Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi

2 minggu lalu

Sebagai seorang pelajar, sudah pasti belajar adalah kewajiban dan prioritas utama. Tapi nggak bisa dipungkiri kalau minat belajar para pelajar jaman sekarang mulai berkurang. Mungkin salah satu alasannya adalah mereka merasa lelah dengan jadwal belajar disekolah yang sangat panjang karena sistem full day school. Sehingga untuk mulai membuka buku dan belajar dirumah rasanya sangat malas.

Banyak remaja lebih memilih untuk memainkan smartphone mereka untuk mencari hiburan. Namun hampir semua malah kebablasan dalam memainkan handphone mereka hingga lupa dengan waktu. Banyak juga remaja yang memainkan gadget nya dengan cuma-cuma. Padahal dengan gadget atau smartphone bisa dimanfaatkan menjadi media belajar yang mengasyikkan dan membuat kita tertarik untuk belajar.

Ada banyak aplikasi untuk para pelajar yang seru dan mengasyikan yang bisa kamu instal di smartphone kamu. Dengan adanya aplikasi untuk belajar di smartphone maka kamu dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dan produktif.

Lalu aplikasi pembelajaran apa saja yang bagus dan rekomended untuk di instal di smartphone kamu? Untuk itu, berikut Blog Unik bagikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk para pelajar yang mampu membuat dirimu lebih semangat untuk meningkatkan prestasi. Check this out guys!

1. Photomath

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Photomath

photo via play.google.com

Punya smartphone canggih dengan kualitas kamera yang tinggi, jangan digunakan untuk selfi saja guys. Kamera pada smartphonemu juga mampu membuatmu menjadi ahli matematika lho. Caranya dengan mengunduh dan meninstal aplikasi Photomath dalam HPmu.

Aplikasi bernama PhotoMath dari MicroBlink ini akan membantu siapapun agar tak perlu pusing-pusing mengerjakan soal matematika yang rumit. Dengan fitur PhotoMath, pengguna tidak hanya mendapatkan jawaban dari soal matematika yang diunggahnya, namun mereka juga akan memperoleh pembahasan atau langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika tersebut dengan lengkap dan tepat.

Mulai dari desimal, pecahan, aritmatika, akar, dan persamaan liner sederhana. Untuk menjalankan aplikasi PhotoMath ini caranya cukup mudah dan sederhana. Kamu cukup menyiapkan soal dan mengarahkan kamera smartphone milikmu ke soal matematika tersebut berdasarkan frame yang telah disediakan. Untuk soal yang panjang, kamu harus menyesuaikannya dengan ukuran frame dari PhotoMath.

Setelah soal difoto, soal akan dipindai dalam beberapa saat. Tak lama setelah itu kamu akan segera memperoleh jawaban dari soal matematika yang telah kamu foto tersebut di layar dengan warna merah. Untuk mengetahui pembahasan atau langkah-langkah dari jawaban yang ada, Kamu cukup menekan tombol steps pada aplikasi PhotoMath dan proses pemecahan soal matematika akan ditampilkan. Aplikasi PhotoMath sendiri kini telah hadir pada semua platform #smartphone, dari iOS, Windows Phone hingga Android secara gratis.

2. Math Exercises for the brain, Puzzles Math Game

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Math Exercises for the brain, Puzzles Math Game

photo via play.google.com

Bermain game di smartphone memang menyenangkan dan bikin ketagihan. Banyak orang menjadi lupa waktu, apalagi para pelajar yang lupa waktu belajar dan lupa mengerjakan PR gara-gara bermain game. Hal ini membuat perlahan-lahan prestasi belajar menjadi menurun apalagi pada pelajaran matematika yang harus selalu dilatih untuk bisa memahami satu kasus.

Tapi guys, dengan menginstal Math Exercises for the brain, Puzzles Math Game kamu jadi bisa belajar sampil bermain game lho. Pasalnya game ini cenderung memiliki soal-soal matematika yang bervariasi. Tidak hanya untuk orang dewasa saja, anak-anak pun bisa menjajal permainan edukasi Math Exercises for the brain, Puzzles Math Game.

Soal-soal pada game ini ditujukan untuk melatih otak kamu agar bisa berpikir lebih cepat dalam menyelesaikan soal matematika. Konsep gamenya sangat menarik, kalian bisa melatih kemampuan matematika kalian dalam bidang penambahan, pengurangan, perkalian, juga pembagian sambil bermain game yang menarik. So, daripada bermain game yang tidak ada manfaatnya bagi prestasi belajar kamu, lebih baik memainkan Math Exercises for the brain, Puzzles Math Game satu ini.

3. Math Tricks

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Math Tricks

photo via play.google.com

Aplikasi untuk para pelajar selanjutnya adalah Math Tricks. Seperti namanya, aplikasi ini akan membantu kamu dalam memecahkan berbagai soal matematika dengan cara mudah. Jangan tanyakan kenapa rekomendasi aplikasinya kebanyakan tentang matematika, ya sebab matematika adalah salah satu momok yang paling menakutkan bagi kebanyakan siswa dan siswi di dunia ini.

Math Tricks sendiri menghadirkan berbagai jenis trik khusus untuk menyelesaikan soal matematika. Dengan trik-trik yang ada di dalam aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi menghafalkan rumus yang sangat banyak dan memusingkan kepala.

Selain itu Math Tricks juga mampu membantu kamu untuk menjawab soal matematika dengan lebih cepat. Tersedia 15 level yang berbeda yang berisi skor pengguna. Singkatnya, Math Tricks adalah aplikasi yang dirancang untuk mereka yang ingin mempelajari trik matematika yang menarik untuk mempercepat perhitungan.

4. Periodic Table 2019 – Chemistry

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Periodic Table 2019

photo via play.google.com

Terlepas dari matematika, kimia juga menjadi salah satu mata pelajaran yang membuat para pelajar merasa sakit kepala. Bagaimana tidak, dalam pelajaran kimia para siswa dianjurkan untuk menghafal unsur-unsur kimia yang begitu banyaknya. Jadi nggak heran kalau setiap pelajaran kimia, banyak siswa yang akan membawa kertas table periodik. Tapi kini, kalian tidak perlu lagi membawa kertas table periodik ke dalam kelas, pasalnya semakin berkembangnya teknologi, table periodik bisa kamu lihat didalam smartphonemu melalui aplikasi Periodic Table 2019 – Chemistry. Aplikasi ini mungkin sangat dibutuhkan untuk para pelajar SMP, SMA jurusan IPA, dan Mahasiswa yang mengambil jurusan Kimia juga setara.

5. Anatomy Learning – 3D Atlas

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Anatomy Learning

photo via play.google.com

Buat kamu pecinta pelajaran IPA khusus bidang anatomi tubuh, pastinya kamu akan sangat menyukai aplikasi bernama Anatomy Learning – 3D Atlas satu ini. Sesuai dengan namanya, Anatomy Learning merupakan atlas yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui letak, bentuk, serta fungsi bagian-bagian tubuh manusia. Dengan aplikasi ini kamu nggak pelu membeli tabel ataupun buku anatomi untuk mempelajari anatomi dengan mudah dan mengasyikkan.

6. Biologi SMA

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Biologi SMA

photo via play.google.com

Aplikasi Biologi SMA adalah aplikasi berisi materi biologi tingkat SMA baik materi biologi kelas X, XI, dan XII IPA. Belajar melalui aplikasi ini tidak akan membosankan seperti belajar pada buku, pasalnya aplikasi Biologi SMA ini memiliki desain yang enak di lihat sehingga tidak jenuh ketika sedang menggunakan aplikasi Biologi SMA. Belajar biologipun akan sangat mengasyikkan. Ketika belajar dirumah, kamu nggak perlu lagi menenteng buku biologi yang tebal kemana-mana, cukup dengan smartphone yang telah terinstal aplikasi Biologi SMA maka kamu akan mudah mempelajari biologi dimana saja dan kapan saja.

7. U-Dictionary: Translate & Learn English

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - U-Dictionary

photo via play.google.com

Dengan bermodalkan HP Android dan aplikasi bernama U-Dictionary: Translate & Learn English kamu nggak perlu repot-repot dan mengeluarkan uang banyak untuk mengikuti khursus bahasa Inggris guys. Pasalnya U-Dictionary bukan sekedar aplikasi kamus online/offline, tapi juga aplikasi penerjemah Bahasa Inggris dan media belajar Bahasa Inggris dengan konten yang original.

Salah satu kelebihan U-Dictionary ini adalah mampu membantu kamu menerjemahkan bahasa Inggris dimanapun dan kapanpun. Saat kamu kesulitan untuk memahami bahasa Inggris yang tertera dipapan pengumuman, kamu cukup scan kalimat yang tidak kamu mengerti tanpa perlu repot-repot mengetik ulang, pengertiannya pun langsung muncul dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, U-Dictionary juga dilengkapi dengan fitur Voice Translate yang bisa menerjemahkan per kata atau frase. Jadi cukup dekatkan speaker ke suara pembicara, maka secara otomatis U-Dictionary akan menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa mana pun yang kamu pilih. Wow mudah kan? Cocok buat kamu yang ingin jalan-jalan ke luar negeri, tapi nggak bisa bahasa negara setempat. Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur yang mendukung agar belajar bahasa Inggris menjadi mudah dan mengasyikkan.

8. Kamus Lengkap Istilah Fisika

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Kamus Lengkap Istilah Fisika

photo via play.google.com

Siapa nih yang sering jeblok nilai fisikanya? Nah untuk meningkatkan nilai fisikamu, maka kamu wajib instal aplikasi Kamus Lengkap Istilah Fisika ini di Android kamu. Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang perumusan benda, pergerakan, kecepatan dan masih banyak lagi. Dalam ilmu fisika banyak sekali istilah istilah yang harus kita pelajari dengan baik dan benar sehingga bila memecahkan suatu masalah dapat terselesaikan. Nah di aplikasi ini, kamu dapat mendapatkan semua penjelasan tentang istilah-istilah fisika yang sering membuat kita keliru dan pusing.

9. Rumus & Materi Fisika Lengkap

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Rumus dan Materi Fisika Lengkap

photo via play.google.com

Selain aplikasi Kamus Lengkap Istilah Fisika ada juga aplikasi Rumus & Materi Fisika Lengkap yang kamu bisa instal di smartphonemu dengan gratis. Aplikasi ini merupakan rangkuman materi dan rumus fisika untuk siswa/siswi SMP dan SMA. Semua pembahasan materi diberikan secara singkat dan padat serta rangkuman rumus yang lengkap. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah siswa/siswi dan guru dalam mempelajari pelajaran fisika di mana pun dan kapan pun.

10. Smart Chemistry (Pintar Kimia)

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Smart Chemistry

photo via play.google.com

Pintar Kimia adalah aplikasi yang diisi beragam jenis masalah kimia beserta kajian. Aplikasi ini dapat sediakan beragam jenis contoh ikhtisar serta percobaan dalam sebagian bab. Aplikasi ini berisi sejumlah pertanyaan beserta jawabannya. Tidak hanya jawaban, tetapi juga disertai dengan penjelasan lengkap tentang teori dan formula yang mendukung jawaban serta gambar-gambar yang membuatnya begitu mudah dipahami oleh siswa. Jadi, dengan memakai aplikasi ini kita dapat mengasah skill kita mengenai pelajaran kimia, dan dapat memberi wawasan tentang beragam bab yang belum kita kenali.

11. Aku Pintar – Aplikasi Pendidikan Terlengkap

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Aku Pintar

photo via play.google.com

Buat kamu yang kebingungan dalam memilih jurusan yang tepat sesuai dengan bakat dan minatmu, maka kamu wajib menginstal Aplikasi Aku Pintar di smartphone Androidmu. Keunggulan utama aplikasi Aku Pintar ini adalah memberikan tes minat dan bakat secara gratis dan dikemas dengan tampilan interaktif serta akses mudah dan menyenangkan. Hasil tes penelusuran minat dan bakat dapat menjadi acuan bagi siswa, misalnya siswa SMP akan memilih sekolah kejuruan (SMK) yang tepat

Selain itu, Aplikasi ini juga akan membantu siswa SMA dalam memilih jurusan yang diminati, baik IPA, IPS atau Bahasa. Demikian pula, ketika lulus, siswa dapat memilih jurusan atau program studi saat akan melanjutkan pendidikan di jenjang Perguruan Tinggi.

Aplikasi Aku Pintar juga menyediakan materi pelajaran dan soal-soal latihan untuk kelas 7 hingga kelas 12 berikut penjurusannya secara daring sehingga siswa dapat mengerjakan soal latihan hanya berbekal telepon pintar dan akses internet. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur pembahasan kisi-kisi soal ujian secara langsung tanpa dipungut biaya dan bahkan siswa dapat berinteraksi langsung dengan siswa lain dan mentor.

12. Star Chart

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Star Chart

photo via play.google.com

Buat kamu yang suka ilmu astronomi dan suka melihat bintang, adalah yang tepat buat kamu menginstal aplikasi Star Chart di HP android kamu. Dengan aplikasi ini kamu dapat memiliki planetariun virtual di genggaman kamu. Atau bisa dibilang, dengan Star Chart kamu bisa melihat posisi inti galaksi Milky Way. Paling menarik dari Star Chart adalah bagian galaksi Milky Way. Kamu bisa melihat dimana posisi tengah galaksi Bima Sakti saat ini.

Dengan Star Chart, kamu dapat bergerak bebas di langit malam dengan mengusapkan jari di layar. Kamu juga dapat mengarahkan peranti ke langit dan melihat bagian langit yang sama di depan kamu pada peranti. Kamu dapat melihat dan mempelajari ribuan bintang, konstelasi, planet, dan bahkan bulan.

Yang harus kamu lakukan adalah mengarahkan perangkat android kamu ke langit dan aplikasi Star Chart akan menjelaskan dengan tepat apa yang kamu lihat. Star Chart akan memberikan data seperti jarak sebuah bintang, nebula dan lainnya.

13. Pendidikan Kewarganegaraan

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Pendidikan Kewarganegaraan

photo via play.google.com

Jangan remehkan pelajan PKN disekolahmu guys sebab pelajaran PKN sangatlah penting bagi warga Indonesia. Pasalnya Pendidikan kewarganegaraan atau PKN dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Belajar dengan buku yang tebal mungkin akan membuatmu cepat merasa bosan, tapi dengan aplikasi Pendidikan Kewarganegaraan, belajar PKN akan lebih menyenangkan. Selain itu, kamu juga bisa belajar kapanpun dan dimanapun yang kamu mau hanya lewat smartphone yang sudah terinstal aplikasi Pendidikan Kewarganegaraan.

14. Cerdasional – Paket Belajar Lengkap SD SMP SMA

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Cerdasional

photo via play.google.com

Aplikasi untuk para pelajar untuk meningkatkan prestasi selanjutnya adalah aplikasi Cerdasional. Cerdasional adalah aplikasi pendidikan yang menyajikan berbagai macam manfaat edukasi untuk menunjang belajar pengguna sangat cocok untuk anak sekolahan yang berada di Indonesia. Belajar jadi lebih mudah dengan aplikasi Cerdasional.

Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur yang bermanfaat dan juga sangat menarik seperti fitur belajar yang menyediakan bacaan-bacaan yang menarik untuk dibaca dan di pelajari, seperti Tokoh Pahlawan, tokoh penemu, kamus, Kata Mutiara, Panduan Pramuka, Kisah 25 Nabi, Peribahasa, Kisah Teladan, UUD 1945, Cerita rakyat, pancasila, lagu wajib indonesia, provinsi di Indonesia, Negara dan ibukotanya, Presiden Indonesia, Hari Nasional dan masih banyak lagi.

Ada juga fitur soal yang dapat melatih pengetahuan dan wawasannya dengan menjawab soal-soal. Kamu juga akan mendapatkan fitur kalkulator. Namun bukan seperti kalkulator pada umumnya melainkan suatu kalkulator rumus yang memudahkan kamu untuk menghitung dari suatu rumus seperti rumus ruang bangun (lingkaran, persegi, persegi panjang), konversi suhu, konversi satuan panjang dan berat, Hitung Diskon, Kalkulator BMI untuk menghitung berat Ideal dan rumus lainnya.

Fitur selanjutnya yang bisa kamu nikmati adalah fitur Pendidikan Agama Islam. Fitur belajar ini menyediakan berbagai hal tentang pendidikan islam seperti doa-doa harian, asmaul husna, tuntunan sholat, surat-surat pendek, surat yasin dan tentang puasa. Dan yang terakhir ada fitur game. Pada fitur ini pengguna dapat bermain sambil belajar, banyak sekali permainan yang mengasah pengetahuan seperti cerdas cermat, duel pengetahuan, pengetahuan umum, teka teki, tebak kata, tebak lagu, pengetahuan islam, general knowledge (soalnya menggunakan bahasa inggris), tebak gambar, psikotes, teka teki sulit atau dikenal dengan TTS Lontong yang dapat melatih daya otak dan imajinasi kamu.

15. Zenius – Belajar Online

Rekomendasi Aplikasi Untuk Para Pelajar Untuk Meningkatkan Prestasi - Zenius

photo via play.google.com

Satu lagi guys, aplikasi belajar yang wajib kamu instal di smartphone kamu yakni aplikaso Zenius. Dalam aplikasi ini, semua materi pelajaran yang kamu butuhkan tersedia dengan lengkap. Terdapat 80.000+ video belajar dan ratusan ribu butir soal latihan untuk 12 mata pelajaran sekolah dari SD hingga SMA. Video materi dan latihan soal disusun dengan lengkap dan terstruktur untuk setiap bab mata pelajaran, yang telah disesuaikan dengan kurikulum KTSP, K13, dan K13 Revisi.

Materi video Zenius dilengkapi dengan pembahasan soal UTS, UAS, Ujian Nasional SD, SMP, SMA, dan SMK sejak tahun 2002. Termasuk juga pembahasan materi dan soal untuk tes SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Nah itu dia beberapa aplikasi Android yang bermanfaat untuk para pelajar dalam meningkatkan prestasi. Belajar dengan aplikasi-aplikasi tersebut akan membuat waktu belajar kalian lebih menyenangkan. Selain itu belajarpun bisa dimana saja dan kapan saja sebab materi pelajaran sudah ada digenggaman kamu.

Baca Juga