Seputar Fidget Spinner, Mainan Kekinian Yang Mampu Hilangkan Stres

3 tahun lalu, by blogunik

Mungkin kalian tidak asing lagi dengan benda satu ini. Yup, karena benda ini sering berseliweran di media sosial. Fidget spinner namanya, benda ini adalah sebuah mainan yang tengah menjadi komoditi paling populer di dunia dan digandrungi oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan segala kepopuleran dan kelebihan yang dimilikinya, Wall Street Journal bahkan menyebut Fidget Spinner sebagai mainan yang wajib dimiliki di tahun ini. Untuk mengenal lebih jauh mainan sederhana ini, Blog Unik sudah merangkum beberapa faktanya khusus untuk sobat semua.

 

1. Apa itu Fidget spinner?

Kita mulai fakta pertama dengan pertanyaan yang paling standar, namun belum tentu diketahui semua orang. Jadi, apa itu Fidget Spinner? Dari namanya saja mungkin kita sudah mengetahui fungsi dari benda yang satu ini. Fidget dalam bahasa Indonesia sendiri berarti gelisah atau cemas, sedangkan spinner bermakna pemutar. Secara harfiah, nama mainan ini berarti sebuah alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa bosan. Pada dasarnya, benda ini adalah sebuah mainan serupa cakram, dengan satu poros yang umumnya dilengkapi dengan dua atau tiga laher (bearing) pada sisinya.

Cara memainkannya sangat mudah. Cukup dengan satu tangan, pegang bagian porosnya dengan jempol dan jari tengah atau jari manismu, lalu putar benda ini dengan menggunakan jari yang lain. Nikmati perputarannya.

 

2. Penemu Fidget spinner

Catherine Hettinger pun mempatenkan mainan fidget spinner itu pada 28 Mei 1993. Namun pada tahun 2005 ia tak dapat memperpanjang hak patennya karena tidak memiliki dana sebesar USD 400 atau sekitar Rp 5,3 juta. Siapa sangka, sepuluh tahun setelah penemuannya, fidget spinner kini menjadi mainan yang ngetren di mana-mana. Sayangnya, Hettinger tak dapat menikmati hasil penemuannya karena sudah tak memiliki hak patennya.

 

3. Fidget spinner diklaim dapat meredakan stres.

Mainan ini diklaim bisa menghilangkan rasa stres serta membantu penggunanya agar lebih fokus. Alasannya, momentum yang dihasilkan mainan ini ketika berputar diyakini dapat memberikan kepuasan sensoris.

Pernahkah kamu terjebak dalam satu keadaan di mana saking kamu bosan, cemas, atau gugup, kamu menggigit kuku, menggoyangkan tungkai, atau mengetukan jari di meja? Nah, fidget spinner konon dapat membuat kamu lupa pada kebiasaan buruk tersebut ketika memainkannya.

Tak hanya itu, ada laporan yang mengatakan bahwa manfaat benda ini juga pernah dirasakan oleh orang yang mengidap ADHD, autisme, hingga masalah kecemasan. Akan tetapi, hal ini belum terbukti secara ilmiah. Para ahli juga bersilang pendapat mengenai semua dampak baik mainan ini terhadap kesehatan.

 

4. Dicekal di beberapa negara.

Semenjak akhir tahun 2016, tren Fidget Spinner mulai merambah Amerika dan akhirnya sampai juga di Inggris. Fisget Spinner yang awalnya banyak dibawa anak berkebutuhan khusus dianggap keren dan akhirnya banyak dimainkan anak-anak kebanyakan. Sayang mereka kurang bijak, mainan yang ringkas ini sering dimainkan sampai di dalam kelas!

Namun sayang, mainan yang dipercaya membantu penggunanya lebih fokus ini rupanya justru dicekal di beberapa sekolah. Di Amerika Serikat, sebanyak 63 sekolah menengah atas melarang murid-muridnya untuk membawa fidget spinner, karena kebiasaan murid-murid yang tak bijak memainkannya. Beberapa sekolah seperti di Inggris, Malaysia dan Singapura juga telah melarang siswanya untuk membawa mainan ini ke dalam kelas.

Kepopuleran Fidget Spinner belakangan ini turut membuat mainan ciptaan Catherine A Hettinger memiliki banyak jenis. Mulai dari klasik yang terdiri dari 1 buah bearing untuk berputar dan 3 bearing lagi sebagai penyeimbang, sampai Batman Hand Spinner yang punya bentuk layaknya logo batman. Nah, berikut beberapa jenis fidget spinner yang ada di Indonesia yang wajib kalian tau.

1. EWR Spinner Fidget Toy

EWR Spinner adalah model fidget spinner Indonesia paling klasik. Terdiri dari 1 buah bearing untuk berputar dan 3 bearing lagi sebagai penyeimbang. Jenis spinner ini juga spinner paling standar.

 

2. Axle by Destroyer Brands

Kalo yang ini adalah modifikasi dari EWR Spinner, bentuknya didesain lebih sangar. Ditambah bentuk gerigi ditiap sisinya membuat Axle lebih keren dibanding spinner EWR.

 

3. VICTOREM Metal Hand Spinner


Kalo kalian punya selera yang elegan kayaknya fidget spinner yang ini cocok buat gaya elegant kalian. Bentuknya yang elegan sekaligus dinamis bisa kalian pamerkan ke teman-teman kalian.

 

4. Sayha Hand Spinners

Kalo ini versi 3 bearing dari EWR spinner. Meskipun terlihat lebih kecil dari EWR tapi Sayha mampu menyimpan 600 bola bearing. Jadi sedikit dorongan bakal bikin spinner berputar lebih lama.

 

5. Dual Wave Spinner

Kalo yang ini spinner yang bergelombang. Ketika diputar maka akan membuat pola yang unik. Sebaiknya kalian harus cepat mencobanya kalau tidak mau penasaran.

 

6. Batman Hand Spinner


Kalo yang ini mungkin spinner-nya Batman kalo lagi gak ada kerjaan. Buat penyuka pahlawan bertopeng kelelawar ini, kalian harus punya spinner logo Batman ini.

Baca Juga Maenan yang bikin Gagal Move On saat Ramadhan

Baca Juga Nostalgila, Bentuk Walkman Dari Masa Ke Masa

7. The Newton


The Newton Spinner ini bentuknya dinamis banget gengs. Spinner ini punya tingkat kestabilan yang tinggi, hal ini dikarenakan dari bentuknya yang gak simetris. The Newton gak bakalan berhenti berputar meskipun terkena goncangan halus. Banyak yang bilang kalo spinner ini adalah fidget spinner terbaik sejauh ini.

Untuk kalian yang berminat untuk memainkan mainan ini, tak usah khawatir dengan harga, karena Fidget spinner saat ini dijual dengan harga yang beragam. Ada yang hanya seharga Rp 10 ribuan saja, tapi ada juga yang harganya mencapai ratusan ribu. Bahkan ada mencapai jutaan rupiah untuk yang terbuat dari emas dan berlian.

Artikel Terkait