Macam-macam Love Language dan Artinya yang Wajib Kamu Pahami

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Apakah kamu sering dibuat salah paham atau overthinking dengan apa yang dilakukan oleh pasangan kamu terhadapmu? Bisa jadi kamu belum memahami love language dari pasangan kamu lho! Bahkan bisa juga sebaliknya, dimana pasangan kamu tidak memahami cara kamu dalam mengekspresikan rasa sayang sehingga membuat kalian selalu terlibat kesalah pahaman dan menjadi overthinking.

Misalnya saja pasangan kamu lebih banyak diam ketika kamu mengajaknya mengobrol. Dan hal itu membuat kamu overthinking, dan menganggapnya bosan dan tidak menyukai kamu lagi. Padahal pasangan kamu memang bukan tipe orang yang mengekspresikan rasa sayang dengan kata-kata. Bisa jadi dia tipe Acts of Service yang mengekspresikan rasa cinta dengan tindakan. Jika kamu tidak memahami hal tersebut, mungkin selama kalian berhubungan, maka kesalah pahaman akan sering terjadi.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui serta memahami macam-macam love language yang dimiliki setiap orang, agar bahasa cinta yang ditunjukkan saat berkomunikasi dengan pasangan dapat tersampaikan dengan baik dan membuat hubungan kalian jadi lebih romantis.

Love language alias bahasa cinta sendiri merupakan cara seseorang untuk mengungkapkan atau mengekspresikan kasih sayang dan rasa cintanya kepada orang lain. Baik itu kepada pasangan ataupun keluarga. Setiap orang memiliki satu macam love language yang dominan di dalam dirinya, namun dalam beberapa kondisi, love language seseorang bisa berubah tergantung suasana hati mereka.

Nah terori mengenai love language ini pertama kali dikenalkan oleh Dr. Gary Chapman lewat bukunya yang bertajuk “The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate” pada tahun 1992.

Sesuai judul bukunya, Dr. Gary menjelaskan bahwa ada 5 macam love languange yang secara tak sadar sering digunakan oleh orang-orang di dunia ini untuk mengekspresikan cinta atau rasa sayang mereka kepada orang terkasih. Dijelaskan juga bahwa setiap orang memiliki satu macam love language yang paling dominan diantara ke-5 macam love language tersebut.

Buat yang penasaran, berikut 5 macam love language dan artinya yang wajib kamu pahami agar hubungan dengan pasangan menjadi lebih romantis dan saling pengertian. So let’s check it out guys!

1. Physical Touch (sentuhan fisik)

Macam-macam Love Language dan Artinya yang Wajib Kamu Pahami

photo via cratedwithlove.com

Yang pertama ada Physical Touch atau sentuhan fisik. Orang yang memiliki love language ini suka mengekspresikan atau menunjukkan rasa cinta dan kasih sayangnya melalui sentuhan fisik. Begitupun sebaliknya, mereka akan merasa sangat dicintai jika mereka menerima sentuhan fisik yang menenangkan dari pasangan ataupun orang lain. Seperti pelukan, gandengan tangan, ciuman, belaian di rambut, tepukan dipunggung, usapan di bahu dan berbagai sentuhan-sentuhan fisik yang menenangkan lainnya.

Bahasa cinta ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang tidak terlalu pintar dalam mengekspresikan rasa cinta melalui kata-kata. Daripada terdengar awkward, mereka lebih nyaman merangkul orang terkasih dengan sentuhan fisik yang menenangkan. Love language satu ini bahkan disebut menjadi salah satu cara komunikasi paling efektif bagi pasangan selama dilakukan dengan penuh cinta serta tanpa paksaan.

2. Word of Affirmation (kata-kata dan pujian)

Macam-macam Love Language dan Artinya yang Wajib Kamu Pahami

photo via aconsciousrethink.com

Kemudian ada Word of Affirmation. Seseorang dengan love language utama berupa Word of Affirmation, akan sangat nyaman menunjukkan rasa sayangnya melalui kata-kata, baik secara verbal atau tulisan. Mereka suka melontarkan kalimat-kalimat pujian dan apresiasi untuk menunjukkan betapa sayangnya dia dengan pasangannya.

Mereka juga akan merasa sangat dicintai jika pasangannya ataupun orang lain melakukan hal yang sama kepadanya. Mereka menikmati setiap kalimat-kalimat pujian yang ditunjukkan kepadanya dan menjadikannya sebagai pembangkit semangat dan mood.

Bisa dibilang, untuk membahagiakan orang dengan Word of Affirmation yang dominan, maka kamu hanya perlu memberikannya kata-kata pujian dan mengapresiasi apapun hal yang mereka lakukan.

3. Acts of Service (tindakan nyata)

Macam-macam Love Language dan Artinya yang Wajib Kamu Pahami

photo via greatist.com

Macam-macam love language berikutnya adalah Acts of Service. Artinya, orang dengan bahasa cinta Acts of Service yang dominan akan suka menunjukkan rasa cintanya dengan sebuah tindakan nyata. Dengan kata lain, mereka lebih suka melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang terkasih, daripada hanya mengucap kata tanpa arti.

Bahkan orang dengan love language seperti ini lebih sering melakukan sesuatu secara diam-diam demi orang terkasih. Bahkan dia akan melakukan sesuatu tanpa kamu minta. Ini juga dapat menunjukkan seberapa peka mereka akan kebutuhan pasangannya.

Selayaknya apa yang ia tunjukkan untuk mengekpresikan rasa cinta, mereka juga ingin dicintai dengan cara yang sama. Mereka akan bahagia bila kamu sebagai pasangannya melakukan sesuatu demi mereka, baik itu untuk menyenangkan hati mereka ataupun untuk meringankan beban mereka.

Contoh sederhananya, pasangan kamu sedang merasa kelelahan karena pekerjaannya, dengan memijatnya dengan tujuan membuat otot-otot tubuhnya merasa rileks, maka pasangan kamu akan merasa dihargai dan dicintai dengan tindakan yang kamu tunjukan.

4. Quality Time (menghabiskan waktu bersama)

Macam-macam Love Language dan Artinya yang Wajib Kamu Pahami

photo via timesofindia.indiatimes.com

Dalam urusan bisnis, waktu mungkin adalah uang, namun dalam urusan hati, waktu sama artinya dengan cinta. Seseorang yang memiliki love language dominan berupa quality time sangat menghargai momen-momen berkualitas bersama pasangan. Meski tidak melakukan hal apapun, namun mereka lebih suka menghabiskan waktu bersama orang terkasih tanpa ada gangguan dari gadget, pekerjaan, game, TV dll.

Sesibuk apapun mereka, mereka akan selalu meluangkan waktu agar dapat bersama pasangannya. Pemilik love language ini hanya akan merasa sangat bahagia ketika dapat menghabiskan waktu bersama pasangan, seperti melakukan deep talk, curhat, bertukar pikiran, ataupun hanya duduk bersama sambil mengobrol tentang diri masing-masing.

5. Receiving Gifts/Gifts Giving (menerima/memberi hadiah)

Receiving Gifts/Gifts Giving (menerima/memberi hadiah)

photo via goodmenproject.com

Macam-macam love language yang terakhir adalah Receiving Gifts ataupun Gifts Giving. Orang-orang dengan love language ini suka memberikan hadiah sebagai bentuk kasih sayang dan rasa cinta mereka kepada pasangan ataupun orang-orang terkasih lainnya.Begitupun sebaliknya, mereka juga akan merasa dicintai dan dihargai apabila menerima hadiah dari orang-orang tersayangnya.

Meskipun suka memberi ataupun menerima hadiah, namun orang-orang dengan bahasa cinta ini tidak akan pernah melihat hadiah dari harga ataupun nilai barangnya. Meski kamu hanya menghadiahinya selembar kartu ucapan saja, mereka akan tetap menghargai hadiah darimu dan akan bahagia karena kamu telah mengingatnya.

Apapaun bentuk hadiahnya, mereka akan selalu menghargainya karena yang mereka lihat adalah bentuk usaha dari seseorang untuk memikirkan dan mencari hadiah yang pas untuk dirinya. Bisa dibilang pemilik bahasa cinta ini lebih nyaman memberikan ataupun menerima hadiah daripada harus menunjukkan cinta dengan kata-kata.

Nah itu dia 5 macam love language dan artinya yang wajib kamu pahami agar kamu dan pasangan bisa lebih memahami satu sama lain dan hubungan menjadi lebih romantis. Yang lebih penting, dengan memahami bentuk bahasa cinta masing-masing, hubungan kalian akan jauh dari yang namanya overthinking ataupun kesalah pahaman. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.