21 Misteri Besar Yang Masih Tersembunyi di Dalam Samudra


    Alam


Laut adalah bagian paling luas yang menutupi planet bumi ini dengan sejuta misterinya. Dengan luasnya yang mengambil 70 % dari planet bumi menjadikan laut atau samudra sangat sulit untuk dijelajahi. Bahkan para astronot yang sudah menjelajah bulan, belum tentu juga dapat menjelajah keseluruhan samudra di dunia ini.

Lautan merupakan habitat terbesar yang ada di bumi ini, namun kita hanya mengetahui kurang lebih hanya 1 % saja dari luasnya dasar laut yang ada. Banyak misteri yang belum terpecahkan dan masih tersimpan bagaikan bersembunyi dari kehidupan luar. Berikut ini adalah beberapa misteri dasar laut yang akan membuat kalian tidak percaya dengan keberadaannya! Penasaran? Yuk cek langsung!

 

1. Giant Oarfish

photo via : www.spokedark.tv

Mungkin yang baru melihat gambar ini akan mengira jika di dalam foto tersebut adalah ular pinton ataupun anaconda yang terkenal memiliki tubuh raksasa. namun nyatanya makhluk panjang difoto tersebut adalah ikan oar yang bisa dibilang dengan ikan oar raksasa!. Ikan langgka ini memiliki panjang yang bisa mencapai 11 m, walaupun jarang atau hampir tak pernah terlihat kepermukaan laut, namun beberapa kali ikan raksasa ini terdampar dengan keadaan tidak berdaya dipinggir laut.

 

2. Adanya Proses Fotosintesis Di Dalam Laut

photo via : www.scientificamerican.com

Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya, bagaimana bisa didasar laut bisa melakukan proses fotosintesis, dimana kita tahu di dalam laut mungkin tidak ada cahaya matahari yang merupakan modal utama untuk melakukan fotosintesis. Namun itulah yang terjadi pada beberapa bakteri yang berada didekat ventilasi hidrotermal, mereka menggunakan cahaya redup atau bisa dikatakan cahaya remang-remang untuk berfotosintesis dan menghasilkan makanan untuk mereka sendiri. Hingga saat ini para ilmuwan masih mencoba mencari tahu kenapa semua itu bisa terjadi.

 

3. Upsweep

Pasti banyak yang belum tahu tentang apa itu Upsweep, yak memang Upsweep masih menjadu misteri yang belum terpecahkan bahkan oleh para ilmuwan dibidangnya. Upsweep merupakan suara misterius yang timbul di dalam samudra dan paling aktif terdengar pada musim semi dan musim gugur. Bahkan NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration)yang bertugas untuk memantau dan mendengarkan suara-suara yang timbul diseluruh lautan didunia juga masih belum tau asal dari suara Upsweep tersebut walaupun suara-suara lain sudah dapat diidentifikasi.

 

4. Vampire Squid

photo via : news.nationalgeographic.com

Dari namanya saja sudah terdengar ngeri kan sobat? Cumi-cumi vampir adalah makhluk yang menghuni bagian terdalam laut dan masih sangat jarang ditemui. Kelebihan cumi-cumi vampir ini adalah ia dapat mengeluarkan cahaya sendiri melalui tip dan ujung-ujung tentangan disetiap sisinya, jika teganggu, cumi-cumi ini akan mengeluarkan tinta yang bersinar.

 

5. Anomali Baltik

photo via : www.fanwave.it

Anomali Baltik adalah benda berukuran raksasa yang masih menjadi misteri di lautan Baltik. Beberapa orang mengatakan bahwa benda itu adalah artefak pra-zaman es atau perangkat anti kapal selam Nazi. Yang membuat lebih aneh lagi adalah rusaknya peralatan listrik para penyelam yang ingin meneliti lebih jauh benda ini ketika berada dekat dengan benda tersebut. Tak hanya itu sinyal radio yang kuat pun terputus saat berada didekat benda misterius ini.

 

6. Anglerfish

photo via : dearnsavage.blogspot.co.id

Salah satu dari miliaran makhluk misterius yang menghuni bagian laut terdalam adalah Anglerfish. ikan yang mirip dengan zombi ini memiliki antena didahinya dengan ujung yang bercahaya. Antena tersebut digunakan untuk memancing mangsa sebelum melahapnya dengan mulut yang mirip dengan tokoh badut di film “it” tersebut.

 

7. Bloop

Selain Upsweep, Bloop merupakan suara lain yang masih menjadi misteri yang sedang ditangani oleh NOAA. Yang membuatnya unik, bunyi ini terdeteksi ditempat pemantauan yang jaraknya lebih dari 3.100 mil. NOAA sempat menyimpulkan bahwa bunyi itu adalah suara es memecahkan gletser, namun beberapa ilmuwanya masih percaya bahwa itu kemungkinan adalah suara makhluk laut yang masif.

 

8. Sea Gooseberry

photo via : libutron.tumblr.com

Hwan transparan dengan benda bercahaya menyerupai lighstick didalamnya ini meupakan ubur-ubur yang bersembunyi dikedalaman laut paling dalam. Dijuluki gooseberry laut, spesies ctenophore ini memiliki tentakel panjang yang lengket yang digunakannya untuk menangkap partikel dan hewan kecil. Tidak seperti kebanyakan ubur-ubur, jenis Gooseberry ini tidak menyengat.

 

9. Undersea Bacteria

photo via : www.paoshouji.com

Pasti diantara kalian banyak yang menyangka jika tak akan ada yang bisa hidup dibawah dasar laut dan menjalani kehidupan disana. Namun para ilmuwan menemukan bakteri yang hidup 1.000 kaki (300.) dibawah dasar laut. Bakteri ini ditemukan dengan cara pengeboran melalui sendimen dan kerak bumi. Merka mengatakan bahwa bakteri itu sudah hidup lebih dari jutaan tahun.

 

10. Bigfin Squid

photo via : cornerofthecabinet.com

Cumi-cumi Bigfin ini pertama kali terlihat dilepas pantai Hawaii pada pertengahan tahun 2000an dan hampir tak sempat difoto. Cumi-cumi ini bisa tumbuh dengan tentakel mencapai 5m.

 

11. Battle Snail

photo via : www.patrasevents.gr

Mungkin kebanyakan dari kita tahu bahwa siput memiliki tubuh yang lunak dan mengandalkan cangkangnya sebagai perlindungan diri. Namun ada salah satu jenis siput yang ditemukan di samudra HIndia sana yang menggunakan senyawa besi untuk melindungi bagian bawah sang siput. Saking uniknya siput ini bahkan diteliti oleh Militer AS untuk dijadikan contoh pakaian tempurnya.

12. Hydrothermal Vent Worms

photo via : www.stephenlow.com

Kehidupan bawah laut yang masih menjadi misteri adalah ditemukannya makhluk laut yang disebut dengan Hydrothermal Vent Worms. Makhluk laut satu ini ditemukan di bagian laut terdalam, mempunyaio bentuk yang unik menyerupai wadah lipstik yang berwarna merah. Cacing satu ini tidak mempunyai mulut dan sistem pencernaan. Maka dari itu cacing ini bergantung pada hubungan dengan bakteri yang menggunakan bahan kimia untuk membuat makanan yang bisa mereka serap.

 

13. Gonatus Onyx

photo via : www.realmonstrosities.com

Cumi-cumi satu ini memang sulit ditemukan karena memang habitatnya ada di bagian laut terdalam, cumi-cumi yang memiliki nama latin Gonatus Onyx ini membawa telur dengan tentakel-tentakelnya selama berbulan-bulan hingga saat telurnya menetas.

 

14. Cold Water Corals/Karang Air Dingin

photo via : phys.org

Kebanyakan orang menganggap jika terumbu karang hanya bisa tumbuh di lautan dengan iklim tropis, namun siapa sangka beberapa tahun lalu ditemukan sejumlah terumbu karang yang tumbuh di lautan yang dingin seperti Norwegia. Bahkan kumpulan terumbu karanmg ini mencapai luas hingga 100km persegi.

 

15. Leptocephalus Giganteus

photo via : www.picquery.com

Sepanjang sejarah kelautan, makhluk satu ini hanya baru ditemukan 2 kali saja, dimana yang pertama ditemukan di lepas pantai Afrika Selatan. Makhluk yang mirip belut raksasa ini memiliki panjang hingga 21m. Hingga saat ini keberadaan belut raksasa ini masih menjadi misteri dasar laut.

 

16. Frilled Shark

photo via : edition.cnn.com

Hiu yang ditemukan didasar laut ini memiliki penampilan yang jauh berbeda dengan hiu biasanya. Hiu langka ini kadang-kadang disebut dengan fosil hidup karena ciri primitifnya. Hiu ini memang jarang terlihat bahkan oleh mangsanya, yang mana hal tersebut digunakan sebagai jebakan untuk menipu mangsanya. Hiu ini dapat mengencangkan tubuhnya dan melompat kedepan seperti ular untuk menerjang mangsanya.

 

17. Mariana Trench Mystery Shark

photo via : www.youtube.com

Saat meneliti kehidupan laut paling dalam di teluk Suruga, Ilmuwan Jepang malah dikejutkan dengan munculnya hiu raksasa ke permukaan laut saat mereka menaruh sejumlah umpan untuk menarik perhatian bawah laut. Sesuatu yang mereka tidak duga muncul, hiu dengan tinggi sekitar 9m. Beberapa orang mengatakan jika hiu itu adalah hiu tidur Pasifik terbesar yang pernah mereka lihat, namun ada pula yang mengatakan jika hiu itu adalah bukti bahwa Megalodon masif dan Masifodon masih ada.

 

18. Pusaran Air Bawah Laut

photo via : gid.travel

Pusaran air yang selama ini kita lihat berada dipermukan laut, namun bukan di dalam laut. Namun dalam kasus ini ditemukan pusaran air di dasar laut terdalam. Pusaran air dalam laut ini bisa melepaskan diri dan berputar-putar seperti piring terbang, membawa panas, bahan kimia, dan organisme yang melintasinya dapat ikut terseret.

 

19. Cumi-Cumi Raksasa

photo via : www.theodysseyonline.com

Cumi-cumi raksasa memang masih menjadi misteri tentang populasinya apakah masih ada ataukah sudah punah. Namun pada tahun 2012 lalu untuk pertama kalinya cumi-cumi raksasa ini difilmkan, yang membuat orang-orang percaya bahwa cum-cumi dengan panjang hingga 13m dan berat yang mencapat 450kg ini masih ada walaupun sangat jarang ditemukan.

 

20. Cumi-Cumi Kolosal

photo via : joeannhart.com

photo via : guerillascience.org

Berbeda dengan cumi-cumi raksasa yang tangan dan tentakelnya yang berjajar gigi-gigi kecil, maka cumi-cumi kolosal mempunyai kelebihan lain yaitu dilengkapi dengan kait yang tajam. Cumi-cumi kolosal disebut sebagai cumi-cumi terbesar didunia karena panjangnya melebihi cumi-cumi raksasa yaitu mencapai 14m. Beberapa orang berspekulasi bahwa cumi-cumi kolosal mungkin merupakan jawaban dari misteri Kraken, makhluk laut dalam kisah-kisah mitos atau legenda yang digambarkan berukuran amat besar & bisa menenggelamkan kapal-kapal dengan tentakelnya.

21. Macropinna Microstoma

photo via : thenewgentleman.co.uk

Ikan satu ini mungkin salah satu ikan dengan penampakaan yang cukup aneh yang ditemukan di bagian laut paling dalam. Kepalanya dibungkus dengan kulit yang transparan sehingga organ dalamnya dapat terlihat. Selain itu ikan ini juga mempunyai mata berbentuk barel yang mengarah keatas dimana otaknya berada dan dapat diputar kedepan jika berubah posisi.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >