Manfaat Magang Buat Kamu Para Mahasiswa

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ada banyak mahasiswa yang mengambil kegiatan magang hanya ala kadarnya saja atau sebagai formalitas saja sebagai bagian dari persyaratan kelulusan. Bahkan ada juga yang malas untuk mengambil kegiatan magang karena berbagai alasan. Padahal, kegiatan magang memiliki peran yang penting dalam menunjang karier seorang mahasiswa di masa depan lho.

Magang sendiri merupakan proses untuk menerapkan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan, di dunia kerja secara langsung. Peserta magang bisa memahami sistem kerja yang profesional di industri sebenarnya. Bahkan bisa dibilang kalau magang merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan.

Maka dari itu, sudah seharusnya ketika magang kamu melakukannya dengan serius. Ambil semua informasi dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Jangan hanya asal-asalan yang penting persyaratan kelulusan dapat terpenuhi. Karena dengan melakukan magang dengan baik dan serius, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat. Apa saja manfaat tersebut? Untuk itu, berikut beberapa manfaat magang buat para mahasiswa yang wajib kalian ketahui. So let’s check it out guys!

1. Pengalaman kerja

Manfaat Magang Bagi Para Mahasiswa

photo via citycv.com

Manfaat magang untuk para mahasiswa yang pertama tentu saja mendapat pengalaman bekerja yang tidak akan kamu dapatkan jika hanya belajar di bangku kuliah saja. Dengan magang, kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman kerja yang bisa membantumu menghadapi dunia kerja yang sebenarnya. Setidaknya, kamu bisa mengetahui tata cara menghubungi atasan, berkomunikasi dengan rekan kerja, etika kerja sama tim, dan sebagainya.

Bahkan kamu bisa menjadikan pengalaman kerja saat magang untuk memenuhi persyaratan harus berpengalaman saat melamar kerja di sebuah perusahaan.

2. Mengembangkan keterampilan

Manfaat magang bagi mahasiswa berikutnya adalah dapat mengembangkan keterampilan. Di perusahaan tempat magang tersebut, kamu akan mendapatkan feedback dari rekan kerja atau atasan terkait performamu. Mulai dari kritikan, saran, nasihat hingga ilmu baru bisa kamu dapatkan dari tempat magang kamu. Dari situ, kamu bisa mengasah keterampilan serta mengevaluasi diri secara mandiri.

Jikapun kamu merasa bingung, kamu bisa langsung bertanya kepada orang yang telah berpengalaman dibidangnya, baik senior kamu ataupun atasan kamu. Jadikan mereka sebagai guru atau dosen kamu di tempat magang dan curi ilmu dari mereka sebanyak-banyaknya. Ketika magang selesai, dijamin kamu akan mendapatkan berbagai macam ilmu baru dan pengalaman baru yang membantumu untuk siap menghadapi dunia kerja.

3. Meningkatkan wawasan

Meningkatkan wawasan juga menjadi salah satu manfaat magang bagi mahasiswa yang kerap disepelekan. Ini karena dengan magang, kamu akan mengalami berbagai hal yang sebelumnya belum pernah kamu hadapi saat belajar di dalam ruangan kelas. Misalnya saja pengalaman meeting langsung dengan klien, pengalaman berhadapan langsung dengan customer yang cerewat, berhadapan langsung dengan atasan, dan masih banyak lagi hal-hal yang menambah wawasan dan pengalaman kamu di dunia kerja.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat Magang Bagi Para Mahasiswa

photo via mentalfloss.com

Dengan mengikuti program magang, kamu jadi bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu ketika ingin melamar pekerjaan disebuat perusahaan. Ini karena kamu telah dibekali dengan ilmu, wawasan dan mental yang kuat saat magang sehingga saat melamar pekerjaan kamu menjadi siap dan lebih percaya diri. Walaupun saat diterima bekerja kamu akan di latih kembali, namun setidaknya, kamu sudah memiliki basic yang kuat sehingga kamu tinggal menerapkan apa saja yang sudah dipelajari saat magang.

5. Tingkatkan kualitas diri

Dengan mengikuti program magang, kamu akan terus belajar mengenai bidang yang kamu suka. Kemampuan kamu juga akan terus diasah secara langsung oleh atasan, rekan kerja ataupun kolega kamu.

Tentu hal ini akan sangat berdampak positif ke semua aspek dalam hidup kamu. Dengan terus tumbuh dan belajar, kamu akan memiliki kualitas yang hebat dalam bidang yang kamu suka. Ini akan menjadi nilai plus saat kamu melamar pekerjaan setelah wisuda.

6. Belajar bersosialisasi

Manfaat magang bagi mahasiswa berikutnya adalah dapat belajar bersosialisasi. Perlu diketahui bahwa bergaul dengan teman-teman kuliah sangatlah berbeda dengan teman atau rekan kantor. Di dunia kerja, seakrab apapun kamu dengan teman di kantor, ada batasan profesionalisme yang harus dijaga.

Misalnya saja, kamu akrab dengan teman A yang berada di departemen yang berbeda denganmu. Namun saat memeriksa hasil teman A tersebut, kamu tetap harus bisa bersikap objektif dan tidak begitu saja menerima suatu laporan hanya karena kalian dekat secara personal. Selain itu, kamu juga bisa belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan teman kantor ataupun dengan atasan. Nah hal-hal yang bersifat profesional ini bisa kamu dapatkan saat magang. Sehingga nantinya, ketika bekerja di dunia kerja yang sebenarnya, kamu bisa menjadi pribadi yang profesional.

7. Membangun jaringan profesional

Manfaat Magang Bagi Para Mahasiswa

photo via conovercompany.com

Ini menjadi salah satu alasan kenapa kamu tidak boleh menyepelekan ataupun melewatkan program magang di kampus kamu. Pasalanya, dengan magang, kamu bisa membangun jaringan profesional. Semakin banyak relasi dalam lingkungan profesional, kamu akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk belajar keahlian dalam suatu bidang, mendapatkan mentor yang berpengalaman, dan mendapatkan berbagai kesempatan besar lainnya seperti mendapatkan partner bisnis, bahkan bertemu dengan seorang HR Recruiter yang bisa saja menawarkan kamu pekerjaan tetap di perusahaannya.

8. Menambah catatan di CV

Pengalaman menjadi salah satu bahan acuan penilaian bagi pewawancara yang akan mewawancaraimu saat kamu melamar pekerjaan. Tentu ini sangat membingungkan karena sebagai fresh graduate kita belum memiliki pengalaman. Maka dari itu, kamu wajib mengikuti program magang. Pasalnya, pengalaman magang bisa juga kamu masukkan dalam daftar resume. Dengan pengalaman yang sudah tertera di resume atau CV, perekrut tentu akan mempertimbangkan lamaran kamu dengan baik. Apalagi jika kamu mendapat predikat yang memuaskan dalam magang tersebut, maka peluang kamu untuk diterima di perusahaan tersebut semakin terbuka lebar.

9. Mendapatkan referensi kerja

Terkadang dalam melamar pekerjaan, resume atau CV dan portofolio tidak cukup untuk meyakinkan perekrut untuk menerima kamu bekerja di perusahaan tempatnya bekerja. Kamu juga butuh yang namanya referensi kerja. Referensi kerja sendiri adalah sebuah rekomendasi atau rujukan yang diberikan oleh mantan kolega atau perusahaan yang menunjukkan keterampilan dan keahlianmu dalam bekerja. Nah referensi kerja ini bisa saja atasan atau mentormu selama program magang karena mereka melihat kemampuan dan keterampilanmu yang sangat baik.

10. Dapat mengeksplor berbagai karier/pekerjaan

Manfaat Magang Bagi Para Mahasiswa

photo via entrepreneur.com

Dengan magang, kamu dapat kesempatan untuk mengeksplorasi karier. Pasalnya, magang dapat memperkenalkanmu pada tugas sehari-hari sebuah profesi tanpa komitmen yang kuat terhadap jalur karier tersebut. Dengan magang, kamu juga bisa memikirkan apakah pekerjaan yang kamu lakukan ketika magang memang bidang yang kamu minati atau tidak. Pengalaman tersebut akan sangat berguna bagi keputusan karier kamu selanjutnya. Bahkan dengan magang, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang dapat memberikan nasihat dan bimbingan terkait pemilihan jalur karier yang kamu minati.

11. Peluang untuk menjadi salah satu karyawan di sana terbuka lebar

Seperti yang kita tahu, program magang hanya berlangsung dalam beberapa bulan saja atau sekitar 3 bulan. Namun, itu tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan diberi kesempatan untuk menjadi karyawan tetap ketika lulus kuliah nanti. Saat kinerjamu bagus selama magang, bisa saja perusahaan tertarik denganmu dan menjadikanmu sebagai salah satu karyawan di sana. Hal ini akan sangat menguntungkan bagimu karena tidak perlu susah-susah lagi mencari pekerjaan. Apalagi perusahaan tersebut sesuai dengan minat kamu.

12. Penghasilan tambahan

Manfaat magang bagi para mahasiswa berikutnya adalah dapat menghasilkan uang tambahan. Meski tidak semua peluang magang menawarkan gaji atau upah namun ada banyak tempat yang menawarkan program magang berbayar, yang berarti kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja sambil menghasilkan uang pada saat yang bersamaan.

Namun upah yang kamu dapatkan tidak bisa disamakan dengan upah para karyawan tetap. Mungkin kamu bisa mendapatkan seperempat atau bahkan setengah dari pendapatan karyawan. Penghasilan yang kamu dapatkan dari magang tentu bisa sebagai tambahan biaya kuliah dan pengeluaran sehari-hari.

13. Latihan membaca karakter orang lain

Manfaat Magang Bagi Para Mahasiswa

photo via tun.com

Dengan magang, kamu juga bisa belajar bagaimana membaca karakter orang lain. Sebagai mahasiswa magang, kamu kerap kali akan ditugaskan di berbagai divisi yang berbeda. Pada saat itulah, secara tidak langsung kamu akan berlatih untuk memahami dan membaca karakter orang dalam lingkungan profesional.

Tanpa disadari, kamu akan banyak belajar bagaimana cara berhadapan dengan para rekan kerja dan atasan. Dan kamu jadi tahu cara terbaik untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi dengan efektif tanpa menimbulkan kesalahpahaman.

14. Mengenal politik kantor

Manfaat magang bagi para mahasiswa berikutnya adalah dapat mengenal politik kantor. Perlu diketahui, sebagian besar perusahaan pasti terdapat politik kantor yang sebenarnya tidak perlu untuk kita ketahui, hanya saja hal ini menjadi penting agar kita tidak ikut terjerumus ke dalam politik kantor yang bisa sangat merugikan para karyawan. Mulai dari persaingan antar karyawan, hingga saling menjatuhkan antar manajer. Hal-hal semacam itu, bisa saja terjadi di tempat kamu magang.

Dengan mengenal seperti apa politik kantor itu, kamu pun akan tahu pentingnya menghindari hal tersebut. Jikapun terjadi didepan mata kamu, tak usah ambil pusing. Cukup fokus dengan tugasmu seperti biasa, dan bersikaplah netral.

15. Belajar menghadapi perbedaan

Satu lagi manfaat magang bagi mahasiswa adalah dapat belajar menghadapi perbedaan. Meski di bangku kuliah, kita juga diajarkan untuk bersikap kritis dan memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda, namun hal tersebut berbeda jika di lingkup tempat kerja.

Akan ada banyak individu yang berbeda, sudut pandang yang berlainan, serta bermacam ide yang dilemparkan. Untuk itu, kamu harus belajar menghadapi perbedaan saat melakukan kerja magang karena hal itu bisa jadi latihan yang baik untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

Nah itu dia beberapa manfaat magang bagi para mahasiswa yang wajib kalian ketahui agar tidak menyepelekan program magang di kampus kamu. Semoga dengan mengetahui manfaat positif dari program magang ini, para mahasiswa jadi serius dalam menjalankannya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.