpop : Masa traniee seorang calon idol jpop tergolong sangat singkat jika dibandingkan dengan calon idol kpop. Idol jpop hanya menghabiskan waktu beberapa bulan saja untuk latihan, setelah itu mereka akan langsung dikenalkan ke publik. Selain itu  calon idol jpop yang masih traniee pun sudah dikenalkan ke publik.

 

4. Penampilan Para Idol Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://twitter.com/rvsmtown, https://realsound.jp

Kpop : Jika idol kpop sangat memperhatikan penampilannya, baik itu diatas panggung maupun di luar panggung. Idol kpop biasanya selalu berpenampilan menarik tak hanya dari kostum yang digunakan mereka juga memperhatikan gaya rambut. Style rambut idol kpop biasanya lebih fleksibel dan ekspresif, terkadang mereka juga berpenampilan lebih dewasa dari umurnya. Idol kpop juga sering mewarnai rambutnya dengan beraneka ragam warna.

Jpop : Idol jpop biasanya berpenampilan sederhana dan biasanya lebih menonjolkan style harajuku. Meskipun penampilan mereka ada sentuhan barat namun tidak akan mendominasi penampilan mereka. Tak jarang juga mereka memadukan baju adat mereka namun dalam bentuk modern. Selain itu gaya rambut, gaya rambut mereka tergolong sederhana dan menoton kalau tidak lurus ya keriting. Untuk pewarnaan rambut, meskipun rambut mereka dicat mereka cenderung menggunakan warna coklat saja.

 

5. Pembagian Dalam Grup Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://www.soompi.com, http://zonajepangkorea.blogspot.com

Kpop : Dalam grup kpop pastinya memiliki bagian masing-masing seperti leader, main vokalis, lead vocal, sub-vokal, main rapper, lead rapper, sub-rapper, main dancer, lead dancer, visual, face of the grup, center dan maknae.

Jpop : Namun berbeda dengan grup jpop, mereka tidak memiliki bagian yang spesifik dalam sebuah grup. Mereka hanya menilai posisi tersebut sebatas member yang bersuara paling bagus saja, sisanya tidak ada hal ini karena rata-rata idol jpop tidak bisa menyanyi.

 

6. Genre Musik Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://twitter.com/bts_twt, http://rachael-staudt.squarespace.com

Kpop : Untuk genre musik, musik kpop bisa dibilang lebih beragam. Bahkan boyband atau girlband Korea memiliki komposer dari luar negeri atau mereka membeli lagu di luar negeri kemudian merombaknya lagi dengan nuansa kpop. Jadi tak heran lagu kpop mudah diterima oleh masyarakat luas.

Jpop : Untuk genre musik jpop masih cenderung ke rock atau ke pop rock. Sehingga jarang sekali boyband atau girlband Jepang menyanyikan lagu yang sedih. Kebanyakan genre lagu mereka ceria dan membuat kita semangat. Selain itu musik mereka juga masih khas Jepang, bahkan alat musik mereka juga khas Jepang.

 

7. Mini Album dan Single Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://aminoapps.com, http://marzipanwonderland.blogspot.com

Kpop : Jika di kpop tentunya kita mengenal istilah mini album, dimana di mini album tersebut hanya berisi 4-5 lagu. Dari 4-5 lagu tersebut ada salah satunya yang digunakan sebagai single hits.

Jpop : Jika di jpop istilah single berisi 2-4 lagu dan biasanya single tersebut diluncurkan bersama dengan musik video (MV). Plusnya jpop, single ini merupakan bagian dari album, sehingga mereka mendapatkan penghasilan dari album dan juga dari tiap single yang dikeluarkan.

 

8. Original Sountrack (Ost) Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://yxyfansub.wordpress.com, https://aminoapps.com

Kpop : Untuk original sountrack atau Ost, kpop akan memisahkannya antara album dan ost untuk drama atau film. Mereka tidak akan mencampurkan ost drama dengan album mereka sendiri.

Jpop : Sedangkan jpop akan menggunakan satu lagu untuk dijadikan album, ost dan single. Sehingga mereka tidak dua kali kerja malahan mereka mendapatkan pendapatan yang berlipat-lipat.

 

9. Image Idol Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://www.soompi.com, http://www.j-pop.com

Kpop : Idol kpop memang di identikkan dengan wajah yang rupawan dan body yang sempurna. Mereka akan melakukan segala cara untuk mendapatkannya mulai dari operasi plastik hingga melakukan diet ketat. Jadi tidak heran jika idol kpop memiliki banyak penggemarnya.

Jpop : Jika idol kpop sangat memperhatikan penampilannya, sebaliknya idol jpop justru tidak mengutamakan penampilannya. Mereka cenderung tampil apa adanya dengan kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki.

 

10. Musik Video Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://yellowslugreviews.wordpress.com, http://www.ninamika.com

Kpop : Musik video atau MV idol kpop dibuat dengan konsep yang sama seperti lagunya. Selain itu dalam pembuatan MV ini mereka bisa menghabiskan kurang lebih 3 hari untuk membuat satu buah video klip. Mereka akan totalitas membuat satu MV ini dan bisa dibilang biaya pembuatannya pun tidak sedikit.

Jpop : Jika kpop menggarap 1 MV yang hits untuk album mereka, jpop menggarap MV untuk setiap singlenya. Sehingga album jpop memiliki banyak MV pada setiap albumnya. Selain itu konsep MV mereka lebih cenderung ke fantasi dan imajinasi.

 

11. Warna Offical Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : http://tantriewulan.blogspot.com, https://aminoapps.com

Kpop : Semuanya pastinya sudah tau, jika satu warna mewakili satu grup idol kpop seperti warna blue sapphire yang merupakan warna official dari Super Junior.

Jpop : Berbeda dengan jpop, mereka memiliki warna sendiri untuk setiap membernya. Seperti jika mereka memiliki lima member tentunya mereka memiliki warna yang berbeda-beda.

 

12. Penampilan Live Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://www.vox.com, https://tokyogirlsupdate.com

Kpop : Saat penampilan live, idol kpop tak jarang lipsing atau double sing (rekorder dan live). Double sing ini biasanya dilakukan ketika para idol menyanyikan lagu dengan dance. Bukannya mereka tak mampu untuk menyanyikan secara langsung, namun ada beberapa hal yang mengharuskan mereka untuk melakukan double sing. Namun pada saat konser, mereka akan menyanyikan secara live nonstop selama konser karena mereka tidak ingin mengecawakan para penggemarnya.

Jpop : Saat penampilan live, idol Jpop menyanyi tanpa lispsing secara nonstop. Karena mereka memiliki stamina yang kuat, meskipun ada yang lipsing atau double sing tapi itu sangat jarang terjadi.

 

13. Kesibukan Lain Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://www.pinoyexchange.com, https://japanesestation.com

Kpop : Selain sibuk dengan aktifitas di grupnya, salah satu dari member group idol tersebut  ada yang terjun ke dunia akting juga. Mereka biasanya tampil di drama-drama atau web drama. Selain menjadi aktor dan aktris, para idol group juga ada yang mengasah kemampuannya menjadi host di variety show. Namun tak semua group idol kpop bisa melakukan hal ini dari 9 member group yang bisa melakukannya hanya satu atau dua member saja.

Jpop : Jpop terutama Johnny’s, biasanya mengharuskan setiap anak asuhnya menjadi aktor selain menyanyi. Mereka biasanya tampil di dorama-dorama atau film dan menjadi host merupakan salah satu hal yang lumrah.

 

14. Teknik Pemasaran Lagu Kpop dan Jpop

Kelebihan dan Kekurangan Kpop dan Jpop

Photo via : https://www.yam-mag.com, https://prelo.co.id/

Kpop : Kpop biasanya merilis album dalam beberapa versi terutama boyband dan girlband. Dalam setiap album mereka akan dikemas dengan foto-foto maupun photocard yang berbeda-beda. Sehingga banyak orang tertarik untuk memilikinya.Selain itu, idol kpop sudah menandatangani kesepakatan untuk mendistribusikan karya mereka di dunia internasional dan tersedia secara luas di berbagai layanan streaming seperti iTunes, Spotify dan YouTube.

Jpop : Jpop merilis album dalam berbagai versi, hal ini dilakukan agar dapat menjual lebih banyak album dan single. Hal ini terbukti berhasil dan Jepang menjadi pasar musik terbesar kedua. Namun buat para penggemar di luar Jepang merasa kesulitan untuk mendapatkan album. Karena pada zaman ini penjualan album tidak sepopuler platform digital dan streaming, jadi untuk menikmati musik jpop sangat susah. Meskipun tidak semua, ada beberapa lagu-lagu yang dirilis di Jepang dibatasi hanya untuk iTunes. Jpop masih menggunakan metode lama karena undang-undang hak cipta dan penyiaran yang dibatasi, selain itu CD masih merupakan format utama untuk konsumsi musik di Jepang.

Baca Juga