Semakin Sulit!! Berikut Ini Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit Yang Kamu Digunakan

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Beberapa bulan belakang ini harga minyak goreng meroket tajam dipasaran dan dibeberapa daerah minyak goreng justru sangat sulit ditemukan baik itu di supermarket maupun minimarket. Akibat dari kelangkaan serta harganya yang meroket ini, banyak masyarakat yang merasa kesusahan untuk mendapatkannya . Sebab minyak goreng sudah menjadi salah satu kebutuhan dapur yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Pada umumnya berbagai makanan yang kita konsumsi sehari-hari tidak lepas dari menggunakan minyak goreng baik itu ketika menggoreng, menumis dan lainnya. Selama ini minyak goreng yang sering kita gunakan atau dijual di pasaran terbuat dari kelapa sawit. Namun tahukah kamu, selain terbuat dari kelapa sawit ada beberapa jenis minyak goreng lainnya yang bisa kamu gunakan selain dari kepala sawit. Apa saja itu? Berikut ini alternatif pengganti minyak goreng sawit yang bisa kamu gunakan.

1. Minyak Alpukat

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via blibli.com

Alternatif pengganti minyak goreng sawit pertama ada Minyak Alpukat. Minyak Alpukat ini berasal dari pulp alpukat yang ditekan, minyak ini sebagian besar terdiri dari asam oleat dan lemak tak jenuh yang sehat.

Minyak ini memiliki rasa krim dan mentega serta memiliki titik asap yang tinggi. Maka dari itu cocok untuk memanggang, bumbu marinasi, dressings, saus, menumis, menggoreng dan membakar. Jenis minyak ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah kanker.

Selain itu, minyak alpukat juga bisa digunakan sebagai perawatan wajah karena terdapat kandungan sterolinnya yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

2. Minyak Biji Rami

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via shopee.co.id

Minyak ini berasal dari biji rami, minyak ini tidak berwarna hingga kekuningan karena diperoleh dari biji kering dari tanaman rami. Minyak ini diperoleh dari biji rami yang matang dan kering lewat metode cold-pressing.

Walaupun kurang dikenal masyarakat, minyak biji rami ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Minyak ini kaya akan Omega 3 yang dapat mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi otak karena penuaan.

Tapi sayangnya minyak biji rami ini tidak tahan panas sehingga tidak bisa digunakan sebagai pengganti minyak sayur yang mengharuskan memasak dengan suhu panas. Minyak ini dapat kamu gunakan dalam bumbu dan saus salad.

3. Minyak Bunga Matahari

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via lazada.co.id

Selanjutnya ada Minyak Bunga Matahari, minyak ini mengandung vitamin dan nutrisi penting. Minyak bunga matahari ini mengandung lemak tak kenuh ganda yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dapat juga membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Minyak dari bunga matahari ini memiliki titik asap tinggi dan tidak memiliki rasa yang kuat, cocok untuk menggoreng makanan. Namun minyak ini mengandung omega-6 yang tinggi, dimana mengkonsumsi terlalu banyak asam lemak omega-6 dapat menyebabkan peradangan pada tubuh sehingga kamu dapat menggunakan minyak ini dalam jumlah sedang saja.

4. Minyak Biji Anggur

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via blibli.com

Selain minyak yang terbuat dari kelapa sawit, terdapat juga minyak yang terbuat dari biji anggur. Minyak ini berasal dari biji anggur yang ditekan, minyak ini merupakan sampingan pembuatan anggur yang melimpah.

Minyak biji anggur ini memiliki titik asap yang cukup tinggi sekitar 216 °C. Minyak ini bersih, rasanya ringan dan kadar lemak tak jemuh ganda yang tinggi. Minyak biji anggur ini banyak digunakan dalam makanan panggang, pancake dan wafel.

5. Minyak Zaitun

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via nutrimart.co.id

Minyak satu ini dikatakan paling sehat dan dapat kamu gunakan sebagai pengganti minyak kelapa sawit. Minyak ini didapat dari ektrasi buah zaitun dan perlu diketahui ada banyak sekali jenis minyak zaitun tapi yang bisa digunakan untuk memasak adalah minyak zaitun biasa dan extra virgin olive oil.

Minyak Zaitun ini memiliki titik asap yang relatif rendah sehingga dapat digunakan memasak tapi dengan api yang kecil atau sedang. Perlu kalian ketahui juga, minyak zaitu ini cenderung memiliki rasa yang kuat sehingga bukan pilihan yang baik untuk makanan yang dipanggang.

6. Minyak Kelapa

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via bukalapak.com

Seperti yang diketahui, minyak ini diektrasi dari daging kelapa yang kemudian menghasilkan minyak. Dalam minyak ini mengandung asam laurat dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Minyak kelapa ini akan berbentuk padat di suhu yang dingin, maka dari itu letakkan minyak ini disuhu ruangan agar tetap cair. Minyak ini tahan terhadap panas tinggi dengan baik sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk memasak dan memanggang dengan panas tinggi. Perlu diketahui, minyak kelapa ini memiliki rasa seperti vanilla sehingga bagi beberapa resep masakan akan terasa sangat lezat.

Minyak ini juga memiliki kandungan antioksidan, kaya vitamin E dan poliphenol yang membantu mengatur berat badan selama ketidakseimbangan hormon.

7. Mentega

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via grahamchemical.com

Jika kamu sedang pusing mencari pengganti minyak goreng sawit, mentega bisa kamu jadikan pilihan. Mentega yang dicairkan ini dapat digunakan untuk menumis, menggoreng dan membuat aneka kue. Menggunakan mentega sebagi pengganti minyak goreng, dapat membuat aroma serta rasa masakan lebih wangi dan enak.

8. Minyak Kanola

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via tokopedia.com

Minyak Kanola terbuat dari biji tanaman Canola, minyak ini bahan pengganti minyak goreng sawit yang bisa digunakan. Minyak ini rendah kandungan asam lemak jenuh hanya sekitar 7 persen. Dalam minyak ini juga mengandung asam lemak tidak jenuh, senyawa vitamin E tokoferol dan zat lainnya yang dipercaya dapat melindungi jantung.

Dibandingkan minyak yang lain, minyak canola bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengurangi kadar kolesteol dibanding sumber lemak lain. Jenis minyak ini hanya dapat digunakan untuk menumis, memanggang dan menggoreng makanan dengan metode pan frying. Sehingga hindari metode memasak deep-frying karena minyak canola memiliki titik asap pada suhu 204 derajat celcius.

9. Minyak Mustard

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via ubuy.vn

Untuk menggoreng hingga menumis, Minyak Mustard sangat cocok digunakan sebagi pengganti minyak goreng sawit. Minyak yang terbuat dari biji mustard ini kaya akan antioksidan dan mengandung kebaikan murni dari biji mustard. Selain dapat digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, minyak ini juga memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi kulit dan melindungi dari berbagai infeksi virus.

Minyak ini memiliki rasa kuat dan aroma tajam yang dapat memberikan ciri khas pada hidangan. Dipasaran ada dua jenis minyak mustard, minyak yang dibuat langsung dari biji tanaman mustard adalah minyak mustard murni. Minyak ini tidak boleh digunakan untuk memasak karena mengandung asam erucic yang berbahaya untuk jantung. Ada juga minyak esensial mustard yang dibuat dengan menyuling uap biji mustard sehingga tidak mengandung asam erucic dan aman digunakan untuk memasak.

10. Minyak Kacang Tanah

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via bukalapak.com

Kacang-kacangan khususnya kacang tanah juga dapat diolah menjadi minyak sebagai pengganti minyak kelapa sawit. Minyak kacang tanah ini sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu mengurangi kolesterol tidak sehat. Tak hanya itu saja, minyak ini juga dapat digunakan untuk perawatan kulit karena kaya akan vitamin E dan antioksidan.

Minyak ini memiliki aroma dan rasa dari induknya kacang-kacangan. Minyak ini sering digunakan dalam Cina, Asia Selatan dan Asia Tenggara sebagai bahan masakan. Minyak ini dapat digunakan untuk menggoreng makanan khususnya kentang goreng dan ayam.

11. Minyak Wijen

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via tokopedia.com

Minyak ini sering kali ditemui dan digunakan pada masakan China, Taiwan dan Korea karena memiliki rasa yang kuat. Minyak ini berasal dari ekstraksi biji wijen, minyak wijen terdiri dari dua jenis yaitu biji wijen yang telah disangrai dan dari biji wijen mentah.

Kandungan di dalam minyak wijen ini cukup banyak mulai dari vitamin E, vitamin A, vitamin B, kalsium dan magnesium. Titik asap yang tinggi pada minyak ini membuatnya dapat digunakan untuk memasak dengan panas tinggi.

12. Margarin

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via republika.co.id

Margarin berbeda dari mentega, margarin mengandung lebih sedikit lemak daripada mentega sehingga margarin banyak digunakan sebagai pengganti mentega.

Margarin ini digunakan sebagai produk pengemulsi turunan minyak kelapa sawit dan mengandung lemak tak jenuh yang aman bagi kesehatan. Memiliki kandungan air sekitar 16%, margarin memiliki titik leleh yang cukup tinggi sekitar 37-42° C. Maka dari itu membuat margarin aman disimpan dalam suhu ruang tanpa harus takut meleleh.

Karena berbahan dasar minyak kelapa sawit, margarin memiliki warna kuning yang lebih cerah. Terbuat dari bahan nabati, margarin tidak memiliki kandungan kolesterol. Margarin ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk memasak makanan yang membutuhkan sedikit minyak. Hasil masakan dengan margarin ini juga akan terasa gurih.

13. Minyak Kulit Ayam

Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

photo via kompas.com

Selain terbuat dari nabati, ada juga minyak yang terbuat dari bahan hewani seperti minyak kulit ayam. Cara membuat minyak dari kulit ayam ini cukup mudah, kamu hanya perlu memasak kulit ayam diwajan anti lengket hingga berwarna kecoklatan. Kamu juga tak perlu menambahkan apapun ketika membuatnya. Ketika minyak dari kulit ayam sudah kamu dapatkan, bagian kulit yang tersisa bisa kamu jadikan camilan lho tinggal kamu tambahkan sedikit garam atau penyedap rasa saja.

Itulah beberapa alternatif pengganti minyak goreng sawit yang bisa kamu gunakan. Mengingat konsumsi masyarakat terhadap minyak goreng sangat tinggi dan saat ini sedang langka dipasaran. Minyak-minyak diatas dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan minyak goreng.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.