Kimbap vs Sushi, Mana Yang Lebih Enak?

3 minggu lalu, by blogunik

0

Korea dan Jepang adalah dua negara yang letaknya berdekatan dan sama-sama berasal dari Asia Timur, maka tak heran jika ada saja kuliner dua negara ini yang hampir mirip satu sama lain sebut saja seperti Gimbap atau kimbap dan sushi. Dua jenis makanan beda negara ini memang terlihat nyaris sama yaitu nasi yang digulung dengan rumput laut alias nori, maka tak heran banyak yang keliru menyebut nama dua makanan ini.

Gimbap atau kimbap sendiri adalah makanan populer di Korea yang terbuat dari nasi putih (bap) yang digulung dengan lembaran rumput laut kering atau gim, yang juga dikenal dengan nama nori dalam Bahasa Jepang. Gimbap lalu dipotong-potong dengan ukuran sekali suap. Namun terkadang ada juga yang membiarkannya menjadi gulungan nasi tanpa dipotong.

Nasi dan rumput laut adalah dua bahan dasar gimbap. Isiannya bisa bervariasi. Namun biasanya terdiri dari sumber protein seperti fish cake, daging kepiting imitasi, telur, atau daging sapi. Isian kimbap juga wajib menambahkan sayuran kedalamnya seperti mentimun, bayam, wortel, atau acar lobak.

Sedangkan sushi adalah makanan khas dari Jepang yang sudah terkenal di seluruh dunia bahkan dibuat versi sesuai dengan lidah orang setiap negara. Sushi biasanya dibuat dari nasi putih yang pulen dan terdapat lauk yang mentah dan matang sebagai pilihan sushi, namun di Indonesia orang lebih gemar mengkonsumsi sushi dengan lauk yang matang.

Nah kalian sendiri lebih suka yang mana guys? Karena meskipun mirip namun kedua makanan beda negara ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan yang tentunya akan mempengaruhi penilaian kalian terhadap cita rasa dua makanan beda negara ini. Berikut beberapa perbedaan dari Kimbap dan Sushi. Check it out guys!

1. Sushi disajikan segar sedangkan kimbap dibuat untuk bekal makan siang

perbedaan kimbap dan sushi

photo via cookist.it & twitter.com/kconusa

Jika sushi harus disajikan segar maka berbeda dengan kimbap . Biasanya orang Korea mengandalkan kimbap sebagai makanan bekal sekolah atau bekal piknik. Selain karena simpel dan mudah dimakan, semua bahan dalam kimbap matang sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Berbeda dengan sushi yang kadang dibuat dengan pelengkap bahan mentah seperti salmon atau tuna, sehingga harus segera dimakan sesaat setelah disajikan.

2. Sushi disajikan dengan soy sauce sedangkan kimbap bisa dimakan langsung

perbedaan kimbap dan sushi

photo via cosmo.ph & youtube.com (suellASMR)

Untuk cara penyajiannya, kimbap biasanya langsung dimakan tanpa cocolan soy sauce. Sedangkan sushi disajikan dengan soy sauce. Ini dikarenakan rasa kimbap sudah gurih dan berbumbu, beda dengan sushi yang sedikit asam dan cenderung tawar. Meski demikian, kimbap bisa dibuat lebih modern misalnya dipanggang bersama keju mozarella dan berbagai bahan lainnya.

3. Sushi dibumbui dengan cuka beras sedangkan kimbap dengan minyak wijen

perbedaan kimbap dan sushi

photo via jessmurals.org & kimchihalfie.com

Sushi dan kimbap memiliki bahan utama yang sama yakni nasi putih. Meski demikian, nasi yang digunakan diberi tambahan bumbu yang berbeda. Untuk sushi, nasi yang digunakan biasanya diberi tambahan cuka beras, garam, dan sedikit gula. Sedangkan untuk nasi yang digunakan pada kimbap diberi tambahan soy sauce dan minyak wijen sehingga aromanya lebih wangi.

4. Kimbap dan sushi memiliki isian yang berbeda

perbedaan kimbap dan sushi

photo via hello-homebody.com & anakjajan.com

Seperti yang disebutkan tadi, untuk isian, sushi dan kimbap ini sangatlah berbeda. Untuk sushi biasanya diisi dengan ikan mentah seperti salmon, telur ikan, hingga alpukat. Namun orang Indonesia lebih suka dengan sushi yang ikannya sudah matang.

Sedangkan kimbap biasanya disajikan dengan isian yang sudah dimasak terlebih dahulu seperti daging sapi, fish cake, daging kepiting imitasi, ataupun telur yang telah dimasak beserta sayuran seperti acar lobak, mentimun, bayam, dan wortel yang biasanya dimasak setengah matang.

5. Sushi memiliki lebih banyak variasi dibanding dengan kimbap

perbedaan kimbap dan sushi

photo via sushidaily.com & thespruceeats.com

Isian kimbap biasanya tak jauh-jauh dari daging sapi, fish cake, daging kepiting imitasi, ,telur hingga sayuran seperti bayam, wortel dan mentimun, sehingga untuk isiannya kimbap bisa dikatakan cenderung monoton.

Berbeda dengan sushi yang isiannya bisa bervariasi. Mulai dari ikan segar yang mentah hingga yang matang. Bisa diisi dengan telur ikan, udang, cumi hingga alpukat. Cara penyajiannyapun sushi disajikan dengan berbagai macam yaitu ikan ditaruh diatas nasi, atau di dalam gulungan nasi, baik mentah maupun matang, dan ada juga nasi yang dibentuk sedemikian rupa dengan tambahan ikan maupun telur. Sedangkan bentuk kimbap cenderung hanya bulat yang dilapisi dengan rumput laut.

Sushipun memiliki banyak variasinya dengan style yang berbeda-beda dari Nigiri style, Maki Rolls, Gunkan Sushi, Sashimi, dan lain-lain.

6. Sushi merupakan makanan restoran sedangkan kimbap adalah street food

perbedaan kimbap dan sushi

photo via asianinspirations.com.au & foodandfeast.com

Untuk mendapatkan dua makanan inipun sangat berbeda lho guys. Di Korea, kimbap lebih sering ditemui di jalanan atau di pasar sebagai salah satu street food yang banyak penggemarnya. Selain itu, kimbap juga bisa dijadikan sebagai lunch box yang dibawa ke sekolah atau tempat kerja.

Sedangkan sushi lebih sering dimakan langsung di restoran bukan untuk take away. Pasalnya sushi cenderung menggunakan ikan segar sehingga harus cepat dimakan sesaat setelah disajikan.

7. Cita rasa

perbedaan sushi dan kimbab

photo via houston.eater.com & misshangrypants.com

Sushi memiliki cita rasa yang agak manis dengan tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan kimbap . Sedangkan tekstur kimbap lebih renyah karena adanya acar lobak, ditambah lagi isian sayuran lainnya yang ada di dalamnya sengaja dibuat setengah matang seperti wortel dan mentimun. Sedangkan untuk cita rasanya ada rasa asam dari acar lobak, manis dari wortel dan gurih dari dagingnya.

Nah untuk urusan mana yang lebih enah, tentu menyesuaikan dengan lidah masing-masing karena setiap orang punya selera yang berbeda-beda. Buat kamu yang menyukai makanan segar tentu sushi adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Namun jika kamu menyukai makanan yang matang dan memiliki rasa yang gurih, tentu kimbap menjadi salah satu favorit kalian. So, kalian lebih suka kimbap atau sushi nih?

0
Artikel Terkait