Berbagai Macam Mahluk Halus Dan Hantu di Indonesia

10 bulan lalu

Percaya tidak percaya, berbeda dengan di negara barat, keberaddan mahluk halus ataupun hantu amat kental di Indonesia. Apalagi dengan berbagai tradisinya yang ada di setiap wilayah-wilayah yang ada di Indonesia yang tak jarang melibatkan kepercayaan terhadap mahluk halus tersebut.

Selin melalui tradisi, tak jarang juga kita bisa melihat berbagai berita ataupun cerita cerita seram mengenai berbagai penampakan-penampakan dari mahluk halus yan gbiasanya sebagaian besar mengganggu orang-orang disekitar. Contoh saja penampakan mmahluk-mahluk halus yang biasanya mengganggu orang-orang sekitar. Contoh cerita seram yang paling mudah dan sering kita dengarkan mungkin seperti penampakan tuyul, kuntilanak ataupun pocong.

Tapi sebenarnya bukan hanya itu saja loh, Di Indonesia ada banyak sekali mahluk-mahluk halus yang tersebar di seluruh penjuru daerah-daerah di Indonesia. Apa saja mahluk-mahluk halus ini, berikut ini adalah beberapa conoth dan juga jenis mahluk-mahlluk halus yang ada di Indonesia.

1. Jenglot

photo via : hantupedia.com

Diantara mahluk halus yang lainnya, mahluk halus yang kita yang pertama ini adalah Jenglot. Kenapa termasuk dalam kategori mahluk halus? karena konon katanya meskipun jika diamati hanya diam saja, namun Jenglot konon katanya mampu memberikan sebuah kesaktian pada sang pemegang ataupun pemelihara Jenglot itu sendiri. Selain itu, meskipun belum dilakukan pembuktian ilmiah, namun jenglot itu hidup dimana mereka mampu makan dan minum sesajian yang diberikan kepada Jenglot itu sendiri.

Mahluk kecil dengan bentuk perawakan seperti manusia namun memeiliki taring dan rambut panjang ini, pertama kali diketemukan pada akhir tahun 1997. Dengan ukuran tinggi yang tak lebih dari 12cm, ini konon biasanya meenyantap setidaknya 3 cc darah dan minyak wangi yang disajikan dan keadaan tersebut akan berkurang sekitar 50 sampai 60 persen setiap 18 jam. Menurut cerita orang-orang, Jenglot ini adalah orang-orang alias manusia sakti yang mempelajari kesaktian ilmu bethara Karang.

Dengan menggunakan ilmu tersebut, diyakini akan memberikan sebuah keabadian buat para penekun ilmu tersebut. Namun sayangya, selain anugrah, pengguna ilmu ini juga menerima sebuah kutukan yang mana jasad dari penekun ilmu ini tidak bisa diterima oleh dunia, sedangkan rohnya tidak diterima oleh akherat. Tentu saja hal tersebut membuat roh dari penekunnya terpenjara dalam tubuh kecil jenglot tersebut.

2. Kuntilanak

photo via : srices.blogspot.com

Hantu selanjutnya yang tak kalah ngetrennya, tentu saja Kuntilanak. Hantu wanita yang satuini memang memiliki ciri yang amat khas. Yaknni suara tertawanya yang amat melengking. Kuntilanak adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anaknya tersebut belum sempat lahir. Nama “kuntilanak” atau “pontianak” ini sendiri kemungkinan besar berasal dari gabungan kata “bunting” (hamil) dan “anak”.

Hantu yang satu ini ternyata tidak hanya ada di Indonesia saja loh, ternyata di luar negri pun hantu ini ada. Misal saja hantu Banshee di daratan eropa ataupun Jenny Greenteeth di Inggris. JIka dilihat dari ciri-cirinya saja, tentu saja hantu ini memiliki ciri-ciri yang amat mirip dengan Kuntilanak. Misal saja dilihat dari suara tertawanya yang melengking, sering menangis, suka tinggal di puing-puing bangunan, sering ditemukan di muara sungai ataupun pinggiran danau dan juga hantu ini amat menyukai daging anak-anak.

Meskipun amat sangat ditakuti, dan sering terlihat kemunculannya, namun orang-orang bisa menangkal mahluk yang satu ini. Menurut kepercayaan dan juga tradisi masyarakat Jawa, Kuntilanaktidak akan beranin untuk mengganggu wanita yang sedang hamil, apabila wanita hamil tersebut selalu membawa paku, pisau ataupun gunting saat bepergian. Untuk melindungi sang bayi juga, menurut kepercayaan orang Jawa, biasanya akan diletakkan benda-benda tajam seperti gunting, jarum ataupun pisau didekat tempat tidur sang bayi.

3. Buto Ijo

photo via : www.tanahnusantara.com

Nah untuk mahluk halus yang satu ini konon merupakan ermasuk dalam bangsa Jin. Yang mana, Buto Ijo konon akan memberikan sebuah imbalan sebut saja seperti kekayaan ataupun sejenisnya dengan jalan pesugihan. JIka dilihat dari ciri-ciri yang dimilikinya, Buto Ijo sendiri memiliki kemiripan dengan yang namanya OGRE yang ada di Eropa. Adapaun beberapa kesamaan yang ada antara kedua mahluk ini adalah ukurannya yang besar dan tinggi, memiliki warna hijau atau hijau keabu-abu, pemakan daging, memiliki watak yang beringas dan senanga memakan daging manusia.

Buto Ijo sendiri konon katanya biasa tinggal di pohon-pohon besar. Namun apabila Buto Ijo dipelihara, nantinya mahluk ini akan dibuatkan sebuah kamar khusus sebagi tempat tinggal si Buto Ijo ini.

4. Genderuwo

photo via : bali.tribunnews.com

Genderuwo adalah makhluk halus yang memiliki bentuk seperti seekor kera tapi memiliki badan yang tinggi dan besar. Mahluk yang satu ini diketahui suka tinggal di pepohonan, sepeti pohon beringin dan juga pohon-pohon besar lainnya karena wujudnya yang seperti kera raksasa. Genderuwo sendiri tidak bisa dilihat oleh orang biasa tapi pada saat tertentu dia mau menampakkan dirinya. Genderowo jika diluar negri mungkin bisa dibilang mirip dengan Troll yang dalam legendanya memiliki tubuh yang cukup besar. Adapun ciri-ciri dari Genderuwo menurut orang yang pernah melihat mahluk yang satu ini adalah memiliki tinggi 7 sampai 8 kaki, lalu memiliki rambut yang amat lebat si sekujur tubuhnya. Hal ini membuat Genderuwo terlihat memiliki rambut yang amat gondrong. Genderuwo sendiri bisanya tinggal di tempat yg pohon ato semak-semaknya lebat ato berbatu seperti bagian bawah jembatan tempo dulu.

5. Tuyul

photo via : palembang.tribunnews.com

Nah, kalau mahluk halus yang satu ini bisa dibilang pasti sering kita denganr dan juga lihat. Apalagi mahluk halus yang satu ini juga pernah dibuatkan sebuah sinetron yang amat terkenal diera 90 dan 2000-an. Siapalagi kalau bukan sinetron yang berjudul Tuyul dan Mbak Yul. Tuyul sendiri dikatakan memiliki perawakan anak kecil yang kerdil, kepala gundul, dan suka mencuri.

Tuyul juga kadang-kadang digambarkan bekerja pada seorang majikan manusia untuk alasan tertentu. Adapun tuyul digambarkan mempunyai sifat seperti anak-anak normal biasa dimana dia harus mencari induk semang sebagai ibu kandungnya. Dia digambarkan sebagai bayi yang mati baru beberapa bulan lalu dibangkitkan oleh dukun sebagai tuyul untuk tujuan-tujuan tertentu yang tidak baik.

Tuyul sendiri adalah salah satu cerita ataupun dongeng dari pulau jawa mengenai mahluk halus. KOnon juga katanya, Tuyul memiliki sifat yang sama dengan balita pada umumnya. Dalam berbagai macam film tuyul dijelaskan sebagai sebuah roh suruhan dari induknya guna mencari kekayaan dengan cara mencuri dari orang-orang kaya atau yang disuruh induk semangnya. Tuyul mirip dengan Imp, sebenarnya makhluk ini tidak berbahaya tapi yang berbahaya itu manusia yg memanfaatkan mereka.

6. Wewe Gombel

photo via : youtube.com

Nah ini satu lagi yang tak kalah seramnya dibandignkan mahluk halus lainnya. Apalagi kalau bukan Wewe Gombel. Wewe Gombel sendiri merupakan sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Menurut kepercayaan orang Jawa, Konon anak yang dicuri oleh Wewe Gombel adalah anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel ini biasanya datang dan menakut-nakuti orang tua dari si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya tersebut hingga akhirnya mereka sadar akan perbuatan yang mereka lakukan. Apabila mereka sudah sadar, Wewe Gombel nantinya akan mengembalikan anak tersebut.

Menurut cerita orang-orang jaman dulu, Wewe Gombel adalah roh dari seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya. Hal tersebut Peristiwa itu terjadi ketika sang suami diketahui setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami sendiri melakukan hal tersebut karena istrinya sudah tidak bisa memberikan anak yang sangat diharapkan oleh si suami. Hal inipun membuatnya jadi dijauhi dan dibenci oleh suaminya sendiri lalu dikucilkan oleh warga sekitar sampai wanita ini menjadi gila dan gembel.

Adapun ciri-ciri dari mahluk halus yang satu ini adalah seorang perempuan yang memiliki wajah buruk atau kasar, dengan rambut yang panjang, pakaian dari kain yang amasedikit seperti gembel, memiliki payudara yang amat panjang hingga ke paha dan memiliki telinga yang panjang dan runcing. Wewe Gombel memiliki watak yang liar, suka berisik, cekikikan, jahil, suka menculik orang terutama anak kecil, namun amat jarang untuk dibunuh. Wewe gombel ini sendiri biasanya hidup secara berkelompok di hutan-hutan, ataupun di pohon-pohon yang berukuran tinggi besar.

7. Onggo-Inggi

photo via : pandanaranbayat.blogspot.com

Mahluk halus lainnya adalah Jin yang tinggal di perairan yang bernama Onggo Inggri. Onggo Inggi ini ememiliki watak dan sifat yang jahat karena kerap kali memakan korban dan juga amat suka memekan korban manusia. Mereka biasanya tinggal di tempat-tempat berair seperti sungai besar ataupun di danau-danau. Jika dilihat dengan mata telanjang, Mahluk halus yang satu ini memiliki wujud berupa kepala manusia tanpa badan dengan rambut yang sangat panjang dan bisanya bergerak berjalan-jalan di dalam air. Mahluk halus yang satu ini sering kali memakan korban orang-orang yang sedang berenang di perairan.

Mereka biasanya menyerang dengan jalan membelit korbannya yang sedang berenang tersebut menggunakan rambut panjang miliknya. Setelahnya, korbannya itu akan dibawa ketengah hingga kelelahan hingga selanjutnya mereka ditarik ke dalam air. Kalau sudah seperti itu, amat sulit untuk bisa mendapatkan korban yang hilang tersebut. Terkadang juga, apabila Onggo Inggi dipercaya mengambil korban manusia, maka jasadnya akan dimakan dan tidak ditemukan kembali.

8. Uwel

photo via : youtube.com

Kalau mahluk yang satu ini mungkin tidak semua orang yang tahu, bahkan mimin sendiri baru tahu istilah ataupun namadari mahluk halus yang satu ini. Uwel sendiri adalah mahluk Jin air yang keberadaannya mirip seperti Onggo Inggi. Hanya saja, hingga saat ini masih belum ada orang yang mampu menggambarkan bentuk kasat mata dari Uwel ini. Sama seperto Onggo Inggi, Uwel juga amat senang memangsa korban nya yang sebagian besar tentu saja manusia. Tapi untuk mahluk yang satu ini mungkin bisa dibilang tidak pandang buluh. karena Uwel bukan hanya memangsa manusia, tapi juga mereka juga memangsa hewan yang berada di perairannya.

Berdasarkan salah satu kesaksiannya, Uwel pernah diketahui memangsa kerbau yang sedang dimandikan di sungai. netah darimana datangnya, tiba-tiba saja ada pusaran air di tengah sungai yang muncul dan kerbau itu mulai terseret ke tengah sungai. Badan kerbau yang amat besar itupun berputar2 mengikuti pusaran, dengan posisi kaki di atas dan kepala terbenam ke air. Setelah pusaran itu berhenti, kerbau tersebut terlihat telah mati mengambang. Setelah bangkai kerbau tersebut dibawa ke pinggir sungai dan ditengok, ternyata kepala kerbau tersebut telah berlubang tepat pada bagian ubun-ubun dari sapi tersebut. Setelah itu, orang-orang mulai percaya bahwa kerbau itu telah dibunuh oleh Uwel dan darahnya dihisap.

9. Wilwo

photo via : laman22.blogspot.com

Mahluk halus lainnya yang akan kita bahas selanjutnya adalah Wilwo. Wilwo sendiri merupakan Jin yang memiliki wujud seperti manusia, namun memiliki wajah yang bopeng. Selain wajahnya yang bopeng, Wilwo juga memiliki ciri-ciri yakni tangannya yang panjang hampir setinggi badannya. Seperti yang diketahui, Jin yang satu ini suka sekali menggoda anak2. Jika diektahui ada anak2 yg sedang bermain di luar rumah sampai melebihi maghrib, biasanya jin ini akan mendatangi anak-anak tersebut.

Anak-anak ini nantinya akan diajak bermain seperti digendong, ditimang-timang dan yang lainnya. Tapi, meskipun apa yang dilakukan oleh mahluk halus ini hanyalah bermain dengan si anak, Anak-anak ini akan menangis dikarenakan pengaruh pengaruh gaib dari mahluk yang satu ini. Tentu saja dengan adanya hal ini, orang tua si anak akan menjadi amat cemas. Meskipun demikian, hantu yang satu ini tidak pernah menyakiti siapapun. Tentu saja hantu yang satu ini tidak sejahat hantu wewe ataupun Genderuwo yang suka menculik anak dan tidak akan memulangkan anak tersebut.

mahluk ini sendiri, biasanya mendatangi anak-anak tersebut untuk diajak bermain, tapi tentu saja tetap memulangkan anak-anak tersebut setelah selesai diajak bermain. Konon katanya, Wilwo sering kali muncul di daerah lereng gunung Merapi. Keberadaan dari mahluk ini sendiri bisa dibilang amat dimaklumi oleh penduduk sekitar lereng gunung Merapi.

10. Memedi Colok

photo via : hantupedia.com

Mahluk yang satu ini merpakan sejenis jin yang bertujuan menakut-nakuti orang-orang. Ia memiliki wujud sebuah nyala api seperti lilin. Mahluk halus yang satu ini biasanya bergerak mengambang di udara. Sering kali mahluk ini senang mengecoh orang-orang yang sedang keluar malam. Kalau kamu bertemu dengan mahluk-mahluk ini saat malam tiba, dari kejauhan gerombolan mahluk ini terlihat seperti orang-orang yang sedang membawa obor namun tidak ada orang-orangnya. Alias kobaran abi obor saja yang mengambang di udara. Terkadang mahluk-mahluk ini akan mengejar orang-orang sampai ketakutan. Meskipun mahluk ini jahil dan sering kali menakut-nakuti orang-orang, namun hingga saat ini belum ada kasus dimana orang sampai mati gara-gara melihat mahluk yang satu ini.

11. Bolosewu

Mahluk ini juga merupakan sejenis jin yang memiliki jumlah yang banyak dan biasanya tinggal di daerah pegunungan. Dulu pernah ada sebuah kejadian, dimana seorang hiking di Gunung Lawu yang mana ia membabati semak-semak yang ada untuk mencari sebuah jalur baru. Setelah sesampainya di rumah, entah kenapa ia merasa kakinya amat berat dan susah digerakkan yang membuat dirinya tdak bisa berjalan. Jangankan berjalan, berdiripun susah untuk dilakukannya. Hal ini telah berlangsung setidaknya sebulan lamanya. Baru setelah diobati ke orang pintar, diketahui jika kaki orang ini dirasuki oleh jinBoloseweu yang tidak terima rumahnya dirusak saat si Hiking ini membabat semak untuk membuat jalan baru.

Baru setelah diobati secara magic / non medis, barulah kakinya sedikit demi sedikit mulai sembuh. Beberapa orang lainnya, kususnya orang-orang yang menganut ilmu kejawen, mereka bahkan mampu memanfaatkan jin Bolosewu ini untuk digunakan sebagai bagian ilmu beladiri. Caranyapun cukup sering kita lihat ataupun dipraktekkan oleh orang-orang. Yakni, Sang penganut ilmu Kejawen ini mengundang jin Bolosewu ini menggunakan mantra-mantra yang lalu dirasukkan ke dalam tubuh. Dengan menggunakan cara ini, tubuh pengguna Jin ini akan lebih kuat, kebal dan serangan yang dimilikinya pun akan menjadi lebih penuh tenaga.

12. Kuncung dan Gombak

Dua buah mahluk halus ini adalah sejenis jin yang memilki hubungan kekerabatan. Namun belum ada yang tahu seperti apa wujud asli dari mahluk yang satu ini. Karena belum ada yang melihat secara kasat mata sosok mereka. Meksipun begitu, Jin yang satu ini bisa dibilang tergolong jenis Jin yang nakal. Mereka memiliki hobi untuk merasuki orang-orang yang membuat orang-orang yang dirasukinya jadi meracau, teriak-teriak, yang kemudian si korban jatuh sakit selama berhari-hari.

Untuk mengusir jin yang satu ini dari tubuh orang yang dirasukinya terbailang susah-susah gampang. Karena kita baru bisa mengusirnya harus dengan jalan berkomunikasi, yakni mereka harus ditanyakan apa maunya dan biasanya mereka akan meminta makanan tertentu. Salah satu makanan yang sering diminta oleh Jin jenis ini adalah Gecok. Gecok merupakan makanan khas Jawa yang konon katanya amat disukai oleh mahluk yang satu ini. Mahluk-mahluk ini biasanya tinggal di hutan-hutan. Mereka biasanya banyak ditemui dan tinggal di Hutan Roban.

13. Kanthong Kiwil

Mahluk Halus yang selanjutnya bernama Kanthong Kiwil. Mahluk ini memiliki wujud yang mirip seperti manusia dan biasanya memakai pakaian kemeja Jawa hitam. Selain memakai kemeja Jawa hitam, mahluk jenis ini juga biasanya memanggul buntelan besar yang terbuat dari kain. Biasanya mereka keluar malam-malam dan akan meminta tukang ojek ataupun tukang becak untuk mengantarkannya ke suatu tempat. Meskipun mahluk ini minta untuk diantar, tapi mereka tidak mau berbicara dan biasanya menggunakan tanda ataupun bahasa isyarat untuk bisa berkomunikasi dengan orang-orang.

Meskipun terlihat polos seperti itu, namun buat kamu yang bertemu dengan mahluk ini haruslah berhati-hati. Karena mahluk yang satu ini cukup kejam kepada orang-orang yang menghina ataupun mengatakan hal-hal buruk tentang mahluk ini. Ada sebuah kisah kesaksian diamna seorang tukang becak diminta untuk mengantar mahluk yang satu ini ke suatu tempat. Karena si TUkang becak ini tidak tahu dan menggumaam hal buruk tentang si mahluk, yang alhasil, Kanthong Kiwil ini tiba-tiba turun dari becak dan melempar becak tersebut beserta tukang becaknya yang masih duduk diatas sadel becak ke sungai. UNtung saja tidak terjadi apa-apa pada tukang becak tersebut.

14. Engklek-Engklek

photo via : hantupedia.com

Mahluk halus lainnya yang amat ditakuti oleh orang Jawa jaman dulu adalah Engklek-Engklek. Mahluk ini memiliki wujud yang menyeramkan yang menyerupai monster dengan wujudnya yang tinggi kurus. Mahluk ini biasanya berkeliaran di kuburan membawa bangkai. Orang-orang yang melihat nahluk ini biasanya mengangap bangkai yang dibawa oleh mahluk ini merupakan sebuah mayat yang diambil dari kuburan. Apabila mahluk ini muncul, biasanya memiliki suara yang khas yakni “klek… klek… klek!”. Tentu saja dengan suaranya yang amat nyaring tersebut ia memcah kebuntuan dan keheningan malam. Kalau saat ini, sudah amat jarang kita bisa mendengar tentang kisah-kisah mengenai mahluk halus yang satu ini. Namun, bukan tidak mungkin jika di suatu derah-daerah terpencil lainnya, mahluk yang satu ini masih tetap ada dan menghantui kuburan sekitar tempat tersebut.

15. Jelangkung

photo via : www.kincir.com

Sebenarnya yang satu ini merupakan sebuah permainan pemanggilan arwah di Indonesia yang sebenarnya hal tersebut amat tabu untuk dilakukan. Diantara sekian banyak orang, hanya orang-orang nekat sajalah yang melakukan hal ini dan juga orang-orang yang tidak tahu tentang resiko dari apa yang mereka lakukan. Permainna ini melibatkan para roh-roh penasaran yang ada du dunia ini. Para arwah-arwah yang dipanggil ini sebenarnya mereka sedang kebingungan mencari jalan dan ingin menuju ke alam baka. Namun dalam perjalanan, mereka malah terseret oleh sebuah permainan panggilan manusi yang memanggil namanya, Tentu saja karena telah mengganggu perjalanan mereka, para arwah-arwah ini biasanya akan meminta pertanggungjawaban lebih dari para manusia yang tiba-tiba memanggil mereka.

Baca Juga