Kumpulan Fenomena Alam Ini Membuatmu Sadar Akan Kebesaran Tuhan

    Unik, Alam, Mistery, Pengetahuan
Iklan

Alam yang kita huni ini, kadang-kadang menunjukan fenomena-fenomena tidak biasa di waktu tertentu. Ada fenomena alam yang seram dan ada juga fenomena alam yang membuat kalian memuji kebesaran-Nya. Seperti kali ini Blog Unik akan membahas tentang fenomena-fenomena aneh yang pernah terjadi di dunia ini. Penasaran? Yuk simak ulasannya!!

1. Batu-batu berjalan

Disebut juga dengan batu berlayar atau batu berjalan, batu-batu ini terlihat berpindah tempat dengan sendirinya bahkan meninggalkan jejak bergeser di bekas jalur gerak yang mereka lewati. Para peneliti sudah berusaha mencari tahu latar belakang kejanggalan ini di California sejak awal tahun 1900-an. Rekaman time-lapse menangkap gerakan batu-batu tersebut dalam kecepatan yang lumayan.

Banyak ilmuwan dan peneliti percaya bahwa pergerakan tersebut disebabkan oleh batu yang bergeser di atas lapisan tipis es yang terbentuk sepanjang malam dan mencair di siang hari, tapi banyak juga yang tidak setuju. Beberapa orang percaya bahwa misteri ini sudah terpecahkan, sementara beberapa yang lain menyatakan butuh penelitian lebih lanjut.

2. Cincin-cincin peri

Ada banyak cerita mengenai cincin-cincin peri atau dikenal juga dengan cincin elf/pixie. Cincin jamur misterius ini muncul di padang rumput atau daerah pedalaman hutan. Jamur-jamur ini membentuk lingkaran bulat sempurna dan menurut ahli spiritual, pusat lingkaran tersebut adalah tempat berbahaya. Menurut dongeng sekitar, cincin peri terbentuk hasil dari tarian para peri.

Menurut mereka, tarian para peri ini membakar tanah sehingga mempercepat tumbuhnya jamur-jamur tersebut. Menurut legenda, memasuki atau menghancurkan cincin peri akan membawa kesialan dan malapetaka. Belum ada peneliti yang berhasil memecahkan fenomena ini.

3. Bola batu raksasa

Di Pulau Isla Del Cano dan Pulau Diquis Delta, Costa Rica, ada sekitar 300 objek bulat dengan ukuran bermacam-macam. Dinamakan oleh penduduk lokal sebagai “Las Bolas” yang artinya bola, benda bulat ini juga dijuluki bola Diquis. Batu yang bulat sempurna ini memiliki berat hingga 16 ton masing-masing. Sebagian besar terbuat dari Granodiorite, tapi ada beberapa yang terbuat dari limestone atau sandstone. Hingga kini gak ada yang benar-benar tahu dari mana asal mereka, yang pasti mereka berumur ribuan tahun.

4. Pipa-pipa Baigong

Di puncak Gunung Baigong di Tiongkok, sesuatu yang aneh ditemukan oleh ilmuwan Amerika di awal tahun 2000-an. Pipa dengan beraneka ragam ukuran dari diameter setara tusuk gigi hingga sangat besar ditemukan di daerah yang jauh dari pemukiman terkubur jauh di dalam bebatuan kuno. Mereka terbuat dari 30 persen silikon dioksida, kalsium oksida dan besi.

Dipercaya bahwa usia mereka telah menginjak berabad-abad lamanya. Peneliti bilang bahwa untuk membuat pipa-pipa tersebut dibutuhkan teknik pengeboran yang sangat canggih yang seharusnya belum dimiliki saat itu. Ada yang berpendapat bahwa itu pepohonan yang menjadi fosil, tapi gak ada yang bisa membuktikannya.

5. Bola api naga

Di atas Sungai Mekong di daerah Asia Tenggara, bola-bola bercahaya kadang terlihat muncul dari dalam air dan menembakkan diri mereka ratusan meter jauh ke langit kemudian menghilang pelan-pelan. Fenomena ini dikenal dengan nama bola api naga atau cahaya mekong. Bolanya terlihat berwarna agak kemerahan dan memiliki ukuran yang bervariasi dari percikan kecil hingga seukuran bola basket. Kemunculan bola api ini dilaporkan ada di pertengahan musim gugur pada malam hari. Hingga saat ini belum ada yang bisa menjelaskan secara ilmiah tentang fenomena ini.

6. Petir Abadi, Venezuela

Fenomena alam ini memang sangat menyeramkan dan semua kejadian ini memang benar adanya, dinamakan petir abadi karena suara gemuruh dan petir yang menggelegar hampir setiap hari. Setelah dilakukan perhitungan dan pengujian akan fenomena ala mini, petir ini terus terjadi lebih dari 160 hari di setiap tahunnya, sebanyak 10 jam setiap harinya dan sebanyak 280 kali setiap jam nya. Fenomena ini akan semakin jelas terlihat di malam hari, walaupun cuaca terang dan tidak akan datang hujan, petir ini tetap terus keluar dengan suara-suara yang cukup keras. Tetapi bagi warga venejuela, fenomena ini sudah biasa dan bukan hal yang menakutkan lagi.

7. The Gateway to Hell

Setelah kalian melihat gambar dari fenomena ini, pastinya kalian merasa jika fenomena ini hanyalah rekayasa, tetapi kalian salah. Fenomena alam ini memang nyata adanya, hal ini terjadi di Negara Turkmenistan. Kejadian ini dapat dijelaskan secara ilmiah yaitu karena tempat ini merupakan dimana gas bumi keluar dari celah-celah bebatuan yang ada dikawasan ini, sehingga jika ada pemicu seperti petir atau hal yang lain dapat menyebabkan kawasan ini terbakar dan mengobarkan api yang sangat besar dan lama. Perlu kalian ketahui, jika hal serupa juga terjadi di kawasan Gunung Yanar Dag yang terletak di Azerbaijan.

8. Crop Circles In Water

Apakah menurut kalian, pola yang terdapat pada pasir bawah laut ini diciptakan oleh manusia? Pola yang terbentuk sangat rapih dan cantik ini ternyata dibentuk oleh ikan kecil yang ukuran tubuhnya tidak lebih dari 5 inchi, tujuan mereka membuat pola ini untuk memancing pasangannya untuk melakukan perkawinan. Fenomena ini ditemukan di daerah perairan laut jepang dan di tempat lainnya juga ditemukan pola dengan bentuk yang berbeda.

9. Underwater Rivers

Fenomena alam yang mencengankan ini bukan terjadi karena faktor supranatural apalagi buatan tangan manusia. Keberadaaan sungai dibawah laut ini memang asli dari keajaiban alam yang tentunya salah satu tanda kekuasaan tuhan sang maha pencipta yang mampu menciptakan segalanya. Bahkan telah di jelaskan dalam kitab suci Al`quran tentang keberadaan sungai dibawah laut ini. Hal yang paling membingungkan yaitu dari airnya yang berbeda rasanya dengan air laut yang asin, tetapi air sungai yang berada di dasar laut sama seperti air sungai pada umumnya yang segar. Fenomena alam ini masih membingungkan para ilmuan yang menelitinya, karena walaupun bersatu tetapi alirannya tetap terpisah. Lokasi keberadaan sungai di bawah laut ini terletak di perairan laut meksiko.

10. Bioluminescence

Apakah kalian pernah melihat pantai dimalam hari yang berwarna biru terang, tetapi fenomena ini memang terjadi di pulau Vaadho, Pulau vaadho merupakan sebuah pulau yang tak berpenghuni dan keindahan pantai yang bercahaya biru ini disebabkan oleh karena beberapa spesies mahkluk hidup seperti bakteri dan juga organism lainnya yang ada di perairan pantai tersebut. Keindahan pantai bercahaya biru terang ini hanya dapat dinikmati di malam hari, maka tak heran jika pantai ini menjadi daya tarik para wisatawan dari mancanegara untuk berkunjung dan menyaksikan fenomena alam ini secara langsung.

11. Lenticular Clouds

Merupakan sebuah fenomena alam yang sangat jarang sekali terjadi, awan yang membentuk seperti pesawat ini terbentuk dari gumpalan awan yang berlapis-lapis dan proses pembentukannya terjadi karena adanya kandungan udara lembab yang mengalir keatas di kawasan pucak gunung. Jika para pilot melihat gumpalan awan seperti ini, maka pilot pesawat akan menghindarinya karena dapat menyebabkan turbulensi yang cukup kuat pada pesawat yang sedang terbang.

12. Finnish Lapland

Fenomena alam ini hanya terjadi pada saat musim dingin, fenomena ini terjadi dikawasan lapand yang merupakan kawasan terluas di Firlandia. Semua patung tersebut sebenarnya hanyalah benda biasa seperti pepohonan, namun akibat ketebalan salju yang menyelimuti menyebabkan terjadi pembentukan yang menyerupai patung-patung berbentuk aneh. Lokasi ini banyak di kunjungi para wisatawan pada musim dingin untuk melihat obyek dari jarak dekat.

13. Morning Glory Clouds

Morning Glory Clouds merupakan suatu fenomena langit yang sangat langka terjadi di dunia ini, pembentukan awan yang memanjang ini dapat meregang dengan panjang mencapai 1000 km yang berada di ketinggian sekitar 2 km. wilayah yang sering terjadi fenomena seperti ini yaitu Burketown, Queensland, Australia. Biasanya fenomena ini terjadi pada musim semi, jika tertabrak pesawat akan mengalami turbulensi yang cukup keras pada pesawat yang melintas.

14. Waterspouts

Ini merupakan salah satu fenomena alam yang sering terjadi di kawasan perairan laut luas, waterpouts adalah suatu angin tornado yang sangat besar yang sering terjadi diatas air. Kecepatan tornado ini dapat mencapai hingga 350 km/jam. Sehingga jika terjadi di daerah perkotaan dapat membuat perkotaan porak poranda. Hal ini juga dapat memicu terjadinya bencana Tsunami.

15. Fenomena Mammatus Clouds (Awan Mammatus)

Awan mammatus merupakan sebuah fenomena alam yang sangat jarang terjadi, awan ini berbentuk seperti kumpulan balon yang terbalik. Bentuknya yang bergelembung tampak seperti sangat lembut dan halus. Selain itu, formasinya yang sangat indah dan menjadi sebuah hiasan dilangit biru yang cerah. Walaupun tampak canti dan indah dilangit, kita semua harus waspada karena biasanya hal ini menandakan jika akan terjadi badai yang sangat besar. Awan Mammatus Clouds terbentuk dari air dan es yang mengkristal dan awan ini dapat membentang sepanjang ratusan kilometer, semua ini biasanya dapat terjadi pada jenis awan Cumulonimbus, altostratus, altocumulus dan awan Cirrus. Fenomena awan ini pernah terjadi di kota Santiago, Texas pada tahun 2009.

16. Fenomena Fire Whirls (Pusaran Api)

Fenomena alam ini merupakan fenomena dimana terdapat angin besar yang hampir mirip dengan tornado, namun fenomena ini biasanya terjadi dilokasi yang terdapat amukan api atau pada saat terjadi kebakaran disaat sedang cuaca buruk. Tentunya fenomena alam ini dapat sangat berbahaya bagi lingkungan dan juga manusia, pusaran api ini dapat mencapai ketinggian hingga 1 mil dan memiliki kecepatan angin lebih dari 100 mil/jam, kejadian ini biasanya dapat berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Jika pusaran api ini berada di tengah pemukiman, maka dalam sekejap pemukiman akan hangus terbakar dan terbawa pusaran api, tentunya dapat menyebabkan tingkat kematian yang sangat tinggi bagi mahkluk hidup terutama manusia.

17. Fenomena Moonbows (pelangi bulan)

Fenomena alam ini sangat jarang terjadi dan hanya terjadi pada saat bulan purnama atau hampir purnama tiba. Pelangi ini dapat disebabkan oleh tetesan embun yang terkena biasan cahaya dari bulan tersebut dan tentunya hanya terjadi di malam hari tidak seperti pelangi pada umumnya yang terjadi hanya pada siang hari. Lokasi yang popular untuk dapat menyaksikan fenomena moonbows ini yaitu di kawasan air terjun Cumberland di Kentucky, Amerika Serikat. Maka tak heran, jika tiba waktu bulan purnama lokasi ini ramai dikunjungi yang sengaja untuk melihat fenomena aneh ini.

18. Fenomena Belt of Venus (Sabuk Venus)

Fenomena ini biasanya akan terjadi pada saat tiba waktu senja yang berdebu, dimana langit akan berwarna kemerahan dan kecokelatan yang akan tampak diantara langit dan cakrawala. Keindahan akan fenomena ini sering ditunggu-tunggu karena memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan jarang terjadi.

19. Fenomena Green Ray

Fenomena ini juga dikenal dengan nama Green Flash, namun sayangnya fenomena ini hanya akan muncul sekejap saja bagaikan kilatan yang berwarna hijau diatas matahari yang akan terbenam dan setelah matahari terbit. Fenomena ini dapat disebabkan oleh karena adanya proses pembiasan cahaya di atmosfir. Sungguh disayangkan jika kalian melewatkan fenomena alam mini, jika kalian melihatnya maka anda akan terpana karena pesonanya.

20. Sun Pillars (Pilar Matahari)

Fenomena pilar matahari dapat terjadi pada saat matahari akan tenggelam memantulkan awan es pada tingkat lapisan yang berbeda, sehingga hal ini dapat menghasilkan cahaya yang menjulang tinggi ke langit. Pemandangan ini merupakan pemandangan yang sangat aneh namun indah dan jarang ditemukan dilokasi perkotaan yang tertutup dengan bangunan yang tinggi. Untuk melihatnya dengan jelas, kalian dapat pergi kepuncak gedung atau pergi kedaerah pantai.

21. Fall Streak Cloud from Moe

Fenomena ini merupakan sebuah fenomena alam dilangit yang jarang terjadi, terjadinya fenomena virga ini dapat terbentuk pada saat Kristal awan es terjatuh dan mengalami penguapan sebelum menyentuh ke permukaan tanah. Bahkan dapat terbentuk sebuah awan yang mirip dengan ubur-ubur. Fenomena ini sangat jarang terjadi, sehingga banyak orang yang mengabadikannya dengan memotretnya dan juga membuat videonya.

22. Katabatic Winds (angin Katabatic)

Ini merupakan sebuah fenomena yang terjadi karena adanya angin yang membawa udara padat dari ketinggian dan membawanya ke tempat dengan ketinggian yang sangat rendah karena akibat dari gaya gravitasi. Fenomena ini dikenal oleh masyarakat local dari California Selatan sebagai santa ana, oleh masyarakat Mediterania dikenal dengan sebutan Mistral, di Laut Adriatic dikenal dengan sebutan Bora, sedangkan di Jepang fenomena ini dikenal dengan sebutan Oroshi. Pergerakan angin ini memang sangat berbahaya karena memiliki kecepatan angin hingga mencapai 100 Knot. Kecepatan angin ini dapat memporak-porandakan kota dengan cepat, pastinya tingkat kematian akan sangat tinggi jika berada di tengah pemukiman.

23. Aurora Borealis

Fenomena aneh ini dikenal dengan dunia bagian selatan dengan nama Aurora Australis, fenomena ini merupakan sebuah partikel yang bermuatan listrik dan dihasilkan dari matahari yang telah mencapai ketinggian hingga mencapai bagian paling atas atmosfir bumi sehingga menjadikannya sangat aktif. Biasanya hal aneh ini dapat Nampak terlihat didaerah yang lokasinya dekat dengan daerah kutub dan juga pada waktu siang dan malam yang memiliki waktu yang sama panjangnya.

24. Sun dogs

Matahari dalam jumlah banyak bukan hanya muncul dalam cerita Kera Sakti, tapi juga di dunia nyata. Bedanya, fenomena alam matahari majemuk di dunia nyata terjadi karena adanya pembiasan cahaya di langit. Matahari yang muncul tetep cuma satu, namun ia diiringi oleh dua titik terang hasil pembiasan cahaya di kanan dan kirinya. Fenomena alam sun dogs biasanya muncul saat matahari dalam posisi rendah atau dekat dengan cakrawala. Ini berarti kalian bisa melihat ‘tiga matahari’ berjejer di pagi hari dan saat senja.

25. Bunga beku

Bunga yang satu ini terbentuk dari partikel es yang mengumpul di bagian bawah tanaman atau kayu tertentu. ‘Kelopak’nya muncul saat temperatur di bagian luar dan dalam tanaman berbeda jauh. Akibat perbedaan suhu ini, air di bagian dalam tanaman muncul ke permukaan dan langsung membeku terkena udara luar.

Baca Juga Indahnya penampakan gunung teraktif di Dunia

Baca Juga Penanganan Musibah Gempa Bumi saat terjadi

Baca Juga Jalan-jalan berliku yang unik di Dunia

26. Pelangi dan Tornado Muncul Bersamaan

Fenomena langka yang tak kalah menakjubkan adalah munculnya pelangi dan tornado secara bersamaan di suatu wilayah dibagian Amerika Serikat yaitu Colorado. Negara ini memang salah satu wilayah yang dikenal sebagai tempat yang paling sering mengalami tornado, bahkan dalam satu bulan pernah terjadi 90 kali tornado pada wilayah tersebut.

Peristiwa aneh ini tiba-tiba terlihat sebuah tornado dahsyat yang mendominasi langit di Coloradao dan tanpa diduga muncul sebuah pelangi yang nampak hanya beberapa mil dari tornado tersebut. Kejadian ini terlihat sangat indah , unik tetapi juga sangat mengerikan. Kejadian ini diketahui oleh seprang pemburu lalu di abadikan ke dalam sebuah foto melalui ponselnya.

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts