Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya

8 bulan lalu

Mitos ataupun takhayul merupakan bagian dari kehidupan masyarakat di Indonesia. Dengan berbagai macam budaya yang ada, setiap daerah di Indonesia pastilah ada saja hal-hal yang berbau mistis ataupun gaib disekitarnya. Salah satunya adalah mitos tentang keberadaan ataupun kemunculan hewan di sekitar kita. Hal tersebut memang telah dipercaya oleh orang-orang jaman dahulu dan bahkan hingga saat inipun hal tersebut masih dipercaya. Beberapa kemunculan hewan tersebut bahkan di sebagian tempat di Indonesia dijadikan sebuah patokan pribadi untuk melakukan sesuatu. Namun, tidak semua kemunculan hewan yang ada tersebut memiliki arti loh. Berikut ini adalah beberapa mitos arti kehadiran hewan yang dipercaya oleh orang-orang.

1. Kedasih

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Kedasih

photo via : www.jalaksuren.net

Kedasih merupakan sejenis burung berkicau yang saat ini sudah jarang bisa kita temui dan jika urung yang satu ini bersuara, suaranya akan terdengar sayup-sayup dan biasanya terdenganr dari atas sebuah ranting pohon yang tinggi. Suara dari burung ini sendiri dipercaya sebagai sebuah mitos dan pertanda bahwa akan ada seseorang yang meninggal atau sakit keras di sekitar burung itu berbunyi.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

2. Ciang-ciang

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Ciang-ciang

photo via : thegolfclub.info

Hewan ini merupakan sejenis belalang namun memiliki ukuran yang besar dan sayap miliknya mirip dengan daun nangka. Meskipun terdengar seperti nama cina, namun hewan ini berasal dari tanah Sunda loh. Mereka biasanya berbunyi saat akan turun hujan yang berbarengan dengan adanya hembusan angin. Konon katanya jika hewan ini berbunyi, terdapat karuhun atau nenk moyang kita yang sedang bersedih.

3. Kumbang badak bercula

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Kumbang badak bercula

photo via : adearisandi.wordpress.com

Untuk kedatangan hewan yang satu ini mungkin bisa dibilang agak seram sekaligus pertanda yang baik buat orang yang dikunjunginya karena mereka jadi lebih bisa mawas diri. Kumbang ini sendiri merupakan pejantan dari kumbang kelapa yang jika ia disentuh makan akan mengeluarkan suara berdesis. Jika kumbang yang satu ini datang kerumahmu pada malam hari, konon hal itu artinya akan ada orang jawah yang akan menyebar fitnah atau teluh.

4. Kupu-kupu

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Kupu-kupu

photo via : informazone.com

Hewan kecil yang satu ini sepertinya merupakan hewan yang paling sering untuk bisa kita temui ataupun datang ke rumah kita. Menurut mitos yang ada sejak dahulu dan bahkan masih dipercaya hingga saat ini, hewan kecil ini dipercaya sebaga penanda bahwa akan ada tamu yang datang ke rumah.

5. Anjing

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Anjing

Anjing adalah hewan peliharaan yang pailng jinak dan sering disebut sebagai sahabat manusia karena kesetiaan mereka pada manusia. Selain itu, Anjing juga ternyata sering dikaitkan dengan kemunculan mahluk halus. Sbuah lolongan anjing yang ada di tengah malam, sering kali dipercaya sebagai adanya mahluk halus yang sedang lewat.

6. Burung hantu

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Burung hantu

photo via : www.mongabay.co.id

Berbeda dengan dahulu, saat ini nampaknya burung hantu amat susah untuk bisa ditemui disektiar kita, kecuali jika kita pergi ke alam liar untuk melihat burung eksotis yang satu ini. Jika mendengar suaranya, pastinya amat menakutkan apalagi burung yang satu ini biasanya bersuara di malam hari. Suara burung hantu sendiri jika di Indonesia dipercaya akan adanya kehadiran mahluk halus. Namun di negara lain, mereka dipercaya sebagai pembawa pesan Tuhan dan dikaitkan dengan banyak dewa dan dewi.

7. Laba-laba

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Laba-laba

photo via : www.piah.com

Siapa yang menyangka, terlepas dari memang rumah orang tersebut yang tidak bersih ataupun lama tidak ditinggali, namun kehadiran seekor laba-laba dirumah amat ditunggu-tunggu oleh pemilik rumah. Hal tersebut lantaran menurut mitos yang ada, laba-laba dianggap sebagai sebuah pertanda seorang teman yang baik akan dan membawakan kabar baik ke rumah ataupun akan membawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

8. Kucing

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Kucing

photo via : www.dream.co.id

Untuk kedahidar kucing sendiri bisa dibilang ditunggu-tunggu oleh orang-orang karena memiliki arti yang bagus. Hanya saja, tidak semua kucing yang datang memiliki arti yang bagus. Mereka biasanya dibedakan berdasarkan warna dari bulunya. Misalnya untuk kucing yang berwarna putih melambangkan kesuburan dan juga perubahan dalam urusan romantisme dalam ruamh tangga. Untuk yang berwarna kuning atau cokelat melambangkan kekusyukan seseorang yang akan makin dengan dengan tuhannya. Hanya saja untuk kucing berwarna hitam amat dihindari karena melambangkan sebuah bencana yang akan datang dalam waktu dekat.

9. Burung Gagak

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Burung Gagak

photo via : id.wikipedia.org

Burung yang satu ini memang amat identik dengan adanya kematian. Burung ini merupakan jenis burung pengicau dengan jenis makanannya yang hampir omnivora. Namun burung gagak biasanya diedintikkan dengan burung pemakan bangkai yang mana sebagian besar jenis burung yang satu ini juga memiliki bulu berwarna hitam. Menurut mitos yang beredar, apabila terdapat suara burung gagak disekitar rumah maka hal tersebut merupakan pertanda salah satu / seorang di anggota keluarga tersebut akan meninggal dunia.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

10. Cicak

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Cicak

photo via : www.tanahnusantara.com

Cicak adalah hewan yang bisa dibilang memiliki lumayan banyak mitos tentangnya. Beberpa hal tentangnya adalah, apabila kita mengatakan sesuatu hal dan terdapat suara cicak yang mengikuti kita, maka menurut mitos orang-orang tua, perkataan ataupun apa yang kita katakan tersebut memang benar adanya dan tentu saja hal tersebut berarti bagus. Disisi lain apabila suatu ketika kita kejatuhan cicak, maka hal tersebut berarti adanya musibah yang akan mengenai kita. Beberapa musibah yang ada adalah kita bisa saja kehilangan anggota keluarga. Namun, kembali menurut mitosnya, musibah tersebut bisa kita hilangkan apabila kita segera menangkap cicak tersebut dan menyobek mulutnya.

11. Ayam

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Ayam

photo via : www.brilio.net

Kalau berurusan dengan ayam, pastinya hal pertama yang kita tahu mungkin paha ayam ataupun dada ayam fried chicken yang biasa di jual banyak disekitar kita. Terang saja, hewan yang merupakan salah satu yang bisa kita konsumsi ini memang tidak sudah tidak terlihat banyak lagi ada di perkotaan kecuali yang sudah mati alias menjadi daging ayam. Namun Untul suara kokokan ayam pastinya kalian sudah tahu jika ayam jantan berkokok merupakan sebuah pertanda jika pagi tlah tiba. Namun apabila kamu mendengar kokokan ayam di tengah malam ataupun dini hari, ada baiknya kalian wanti-wanti, karena bisa jadi ayam tersebut bermaksud memperingatkan kita karena mereka sedang melihat mahluk halus.

12. Kadal

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Kadal

photo via : dbpedia.cs.ui.ac.id

Kadal merupakan hewan reptil melata yang kecil dengan ukuran yang hampir sebesar tokek hanya saja mereka termasuk reptil. Mungkin untuk lebih jelasnya, kadal bisa dibilang sebagai miniatur dari naga komoda yang superbesar. Kemunculan hewan kecil yang satu ini juga memiliki arti yang kusus dan sekaligus memiliki arti yang baik dan juga membawa keberuntungan. Menurut mitosnya, apabila kalian elihat kadal ini menyebrang ataupun memotong jalan anda, maka pekerjaan yang kamu lakukan saat ini akan diberkati oleh Tuhan dan kalian akan mendapatkan keberuntungan.

13. Kunang-kunang

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Kunang-kunang

www.terseram.com

Kalau saat ini pasti sudah amat sulit sekali bagi kita untuk bisa melihat kunang-kunang di malam hari. Apalagi konon katanya hewan yang satu ini hidup dan berkembang di kuburan. Tentu saja hal ini membuat hewan yang satu ini jadi tampil amat menyeramkan. Ada banyak sekali mitos mengenai hewan yang satu ini, mulai dari pertanda adanya mahluk halus, merupakan jelmaan roh orang yang sudah meninggal hingga merupakan kuku dari orang mati. Namun terlepas dari semuanya itu, kunang-kunang bisa dibilang hewan yang romantis dan juga indah karena mereka mampu menghasilkan cahaya sendiri yang begitu indah.

14. Tokek

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Tokek

photo via : www.flickr.com

Tokek mungkin bisa dibilang sejenis cicak namun dengan ukuran yang amat besar dengan bentuk kulit yang berbintik-bintik dan juga memiliki suara yang sangat khas sesuai dengan namanya. Tokek sendiri banyak yang menghubungkannya dengan hal-hal yang berbau dengan ilmu hitam ataupun ilmu sihir. Bahkan beberapa orang juga percaya jika tokek tersebut bukanlah binatang, melainkan merupakan sebuah jelmaan jin. Dan apabila kita mendengar suara tokek disekitar kita, konon katanya tempat tersebut berhantu atau saat tersebut si Tokek sedang melihat sosok mahluk halus yang melewatinya.

15. Ular

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Ular

photo via : www.kaskus.co.id

Sejatinya hewan yang satu ini memang banyak ada di alam sektiar kita, apalagi kalau disawah, pastinya ada banyak ular sawah. Namun untuk daerah perkotaan, munkin bisa dibilang hampir tidak mungkin hewan yang satu ini akan muncul di rumah ataupun tempat tinggal kita. Oleh karenanya pada sebagian daerah di Indonesia, kemunculan hewan yang satu ini di dalam rumah memiliki makna yang kurang bagus. Ada yang mengartikan jika rumah ataupun pekarangan rumah kita yang dimasuki oleh ular ini tidak layak untuk dihuni, ada yang bilang merupakan sebuah pertanda buruk, kehilangan maupun pertanda masuknya jin atauopun iblis ke rumah kita. Intinya jika di rumah kita diperkotaan dan bukan dipinggir sawah, namun ada hewan yang satu ini masuk rumah, maka bisa dipastikan jika hal tersebut bukanlah hal yang bagus.

16. Capung

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Capung

photo via : www.kaskus.co.id

Capung adalah sejenis serangga yang berukuran kecil dan biasanya ada di sawah ataupun hidup di tanah lapang. Namun saat ini dimana sudah banyak adanya gedung-gedung bertingkat tinggi, kehadiran capung di rumah sepertinya hampir mustahil. Namun apabila terdapat capung yang datang ke rumahmu, bisa jadi itu adalah sebuah pertanda alam yang ingin memberitahu kita. Menurut mitosnya, apabila ada hewan yang satu ini masuk ke rumah, menandakan adanya energi negatif yang ada pada orang-orang di dalam rumah. Bisa jadi sakit ataupun hal lainnya. Oleh karena itu ada baiknya untuk memulai hidup sehat dengan makan dan minum vitamin yang cukup.

17. Kelelawar

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Kelelawar

photo via : www.pinterpandai.com

Hampir sama seperti Capung, kehadiran kelelawar di dalam rumah bisa jadi bermakna adanya energi negatif yang ada di dalam rumah. Meskipun hanya sebuah mitos, namun memang agak sulit untuk diterima akal sehat jika kita berpikir ada seekor kelelawar di daerah perkotaan. Menurut mitosnya sendiri, apabila kita melihat kelelawar ataupun adanya kelelawar yang masuk rumah, bisa jadi itu pertanda adanya mahluk halus yang datang (kolong wewe) ataupun menandakan adanya sihir negatif yang berbahaya yang akan masuk ke rumah.

18. Katak

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Katak

photo via : indonesia.mongabay.com

Katak adalah hewan amfibi yang bisanya berbunyi dan juga keluar saat musim hujan tiba. Mereka biasanya bersuara nyaring saling sahut menyahut ketika hujan. Dengan suaranya yang khas tentu saja membuat suasana hujan terlihat lebih nyaman. Namun apabila kalian mendengar suara katak tidak saat musim hujan dan juga pada malam hari, konon katanya hal tersebut terjadi karena saat itu mereka merasa ketakutan akibat adanya mahluk halus yang datang menghampiri. jadi kalau kalian mendengar suara katak dimalam hari disekitar mu dan bukan pada musim hujan, kalian musi hati-hati yah!

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

19. Kalajengking

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Kalajengking

photo via : kaskus.co.id

Jika menurut mitosnyanya, seseorang yang melihat kalajengking ataupun jika ada kalajengking yang masuk kedalam rumah, itu artinya rumah ataupun orang-orang yang ada disana akan mendapatkan kesialan. Namun jika kita terjemahkan secara logika, hal tersebut memang benar adanya. Kalajengkin sendiri merupakan hewan yang memiliki bisa pembunuh yang luar biasa. Bahkan salah satu jenis kalajengking memiliki racun terkuat yang mam pu membunuh orang dewasa dalam waktu beberapa jam. Jadi wajar saja jika hewan yang satu ini bakalan membawa kesialan.

20. Burung merpati

Mitos Tentang Kehadiran Beberapa Hewan Beserta Artinya - Burung merpati

photo via : iphincow.com

Burung merpati merupakan jenis burung yang sejak dahulu dikenal ramah dan juga jenis burung yang biasanya dipelihara untuk tujuan kusus seperti jika dahulu, burung merpati digunakan untuk mengirimkan pesan ataupun surat. Selain itu, burung merpati juga memiliki arti cinta dan juga jodoh. Apabila burung yang satu ini masuk ke rumah kita, konon katanya burung ini memberikan sebuah kabar baik tentang cinta dan juga jodoh. Seperti bisa saja salah seorang penghuni rumah akan segera mendapatkan jodohnya ataupun dalam waktu dekat akan menerima sebuah undangan pernikahan dari sanak saudaranya.

Baca Juga