Menu Makanan Sehat Untuk Anak Kos



Untuk urusan makan, kebanyakan anak kos memang tidak terlalu memusingkannya. Mereka biasanya menyesuaikan menu makanan dengan isi kantong mereka. Jadi tak heran jika mie instan atau makanan instan lain selalu menjadi pilihan utama untuk anak kos. Padahal terlalu sering mengkonsumsi makanan instan berakibat buruk pada kesehatan mereka. Tapi sebagai anak kos, kita dituntut untuk bisa mengatur pola makan yang baik agar terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan karena pola makan yang tak sehat. Untuk itu, berikut beberapa menu makanan sehat yang cocok untuk anak kos, karena selain menyehatkan, bahan-bahannyapun sederhana dan murah, serta peralatan dapur yang digunakan sangat minimalis.

1. Omelet

photo via : www.vegetariantimes.com

Omelet adalah menu makanan yang paling mudah disajikan selain mie instan. Selain mudah dimasak, omelet juga lebih sehat dibanding mie instan yang mengandung banyak pengawet. Dalam pembuatannya, kalian hanya perlu mencampurkan telur dengan bahan-bahan lain yang kamu suka seperti keju, cabai, bawang bombay, bawang daun atau bahan lain yang membuat omeletmu semakin enak. Setelah itu kalian bisa memanggangnya di atas teflon hingga matang.

2. Telur rebus

photo via : http://www.ronamagz.com

Telur memang mengandung banyak protein yang dibutuhkan tubuh. Selain omelet kamu juga bisa membuat telur rebus biasa jika kamu kehabisan persedian bumbu ataupun minyak goreng di dapur kosmu. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Kentang rebus/kukus

photo via : http://www.thequaintcook.com

Jika kamu bosan makan nasi atau sedang diet, maka kentang bisa menjadi menu yang sehat dan tepat untuk kamu. Kamu bisa mengukus atau merebus kentangmu, walau tanpa bumbu, kentang kukus atau rebus juga nikmat apalagi kalau dicocol dengan madu.

4. Singkong rebus

photo via : http://bunda-inong.blogspot.com

Selain kentang, kamu juga bisa mengganti nasi dengan singkong rebus, selain lebih sehat, harga singkong juga relatif lebih murah daripada kentang. Jadi sangat cocok buat kalian para anak kos. Kalau kurang suka dengan rasa singkong saja, kamu bisa mengkreasikannya dengan menambahkan keju, coklat atau sambal agar rasanya lebih nikmat.

5. Roti bakar

photo via : http://hai.grid.id/

Roti bakar juga merupakan salah satu menu makanan sehat buat para anak kos. Selain membeli dengn harga yang terjangkau, kalian para anak kos juga bisa membuatnya dengan mudah di kos masing-masing. Dalam pembuatannya kamu hanya perlu beberapa lembar roti tawar, dan sebagai topingnya kamu bisa memilih, meses, gula, buah-buahan atau toping lainnya yang kalian sukai. Untuk memanggangnyapun sangat mudah tinggal menggunakan teflon yang tersedia di dapur kosmu. Tapi kalau kamu tidak memiliki kompor maupun teflon kamu bisa menggunakan setrika. Namun sebelum memanggang roti menggunakan setrika, jangan lupa untuk membalut roti dengan aluminium foil agar roti tidak lengket di besi setrikaan. Cara ini cukup hits dikalangan anak kos lho!

6. Sandwich

photo via : www.finedininglovers.com

Selain roti bakar, kamu juga bisa membuat sandwich sebagai alternatif pengganti nasi. Cara membuatnya juga cukup gampang. Kamu hanya perlu menambahkan sayuran seperti selada, mentimun, dan tomat. Tambahkan pula daging ham ataupun telur, keju, dan mayonaise pada roti kalian. Sandwich bisa dikatakan sebagai paket komplit karena sudah ada karbohidrat, protein hingga vitaminnya.

7. Pancake

photo via : www.marthastewart.com

Siapa bilang anak kos tidak mungkin membuat pancake? kalian juga bisa membuatnya dengan cara dan bahan-bahan yang sederhana kok! Hanya dengan susu, telur, tepung, dan sedikit gula, kamu sudah bisa membuat pancake sendiri. Topping-nya pun bisa divariasikan sesuai selera dan keuanganmu.

8. Sayur bayam bening

photo via : http://www.apagimana.com

Bayam merupakan salah satu sayuran favorit yang sering dikonsumsi oleh masyarakat kita. Bahkan sayur bayam juga banyak mengandung serat dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kamu bisa memilih menu ini sebagai menu pendamping nasi kalian agar lebih sehat. Cara membuat dan bumbu yang dibutuhkanpun sederhana.

9. Cah kangkung

photo via : http://harrania.com

Buat kalian yang tidak meyukai rasa sayur bayam, kamu bisa memilih cah kangkung sebagai sayuran pendamping nasi. Sama seperti sayur bayam, untuk membuat cah atau tumis kangkung juga tidak banyak menggunakan bumbu dan cara memasaknya juga mudah.

10. Sup sayur

photo via : sahadah.site

Sebagai anak kos, kamu juga harus tetap memperhatikan makananmu setiap harinya. Perbanyaklah memakan sayuran karena dapat membuat kalian lebih sehat. Untuk itu, sup sayur bisa menjadi alternatif yang cocok untuk para anak kos. Beli saja satu bungkus bahan sup yang biasanya dijual di pasar atau di toko-toko sayur. Cara masaknyapun sangat gampang segampang membuat mie instan.

11. Pecel

photo via : food.detik.com

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk memasak, kamu bisa memilih untuk warung yang menjual pecel untuk menu makanan kamu. Harga pecel relatif lebih murah dan juga lebih menyehatkan dibanding kamu membeli bakso ataupun nasi Padang. Pecel biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu, itupun sudah lengkap dengan kerupuknya. Meskipun hemat, namun gizinya juga lumayan karena ditopang dengan adanya sayur mayur yang menyehatkan.

12. Perkedel tahu dan tempe

photo via : http://incomesalvation.blogspot.com

Menu makanan sehat untuk anak kos selanjutnya adalah perkedel tahu dan tempe adalah kombinasi makanan murah sehat yang ideal. Perkedel tahu dan tempe yang terbuat dari bahan alami sudah pasti aman untuk tubuh. Tahu dan tempe selain harganya murah juga punya rasa yang enak. Cocok banget untuk teman makan nasi di kos.

13. Nasi goreng

photo via : http://berita.baca.co.id

Menu sejuta umat ini memang harus dikuasai oleh semua orang, termasuk anak kos. Selain mudah, pembuatan nasi goreng juga tak memerlukan waktu yang lama. Tambahkan suwiran ayam, bakso, telur, dan taburan daun bawang atau bahan lain yang kalian sukai. Irisan tomat dan mentimun juga bisa ditambahkan supaya makin cantik dan kaya rasa. Selain enak, nasi goreng juga termasuk makanan sehat untuk para anak kos. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >