Featured Video Play Icon

Paramagnetic, Cat Yang Mampu Membuat Mobil Berubah Warna Dalam Sekejap ?

    Teknologi, Otomotif, Video

Dalam industri cat khususnya warna mobil, kita mungkin telah mengenal cat warna lembayung ataupun warna bunglon diamana dalam cat tersebut menggabungkan tiga buah warna didalamnya yang membuat mobil yang menggunakan cat tersebut dapat terlihat dengan warna yang berbeda jika dilihat dari sudut ataupun sisi tertentu.

Namun saat ini ada sebuah teknologi yang disebut cat paramagnetic diamana dengan menggunakan cat ini, mobil yang kita miliki bisa berubah warna secara keseluruhan dengan sedikit aliran listrik. Mungkin kalian pernah melihat beberapa video di youtube mengenai mobil yang mampu berubah warna. Namun sebaiknya kalian hati-hati karena tidak semua video tersebut benar.

Karakteristik dari cat paramagnetik atau yang disebut dengan nama Electroluminescent Paint ini mampu membuat warna berubah bertahap secara keseluruha dengan 1 warna yang berbeda di keseluruhan body mobil yang di cat menggunakan cat ini. Dan Warna baru yang dihasilkan oleh Cat paragmanetic ini pun menyeluruh dan tidak terbatas dari satu sisi yang dilihat seperti cat bunglon.

Paramagnetic atau Elektroluminesens sendiri adalah suatu fenomena optis dan listrik dimana sebuah bahan yang mampu memancarkan cahaya sebagai sebuah respon terhadap listrik yang dialirkan pada bahan tersbut atau sebagai respon dari medan listrik yang amat kuat. Dipancarkannya cahaya oleh bahan tertentu saat dialiri listrik atau yang disebut dengan Elektroluminesens ini berbeda dengan dengan pancaran cahaya yang diakibatkan oleh panas seperti yang terjadi pada lampu pijar yang berasal dari pijaran kawat filamen, ataupun pijaran cahaya yang diakibatkan reaksi kimia (chemiluminescens).

Cat Paramagnetic pada body mobil sendiri berkerja dengan menjalankan arus melalui polemir khusus yang di berikan pada body mobil sebelum pengecatan dilakukan. Nah polemir ini yang mengandung paramagnetic, oksidasi Besi. Dengan sedikit diterapkannya arus listrik pada body mobil akan membuat jarak kristal yang disesuaikan mempengaruhi pantulan cahaya yang diterima. Hal ini membuat persepsi warna yang diterma pada bagian body mobil menjadi berbeda.

Adapun alasan kenapa body mobil menggunakan cat paramagnetic ini ialah karena body mobil biasanyaterbuat dari bahan logam. Dan logam merupakan sebuah bahan dasar yang mampu menghantarkan arus lisstrik secara sempurna dengan arus konduktif. Jadi dengan konsep ini kit abisa tahu jika mobil dengan cat paramagnetik akan dapat menyala dengan sedikit arus kecil, sehingga jika mobil kita matikan otomatis tidak akan ada arus listrik yang mengalir di bagian body mobil dan warna body mobil pun akan kembali ke warna semula yakni warna putih.

Jadi dari hal diatas bisa dikatakan kalau cat paramagnetic bisa saja diterapkan pada body mobil dan diaktifkan menggunakan sebuah remote ataupun alat sejenis lainnya yang mampu mengatur aliran listrik yang ada pada body mobil.

 

 

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >