10 Menu Sahur Sehat Dan Simple Untuk Jalani Puasa Seharian

4 minggu, by blogunik

Menu Sahur Sehat Dan Simple

Tak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadhan, bulan yang selalu dinantikan kehadirannya bagi umat Islam di seluruh dunia. Di bulan Ramadhan ini tentunya ada berbagai kegiatan yang telah lama dinantikan salah satunya yaitu waktu makan sahur. Ketika sahur, ada berbagai macam masakan yang dapat kita sajikan untuk keluarga. Hidangan ini tentunya harus bergizi agar selama menjalankan puasa kita selalu sehat.

Menyiapkan hidangan ketika sahur tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Nah untuk mengatasinya, ada baiknya persiapan bahan-bahan masak disiapkan jauh sebelumnya. Agar nantinya ketika waktunya, kamu hanya tinggal melanjutkan proses memasaknya saja. Buat kalian yang merasa bingung ingin memasak apa untuk sahur, berikut ini ada beberapa menu sahur sehat dan simple yang bisa kamu buat.

10 Menu Sahur Sehat Dan Simple

1. Capcay

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via yahoo.com

Makanan satu ini biasanya terbuat dari berbagai macam sayuran yang dicampur dengan beraneka ragam bumbu. Pada umumnya sayuran yang digunakan untuk capcay ini terdiri dari wortel, kol putih, kembang kol, sawi hijau dan lainnya. Selain sayuran, biasanya capycay ini juga ditambahi dengan daging ayam. Capcay ini sangat nikmat jika disantap ketika masih panas dengan nasi putih hangat.

2. Sayur Asem

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via doyanresep.com

Sayur asem juga bisa kamu jadikan menu andalan ketika sahur. Masakan khas Indonesia ini memiliki banyak sekali variasinya. Terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, daun melinjo, jagung, kacang tanah, buah melinjo, asam muda dan lainnya. Bahan-bahannya bisa dikatakan cukup banyak, maka dari itu siapkan bahannya jauh-jauh jam sebelumnya. Seperti namanya, sayuran ini memiliki cita rasa asam yang menyegarkan yang akan membuatmu lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas di luar.

3. Sayur Bayam Bening

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via yummy.co.id

Menu sehat selanjutnya yang bisa kamu sajikan ketika sahur adalah Sayur Bayam Bening. Masakan satu ini tergolong sangat mudah dibuat sehingga tidak memerlukan persiapan yang terlalu banyak. Kamu hanya perlu menumis bayam dengan bawang merah, bawang putih serta berbagai macam bumbu pelengkap lainnya. Membanyangkannya saja sudah sangat nikmat dipadukan dengan berbagai macam lauk goreng.

4. Telur Berenda

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via idntimes.com

Pasti kalian memiliki telur dirumah kan? Nah agar menu sahur-mu semakin nikmat kalian bisa membuat telur berenda. Cara memasak telur berenda ini juga sangat mudah, kamu hanya memerlukan telur, sambal terasi dan daun bawang saja. Citarasa pedas dan gurih pun bisa kamu nikmati, jangan lupa dampingi dengan nasi yang hangat.

5. Tumis Labu Siam

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via food.detik.com

Masakan satu ini pastinya akan menggoyang lidah keluargamu di rumah yaitu tumis labu siam. Tak hanya dapat disajikan sebagai menu sehari-hari saja, menu makanan ini juga sangat cocok disajikan ketika sahur. Tumis labu siam ini terdiri dari labu siam, cabe merah besar, cabe rawit, bawang putih, bawang merah dan lainnya, makanan ini juga bisa ditambahkan dengan ebi agar rasanya semakin mantap. Menu ini sangat cocok disajikan dengan telur atau tempe goreng.

6. Oseng Tempe Teri

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via tokopedia.com

Tempe menjadi salah satu menu makanan yang sehat dan banyak disukai orang-orang. Jika anggota keluargamu menyukai menu makanan satu ini, tidak ada salahnya kamu membuatkannya oseng tempe teri. Rasa nikmat tempe pun berpadu dengan rasa pedas dan rasa teri yang nikmat.

7. Tumis Kangkung

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via doyanresep.com

Menu sahur lainnya yang bisa kamu coba dirumah selanjutnya yaitu tumis kangkung. Kangkung dikenal memiliki tekstur yang renyah dan sangat nikmat disajikan selagi panas. Ketika menumis kangkung, kamu juga bisa menambahkan ebi agar rasanya lebih nikmat lagi. Tapi jika tidak memiliki ebi, daging pun bisa digunakan.

8. Sapo Tahu

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via dapurkobe.co.id

Sapo Tahu merupakan salah satu jenis masakan yang berasal dari Tiongkok. Makanan ini dikenal sebagai masakan untuk vegetarian karena tidak menggunakan daging atau ikan melainkan hanya sayur-sayuran saja. Namun kini, menu makanan ini memiliki beragam variasi salah satunya dapat dicampurkan dengan potongan dada ayam atau udang yang pastinya nikmat. Sapo Tahu ini begitu nikmat jika disantap hangat-hangat.

9. Pokcoy Tumis Bawang Putih

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via xinshouse.com

Menu sahur satu ini selain memiliki rasa yang enak, cara membuatnya pun sangat mudah. Yang kamu perlukan untuk membuat masakan satu ini yaitu pokcay dengan segala jenis bumbu seperti bawang putih, jahe, saus tiram, kecap asin dan lainnya. Meskipun masakan ini tergolong sederhana, namun rasanya sangat lezat.

10. Tumis Kol Pedas Ikan Asin

Menu Sahur Sehat Dan Simple

photo via masakanenakmudah.blogspot.com

Keluargamu penggemar ikan asin? Kenapa tidak membuatkan mereka tumis kol pedas ikan asin saja. Dijamin menu sahurmu semakin mantap dengan adanya ikan asin tersebut. Menu makanan ini hanya memerlukan bahan-bahan seperti ikan asin, bawang putih, bawang merah, cabe rawit, cabe keriting, lada, kaldu bubuk, gula pasir dan air matang.

 

Itulah menu sahur sehat dan simple untuk menjalani puasa seharian. Bagaimana menu-menu diatas menggiurkan bukan? Yuk sajikan menu-menu sahur untuk keluarga tercinta dengan sajian seperti diatas.

0
Artikel Terkait