Sisi Positif Pengaruh Corona Terhadap Alam

6 bulan lalu, by blogunik

Sisi-Positif-PEngaruh-Corona-Terhadap-Alam

Pandemi virus corona yang menyebabkan Covid-19 memang sangat menakutkan bagi manusia hingga semua aktivitas di luar rumah dihentikan. Bahkan beberana negara terpaksa harus lockdown untuk menghindari penyebaran virus lebih meluas lagi. Kondisi ini tentu menimbulkan banyak kerugian. Mulai jumlah korban yang mencapai ribuan hingga aktivitas ekonomi yang terganggu yang dirasakan oleh seluruh dunia.

Namun dibalik buruknya dampak virus corona yang dirasakan manusia seluruh dunia, ternyata ada sisi positifnya bagi lingkungan yang perlahan muncul seakan menunjukkan pada manusia, kalau pandemi virus corona ini mungkin adalah cara planet bumi menyembuhkan dirinya. Nah berikut beberapa sisi positif pengaruh virus corona terhadap alam lingkungan. Let’s check it out guys!

1. Kanal-kanal di Venesia menjadi bersih dan penuh ikan

Kota Venesia merupakan salah satu kota di Italia yang harus lockdown karena virus corona. Seminggu setelah Italia di lockdown Tuhan menunjukan keajaibannya. Kanal-kanal di kota Venesia yang selama ini tak pernah sepi turis internasional, kini setelah di lockdown terlihat bagai kota mati. Penduduk lokal dan turis dengan gondola tak lagi tampak di sana. Akibatnya, air tampak lebih jernih karena sedimen tidak diaduk oleh gondola. Bahkan dengan mata telanjang dapat menyaksikan ikan-ikan berenang bebas di kanal-kanal tersebut.

2. Munculnya lumba-lumba yang berenang bebas di perairan kota wisata Venesia

Selain kanal yang bersih dan jernih, penduduk Venesia juga merekam kemunculan lumba-lumba yang berenang bebas di perairan kota wisata Venesia. Kemunculan lumba-lumba di perairan tersebut merupakan untuk pertama kali sejak beberapa dekade lamanya.

3. Angsa-angsa kembali bermunculan di Venesia

Sisi-Positif-PEngaruh-Corona-Terhadap-Alam

photo via twitter.com/fiIterjm

Tak hanya lumba-lumba, namun virus corona yang mengakibatkan aktivitas manusia berhenti sejenak juga membuat angsa-angsa putih kembali berdatangan mendatangi kanal yang sepi tanpa adanya gondola yang berlalu-lalang. Angsa-angsa putih tersebut terlihat sedang menikmati hari cerah di atas sungai, yang mana ini merupakan momen langka yang nggak biasa dijumpai tiap hari.

4. Babi hutan yang berjalan-jalan santai di tengah kota Italia

Sisi-Positif-PEngaruh-Corona-Terhadap-Alam

photo via twitter.com/Cosodelirante

Disaat manusia berhenti sejenak dengan segala aktivitasnya, justru situasi ini menjadi momen membahagiakan bagi hewan-hewan. Salah satunya seperti seekor babi hutan yang terlihat oleh netizen sedang berjalan-jalan dengan santainya di tengah kota Italia.

5. Seekor penguin yang dapat menikmati hidupnya terbebas dari kurungan kaca di akuarium

Nggak cuman babi hutan yang dapat menikmati hidup bahagia tanpa terusik manusia, namun seekor penguin bernama Wellington juga dapat menikmati hidupnya terbebas dari kurungan kaca di akuarium Shedd di Chicago akibat pandemik virus Corona. Wellington dibebaskan bersama sekelompok penguin lainnya. Wellington pun berjalan-jalan di sekitar tempat ia tinggal selama ini. Ia menikmati ikan-ikan yang berenang di dalam akuarium.

6. Kadar nitrogen dioksida di Italia menurun

Sisi-Positif-PEngaruh-Corona-Terhadap-Alam

photo via cnnindonesia.com

Pandemi virus corona ini membuat aktivitas manusia berhenti sejenak, banyak pabrik yang tutup sementara dan tidak beroperasi, kendaraan bermotor menjadi sepi, hal ini membuat kadar nitrogen dioksida di Italia telah turun seiring lockdown nasional.

7. Penurunan emisi nitrogen dioksida di langit Eropa

Sisi-Positif-PEngaruh-Corona-Terhadap-Alam

photo via travelking.cz

Nggak hanya di Italia saja guys, dikutip dari Kompas.com, menggunakan instrumen Tropomi pada satelit Copernicus Sentinel-5P, astronom mengambil gambar permukaan Bumi yang diambil dari 1 Januari hingga 11 Maret 2020. Gambar tersebut menunjukkan penurunan nitrogen dioksida, yakni emisi gas buang dari kendaraan bermotor dan asap industri, yang turun secara drastis di langit Eropa

8. Tingkat polusi udara di China menurun drastis

Sisi-Positif-PEngaruh-Corona-Terhadap-Alam

photo via forbes.com

China tepatnya kota Wuhan diklaim sebagai sumber penyebaran virus corona, akibatnya China terpaksa harus lockdown untuk meminimalisir penyebaran virus. Akbatnya Pabrik-pabrik dan bisnis lain banyak yang tutup demi mencegah penyebaran virus corona. Penggunaan batu bara di pabrik pun anjlok ke titik terendah dalam empat tahun. Produksi minyak dan baja lebih rendah dibandingkan waktu manapun, bahkan perjalanan udara banyak sekali dibatasi.

Kondisi ini membuat level karbondioksida atau CO2 di atmosfer anjlok 25% dalam dua minggu terakhir. 100 juta ton level CO2 lebih sedikit atau 6% penurunan emisi global. Pemantauan lain dari satelit menyebutkan bahwa level nitrogen oksida atau NO2 merosot 39% di dua minggu ke belakang dibandingkan tahun 2019. Ini adalah kabar baik karena zat itu berdampak buruk bagi paru-paru.

Nah itulah beberapa sisi positif pengaruh virus corona terhadap alam. Bagaimana menurut kalian guys? Apakah kalian setuju kalau pandemi virus corona ini adalah bagian dari cara planet bumi menyembuhkan dirinya sendiri?

Artikel Terkait